|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Lay Out dan Penanganan Peralatan |
6230502138 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=2 |
ECTS=4.77 |
1 |
31 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.
|
Lilis Sulandari, S.Pt., M.P. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu menerapkan multidisipliner ilmu dengan mengintegrasikan teknologi modern (IPTEKS) dalam menghasilkan produk seni kuliner, prototipe/desain produk, dan menyusun laporan pertanggungjawaban |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu merangkum konsep dasar dapur komersial (profesional): pengertian, fungsi, tipe/jenis dapur dalam bisnis layanan mamin secara tertulis dan mempresentasikan secara benar.
|
PO - 2 |
Mampu menjelaskan bagian-bagian (section) dapur bisnis layanan mamin komersial secara tertulis dan mempresentasikan secara benar.
|
PO - 3 |
Mampu menjelaskan berbagai peralayan yang dunakan dalam bisnis layanan mamin (peralatan penerimaan dan penyimpanan makanan, peralatan persiapan awal, wajan dan panci dan kegunaanya, peralatan persiapan, peralatan penyajian dan penyimpanan mamin) secara tertulis dan dipresentasikan dengan benar
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | ✔ | PO-3 | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa memiliki pengetahuan tentang dapur indusri layanan makanan komersial, mampu membuat layout dapur komersial, memahami dan mampu menggunakan peralatan dapur komersial secara benar (sesuai ketentuan). Pembelajaran dilakukan secara tata muka (teori) dengan memberikan beberapa kasus untuk dilakukan analisis, dan praktek penggunaan peralatan terintegrasi pada kegiatan praktik pengolahan makanan. Evaluasi dilakukan pada proses pembelajaran, tugas-tugas terkait dan hasil pembelajaran (pemahaman konsep). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sutiadiningsih, Any. 2024. Dapur dan Peralatan (Kitchen & Equipment) Industri Jasa Boga. Surabaya: Sucopindo.
- Birhfield. John C. 2008. Design and Layout of Foodservice Facilities. Hoboken. New Jersey. John Wiley & Sons, fnc
- Katsigris, Costas & Thomas, Chris, 2009. Design and Equipment for Restaurants and Foodservice A Management View : THIRD EDITION
- Trotter, Charlie, Wareing, Marcus; Hill, shaun; Hall, Lyn, Knife In The Kitchen, New York : 375 Hudson Street, New York, 10014 west.Bessie Brooks.
- Auline Group Greases Management Service. 2002. Guidelines of The Safe Design of a Commercial Kitchen. The Water Act, Part H Building Regulations & BS EN 1825-2: 2002.
|
Pendukung : |
|
- Hillman. Howard. 2003. The New Kitchen Science. New York : Houghton Miffin Company 215 Park Avenue South.
- Kotschevar, Lendal H & Terrel, Margaret E, 1986. Food Service Planning, Layout, and Equipment. New York : Willey & Sons.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mampu menguraikan makna pengertian dapur komersial (profesional) baik tertulis dan atau lisan secara benar
- Mampu menemukan jenis dapur komersial yang biasa digunakan dalam bisnis layanan makanan minuman (mamin) hasil eksplore baik tertulis dan atau lisan secara benar
- Mampu menguraikan fungsi dan syarat utama dapur dalam bisnis layanan mamin (hasil eksplore) baik tertulis dan atau lisan secara benar
- Mampu mengidentifikasi section dalam kitchen Komersil suatu bisnis foodservicve
|
- Mampu menguraikan makna pengertian dapur komersial (profesional) baik tertulis dan atau lisan secara benar
- Mampu menjelaskan jenis dapur komersial yang biasa digunakan dalam bisnis layanan mamin baik tertulis dan atau lisan secara benar
- Mampu menguraikan fungsi dan syarat utama dapur komersial dalam bisnis layanan mamin baik tertulis dan atau lisan secara benar
|
Kriteria:
- Tugas dikumpulkan dalam format pdf, dengan standar peniliasan yang benar, dikumpulkan maksimal 10-09-2024, PUKUL 23.59 wib
- Tugas berkelompok 2 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.
- Tugas dilengkapi dengan Referensi dengan penulisan sesuai ketentuan karya ilmiah.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring 150 menit |
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
- Mampu Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan fungsi dari setaio section dalam kitchen Komersil suatu bisnis foodservice
- Mampu menjelaskan tata kelola yang diperlukan dalam sebuah kitchen komersil secara tertulis dan lisan
|
- Mampu menguraikan makna pengertian dapur komersial (profesional) baik tertulis dan atau lisan secara benar
- Mampu menjelaskan jenis dapur komersial yang biasa digunakan dalam bisnis layanan mamin baik tertulis dan atau lisan secara benar
- Mampu menguraikan fungsi dan syarat utama dapur komersial dalam bisnis layanan mamin baik tertulis dan atau lisan secara benar
|
Kriteria:
- Tugas dikumpulkan dalam format pdf, dengan standar peniliasan yang benar, dikumpulkan maksimal 10-09-2024, PUKUL 23.59 wib
- Tugas berkelompok 2 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.
- Tugas dilengkapi dengan Referensi dengan penulisan sesuai ketentuan karya ilmiah.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 menit |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
- Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan fungsi dari setiap jenis pisau (knife) yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman
- Mampu menjelaskan penggunaan pisau yang benar secara tertulis dan lisan
|
- Mampu menguraikan fungsi dari setiap jenis pisau (knife) yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman baik tertulis dan atau lisan secara benar
- Mampu menjelaskan penggunaan pisau yang benar secara tertulis dan atau lisan dengan benar
|
Kriteria:
- Tugas dikumpulkan dalam format pdf, dengan standar peniliasan yang benar, dikumpulkan maksimal 18-09-2024, PUKUL 23.59 wib
- Tugas berkelompok 3-4 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 menit |
|
Materi: Knife Skills - The Basics Pustaka: Trotter, Charlie, Wareing, Marcus; Hill, shaun; Hall, Lyn, Knife In The Kitchen, New York : 375 Hudson Street, New York, 10014 west.Bessie Brooks. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
- Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan fungsi dari setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman
- Mampu menjelaskan penggunaan setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman yang ben secara tertulis dan lisan
|
- Mampu menguraikan fungsi dari setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman
- Mampu menjelaskan penggunaan setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman yang benar secara tertulis dan lisan
|
Kriteria:
- Tugas dikumpulkan dalam format pdf, dengan standar penilaian yang benar, dikumpulkan maksimal 25-09-2024, PUKUL 23.59 wib
- Tugas berkelompok 3-4 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring (asinkronus)
|
Materi: Smallware for Kitchens & Miscellaneous Kitchen Equipment Pustaka: Katsigris, Costas & Thomas, Chris, 2009. Design and Equipment for Restaurants and Foodservice A Management View : THIRD EDITION |
0% |
5
Minggu ke 5 |
- Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan fungsi dari setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman
- Mampu menjelaskan penggunaan setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman yang ben secara tertulis dan lisan
|
- Mampu menguraikan fungsi dari setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman
- Mampu menjelaskan penggunaan setiap jenis peralatan persiapan awal seperti wajan dan panci serta peralatan pengolahan lainnya yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman yang benar secara tertulis dan lisan
|
Kriteria:
- Tugas dikumpulkan dalam bentuk video, dengan standar penilaian yang benar, dikumpulkan maksimal 13-10-2024, PUKUL 23.59 wib
- Tugas berkelompok 2-3 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring (asinkronus)
|
Materi: Smallware for Kitchens & Miscellaneous Kitchen Equipment Pustaka: Katsigris, Costas & Thomas, Chris, 2009. Design and Equipment for Restaurants and Foodservice A Management View : THIRD EDITION |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menjelaskan dan memahami mengenai penggunaan gas, listrik, dan uap untuk peralatan dapur yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman |
Mampu menjelaskan dan memahami mengenai penggunaan gas, listrik, dan uap untuk peralatan dapur yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman |
Kriteria:
- Tugas dikumpulkan dalam bentuk video, dengan standar penilaian yang benar, dikumpulkan maksimal 13-10-2024, PUKUL 23.59 wib
- Tugas berkelompok 2-3 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 menit |
|
Materi: Electricity and Energy Management Pustaka: Katsigris, Costas & Thomas, Chris, 2009. Design and Equipment for Restaurants and Foodservice A Management View : THIRD EDITION |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan mengenai peralatan persiapan seperti kompor (ranges) dan oven yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman |
Mampu menguraikan mengenai peralatan persiapan seperti kompor (ranges) dan oven yang digunakan dalam bisnis layanan makanan dan minuman |
Kriteria:
- Tugas dikumpulkan dalam bentuk video, dengan standar penilaian yang benar, dikumpulkan maksimal 13-10-2024, PUKUL 23.59 wib
- Tugas berkelompok 2-3 orang, dengan menunjukkan kontribusi dalam penyelesaian tugasnya.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring (asinkronus)
|
Materi: Preparation Equipment - Ranges and Ovens Pustaka: Katsigris, Costas & Thomas, Chris, 2009. Design and Equipment for Restaurants and Foodservice A Management View : THIRD EDITION |
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |