
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dasar-Dasar Matematika |
8420203043 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
30 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Masriyah, M.Pd.; Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd.; Nina Rinda Prihartiwi, S.Pd., M.Pd.; Dr. Ali Shodikin
|
Dr. Masriyah, M.Pd.
|
ENDAH BUDI RAHAJU |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Memiliki pengetahuan dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika dan terapannya dalam pendidikan |
PLO-6 |
Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis struktur deduktif-aksiomatis dalam matematika dengan sistematis dan kreatif (CPL-3 dan CPL-5)
|
PO - 2 |
Mampu mengevaluasi prinsip-prinsip logika dalam pemecahan masalah matematika dan pembuktian (CPL-5 dan CPL-9)
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan konsep himpunan dalam menyelesaikan matematika dengan kritis dan kreatif (CPL-3 dan CPL-5)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengaji karakteristik matematika, sistem dan struktur deduktif-aksiomatis, operasi logika, kuantor, penarikan kesimpulan, himpunan, relasi dan fungsi melalui pembelajaran aktif berbasis kasus berbantuan ICT dengan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan diskusi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.
- Yunus, M. 2007. Logika: Suatu Pengantar . Yogyakarta: Graha Ilmu
- Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
- Stoll, R. R. 1979. Set Theory and Logic . New York: Dover Publication, Inc.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Masriyah, M.Pd. Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd. Budi Priyo Prawoto, S.Pd., M.Si. Dr. Sri Suryanti, S.Pd., M.Si. Dr. Nia Wahyu Damayanti, S.Pd., M.Pd. Dr. Ali Shodikin, S.Pd., M.Pd. Dr. Mukhtamilatus Sa'diyah, M.Pd. Liza Puspita Yanti, S.Pd., MAE. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menerapkan pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit |
- Menjelaskan pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit
- Menerapkan pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi dan geometri finit dalam matematika dan kehidupan sehari-hari
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan ekspositori 3 X 50 |
|
Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Pustaka: Yunus, M. 2007. Logika: Suatu Pengantar . Yogyakarta: Graha Ilmu |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menerapkan pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit |
- Menjelaskan Pola Pikir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.
- Menerapkan Pola Pikir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.dalam matematika dan kehidupan sehari-hari
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah secara luring dengan menggunakan pendekatan case study 3 X 50 |
|
Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Pustaka: Yunus, M. 2007. Logika: Suatu Pengantar . Yogyakarta: Graha Ilmu |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Merancang pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit dengan tepat (CPL-3 dan CPL-5) |
- Menjelaskan Pola Pkir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.
- Menerapkan Pola Pkir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.dalam matematika dan kehidupan sehari-hari
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah secara luring dengan menggunakan case study 3 X 50 |
|
Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Pustaka: Yunus, M. 2007. Logika: Suatu Pengantar . Yogyakarta: Graha Ilmu |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen (CPL 5 dan CPL-9) |
- Menjelaskan konsep logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen.
- Menerapkan konsep logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen.
|
Kriteria:
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah secara luring dengan menggunakan PjBL 3 X 50 |
|
Materi: Logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . Materi: Logic Pustaka: Stoll, R. R. 1979. Set Theory and Logic . New York: Dover Publication, Inc. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen (CPL 5 dan CPL-9) |
- Menjelaskan konsep logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen.
- Menerapkan konsep logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen.
|
Kriteria:
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah secara luring dengan menggunakan case study 3 X 50 |
|
Materi: Logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . Materi: Logic Pustaka: Stoll, R. R. 1979. Set Theory and Logic . New York: Dover Publication, Inc. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis validitas pembuktian, pembuktian tak lang-sung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik (CPL-5 dan CPL-9) |
- Menjelaskan konsep validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
- Menerapkan konsep validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
|
Kriteria:
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah secara luring dengan menggunakan model PjBL 3 X 50 |
|
Materi: Validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, induksi matematika dan aplikasi logika dalam jaringan listrik Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, induksi matematika dan aplikasi logika dalam jaringan listrik Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik dengan tepat (CPL-5 dan CPL-9) |
- Menjelaskan konsep validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
- Menerapkan konsep validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
|
Kriteria:
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah secara luring dengan model PjBL 3 X 50 |
|
Materi: Validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, induksi matematika dan aplikasi logika dalam jaringan listrik Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, induksi matematika dan aplikasi logika dalam jaringan listrik Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester |
Ketepatan dalam menjawab soal tes |
Kriteria:
Ketepatan dalam menjawab soal tes Bentuk Penilaian : Tes |
3 X 50 |
|
Materi: Aksiomatika,logika, pembuktian Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mengidentifikasi himpunan dan operasinya, keluarga himpunan, dan himpunan kuasa (CPL-3) |
- Mengidentifikasi konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan, dan himpunan kuasa
- Menerapkan konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan, dan himpunan kuasa
|
Kriteria:
tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan pendekatan case study 3 X 50 |
|
Materi: Relasi dan fungsi Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Relasi dan fungsi Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menerapkan konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan, dan himpunan kuasa dalam menyelesaikan masalah (CPL-5) |
Menerapkan konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan, dan himpunan kuasa dalam menyelesaikan masalah |
Kriteria:
tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan pendekatan case study 3 X 50 |
|
Materi: Relasi dan fungsi Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Relasi dan fungsi Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menerapkan himpunan |
- Mengidentifikasi konsep himpunan
- Menerapkan konsep himpunan
|
Kriteria:
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan model PjBL 3 X 50 |
|
Materi: Himpunan Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Himpunan Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menerapkan relasi dan fungsi |
- Mengidentifikasi konsep relasi dan fungsi
- Menerapkan konsep relasi dan fungsi
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam mengidentifikasi konsep relasi dan fungsi
- Ketepatan penerapan konsep relasi dan fungsi dalam pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan model PjBL 3 X 50 |
|
Materi: Relasi dan fungsi Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Relasi dan fungsi Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengidentifikasi kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar (CPL-3) |
- Mengidentifikasi kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
- Menerapkan kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
|
Kriteria:
tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan ekspositori dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mengidentifikasi kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar (CPL-3) |
- Mengidentifikasi kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
- Menerapkan kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan ekspositori dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengidentifikasi kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar (CPL-3) |
- Mengidentifikasi kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
- Menerapkan kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan ekspositori dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics . |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester |
Ketepatan dalam menjawab soal tes |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Evaluasi secara luring 3 X 50 |
|
Materi: Teori Himpunan, Relasi dan Fungsi, POSET Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa. |
15% |