|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Riset Pendidikan Matematika (Analysis of Mathematical Education Research) |
8400202046 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
3 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd
|
.......................................
|
Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu menguasai teori dan praktik penelitian dalam pendidikan matematika yang orisinil, kreatif, dan inovatif. |
PLO-9 |
Mampu mengambil keputusan berdasarkan data dan mengkomunikasikan ide penelitian, hasil dan argumentasinya secara tertulis dan lisan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis hasil-hasil penelitian dengan etika akademik yang profesional
|
PO - 2 |
Menganalisis tren penelitian pendidikan matematika dengan sikap ilmiah, kritis, dan kreatif
|
PO - 3 |
Melakukan pembandingan konsep-konsep dan teori-teori pendidikan matematika dengan menyusun argumen yang efektif dan komunikatif untuk menghasilkan karya kreatif dan orisinal
|
PO - 4 |
Menemukan kerangka konseptual dan teoritik untuk merancang pemecahan masalah pendidikan matematika
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | | PO-4 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengkajian penelitian pendidikan matematika yang mencakup kecenderungan tema penelitian pendidikan matematika, analisis artikel, kontruksi ide penelitian, dan penulisan karya akademik untuk mengembangkan kerangka teoritik dan konseptual suatu tema/fokus penelitian pendidikan matematika sesuai rencana penelitian yang dipilih mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian analisis artikel (20%) dan penilaian akhir artikel kerangka teoritik(30%). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
- Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes , 37-54
|
Pendukung : |
|
- Atweh, B., Forgasz, H., Nebres, B., & Atweh, W. F. (2001). Sociocultural research on mathematics education: An international perspective . Psychology Press
- Duval, R. (2000). Basic Issues for Research in Mathematics Education. Proceedings of the Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (PME) (24th, Hiroshima, Japan, July 23-27, 2000), Volume 1
- Fan, L., Zhu, Y., & Miao, Z. (2013). Textbook research in mathematics education: development status and directions. ZDM , 45
- Kilpatrick, J. (2020). History of research in mathematics education. Encyclopedia of mathematics education , 349-354.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D. Dr. Yusuf Fuad, M.App.Sc. Prof. Dr. Manuharawati, M.Si. Prof. Dr. Abadi, M.Sc. Prof. Dr. Raden Sulaiman, M.Si. Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si. Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd. Prof. Rooselyna Ekawati, Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan kriteria kebaruan suatu hasil penelitian. |
Mendeskripsikan kriteria kebaruan suatu hasil penelitian berdasar SOTA. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas, kedalaman pemahaman terhadap tugas, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 1: State of the Art 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, dan Vilearn-Vinesa 2 x 50‘ |
Materi: Kebaruan Penelitian Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis hasil penelitian melalui SMS dan SLR. |
Mendeskripsikan hasil penelitian melalui SMS dan SLR. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 2: SLR dan SMS 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG,Zoom, dan Vilearn-Vinesa 2 x 50‘ |
Materi: SMS dan SLR Pustaka: Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes , 37-54 |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis kerangka teoritik dan konseptual suatu penelitian. |
Menganalisis kerangka teoritik dan konseptual suatu penelitian. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 3: Kerangka Teoritik dan Konseptual Penelitian 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom, dan Vilearn-Vinesa 2 x 50‘ |
Materi: Kerangka Konseptual dan Teoritik Pustaka: Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes , 37-54 |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis tren penelitian pendidikan matematika dengan sikap ilmiah, kritis, dan kreatif. |
Mendeskripsikan tren tema penelitian Pendidikan matematika |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 4: Tren Penelitian Pendidikan Matematika 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2 x 50‘ |
Materi: Tren Penelitian Pendidikan matematika Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mengembangkan tema penelitian yang mutakhir. |
Merumuskan tema penelitian yang mutakhir dengan argumen rasional. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 5: Tema Penelitian yang mutakhir 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2x50‘ |
Materi: Tema Penelitian yang mutakhir Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis literatur untuk pembandingan teori. |
Menggunakan literatur untuk pembandingan teori. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 6: Literatur untuk pembandingan teori 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2x50‘ |
Materi: Literatur untuk perbandingan teori Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis literatur untuk pembandingan teori |
Menganalisis literatur untuk pembandingan teori |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 7: literatur untuk pembandingan teori 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2x50‘ |
Materi: literatur untuk pembandingan teori Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge |
4% |
8
Minggu ke 8 |
|
Ujian Tengah Semester |
|
Ujian Tengah Semester 2 X 50 |
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun kerangka teoritik dan konseptual. |
Menyusun kerangka teoritik dan konseptual penelitian. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 9: Kerangka teoritik dan konseptual penelitian 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2X50‘ |
Materi: Kerangka teoritik dan konseptual penelitian Pustaka: Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes , 37-54 |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun kerangka teoritik dan konseptual. |
Menganalisis kerangka teoritik dan konseptual penelitian |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 10: Kerangka teoritik dan konseptual penelitian 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2X50‘ |
Materi: Kerangka teoritik dan konseptual penelitian Pustaka: Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes , 37-54 |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun kerangka penelitian berupa draf proposal. |
Menyusun draf proposal penelitian. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 11: Kerangka penelitian berupa draf proposal 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2x50‘ |
Materi: Kerangka penelitian Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun kerangka penelitian berupa draf proposal. |
Menyusun draf proposal penelitian. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 12: Draf proposal penelitian 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2X50‘ |
Materi: Proposal penelitian Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun kerangka penelitian berupa draf proposal |
Menyusun draf proposal penelitian. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 13: Draf proposal penelitian 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2x50‘ |
Materi: Proposal penelitian Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun kerangka penelitian berupa draf proposal |
Menyajikan draf proposal |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 14: Proposal penelitian 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2x50‘ |
Materi: Proposal penelitian Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun kerangka penelitian berupa draf proposal |
Menyajikan draf proposal penelitian. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 15: Proposal penelitian 2 X 50 |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa 2x50‘ |
Materi: Proposal penelitian Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge |
3% |
16
Minggu ke 16 |
|
Ujian Akhir Semester (UAS)-Laporan Proyek Final berupa proposal |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan format proposal (20%), kebaruan tema penelitian (30%), ketepatan dan koherensi kerangka teoritik(40%) dan ketepatan tata tulis dan penggunaan Bahasa (10%) |
Ujian Akhir semester 2 x 50‘ |
|
|
30% |