Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Riset Pendidikan Matematika (Analysis of Mathematical Education Research)

8400202046

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd




.......................................




Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu menguasai teori dan praktik penelitian dalam pendidikan matematika yang orisinil, kreatif, dan inovatif.

PLO-9

Mampu mengambil keputusan berdasarkan data dan mengkomunikasikan ide penelitian, hasil dan argumentasinya secara tertulis dan lisan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis hasil-hasil penelitian dengan etika akademik yang profesional

PO - 2

Menganalisis tren penelitian pendidikan matematika dengan sikap ilmiah, kritis, dan kreatif

PO - 3

Melakukan pembandingan konsep-konsep dan teori-teori pendidikan matematika dengan menyusun argumen yang efektif dan komunikatif untuk menghasilkan karya kreatif dan orisinal

PO - 4

Menemukan kerangka konseptual dan teoritik untuk merancang pemecahan masalah pendidikan matematika

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-7PLO-9
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengkajian penelitian pendidikan matematika yang mencakup kecenderungan tema penelitian pendidikan matematika, analisis artikel, kontruksi ide penelitian, dan penulisan karya akademik untuk mengembangkan kerangka teoritik dan konseptual suatu tema/fokus penelitian pendidikan matematika sesuai rencana penelitian yang dipilih mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian analisis artikel (20%) dan penilaian akhir artikel kerangka teoritik(30%).

Pustaka

Utama :

  1. English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
  2. Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes , 37-54

Pendukung :

  1. Atweh, B., Forgasz, H., Nebres, B., & Atweh, W. F. (2001). Sociocultural research on mathematics education: An international perspective . Psychology Press
  2. Duval, R. (2000). Basic Issues for Research in Mathematics Education. Proceedings of the Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (PME) (24th, Hiroshima, Japan, July 23-27, 2000), Volume 1
  3. Fan, L., Zhu, Y., & Miao, Z. (2013). Textbook research in mathematics education: development status and directions. ZDM , 45
  4. Kilpatrick, J. (2020). History of research in mathematics education. Encyclopedia of mathematics education , 349-354.

Dosen Pengampu

Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D.

Dr. Yusuf Fuad, M.App.Sc.

Prof. Dr. Manuharawati, M.Si.

Prof. Dr. Abadi, M.Sc.

Prof. Dr. Raden Sulaiman, M.Si.

Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si.

Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd.

Prof. Rooselyna Ekawati, Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan kriteria kebaruan suatu hasil penelitian.

Mendeskripsikan kriteria kebaruan suatu hasil penelitian berdasar SOTA.

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas, kedalaman pemahaman terhadap tugas, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 1: State of the Art
2 X 50
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, dan Vilearn-Vinesa
2 x 50‘
Materi: Kebaruan Penelitian
Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
3%

2

Minggu ke 2

Menganalisis hasil penelitian melalui SMS dan SLR.

Mendeskripsikan hasil penelitian melalui SMS dan SLR.

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 2: SLR dan SMS
2 X 50
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG,Zoom, dan Vilearn-Vinesa
2 x 50‘
Materi: SMS dan SLR
Pustaka: Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes , 37-54
3%

3

Minggu ke 3

Menganalisis kerangka teoritik dan konseptual suatu penelitian.

Menganalisis kerangka teoritik dan konseptual suatu penelitian.

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 3: Kerangka Teoritik dan Konseptual Penelitian
2 X 50
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom, dan Vilearn-Vinesa
2 x 50‘
Materi: Kerangka Konseptual dan Teoritik
Pustaka: Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes , 37-54
4%

4

Minggu ke 4

Menganalisis tren penelitian pendidikan matematika dengan sikap ilmiah, kritis, dan kreatif.

Mendeskripsikan tren tema penelitian Pendidikan matematika

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 4: Tren Penelitian Pendidikan Matematika
2 X 50
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
2 x 50‘
Materi: Tren Penelitian Pendidikan matematika
Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
4%

5

Minggu ke 5

Mengembangkan tema penelitian yang mutakhir.

Merumuskan tema penelitian yang mutakhir dengan argumen rasional.

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 5: Tema Penelitian yang mutakhir
2 X 50
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
2x50‘
Materi: Tema Penelitian yang mutakhir
Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
4%

6

Minggu ke 6

Menganalisis literatur untuk pembandingan teori.

Menggunakan literatur untuk pembandingan teori.

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 6: Literatur untuk pembandingan teori
2 X 50
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
2x50‘
Materi: Literatur untuk perbandingan teori
Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
3%

7

Minggu ke 7

Menganalisis literatur untuk pembandingan teori

Menganalisis literatur untuk pembandingan teori

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 7: literatur untuk pembandingan teori
2 X 50
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
2x50‘
Materi: literatur untuk pembandingan teori
Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
4%

8

Minggu ke 8

    Ujian Tengah Semester

    Ujian Tengah Semester
    2 X 50

    20%

    9

    Minggu ke 9

    Menyusun kerangka teoritik dan konseptual.

    Menyusun kerangka teoritik dan konseptual penelitian.

    Kriteria:

    Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 9: Kerangka teoritik dan konseptual penelitian
    2 X 50
    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
    2X50‘
    Materi: Kerangka teoritik dan konseptual penelitian
    Pustaka: Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes , 37-54
    4%

    10

    Minggu ke 10

    Menyusun kerangka teoritik dan konseptual.

    Menganalisis kerangka teoritik dan konseptual penelitian

    Kriteria:

    Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 10: Kerangka teoritik dan konseptual penelitian
    2 X 50
    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
    2X50‘
    Materi: Kerangka teoritik dan konseptual penelitian
    Pustaka: Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education. Maa Notes , 37-54
    3%

    11

    Minggu ke 11

    Menyusun kerangka penelitian berupa draf proposal.

    Menyusun draf proposal penelitian.

    Kriteria:

    Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 11: Kerangka penelitian berupa draf proposal
    2 X 50
    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
    2x50‘
    Materi: Kerangka penelitian
    Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
    4%

    12

    Minggu ke 12

    Menyusun kerangka penelitian berupa draf proposal.

    Menyusun draf proposal penelitian.

    Kriteria:

    Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 12: Draf proposal penelitian
    2 X 50
    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
    2X50‘
    Materi: Proposal penelitian
    Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
    4%

    13

    Minggu ke 13

    Menyusun kerangka penelitian berupa draf proposal

    Menyusun draf proposal penelitian.

    Kriteria:

    Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 13: Draf proposal penelitian
    2 X 50
    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
    2x50‘
    Materi: Proposal penelitian
    Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
    3%

    14

    Minggu ke 14

    Menyusun kerangka penelitian berupa draf proposal

    Menyajikan draf proposal

    Kriteria:

    Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 14: Proposal penelitian
    2 X 50
    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
    2x50‘
    Materi: Proposal penelitian
    Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
    4%

    15

    Minggu ke 15

    Menyusun kerangka penelitian berupa draf proposal

    Menyajikan draf proposal penelitian.

    Kriteria:

    Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah

    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi Tugas 15: Proposal penelitian
    2 X 50
    Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi melalui Googleclassroom/ Googlemeet, WAG, Zoom dan Vilearn-Vinesa
    2x50‘
    Materi: Proposal penelitian
    Pustaka: English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015). Handbook of international research in mathematics education . Routledge
    3%

    16

    Minggu ke 16

    Ujian Akhir Semester (UAS)-Laporan Proyek Final berupa proposal

    Kriteria:

    Kesesuaian dan ketepatan format proposal (20%), kebaruan tema penelitian (30%), ketepatan dan koherensi kerangka teoritik(40%) dan ketepatan tata tulis dan penggunaan Bahasa (10%)

    Ujian Akhir semester
    2 x 50‘

    30%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    0%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.