Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Lay Out dan Penanganan Peralatan

6230502138

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=2

ECTS=4.77

1

31 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.




Lilis Sulandari, S.Pt., M.P.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu menerapkan multidisipliner ilmu dengan mengintegrasikan teknologi modern (IPTEKS) dalam menghasilkan produk seni kuliner, prototipe/desain produk, dan menyusun laporan pertanggungjawaban

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu merangkum konsep dasar dapur komersial (profesional): pengertian, fungsi, tipe/jenis dapur dalam bisnis layanan mamin secara tertulis dan mempresentasikan secara benar.

PO - 2

Mampu menjelaskan bagian-bagian (section) dapur bisnis layanan mamin komersial secara tertulis dan mempresentasikan secara benar.

PO - 3

Mampu menjelaskan berbagai peralayan yang dunakan dalam bisnis layanan mamin (peralatan penerimaan dan penyimpanan makanan, peralatan persiapan awal, wajan dan panci dan kegunaanya, peralatan persiapan, peralatan penyajian dan penyimpanan mamin) secara tertulis dan dipresentasikan dengan benar

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-6
PO-1  
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa memiliki pengetahuan tentang dapur indusri layanan makanan komersial, mampu membuat layout dapur komersial, memahami dan mampu menggunakan peralatan dapur komersial secara benar (sesuai ketentuan). Pembelajaran dilakukan secara tata muka (teori) dengan memberikan beberapa kasus untuk dilakukan analisis, dan praktek penggunaan peralatan terintegrasi pada kegiatan praktik pengolahan makanan. Evaluasi dilakukan pada proses pembelajaran, tugas-tugas terkait dan hasil pembelajaran (pemahaman konsep).

Pustaka

Utama :

  1. Sutiadiningsih, Any. 2024. Dapur dan Peralatan (Kitchen & Equipment) Industri Jasa Boga. Surabaya: Sucopindo.
  2. Birhfield. John C. 2008. Design and Layout of Foodservice Facilities. Hoboken. New Jersey. John Wiley & Sons, fnc
  3. Katsigris, Costas & Thomas, Chris, 2009. Design and Equipment for Restaurants and Foodservice A Management View : THIRD EDITION
  4. Trotter, Charlie, Wareing, Marcus; Hill, shaun; Hall, Lyn, Knife In The Kitchen, New York : 375 Hudson Street, New York, 10014 west.Bessie Brooks.
  5. Auline Group Greases Management Service. 2002. Guidelines of The Safe Design of a Commercial Kitchen. The Water Act, Part H Building Regulations & BS EN 1825-2: 2002.

Pendukung :

  1. Hillman. Howard. 2003. The New Kitchen Science. New York : Houghton Miffin Company 215 Park Avenue South.
  2. Kotschevar, Lendal H & Terrel, Margaret E, 1986. Food Service Planning, Layout, and Equipment. New York : Willey & Sons.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mampu menguraikan makna pengertian dapur komersial (profesional) baik tertulis dan atau lisan secara benar
  2. Mampu menemukan jenis dapur komersial yang biasa digunakan dalam bisnis layanan makanan minuman (mamin) hasil eksplore baik tertulis dan atau lisan secara benar
  3. Mampu menguraikan fungsi dan syarat utama dapur dalam bisnis layanan mamin (hasil eksplore) baik tertulis dan atau lisan secara benar
  4. Mampu mengidentifikasi section dalam kitchen Komersil suatu bisnis foodservicve
  1. Mampu menguraikan makna pengertian dapur komersial (profesional) baik tertulis dan atau lisan secara benar
  2. Mampu menjelaskan jenis dapur komersial yang biasa digunakan dalam bisnis layanan mamin baik tertulis dan atau lisan secara benar
  3. Mampu menguraikan fungsi dan syarat utama dapur komersial dalam bisnis layanan mamin baik tertulis dan atau lisan secara benar
Kriteria:
  1. Tugas dikumpulkan dalam format pdf, dengan standar peniliasan yang benar, dikumpulkan maksimal 10-09-2024, PUKUL 23.59 wib
  2. Tugas berkelompok 2 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.
  3. Tugas dilengkapi dengan Referensi dengan penulisan sesuai ketentuan karya ilmiah.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring
150 menit
0%

2

Minggu ke 2

  1. Mampu Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan fungsi dari setaio section dalam kitchen Komersil suatu bisnis foodservice
  2. Mampu menjelaskan tata kelola yang diperlukan dalam sebuah kitchen komersil secara tertulis dan lisan
  1. Mampu menguraikan makna pengertian dapur komersial (profesional) baik tertulis dan atau lisan secara benar
  2. Mampu menjelaskan jenis dapur komersial yang biasa digunakan dalam bisnis layanan mamin baik tertulis dan atau lisan secara benar
  3. Mampu menguraikan fungsi dan syarat utama dapur komersial dalam bisnis layanan mamin baik tertulis dan atau lisan secara benar
Kriteria:
  1. Tugas dikumpulkan dalam format pdf, dengan standar peniliasan yang benar, dikumpulkan maksimal 10-09-2024, PUKUL 23.59 wib
  2. Tugas berkelompok 2 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.
  3. Tugas dilengkapi dengan Referensi dengan penulisan sesuai ketentuan karya ilmiah.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150 menit

0%

3

Minggu ke 3

  1. Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan fungsi dari setiap jenis pisau (knife) yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman
  2. Mampu menjelaskan penggunaan pisau yang benar secara tertulis dan lisan
  1. Mampu menguraikan fungsi dari setiap jenis pisau (knife) yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman baik tertulis dan atau lisan secara benar
  2. Mampu menjelaskan penggunaan pisau yang benar secara tertulis dan atau lisan dengan benar
Kriteria:
  1. Tugas dikumpulkan dalam format pdf, dengan standar peniliasan yang benar, dikumpulkan maksimal 18-09-2024, PUKUL 23.59 wib
  2. Tugas berkelompok 3-4 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150 menit

Materi: Knife Skills - The Basics
Pustaka: Trotter, Charlie, Wareing, Marcus; Hill, shaun; Hall, Lyn, Knife In The Kitchen, New York : 375 Hudson Street, New York, 10014 west.Bessie Brooks.
0%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan fungsi dari setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman
  2. Mampu menjelaskan penggunaan setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman yang ben secara tertulis dan lisan
  1. Mampu menguraikan fungsi dari setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman
  2. Mampu menjelaskan penggunaan setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman yang benar secara tertulis dan lisan
Kriteria:
  1. Tugas dikumpulkan dalam format pdf, dengan standar penilaian yang benar, dikumpulkan maksimal 25-09-2024, PUKUL 23.59 wib
  2. Tugas berkelompok 3-4 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring (asinkronus)
Materi: Smallware for Kitchens & Miscellaneous Kitchen Equipment
Pustaka: Katsigris, Costas & Thomas, Chris, 2009. Design and Equipment for Restaurants and Foodservice A Management View : THIRD EDITION
0%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan fungsi dari setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman
  2. Mampu menjelaskan penggunaan setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman yang ben secara tertulis dan lisan
  1. Mampu menguraikan fungsi dari setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman
  2. Mampu menjelaskan penggunaan setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman yang benar secara tertulis dan lisan
Kriteria:
  1. Tugas dikumpulkan dalam bentuk video, dengan standar penilaian yang benar, dikumpulkan maksimal 13-10-2024, PUKUL 23.59 wib
  2. Tugas berkelompok 2-3 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring (asinkronus)
Materi: Smallware for Kitchens & Miscellaneous Kitchen Equipment
Pustaka: Katsigris, Costas & Thomas, Chris, 2009. Design and Equipment for Restaurants and Foodservice A Management View : THIRD EDITION
0%

6

Minggu ke 6

Mampu menjelaskan dan memahami mengenai penggunaan gas, listrik, dan uap untuk peralatan dapur yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman

Mampu menjelaskan dan memahami mengenai penggunaan gas, listrik, dan uap untuk peralatan dapur yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman

Kriteria:
  1. Tugas dikumpulkan dalam bentuk video, dengan standar penilaian yang benar, dikumpulkan maksimal 13-10-2024, PUKUL 23.59 wib
  2. Tugas berkelompok 2-3 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150 menit

Materi: Electricity and Energy Management
Pustaka: Katsigris, Costas & Thomas, Chris, 2009. Design and Equipment for Restaurants and Foodservice A Management View : THIRD EDITION
0%

7

Minggu ke 7

Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan mengenai peralatan persiapan seperti kompor (ranges) dan oven yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman

Mampu menguraikan mengenai peralatan persiapan seperti kompor (ranges) dan oven yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman

Kriteria:
  1. Tugas dikumpulkan dalam bentuk video, dengan standar penilaian yang benar, dikumpulkan maksimal 13-10-2024, PUKUL 23.59 wib
  2. Tugas berkelompok 2-3 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring (asinkronus)
Materi: Preparation Equipment - Ranges and Ovens
Pustaka: Katsigris, Costas & Thomas, Chris, 2009. Design and Equipment for Restaurants and Foodservice A Management View : THIRD EDITION
0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.