|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Desain dan Analisis Data Penelitian Kualitatif |
8400103065 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
25 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Erman, M.Pd.
|
Prof. Dr. Erman, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
PLO-9 |
Mampu memimpin dan mengelola penelitian interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin untuk menghasilkan inovasi dan pengembangan pendidikan sains |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan teori, konsepsi, gagasan ilmiah dalam rangka memberikan kontribusi terhadap pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan sains secara komprehensif dan kontekstual
|
PO - 2 |
Menguasai landasan penelitian kualitatif naturalistik dan penggabungannya dengan penelitian kuantitatif dalam rangka memperbaharui keilmuan pendidikan sains.
|
PO - 3 |
Menyusun rancangan penelitian kualitatif dan penggabungannya antara penelitian kualitatif dan kuantitatif (mix method)dalam rangka penyusunan desertasi.
|
PO - 4 |
Menjunjung tinggi nilai dan kebudayaan manusia dalam rangka mengembangkan sikap, ketrampilan, dan kemampuan mahasiswa (kognitif, afektiv, dan psikomotor) secara terintegrasi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji latar belakang dan landasan filosofis metodologi penelitian kualitatif dibandingkan dengan penelitian kuantitatif, penjabaran pola umum/alur penelitian kualitatif dan kemungkinan adanya mix method merumuskan permasalahan penelitian kualitatif,penjabaran masalah menjadi beberapa focus penelitian, pengambilan dan penyajian data penelitian, pemeriksaan keabsahan data, prosedur untuk menganalisis data, perumusan temuan penelitian, alur pembahasan temuan penelitian dan cara menyimpulkan temuan temuan serta penyusunan produk penelitian. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.
- Miles, Matthew B & Huberman, A. Michael. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills. London. New Delhi: Sage Publication
- Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press
- Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson
- Cropley, A.J. 2022. Introduction to Qualitative Research Method: A Practice-Oriented Introduction. Hamburg: Editura Intaglio University of Hamburg.
- Creswell, J.W. & Creswell, J.D. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publication Inc.
- Birks, M. & Mills, J. 2015. Grounded Theory: A Practical Guide. London: Sage
- Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication
- Creshwell, John W. & Cheryl. N.Poth. 2018. Qualitative & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publication.
- Packer, Martin. 2011. The Science of Qualitative Research. New York: Cambridge Univ. Press
|
Pendukung : |
|
- Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication
- Creshwell, John W. & Cheryl. N.Poth. 2018. Qualitative & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publication
- Packer, Martin. 2011. The Science of Qualitative Research. New York: Cambridge Univ. Press
- Thomas, Murray R. 2003.Blending Qualitative & Quantitative Research Method in Theses and Disertations.California: Corwin Press. Inc.
- Prabowo. 2011. Metode Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains).Surabaya:Unesa Univ. Press
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Erman, M.Pd. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memiliki pemahaman metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan mix method baik secara filosofis maupun praktis dalam konteks pendidikan sains |
Mampu mengkaji adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan sebagai kajian awal penelitian kualitatif |
Kriteria:
- Skor 4 jika aktif berbagi informasi, bertanya, dan menjawab pertanyaan
- Skor 3 jika aktif berbagi informasi, bertanya, tetapi kurang menjawab pertanyaan
- Skor 2 jika aktif berbagi informasi, tidak bertanya, dan tidak menjawab pertanyaan
- Skor 1 jika aktif mendengarkan tetapi tidak berbagi informasi, tidak bertanya, dan tidak menjawab pertanyaan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penyajian informasi, tanya jawab, dan penugasan 3x50 menit |
|
Materi: Kronologis paradigma dalam sejarah penelitian Pustaka: Materi: Penelitian pendidikan Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson |
7% |
2
Minggu ke 2 |
- Mengidentifikasi karakteristik metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dalam konteks penelitian pendidikan sains
- Menjelaskan perbedaan metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dalam konteks penelitian pendidikan sains
|
- Mengidentifikasi ciri-ciri penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method
- Menjelaskan perbedaan metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method
|
Kriteria:
- Skor 4 jika dapat menjelaskan perbedaan metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dengan benar dan detail
- Skor 3 jika dapat menjelaskan sebagian besar perbedaan metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dengan benar
- Skor 2 jika dapat menjelaskan sebagian kecil perbedaan metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dengan benar.
- Skor 1 jika belum dapat menjelaskan perbedaan metodologi peneltiian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dengan benar.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusi 3 x 50 menit |
|
Materi: Diagram alur penelitian kualitatif naturalistik. Pustaka: Materi: .Hakekat inquiry Pustaka: Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication. Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Merancang ide penelitian kualitatif atau mixed method yang layak dan memiliki kebaruan dalam konteks pendidikan sains |
Mampu merancang ide penelitian kualitatif atau mixed method yang memiliki nilai kebaruan dalam konteks pendidikan sains |
Kriteria:
- Skor 4 jika ide penelitian layak dan memiliki nilai kebaruan
- Skor 3 jika ide penelitian kurang layak tetapi memiliki nilai kebaruan
- Skor 2 jika ide penelitian layak tetapi tidak memiliki nilai kebaruan
- Skor 1 jika ide penelitian kualitatif tidak layak
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
PjBL 3 x 50 menit |
Materi: Aksioma perbedaan antara paradigm positivistic dan postpositivistik Pustaka: Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Creshwell, John W. & Cheryl. N.Poth. 2018. Qualitative & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publication |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mengembangkan ide penelitian kualitatif yang memiliki kebaruan dalam konteks pendidikan sains |
Mampu merancang ide penelitian kualitatif yang memiliki nilai kebaruan dalam konteks pendidikan sains |
Kriteria:
- Skor 4 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method layak dan memiliki nilai kebaruan
- Skor 3 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method kurang layak tetapi memiliki nilai kebaruan
- Skor 2 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method kurang layak dan tidak memiliki nilai kebaruan
- Skor 1 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method tidak layak dan tidak memiliki kebaruan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
PjBL 3 x 50 menit |
Materi: Aksioma perbedaan antara paradigm positivistic dan postpositivistik Pustaka: Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Creshwell, John W. & Cheryl. N.Poth. 2018. Qualitative & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publication |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Merancang ide penelitian kualitatif yang memiliki kebaruan dalam konteks pendidikan sains |
Mampu merancang ide penelitian kualitatif atau mixed method yang layak dan memiliki nilai kebaruan dalam konteks pendidikan sains |
Kriteria:
- Skor 4 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method layak dan memiliki nilai kebaruan
- Skor 3 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method kurang layak tetapi memiliki nilai kebaruan
- Skor 2 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method kurang layak dan tidak memiliki nilai kebaruan
- Skor 1 jika ide penelitian kualitatif tidak layak dan memiliki nilai kebaruan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Presentasi dan
PjBL 3 x 50 menit |
Materi: Aksioma perbedaan antara paradigm positivistic dan postpositivistik Pustaka: Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Creshwell, John W. & Cheryl. N.Poth. 2018. Qualitative & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publication |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Mengembangkan draft proposal penelitian kualitatif berdasarkan ide penelitian yang layak dan memiliki nilai kebaruan |
- Mampu menulis proposal penelitian kualitatif atau mixed method yang layak dan memiliki nilai kebaruan
- Mampu mempresentasikan proposal penelitian kualitatif atau mixed method yang layak dan memiliki nilai kebaruan
|
Kriteria:
- Skor 4 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, lengkap, dan yang memiliki kebaruan
- Skor 3 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, kurang lengkap, tetapi memiliki kebaruan
- Skor 2 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, kurang lengkap, dan tidak memiliki kebaruan
- Skor 1 jika proposal yang dikembangkan belum layak untuk dijadikan disertasi, tidak lengkap, dan tidak memiliki kebaruan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
PjBL 3 x 50 menit |
Materi: Hasil preliminary study Pustaka: Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Miles, Matthew B & Huberman, A. Michael. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills. London. New Delhi: Sage Publication Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Mengembangkan draft proposal penelitian kualitatif berdasarkan ide penelitian yang layak dan memiliki nilai kebaruan |
- Mampu menulis proposal penelitian kualitatif atau mix method yang layak dan memiliki nilai kebaruan
- Mampu mempresentasikan proposal penelitian kualitatif atau mix method yang layak dan memiliki nilai kebaruan
|
Kriteria:
- Skor 4 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, lengkap, dan yang memiliki kebaruan
- Skor 3 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, kurang lengkap, tetapi memiliki kebaruan
- Skor 2 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, kurang lengkap, dan tidak memiliki kebaruan
- Skor 1 jika proposal yang dikembangkan belum layak untuk dijadikan disertasi, tidak lengkap, dan tidak memiliki kebaruan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
PjBL 3 x 50 menit |
Materi: Hasil preliminary study Pustaka: Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Miles, Matthew B & Huberman, A. Michael. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills. London. New Delhi: Sage Publication Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator dari TM-1 sampai TM-7 |
Kriteria:
Penilaian produk: ide penelitian/proposal Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 3 x 50 menit |
UTS 1 minggu |
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7 Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
- Menjelaskan draft perangkat pembelajaran/instrument sesuai dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif
- Mengembangkan instrumen dalam rencana proposal penelitian kualitatif
|
- Mampu menulis draft perangkat pembelajaran dan instrument sesuai draft proposal penelitian
- Mampu menjelaskan perangkat pembelajaran dan instrumen sesuai draft proposal penelitian
|
Kriteria:
- Skor 4 jika draft perangkat pembelajaran dan instrumen layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
- Skor 3 jika draft perangkat pembelajaran dan instrumen sebagian besar layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
- Skor 2 jika draft perangkat pembelajaran dan instrumen hanya sebagian kecil layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
- Skor 1 jika draft perangkat pembelajaran dan instrumen belum layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Presentasi dan PjBL 3 x 50 menit |
Materi: Metode Pengambilan data Pustaka: Materi: Metode penelitian kualitatif Pustaka: Prabowo. 2011. Metode Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains).Surabaya:Unesa Univ. Press Materi: Penelitian pendidikan Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mengembangkan draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrument sesuai dengan draft proposal penelitian |
Mampu menjelaskan perangkat pembelajaran dan instrumen sesuai draft proposal penelitian |
Kriteria:
- Skor 4 jika draft perangkat pembelajaran, materi penelitian, dan instrumen layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
- Skor 3 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen sebagian besar layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
- Skor 2 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen hanya sebagian kecil layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
- Skor 1 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen belum layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Presentasi tugas dan PjBL 3 x 50 menit |
Materi: Metode Pengambilan data Pustaka: Materi: Metode penelitian kualitatif Pustaka: Prabowo. 2011. Metode Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains).Surabaya:Unesa Univ. Press Materi: Penelitian pendidikan Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mengembangkan draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrument sesuai dengan draft proposal penelitian |
- Mampu menulis draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen sesuai draft proposal penelitian
- Mampu menjelaskan perangkat pembelajaran dan instrumen sesuai draft proposal penelitian
|
Kriteria:
- Skor 4 jika draft perangkat pembelajaran, materi penelitian, dan instrumen layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
- Skor 3 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen sebagian besar layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
- Skor 2 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen hanya sebagian kecil layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
- Skor 1 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen belum layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Presentasi dan PjBL 3 x 50 menit |
Materi: Metode Pengambilan data Pustaka: Materi: Metode penelitian kualitatif Pustaka: Prabowo. 2011. Metode Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains).Surabaya:Unesa Univ. Press Materi: Penelitian pendidikan Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Memeriksa keabsahan data dengan berbagai cara |
Mampu melakukan member check dan audit trail |
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, DIskusi dan PjBL 3 x 50 menit |
Presentasi, DIskusi dan PjBL 3x 50 menit |
Materi: Member check dan audit trail Pustaka: |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis data sesuai dengan alur yang disarankan |
Mampu merumuskan temuan berdasarkan data dari lapangan |
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, DIskusi dan PjBL 3 x 50 menit |
Presentasi, DIskusi dan PjBL 3x50 menit |
Materi: Kesimpulan akhir penelitian Pustaka: |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis data sesuai dengan alur yang disarankan |
Mampu merangkum temuan-temuan menjadi kesimpulan akhir penelitian. |
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, DIskusi dan PjBL 3nx 50 menit |
Presentasi, DIskusi dan PjBL 3 x 50 menit |
Materi: Kesimpulan akhir penelitian Pustaka: |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mempresentasikan proposal penelitian kualitatif atau mixed method yang lengkap dan layak sebagai usul penelitian disertasi |
Mampu merevisi proposal penelitian kualitatif atau mixed method yang lengkap dan layak |
Kriteria:
- Terlampir
- 7
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, DIskusi dan PjBL 3 x 50 menit |
|
Materi: Sistematika dan deskripsi proposal penelitian naturalistic kualitatif Pustaka: Materi: Penelitian pendidikan Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson Materi: Desain penelitian kualitatif Pustaka: Packer, Martin. 2011. The Science of Qualitative Research. New York: Cambridge Univ. Press Materi: Desain penelitian kualitatif dan mixed method Pustaka: Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication |
0% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan Akhir dari TM- 9 sampai dengan TM-15 |
Proposal yang dikumpulkan lengkap, layak, dan memiliki nilai kebaruan |
Kriteria:
- Skor 4 jika proposal penelitian lengkap, layak, dan memiliki nilai kebaruan
- Skor 3 jika proposal penelitian lengkap dan layak, tetapi tidak memiliki nilai kebaruan
- Skor 2 jika proposal penelitian layak tetapi tidak lengkap dan tidak memiliki nilai kebaruan
- Skor 1 jika proposal penelitian tidak layak
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengumpulan proposal penelitian 3 x 50 menit |
|
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15 Pustaka: |
5% |