Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Pendidikan ABK

8620202449

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Pamuji, M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai dasar-dasar perancangan, penerapan, penilaian layanan bagi PDBK

PLO-8

Merancang kurikulum dan program layanan pendidikan khusus

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep dasar perancangan layanan pendidikan bagi PDBK dalam studi kasus nyata (C3)

PO - 2

Menganalisis keefektifan penerapan layanan pendidikan bagi PDBK berdasarkan penilaian yang ada (C4)

PO - 3

Mengevaluasi hasil penilaian layanan pendidikan bagi PDBK untuk mengidentifikasi area perbaikan (C5)

PO - 4

Menciptakan strategi peningkatan kualitas layanan pendidikan bagi PDBK berdasarkan analisis kebutuhan (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip-prinsip desain kurikulum dalam pengembangan program layanan pendidikan khusus (C3)

PO - 6

Menganalisis struktur kurikulum yang ada untuk menentukan kecocokannya dengan kebutuhan PDBK (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas program layanan pendidikan khusus berdasarkan feedback dari pemangku kepentingan (C5)

PO - 8

Menciptakan metode inovatif dalam penyampaian materi pendidikan khusus untuk meningkatkan keterlibatan PDBK (C6)

PO - 9

Menerapkan teknik evaluasi dan penilaian yang sesuai untuk mengukur pencapaian pembelajaran PDBK (C3)

PO - 10

Menganalisis dan menyesuaikan metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individu PDBK (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Manajemen Pendidikan Abk pada jenjang S1 program studi Pendidikan Luar Biasa bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep, prinsip, dan praktik manajemen pendidikan khusus bagi anak berkebutuhan khusus. Mata kuliah ini mencakup pembahasan mengenai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan program pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus. Ruang lingkup mata kuliah mencakup studi tentang kebijakan pendidikan inklusif, manajemen sumber daya, kolaborasi dengan berbagai pihak terkait, serta strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.