Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar-dasar Pemisahan Kimia

8420403331

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Nasional

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

19 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Indah Ardiningsih




Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si




Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait konsep teoretis tentang struktur, dinamika, dan energi, serta prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasi bahan kimia

PLO-11

Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, mendesain dan melaksanakan penelitian, menyusun laporan ilmiah serta mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan memahami konsep dasar berbagai cara pemisahan kimia

PO - 2

Mahasiswa menguasai pengetahuan pemisahan kimia, meliputi metode destilasi dan ekstraksi

PO - 3

Mahasiswa memahami pemisahan kimia, meliputi metode kromatografi, elektrogravimetri dan pemisahan dengan membran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-11
PO-1 
PO-2 
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang teknik-teknik pemisahan kimia ditinjau dari struktur kimia, energetika dan analisis kimia meliputi teknik destilasi, ekstraksi, kromatografi, membran dan elektroanalisis diikuti dengan kegiatan laboratorium yang menunjang sehingga mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep terkait, terampil menggunakan alat, mampu bekerjasama dan bertanggungjawab serta dapat mengkomunikasikan pengetahuan dan ketrampilannya secara ilmiah.

Pustaka

Utama :

  1. Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga
  2. Harvey, D.2000. Modern Analytical Chemistry . Int.Ed. Singapore: Mc Graw Hill
  3. Pecksok, et al. 1976. Modern Methods of Analytical Chemistry 2nd. New York: John Wiley and Sons
  4. Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
  5. Kususmawati, P. Setiarso, A.B. Santoso, S.C. Wibawa, S. Muslim. 2019. The Development of PVDF/PEI blended membrane: Effect of stirring time on membrane characteristics and performance. RASAYAN J Chem. 12(2): pp. 975-986.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Dr. Sukarmin, M.Pd.

Rusmini, S.Pd., M.Si.

Dr. Indah Ardiningsih, S.Si, M.Sc.

Dr. Rosalina Eka Permatasari, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar pemisahan kimia dan prinsip-prinsip dasar yang mendasarinya

Menyebutkan tujuan, manfaat dan mengklasifikasi dasar- dasar pemisahan

Kriteria:

Kriteria: terlampir

Ceramah, tanya
jawab, tugas,
3 X 50 menit

Materi: Ekstraksi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga
5%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep dasar destilasi, destilasi tunggal, destilasi ber tingkat (fraksional), dan dapat melakukan pemisahan dengan cara destilasi

Menyebutkan tujuan, manfaat dan mengklasifikasi dasar- dasar pemisahan serta Menjelaskan konsep dasar destilasi, dan destilasi Tunggal

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
3 X 50 menit

Materi: destilasi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
5%

3

Minggu ke 3

Memahami jenis – jenis destilasi dan aplikasinya dalam pemisahan campuran

Menyebutkan jenis – jenis destilasi dan aplikasinya dalam pemisahan campuran

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
3 X 50 menit

Materi: destilasi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
5%

4

Minggu ke 4

  1. Memahami konsep dan prinsip dasar ekstraksi, jenis dan syarat pelarut ideal
  2. Memahami jenis – jenis ekstraksi dan teknik-tekniknya.
  3. Memahami konsep Koefisien Distribusi (KD) dan Persen Terekstraksi (% E)
  1. Menyebutkan konsep dan prinsip dasar ekstraksi, jenis dan syarat pelarut ideal
  2. Menyebutkan jenis – jenis ekstraksi dan teknik-tekniknya
  3. Dapat menghitung Koefisien Distribusi (KD) dan Persen Terekstraksi (% E)
Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
3 X 50 menit

Materi: Ekstraksi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
5%

5

Minggu ke 5

Memahami dasar perhitungan dalam ekstraksi, ekstraksi berturut-turut. Ekstraksi ion logam dengan kelat, ekstraksi Craig, dan terampil melakukan pemisahan dengan cara ekstraksi

Menyebutkan tujuan, manfaat dan mengklasifikasi dasar- dasar pemisahan serta Menjelaskan konsep dasar destilasi, dan destilasi Tunggal\

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
3 X 50 menit

Materi: Ekstraksi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang

Materi: Ekstraksi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga
5%

6

Minggu ke 6

Memahami dasar perhitungan dalam ekstraksi, ekstraksi berturut-turut. Ekstraksi ion logam dengan kelat, ekstraksi Craig, dan terampil melakukan pemisahan dengan cara ekstraksi

Menyebutkan tujuan, manfaat dan mengklasifikasi dasar- dasar pemisahan serta Menjelaskan konsep dasar destilasi, dan destilasi Tunggal\

Kriteria:

Kriteria: terlampir

Ceramah, tanya
jawab, tugas,
3 X 50 menit

Materi: Ekstraksi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang

Materi: Ekstraksi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga
5%

7

Minggu ke 7

Memahami dasar-dasar kromatografi dan klasifikasinya. Memahami Parameter Penting dalam Kromatografi, nilai Rf dan resolusi.

menyebutkan dasar-dasar kromatografi dan klasifikasinya. Memahami Parameter Penting dalam Kromatografi, nilai Rf dan resolusi

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
tes tulis
3 X 50 menit

Materi: Ekstraksi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga

Materi: Destilasi
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
5%

8

Minggu ke 8

UTS

Indikator pertemuan 1-6

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis
3 X 50 menit

Materi: Kromatografi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga

Materi: Kromatografi
Pustaka: Harvey, D.2000. Modern Analytical Chemistry . Int.Ed. Singapore: Mc Graw Hill
20%

9

Minggu ke 9

Memahami tehnik analisis kromatografi serta terampil melakukan pemisahan dengan cara kromatografi

Menjelaskan teknik analisis kromatografi serta terampil melakukan pemisahan dengan cara kromatografi

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Kromatografi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga

Materi: Kromatografi
Pustaka: Harvey, D.2000. Modern Analytical Chemistry . Int.Ed. Singapore: Mc Graw Hill
5%

10

Minggu ke 10

Memahami tehnik analisis kromatografi serta terampil melakukan pemisahan dengan cara kromatografi

Menjelaskan tata cara menganalisa data kromatogram dan aplikasi kromatografi

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Kromatografi
Pustaka: Day, Underwood, Ray 2002. Kimia Analisis Kuantitatif (terjemahan). Jakarta: Erlangga

Materi: Kromatografi
Pustaka: Harvey, D.2000. Modern Analytical Chemistry . Int.Ed. Singapore: Mc Graw Hill
5%

11

Minggu ke 11

Memahami dasar pemisahan dengan cara elektroanalisis, dan terampil melakukan pemisahan dengan cara elektroanalisis

Menjelaskan dasar pemisahan dengan cara elektroanalisis, dan terampil melakukan pemisahan dengan cara elektroanalisis

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Elektrogravimetri
Pustaka: Pecksok, et al. 1976. Modern Methods of Analytical Chemistry 2nd. New York: John Wiley and Sons
5%

12

Minggu ke 12

Memahami dasar pemisahan dengan cara elektroanalisis, dan terampil melakukan pemisahan dengan cara elektroanalisis

Menjelaskan dasar pemisahan dengan cara elektroanalisis, dan terampil melakukan pemisahan dengan cara elektroanalisis

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Elektrogravimetri
Pustaka: Pecksok, et al. 1976. Modern Methods of Analytical Chemistry 2nd. New York: John Wiley and Sons
5%

13

Minggu ke 13

Memahami dasar pemisahan dengan cara elektroanalisis, dan terampil melakukan pemisahan dengan cara elektroanalisis

Menjelaskan dasar pemisahan dengan cara elektroanalisis, dan terampil melakukan pemisahan dengan cara elektroanalisis

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Elektrogravimetri
Pustaka: Pecksok, et al. 1976. Modern Methods of Analytical Chemistry 2nd. New York: John Wiley and Sons
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memahami konsep dasar pemisahan dengan membran

Menjelaskan konsep dasar pemisahan dengan membran.

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Membran
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang

Materi: Membran
Pustaka: Kususmawati, P. Setiarso, A.B. Santoso, S.C. Wibawa, S. Muslim. 2019. The Development of PVDF/PEI blended membrane: Effect of stirring time on membrane characteristics and performance. RASAYAN J Chem. 12(2): pp. 975-986.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memahami konsep dasar pemisahan dengan membran

Menjelaskan teknik pemisahan membrane dan aplikasinya

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Membran
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang

Materi: Membran
Pustaka: Kususmawati, P. Setiarso, A.B. Santoso, S.C. Wibawa, S. Muslim. 2019. The Development of PVDF/PEI blended membrane: Effect of stirring time on membrane characteristics and performance. RASAYAN J Chem. 12(2): pp. 975-986.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa memahami konsep dasar pemisahan dengan membran

Menjelaskan teknik pemisahan membrane dan aplikasinya

Kriteria:

Kriteria: terlampir


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah, tanya
jawab, tugas,
latihan soal
3 X 50 menit

Materi: Membran
Pustaka: Soebagio, Budiasih, E, Ibnu, S, Widarti, H.R, Munzil. 2001. Kimia Analitik II (Common Book). Malang: IMSTEP – JICA FMIPA Universitas Negeri Malang
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 47.5%
2. Penilaian Praktikum 10%
3. Tes 42.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.