Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Desain dan Analisis Data Penelitian Kualitatif

8400103065

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

25 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Erman, M.Pd.




Prof. Dr. Erman, M.Pd.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

PLO-9

Mampu memimpin dan mengelola penelitian interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin untuk menghasilkan inovasi dan pengembangan pendidikan sains

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan teori, konsepsi, gagasan ilmiah dalam rangka memberikan kontribusi terhadap pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan sains secara komprehensif dan kontekstual

PO - 2

Menguasai landasan penelitian kualitatif naturalistik dan penggabungannya dengan penelitian kuantitatif dalam rangka memperbaharui keilmuan pendidikan sains.

PO - 3

Menyusun rancangan penelitian kualitatif dan penggabungannya antara penelitian kualitatif dan kuantitatif (mix method)dalam rangka penyusunan desertasi.

PO - 4

Menjunjung tinggi nilai dan kebudayaan manusia dalam rangka mengembangkan sikap, ketrampilan, dan kemampuan mahasiswa (kognitif, afektiv, dan psikomotor) secara terintegrasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji latar belakang dan landasan filosofis metodologi penelitian kualitatif dibandingkan dengan penelitian kuantitatif, penjabaran pola umum/alur penelitian kualitatif dan kemungkinan adanya mix method merumuskan permasalahan penelitian kualitatif,penjabaran masalah menjadi beberapa focus penelitian, pengambilan dan penyajian data penelitian, pemeriksaan keabsahan data, prosedur untuk menganalisis data, perumusan temuan penelitian, alur pembahasan temuan penelitian dan cara menyimpulkan temuan temuan serta penyusunan produk penelitian.

Pustaka

Utama :

  1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.
  2. Miles, Matthew B & Huberman, A. Michael. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills. London. New Delhi: Sage Publication
  3. Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press
  4. Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson
  5. Cropley, A.J. 2022. Introduction to Qualitative Research Method: A Practice-Oriented Introduction. Hamburg: Editura Intaglio University of Hamburg.
  6. Creswell, J.W. & Creswell, J.D. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publication Inc.
  7. Birks, M. & Mills, J. 2015. Grounded Theory: A Practical Guide. London: Sage
  8. Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication
  9. Creshwell, John W. & Cheryl. N.Poth. 2018. Qualitative & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publication.
  10. Packer, Martin. 2011. The Science of Qualitative Research. New York: Cambridge Univ. Press

Pendukung :

  1. Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication
  2. Creshwell, John W. & Cheryl. N.Poth. 2018. Qualitative & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publication
  3. Packer, Martin. 2011. The Science of Qualitative Research. New York: Cambridge Univ. Press
  4. Thomas, Murray R. 2003.Blending Qualitative & Quantitative Research Method in Theses and Disertations.California: Corwin Press. Inc.
  5. Prabowo. 2011. Metode Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains).Surabaya:Unesa Univ. Press

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Erman, M.Pd.

Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memiliki pemahaman metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan mix method baik secara filosofis maupun praktis dalam konteks pendidikan sains

Mampu mengkaji adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan sebagai kajian awal penelitian kualitatif

Kriteria:
  1. Skor 4 jika aktif berbagi informasi, bertanya, dan menjawab pertanyaan
  2. Skor 3 jika aktif berbagi informasi, bertanya, tetapi kurang menjawab pertanyaan
  3. Skor 2 jika aktif berbagi informasi, tidak bertanya, dan tidak menjawab pertanyaan
  4. Skor 1 jika aktif mendengarkan tetapi tidak berbagi informasi, tidak bertanya, dan tidak menjawab pertanyaan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penyajian informasi, tanya jawab, dan penugasan
3x50 menit

Materi: Kronologis paradigma dalam sejarah penelitian
Pustaka:

Materi: Penelitian pendidikan
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson
7%

2

Minggu ke 2

  1. Mengidentifikasi karakteristik metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dalam konteks penelitian pendidikan sains
  2. Menjelaskan perbedaan metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dalam konteks penelitian pendidikan sains
  1. Mengidentifikasi ciri-ciri penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method
  2. Menjelaskan perbedaan metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method
Kriteria:
  1. Skor 4 jika dapat menjelaskan perbedaan metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dengan benar dan detail
  2. Skor 3 jika dapat menjelaskan sebagian besar perbedaan metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dengan benar
  3. Skor 2 jika dapat menjelaskan sebagian kecil perbedaan metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dengan benar.
  4. Skor 1 jika belum dapat menjelaskan perbedaan metodologi peneltiian kualitatif, kuantitatif, dan mix method dengan benar.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusi
3 x 50 menit

Materi: Diagram alur penelitian kualitatif naturalistik.
Pustaka:

Materi: .Hakekat inquiry
Pustaka: Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson
7%

3

Minggu ke 3

Merancang ide penelitian kualitatif atau mixed method yang layak dan memiliki kebaruan dalam konteks pendidikan sains

Mampu merancang ide penelitian kualitatif atau mixed method yang memiliki nilai kebaruan dalam konteks pendidikan sains

Kriteria:
  1. Skor 4 jika ide penelitian layak dan memiliki nilai kebaruan
  2. Skor 3 jika ide penelitian kurang layak tetapi memiliki nilai kebaruan
  3. Skor 2 jika ide penelitian layak tetapi tidak memiliki nilai kebaruan
  4. Skor 1 jika ide penelitian kualitatif tidak layak

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

PjBL
3 x 50 menit
Materi: Aksioma perbedaan antara paradigm positivistic dan postpositivistik
Pustaka:

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Creshwell, John W. & Cheryl. N.Poth. 2018. Qualitative & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publication
6%

4

Minggu ke 4

Mengembangkan ide penelitian kualitatif yang memiliki kebaruan dalam konteks pendidikan sains

Mampu merancang ide penelitian kualitatif yang memiliki nilai kebaruan dalam konteks pendidikan sains

Kriteria:
  1. Skor 4 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method layak dan memiliki nilai kebaruan
  2. Skor 3 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method kurang layak tetapi memiliki nilai kebaruan
  3. Skor 2 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method kurang layak dan tidak memiliki nilai kebaruan
  4. Skor 1 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method tidak layak dan tidak memiliki kebaruan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

PjBL
3 x 50 menit
Materi: Aksioma perbedaan antara paradigm positivistic dan postpositivistik
Pustaka:

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Creshwell, John W. & Cheryl. N.Poth. 2018. Qualitative & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publication
7%

5

Minggu ke 5

Merancang ide penelitian kualitatif yang memiliki kebaruan dalam konteks pendidikan sains

Mampu merancang ide penelitian kualitatif atau mixed method yang layak dan memiliki nilai kebaruan dalam konteks pendidikan sains

Kriteria:
  1. Skor 4 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method layak dan memiliki nilai kebaruan
  2. Skor 3 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method kurang layak tetapi memiliki nilai kebaruan
  3. Skor 2 jika ide penelitian kualitatif atau mixed method kurang layak dan tidak memiliki nilai kebaruan
  4. Skor 1 jika ide penelitian kualitatif tidak layak dan memiliki nilai kebaruan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi dan
PjBL
3 x 50 menit
Materi: Aksioma perbedaan antara paradigm positivistic dan postpositivistik
Pustaka:

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Creshwell, John W. & Cheryl. N.Poth. 2018. Qualitative & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publication
7%

6

Minggu ke 6

Mengembangkan draft proposal penelitian kualitatif berdasarkan ide penelitian yang layak dan memiliki nilai kebaruan

  1. Mampu menulis proposal penelitian kualitatif atau mixed method yang layak dan memiliki nilai kebaruan
  2. Mampu mempresentasikan proposal penelitian kualitatif atau mixed method yang layak dan memiliki nilai kebaruan
Kriteria:
  1. Skor 4 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, lengkap, dan yang memiliki kebaruan
  2. Skor 3 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, kurang lengkap, tetapi memiliki kebaruan
  3. Skor 2 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, kurang lengkap, dan tidak memiliki kebaruan
  4. Skor 1 jika proposal yang dikembangkan belum layak untuk dijadikan disertasi, tidak lengkap, dan tidak memiliki kebaruan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

PjBL
3 x 50 menit
Materi: Hasil preliminary study
Pustaka:

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Miles, Matthew B & Huberman, A. Michael. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills. London. New Delhi: Sage Publication

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press
7%

7

Minggu ke 7

Mengembangkan draft proposal penelitian kualitatif berdasarkan ide penelitian yang layak dan memiliki nilai kebaruan

  1. Mampu menulis proposal penelitian kualitatif atau mix method yang layak dan memiliki nilai kebaruan
  2. Mampu mempresentasikan proposal penelitian kualitatif atau mix method yang layak dan memiliki nilai kebaruan
Kriteria:
  1. Skor 4 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, lengkap, dan yang memiliki kebaruan
  2. Skor 3 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, kurang lengkap, tetapi memiliki kebaruan
  3. Skor 2 jika proposal yang dikembangkan layak untuk dijadikan disertasi, kurang lengkap, dan tidak memiliki kebaruan
  4. Skor 1 jika proposal yang dikembangkan belum layak untuk dijadikan disertasi, tidak lengkap, dan tidak memiliki kebaruan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

PjBL
3 x 50 menit
Materi: Hasil preliminary study
Pustaka:

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Miles, Matthew B & Huberman, A. Michael. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills. London. New Delhi: Sage Publication

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. London: The Guilford Press
7%

8

Minggu ke 8

Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7

Indikator dari TM-1 sampai TM-7

Kriteria:

Penilaian produk: ide penelitian/proposal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
3 x 50 menit
UTS
1 minggu
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

  1. Menjelaskan draft perangkat pembelajaran/instrument sesuai dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif
  2. Mengembangkan instrumen dalam rencana proposal penelitian kualitatif
  1. Mampu menulis draft perangkat pembelajaran dan instrument sesuai draft proposal penelitian
  2. Mampu menjelaskan perangkat pembelajaran dan instrumen sesuai draft proposal penelitian
Kriteria:
  1. Skor 4 jika draft perangkat pembelajaran dan instrumen layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
  2. Skor 3 jika draft perangkat pembelajaran dan instrumen sebagian besar layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
  3. Skor 2 jika draft perangkat pembelajaran dan instrumen hanya sebagian kecil layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
  4. Skor 1 jika draft perangkat pembelajaran dan instrumen belum layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi dan PjBL
3 x 50 menit
Materi: Metode Pengambilan data
Pustaka:

Materi: Metode penelitian kualitatif
Pustaka: Prabowo. 2011. Metode Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains).Surabaya:Unesa Univ. Press

Materi: Penelitian pendidikan
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson
7%

10

Minggu ke 10

Mengembangkan draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrument sesuai dengan draft proposal penelitian

Mampu menjelaskan perangkat pembelajaran dan instrumen sesuai draft proposal penelitian

Kriteria:
  1. Skor 4 jika draft perangkat pembelajaran, materi penelitian, dan instrumen layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
  2. Skor 3 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen sebagian besar layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
  3. Skor 2 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen hanya sebagian kecil layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
  4. Skor 1 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen belum layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi tugas dan PjBL
3 x 50 menit
Materi: Metode Pengambilan data
Pustaka:

Materi: Metode penelitian kualitatif
Pustaka: Prabowo. 2011. Metode Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains).Surabaya:Unesa Univ. Press

Materi: Penelitian pendidikan
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson
7%

11

Minggu ke 11

Mengembangkan draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrument sesuai dengan draft proposal penelitian

  1. Mampu menulis draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen sesuai draft proposal penelitian
  2. Mampu menjelaskan perangkat pembelajaran dan instrumen sesuai draft proposal penelitian
Kriteria:
  1. Skor 4 jika draft perangkat pembelajaran, materi penelitian, dan instrumen layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
  2. Skor 3 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen sebagian besar layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
  3. Skor 2 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen hanya sebagian kecil layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data
  4. Skor 1 jika draft perangkat pembelajaran, material penelitian, dan instrumen belum layak secara konseptual untuk digunakan dalam pengumpulan data

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi dan PjBL
3 x 50 menit
Materi: Metode Pengambilan data
Pustaka:

Materi: Metode penelitian kualitatif
Pustaka: Prabowo. 2011. Metode Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains).Surabaya:Unesa Univ. Press

Materi: Penelitian pendidikan
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson
7%

12

Minggu ke 12

Memeriksa keabsahan data dengan berbagai cara

Mampu melakukan member check dan audit trail

Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, DIskusi dan PjBL
3 x 50 menit
Presentasi, DIskusi dan PjBL
3x 50 menit
Materi: Member check dan audit trail
Pustaka:
7%

13

Minggu ke 13

Menganalisis data sesuai dengan alur yang disarankan

Mampu merumuskan temuan berdasarkan data dari lapangan

Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, DIskusi dan PjBL
3 x 50 menit
Presentasi, DIskusi dan PjBL
3x50 menit
Materi: Kesimpulan akhir penelitian
Pustaka:
7%

14

Minggu ke 14

Menganalisis data sesuai dengan alur yang disarankan

Mampu merangkum temuan-temuan menjadi kesimpulan akhir penelitian.

Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, DIskusi dan PjBL
3nx 50 menit
Presentasi, DIskusi dan PjBL
3 x 50 menit
Materi: Kesimpulan akhir penelitian
Pustaka:
7%

15

Minggu ke 15

Mempresentasikan proposal penelitian kualitatif atau mixed method yang lengkap dan layak sebagai usul penelitian disertasi

Mampu merevisi proposal penelitian kualitatif atau mixed method yang lengkap dan layak

Kriteria:
  1. Terlampir
  2. 7

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, DIskusi dan PjBL
3 x 50 menit

Materi: Sistematika dan deskripsi proposal penelitian naturalistic kualitatif
Pustaka:

Materi: Penelitian pendidikan
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. 2012. Educational Research. Boston: Pearson

Materi: Desain penelitian kualitatif
Pustaka: Packer, Martin. 2011. The Science of Qualitative Research. New York: Cambridge Univ. Press

Materi: Desain penelitian kualitatif dan mixed method
Pustaka: Creshwell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. New Delhi: Sage Publication
0%

16

Minggu ke 16

Kemampuan Akhir dari TM- 9 sampai dengan TM-15

Proposal yang dikumpulkan lengkap, layak, dan memiliki nilai kebaruan

Kriteria:
  1. Skor 4 jika proposal penelitian lengkap, layak, dan memiliki nilai kebaruan
  2. Skor 3 jika proposal penelitian lengkap dan layak, tetapi tidak memiliki nilai kebaruan
  3. Skor 2 jika proposal penelitian layak tetapi tidak lengkap dan tidak memiliki nilai kebaruan
  4. Skor 1 jika proposal penelitian tidak layak

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengumpulan proposal penelitian
3 x 50 menit

Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15
Pustaka:
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 14%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 76%
3. Penilaian Portofolio 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.