Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar-Dasar Matematika

8420203043

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

30 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Masriyah, M.Pd.; Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd.; Nina Rinda Prihartiwi, S.Pd., M.Pd.; Dr. Ali Shodikin




Dr. Masriyah, M.Pd.




ENDAH BUDI RAHAJU

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Memiliki pengetahuan dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika dan terapannya dalam pendidikan

PLO-6

Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis struktur deduktif-aksiomatis dalam matematika dengan sistematis dan kreatif (CPL-3 dan CPL-5)

PO - 2

Mampu mengevaluasi prinsip-prinsip logika dalam pemecahan masalah matematika dan pembuktian (CPL-5 dan CPL-9)

PO - 3

Mampu menerapkan konsep himpunan dalam menyelesaikan matematika dengan kritis dan kreatif (CPL-3 dan CPL-5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2  
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengaji karakteristik matematika, sistem dan struktur deduktif-aksiomatis, operasi logika, kuantor, penarikan kesimpulan, himpunan, relasi dan fungsi melalui pembelajaran aktif berbasis kasus berbantuan ICT dengan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan diskusi.

Pustaka

Utama :

  1. Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.
  2. Yunus, M. 2007. Logika: Suatu Pengantar . Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
  4. Stoll, R. R. 1979. Set Theory and Logic . New York: Dover Publication, Inc.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Masriyah, M.Pd.

Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd.

Budi Priyo Prawoto, S.Pd., M.Si.

Dr. Sri Suryanti, S.Pd., M.Si.

Dr. Nia Wahyu Damayanti, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ali Shodikin, S.Pd., M.Pd.

Dr. Mukhtamilatus Sa'diyah, M.Pd.

Liza Puspita Yanti, S.Pd., MAE.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menerapkan pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit

  1. Menjelaskan pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit
  2. Menerapkan pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi dan geometri finit dalam matematika dan kehidupan sehari-hari
Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan ekspositori
3 X 50

Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Yunus, M. 2007. Logika: Suatu Pengantar . Yogyakarta: Graha Ilmu
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menerapkan pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit

  1. Menjelaskan Pola Pikir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.
  2. Menerapkan Pola Pikir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.dalam matematika dan kehidupan sehari-hari
Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah secara luring dengan menggunakan pendekatan case study
3 X 50

Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Yunus, M. 2007. Logika: Suatu Pengantar . Yogyakarta: Graha Ilmu
3%

3

Minggu ke 3

Merancang pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit dengan tepat (CPL-3 dan CPL-5)

  1. Menjelaskan Pola Pkir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.
  2. Menerapkan Pola Pkir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.dalam matematika dan kehidupan sehari-hari
Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah secara luring dengan menggunakan case study
3 X 50

Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Pola pikir induktif dan deduktif, sistem aksioma, teorema definisi, dan geometri finit beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Yunus, M. 2007. Logika: Suatu Pengantar . Yogyakarta: Graha Ilmu
10%

4

Minggu ke 4

Menganalisis logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen (CPL 5 dan CPL-9)

  1. Menjelaskan konsep logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen.
  2. Menerapkan konsep logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen.
Kriteria:

Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah secara luring dengan menggunakan PjBL
3 X 50

Materi: Logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .

Materi: Logic
Pustaka: Stoll, R. R. 1979. Set Theory and Logic . New York: Dover Publication, Inc.
2%

5

Minggu ke 5

Menganalisis logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen (CPL 5 dan CPL-9)

  1. Menjelaskan konsep logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen.
  2. Menerapkan konsep logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen.
Kriteria:

Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah secara luring dengan menggunakan case study
3 X 50

Materi: Logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Logika, kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .

Materi: Logic
Pustaka: Stoll, R. R. 1979. Set Theory and Logic . New York: Dover Publication, Inc.
5%

6

Minggu ke 6

Menganalisis validitas pembuktian, pembuktian tak lang-sung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik (CPL-5 dan CPL-9)

  1. Menjelaskan konsep validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
  2. Menerapkan konsep validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
Kriteria:

Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah secara luring dengan menggunakan model PjBL
3 X 50

Materi: Validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, induksi matematika dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, induksi matematika dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik dengan tepat (CPL-5 dan CPL-9)

  1. Menjelaskan konsep validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
  2. Menerapkan konsep validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
Kriteria:

Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah secara luring dengan model PjBL
3 X 50

Materi: Validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, induksi matematika dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, induksi matematika dan aplikasi logika dalam jaringan listrik
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
5%

8

Minggu ke 8

Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester

Ketepatan dalam menjawab soal tes

Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab soal tes


Bentuk Penilaian :
Tes

3 X 50

Materi: Aksiomatika,logika, pembuktian
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.
10%

9

Minggu ke 9

Mengidentifikasi himpunan dan operasinya, keluarga himpunan, dan himpunan kuasa (CPL-3)

  1. Mengidentifikasi konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan, dan himpunan kuasa
  2. Menerapkan konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan, dan himpunan kuasa
Kriteria:

tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan pendekatan case study
3 X 50

Materi: Relasi dan fungsi
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Relasi dan fungsi
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
5%

10

Minggu ke 10

Menerapkan konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan, dan himpunan kuasa dalam menyelesaikan masalah (CPL-5)

Menerapkan konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan, dan himpunan kuasa dalam menyelesaikan masalah

Kriteria:

tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan pendekatan case study
3 X 50

Materi: Relasi dan fungsi
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Relasi dan fungsi
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menerapkan himpunan

  1. Mengidentifikasi konsep himpunan
  2. Menerapkan konsep himpunan
Kriteria:

Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan model PjBL
3 X 50

Materi: Himpunan
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Himpunan
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
10%

12

Minggu ke 12

Mampu menerapkan relasi dan fungsi

  1. Mengidentifikasi konsep relasi dan fungsi
  2. Menerapkan konsep relasi dan fungsi
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam mengidentifikasi konsep relasi dan fungsi
  2. Ketepatan penerapan konsep relasi dan fungsi dalam pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan model PjBL
3 X 50

Materi: Relasi dan fungsi
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Relasi dan fungsi
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
5%

13

Minggu ke 13

Mengidentifikasi kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar (CPL-3)

  1. Mengidentifikasi kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
  2. Menerapkan kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
Kriteria:

tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan ekspositori dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
5%

14

Minggu ke 14

Mengidentifikasi kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar (CPL-3)

  1. Mengidentifikasi kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
  2. Menerapkan kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan ekspositori dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
5%

15

Minggu ke 15

Mengidentifikasi kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar (CPL-3)

  1. Mengidentifikasi kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
  2. Menerapkan kardinalitas konsep himpunan, poset dan himpunan yang similar
Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kegiatan pembelajaran kolaboratif secara luring dengan ekspositori dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Materi: Kardinalitas himpunan, poset dan himpunan yang similar
Pustaka: Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics .
5%

16

Minggu ke 16

Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester

Ketepatan dalam menjawab soal tes

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi secara luring
3 X 50

Materi: Teori Himpunan, Relasi dan Fungsi, POSET
Pustaka: Masriyah, 2017. Dasar- Dasar Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 67.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
3. Tes 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.