Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Program Proyek Kemanusiaan

7920209114

T=0

P=4

ECTS=6.36

5

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-10

Mampu menghasilkan karya akademik atau non-akademik dengan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan untuk beragam audiens dan tujuan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan konsep proyek kemanusiaan serta relevansinya dengan isu-isu global.

PO - 2

Mahasiswa mampu merancang proyek kemanusiaan berdasarkan kebutuhan lapangan, melibatkan pemangku kepentingan, dan mempertimbangkan dampak jangka panjang.

PO - 3

Mahasiswa mampu memimpin tim dalam pelaksanaan proyek kemanusiaan, dengan memperhatikan manajemen risiko dan kendala lapangan.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengevaluasi proyek kemanusiaan secara kritis, menggunakan indikator keberhasilan yang objektif dan metodologi yang relevan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi proyek-proyek kemanusiaan. Mahasiswa akan diajarkan pendekatan multidisiplin dalam menangani krisis kemanusiaan, pengelolaan sumber daya, serta analisis sosial dan budaya terkait masyarakat yang terkena dampak. Selain itu, mata kuliah ini menekankan pada pengembangan kemampuan bekerja dalam tim, kepemimpinan, dan kolaborasi dengan komunitas lokal, pemerintah, dan organisasi internasional.

Pustaka

Utama :

  1. "Humanitarian Action: Principles, Practices, and Perspectives" oleh M. DuBois (2021) - Artikel ini membahas prinsip-prinsip dan praktik terbaik dalam aksi kemanusiaan, relevan untuk pemahaman teori dasar.
  2. International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
  3. Designing Humanitarian Interventions: Practical Strategies for Practitioners
  4. "The Impact of Humanitarian Aid on Economic Development: A Global Analysis" oleh E. Burnside (2019) - Artikel ini mengulas dampak bantuan kemanusiaan terhadap pembangunan ekonomi, penting untuk evaluasi proyek.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan

Pemahaman mendalam tentang peran organisasi internasional dalam proyek kemanusiaan, dengan analisis kritis terhadap studi kasus.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

2

Minggu ke 2

Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan

Pemahaman mendalam tentang peran organisasi internasional dalam proyek kemanusiaan, dengan analisis kritis terhadap studi kasus.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

3

Minggu ke 3

Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan

Pemahaman mendalam tentang peran organisasi internasional dalam proyek kemanusiaan, dengan analisis kritis terhadap studi kasus.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

4

Minggu ke 4

Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan

Pemahaman mendalam tentang peran organisasi internasional dalam proyek kemanusiaan, dengan analisis kritis terhadap studi kasus.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

5

Minggu ke 5

Perancangan Program Kemanusiaan

Perancangan program yang inovatif dan realistis dengan justifikasi berdasarkan data lapangan dan analisis kebutuhan.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

6

Minggu ke 6

Perancangan Program Kemanusiaan

Perancangan program yang inovatif dan realistis dengan justifikasi berdasarkan data lapangan dan analisis kebutuhan.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

7

Minggu ke 7

Perancangan Program Kemanusiaan

Perancangan program yang inovatif dan realistis dengan justifikasi berdasarkan data lapangan dan analisis kebutuhan.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

8

Minggu ke 8

Perancangan Program Kemanusiaan

Perancangan program yang inovatif dan realistis dengan justifikasi berdasarkan data lapangan dan analisis kebutuhan.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

9

Minggu ke 9

Manajemen dan Kepemimpinan dalam Proyek Kemanusiaan

Menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan kolaborasi yang kuat, serta penggunaan strategi mitigasi risiko.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

10

Minggu ke 10

Manajemen dan Kepemimpinan dalam Proyek Kemanusiaan

Menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan kolaborasi yang kuat, serta penggunaan strategi mitigasi risiko.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

11

Minggu ke 11

Manajemen dan Kepemimpinan dalam Proyek Kemanusiaan

Menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan kolaborasi yang kuat, serta penggunaan strategi mitigasi risiko.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

12

Minggu ke 12

Manajemen dan Kepemimpinan dalam Proyek Kemanusiaan

Menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan kolaborasi yang kuat, serta penggunaan strategi mitigasi risiko.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

13

Minggu ke 13

Evaluasi dan Dampak Proyek Kemanusiaan

Analisis dampak yang objektif dan berdasarkan data, serta rekomendasi untuk perbaikan proyek masa depan

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

14

Minggu ke 14

Evaluasi dan Dampak Proyek Kemanusiaan

Analisis dampak yang objektif dan berdasarkan data, serta rekomendasi untuk perbaikan proyek masa depan

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

15

Minggu ke 15

Evaluasi dan Dampak Proyek Kemanusiaan

Analisis dampak yang objektif dan berdasarkan data, serta rekomendasi untuk perbaikan proyek masa depan

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%

16

Minggu ke 16

Penilaian Akhir Semester

Mahasiswa akan diberikan proyek akhir berupa simulasi perancangan dan evaluasi proyek kemanusiaan.

Kriteria:
  1. Penelitian awal terkait kondisi lapangan (15%) Rancangan program berbasis data dan justifikasi (25%)
  2. Rancangan program berbasis data dan justifikasi (25%)
  3. Pengelolaan tim dan sumber daya dalam skenario simulasi krisis (20%)
  4. Evaluasi akhir dampak program dan rekomendasi untuk keberlanjutan (40%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Offline
2x50
Online
2x50
Materi: Teori dan Konsep Proyek Kemanusiaan
Pustaka: International Humanitarian Law and the Challenges of Contemporary Armed Conflicts
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40%
2. Penilaian Praktikum 40%
80%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.