Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kimia Umum

8420103074

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

3 Februari 2020

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Beni Setiawan, Ph.D.; Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd.; Martini, S.Pd., M.Pd.; Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc.; Ernita Vika Aulia, S.Pd., M.Pd.; Prof. Dr. Erman, M.Pd.




Beni Setiawan, Ph.D.




Prof. Dr. Erman, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai konsep-konsep dasar kimia untuk menyelesikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kimia.

PO - 2

Membuat keputusan tentang keterkaitan konsep dasar kimia dengan pengetahuan sesuai program studinya.

PO - 3

Mampu mendemonstrasikan sikap ilmiah dalam kegiatan laboratorium yang sesuai

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang penerapan berbagai sumber belajar, media pembelajaran, dan kegiatan laboratorium yang sesuai untuk mendukung penguasaan konsep: Metode Ilmiah, Sifat-sifat Materi, Stoikhiometri, Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia, Wujud Zat, Energetika, Larutan, Sistem Koloid, Kimia Karbon dan Biokimia. Pembelajaran disajikan dalam bentuk teori, praktikum dan pemberian tugas.

Pustaka

Utama :

  1. Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.
  2. Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.
  3. Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

Pendukung :

  1. Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual

Dosen Pengampu

Dra. Martini, M.Pd.

Prof. Dr. Erman, M.Pd.

Dr. Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd.

Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd.,M.Sc.

Ernita Vika Aulia, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
  5. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
  6. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Case based learning dan diskusi
3 x 50‘
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
3 x 50‘
Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
10%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
  5. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
  6. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Case based learning dan diskusi
3 x 50‘
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
3 x 50‘
Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
10%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
  5. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
  6. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Case based learning dan diskusi
3 x 50‘
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
3 x 50‘
Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
10%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
  5. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
  6. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Case based learning dan diskusi
3 x 50‘
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
3 x 50‘
Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

Materi: Materi dan Klasifikasinya
Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
10%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan sejarah teori atom; Menjelaskan Teori Atom Modern; Menjelaskan konsep ion dan molekul; Menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris; Menuliskan konfigurasi elektron; Menjelaskan konsep keperiodikan unsur; Menghitung muatan inti efektif dan shielding effect; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah teori atom.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan Teori Atom Modern.
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ion dan molekul.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris.
  5. Mahasiswa dapat menuliskan konfigurasi elektron.
  6. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep keperiodikan unsur.
  7. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul.
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case based learning dan diskusi
3 x 50‘
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
3 x 50‘
Materi: Atom, Ion, Molekul
Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

Materi: Atom, Ion, Molekul
Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

Materi: Atom, Ion, Molekul
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

Materi: Atom, Ion, Molekul
Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
10%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan sejarah teori atom; Menjelaskan Teori Atom Modern; Menjelaskan konsep ion dan molekul; Menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris; Menuliskan konfigurasi elektron; Menjelaskan konsep keperiodikan unsur; Menghitung muatan inti efektif dan shielding effect; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah teori atom.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan Teori Atom Modern.
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ion dan molekul.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris.
  5. Mahasiswa dapat menuliskan konfigurasi elektron.
  6. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep keperiodikan unsur.
  7. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul.
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case based learning dan diskusi
3 x 50‘
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
3 x 50‘
Materi: Atom, Ion, Molekul
Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

Materi: Atom, Ion, Molekul
Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

Materi: Atom, Ion, Molekul
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

Materi: Atom, Ion, Molekul
Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
10%

7

Minggu ke 7

Mendeskripsikan ikatan-ikatan kimia (ion, kovalen, logam); Mendeskripsikan gaya-gaya kimia (Ikatan Van der Walls)

  1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan ikatan-ikatan kimia (ion, kovalen, logam).
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan gaya-gaya kimia (Ikatan Van der Walls).
  3. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Ikatan Kimia.
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case based learning dan diskusi
3 x 50‘
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
3 x 50‘
Materi: Ikatan Kimia
Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

Materi: Ikatan Kimia
Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

Materi: Ikatan Kimia
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

Materi: Ikatan Kimia
Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
10%

8

Minggu ke 8

    Indikator penilaian dari Pertemuan 1 s.d 7

    Kriteria:

    Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)

    UTS (Paper-pencil test)
    2 x 50‘
    UTS (Paper-pencil test via aplikasi online/LMS UNESA)
    2 x 50‘
    0%

    9

    Minggu ke 9

    Menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro; Melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri; Mengaplikasikan konsep stokiometri berdasarkan hukum-hukum terkait pada kegiatan praktikum laboratorium

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro.
    2. Mahasiswa dapat melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri.
    3. Mahasiswa dapat melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri.
    Kriteria:

    Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
    Case based learning dan diskusi
    3 x 50‘
    Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
    3 x 50‘
    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
    10%

    10

    Minggu ke 10

    Menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro; Melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri; Mengaplikasikan konsep stokiometri berdasarkan hukum-hukum terkait pada kegiatan praktikum laboratorium

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro.
    2. Mahasiswa dapat melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri.
    3. Mahasiswa dapat melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri.
    Kriteria:

    Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
    Case based learning dan diskusi
    3 x 50‘
    Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
    3 x 50‘
    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
    10%

    11

    Minggu ke 11

    Menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro; Melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri; Mengaplikasikan konsep stokiometri berdasarkan hukum-hukum terkait pada kegiatan praktikum laboratorium

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro.
    2. Mahasiswa dapat melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri.
    3. Mahasiswa dapat melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri.
    Kriteria:

    Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
    Case based learning dan diskusi
    3 x 50‘
    Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
    3 x 50‘
    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

    Materi: Stoikiometri
    Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
    10%

    12

    Minggu ke 12

    Menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan; Menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis; Menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif; Menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga; Menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan; Mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan.
    2. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis.
    3. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif.
    4. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga.
    5. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan.
    6. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan.
    7. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium.
    Kriteria:

    Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
    Case based learning dan diskusi
    3 x 50‘
    Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
    3 x 50‘
    Materi: Konsep Dasar Larutan
    Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

    Materi: Konsep Dasar Larutan
    Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

    Materi: Konsep Dasar Larutan
    Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

    Materi: Konsep Dasar Larutan
    Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
    10%

    13

    Minggu ke 13

    Menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan; Menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis; Menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif; Menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga; Menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan; Mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan.
    2. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis.
    3. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif.
    4. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga.
    5. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan.
    6. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan.
    7. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium.
    Kriteria:

    Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
    Case based learning dan diskusi
    3 x 50‘
    Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
    3 x 50‘
    Materi: Konsep Dasar Larutan
    Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

    Materi: Konsep Dasar Larutan
    Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

    Materi: Konsep Dasar Larutan
    Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

    Materi: Konsep Dasar Larutan
    Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
    10%

    14

    Minggu ke 14

    Menjelaskan istilah-istilah dasar energitika seperti entalpi, entropi, dan energi bebas gibs; Menjelaskan konsep dasar redoks dan persamaan reaksinya; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Energitika

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar energitika seperti entalpi, entropi, dan energi bebas gibs.
    2. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar redoks dan persamaan reaksinya.
    3. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Energitika.
    Kriteria:

    Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Case based learning dan diskusi
    3 x 50‘
    Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
    3 x 50‘
    Materi: Energitika
    Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

    Materi: Energitika
    Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

    Materi: Energitika
    Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

    Materi: Energitika
    Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
    10%

    15

    Minggu ke 15

    Menjelaskan konsep senyawa karbon; Mendeskripsikan struktur karbohidrat, lemak, dan protein; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Biokimia

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep senyawa karbon.
    2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan struktur karbohidrat, lemak, dan protein.
    3. Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Biokimia.
    Kriteria:

    Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Case based learning dan diskusi
    3 x 50‘
    Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA.
    3 x 50‘
    Materi: Aspek Biokimia
    Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

    Materi: Aspek Biokimia
    Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.

    Materi: Aspek Biokimia
    Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.

    Materi: Aspek Biokimia
    Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
    10%

    16

    Minggu ke 16

    Indikator penilaian dari Pertemuan 9 s.d 15

    Kriteria:

    Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)

    UAS (Paper-pencil test)
    2 x 50‘
    UAS (Paper-pencil test via aplikasi online/LMS UNESA)
    2 x 50‘
    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 95%
    2. Penilaian Praktikum 45%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.