|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kimia Umum |
8420103074 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
3 Februari 2020 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Beni Setiawan, Ph.D.; Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd.; Martini, S.Pd., M.Pd.; Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc.; Ernita Vika Aulia, S.Pd., M.Pd.; Prof. Dr. Erman, M.Pd.
|
Beni Setiawan, Ph.D.
|
Prof. Dr. Erman, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep-konsep dasar kimia untuk menyelesikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kimia.
|
PO - 2 |
Membuat keputusan tentang keterkaitan konsep dasar kimia dengan pengetahuan sesuai program studinya.
|
PO - 3 |
Mampu mendemonstrasikan sikap ilmiah dalam kegiatan laboratorium yang sesuai
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang penerapan berbagai sumber belajar, media pembelajaran, dan kegiatan laboratorium yang sesuai untuk mendukung penguasaan konsep: Metode Ilmiah, Sifat-sifat Materi, Stoikhiometri, Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia, Wujud Zat, Energetika, Larutan, Sistem Koloid, Kimia Karbon dan Biokimia. Pembelajaran disajikan dalam bentuk teori, praktikum dan pemberian tugas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.
- Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc.
- Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill.
|
Pendukung : |
|
- Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Martini, M.Pd. Prof. Dr. Erman, M.Pd. Dr. Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd. Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd.,M.Sc. Ernita Vika Aulia, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
- Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
- Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
- Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi; Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari; Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran; Menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya; Mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan definisi materi dan klasifikasi materi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis materi dalam kehidupan sehari-hari.
- Mahasiswa dapat membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara unsur, senyawa, dan campuran.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Materi dan Klasifikasinya.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep unsur, senyawa, dan campuran pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Materi dan Klasifikasinya Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan sejarah teori atom; Menjelaskan Teori Atom Modern; Menjelaskan konsep ion dan molekul; Menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris; Menuliskan konfigurasi elektron; Menjelaskan konsep keperiodikan unsur; Menghitung muatan inti efektif dan shielding effect; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul |
- Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah teori atom.
- Mahasiswa dapat menjelaskan Teori Atom Modern.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ion dan molekul.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris.
- Mahasiswa dapat menuliskan konfigurasi elektron.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep keperiodikan unsur.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan sejarah teori atom; Menjelaskan Teori Atom Modern; Menjelaskan konsep ion dan molekul; Menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris; Menuliskan konfigurasi elektron; Menjelaskan konsep keperiodikan unsur; Menghitung muatan inti efektif dan shielding effect; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul |
- Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah teori atom.
- Mahasiswa dapat menjelaskan Teori Atom Modern.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ion dan molekul.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep rumus molekul dan empiris.
- Mahasiswa dapat menuliskan konfigurasi elektron.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep keperiodikan unsur.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Atom, Ion, dan Molekul.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Atom, Ion, Molekul Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mendeskripsikan ikatan-ikatan kimia (ion, kovalen, logam); Mendeskripsikan gaya-gaya kimia (Ikatan Van der Walls) |
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan ikatan-ikatan kimia (ion, kovalen, logam).
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan gaya-gaya kimia (Ikatan Van der Walls).
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Ikatan Kimia.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Ikatan Kimia Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Ikatan Kimia Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Ikatan Kimia Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Ikatan Kimia Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
Indikator penilaian dari Pertemuan 1 s.d 7 |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) |
UTS (Paper-pencil test) 2 x 50‘ |
UTS (Paper-pencil test via aplikasi online/LMS UNESA) 2 x 50‘ |
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro; Melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri; Mengaplikasikan konsep stokiometri berdasarkan hukum-hukum terkait pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro.
- Mahasiswa dapat melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri.
- Mahasiswa dapat melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Stoikiometri Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Stoikiometri Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Stoikiometri Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Stoikiometri Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro; Melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri; Mengaplikasikan konsep stokiometri berdasarkan hukum-hukum terkait pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro.
- Mahasiswa dapat melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri.
- Mahasiswa dapat melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Stoikiometri Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Stoikiometri Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Stoikiometri Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Stoikiometri Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro; Melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri; Mengaplikasikan konsep stokiometri berdasarkan hukum-hukum terkait pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan hukum-hukum dasar kimia: Hukum Kekekalan Massa, Perbandingan Tetap, Perbandingan Berganda,Perbandingan Timbal Balik, Perbandingan Volume, Avogadro.
- Mahasiswa dapat melakukan perhitungan berdasarkan konsep stokiometri.
- Mahasiswa dapat melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Stoikiometri.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Stoikiometri Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Stoikiometri Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Stoikiometri Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Stoikiometri Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan; Menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis; Menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif; Menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga; Menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan; Mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan; Menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis; Menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif; Menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga; Menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan; Mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium |
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar kelarutan serta syarat kelarutan melalui perhitungan hasil kali kelarutan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar Asam-Basa serta konsep dasar Asam-Basa berdasarkan Arhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar sifat koligatif.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar larutan penyangga dan syarat larutan dikatakan larutan penyangga.
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar hidrolisis larutan.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Larutan.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar asam-basa pada kegiatan praktikum laboratorium.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Konsep Dasar Larutan Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menjelaskan istilah-istilah dasar energitika seperti entalpi, entropi, dan energi bebas gibs; Menjelaskan konsep dasar redoks dan persamaan reaksinya; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Energitika |
- Mahasiswa dapat menjelaskan istilah-istilah dasar energitika seperti entalpi, entropi, dan energi bebas gibs.
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar redoks dan persamaan reaksinya.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Energitika.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Energitika Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Energitika Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Energitika Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Energitika Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menjelaskan konsep senyawa karbon; Mendeskripsikan struktur karbohidrat, lemak, dan protein; Melakukan evaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Biokimia |
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep senyawa karbon.
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan struktur karbohidrat, lemak, dan protein.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi suatu fenomena/kasus terkait Topik Biokimia.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Case based learning dan diskusi via aplikasi online/tatap maya atau LMS UNESA. 3 x 50‘ |
Materi: Aspek Biokimia Pustaka: Tim Kimia Umum. 2013. Kimia Umum . Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Materi: Aspek Biokimia Pustaka: Brady, James.E. 2004 . General Chemistry. Principle and Structure. 4th . ed. New York. John Willey and Sons, Inc. Materi: Aspek Biokimia Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill. Materi: Aspek Biokimia Pustaka: Artikel terkait fenomena-fenomena/kasus kontekstual |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
Indikator penilaian dari Pertemuan 9 s.d 15 |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) |
UAS (Paper-pencil test) 2 x 50‘ |
UAS (Paper-pencil test via aplikasi online/LMS UNESA) 2 x 50‘ |
|
0% |