Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Hockey

8520206720

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

13 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mohammad Faruk, S. Pd., M. Kes.




.......................................




MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-10

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

PLO-11

Menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai konsep kepelatihan olahraga secara ilmiah

PO - 2

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program latihan

PO - 3

Mampu menggunakan teknologi dan instrumen analisis performa dalam olahraga.

PO - 4

Memiliki sikap profesional, etis, dan berkarakter dalam kepelatihan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-10PLO-11PLO-12
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas teori dan praktik analisis performa atlet dalam cabang olahraga hockey, meliputi pengukuran kondisi fisik, keterampilan teknik, taktik permainan, serta penggunaan teknologi seperti video analysis dan software sport performance. Mahasiswa diarahkan untuk mampu menganalisis, mengevaluasi, dan memberikan rekomendasi peningkatan performa atlet hockey berdasarkan data objektif

Pustaka

Utama :

  1. Hughes, M., & Franks, I. (2015). Essentials of Performance Analysis in Sport. Routledge
  2. O’Donoghue, P. (2014). An Introduction to Performance Analysis of Sport. Routledge
  3. International Hockey Federation (FIH) Coaching Resources
  4. Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar analisis performa olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
200 menit
mencari referensi di internet
200 menit
Materi: performa atlet
Pustaka: Hughes, M., & Franks, I. (2015). Essentials of Performance Analysis in Sport. Routledge
5%

2

Minggu ke 2

Mengenal instrumen pengukuran performa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi
200 menit
mencari referensi di internet
200 menit
Materi: alat ukur/instrumen pengukuran fisik atlet hockey
Pustaka: O’Donoghue, P. (2014). An Introduction to Performance Analysis of Sport. Routledge
5%

3

Minggu ke 3

Mengenal instrumen pengukuran performa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek, diskusi
200 menit
mencari referensi di internet
200 menit
Materi: alat ukur/instrumen pengukuran fisik atlet hockey
Pustaka: O’Donoghue, P. (2014). An Introduction to Performance Analysis of Sport. Routledge
5%

4

Minggu ke 4

Mengenal instrumen pengukuran performa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek, diskusi
200 menit
mencari referensi di internet
200 menit
Materi: alat ukur/instrumen pengukuran fisik atlet hockey
Pustaka: O’Donoghue, P. (2014). An Introduction to Performance Analysis of Sport. Routledge
5%

5

Minggu ke 5

Analisis taktik permainan

menganalisis taktik permainan

Kriteria:

mampu menganalisis taktik permainan hockey


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah diskusi, demontrasi
200 menit
mencari referensi yang relevan di internet
200 menit
Materi: Analisis taktik
Pustaka: Hughes, M., & Franks, I. (2015). Essentials of Performance Analysis in Sport. Routledge
5%

6

Minggu ke 6

menggunakan teknologi dalam menganalisis

Kriteria:

menganalisis menggunakan teknologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, workshop
200 menit
mencari referensi yang relevan di internet
200 menit
Materi: penggunaan teknologi dalam analsis performa
Pustaka: O’Donoghue, P. (2014). An Introduction to Performance Analysis of Sport. Routledge
5%

7

Minggu ke 7

Penyusunan instrumen evaluasi

mampu menyusun instrumen evaluasi

Kriteria:

instrumen evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, workshop
200 menit
mencari referensi yang relevan di internet
200 menit
Materi: Instrumen evaluasi
Pustaka: Hughes, M., & Franks, I. (2015). Essentials of Performance Analysis in Sport. Routledge
5%

8

Minggu ke 8

mampu mengerjakan tugas sebagai nilai Ujian Tengah semester

mengumpulkan tugas

Kriteria:

Tugas dikumpulkan tepat waktu dengan ketentuan yang telah disepakati


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Check list tugas
200 menit
mengumpulkan referensi untuk menyelesaikan tugas
200 menit
Materi: chapter 1-5
Pustaka: O’Donoghue, P. (2014). An Introduction to Performance Analysis of Sport. Routledge

Materi: chapter 1-5
Pustaka: Hughes, M., & Franks, I. (2015). Essentials of Performance Analysis in Sport. Routledge
20%

9

Minggu ke 9

Kriteria:

menghasilkan statistik pertandingan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
observasi lapangan
200 menit
mencari referensi penunjang di internet
200 menit
Materi: peraturan pertandingan
Pustaka: International Hockey Federation (FIH) Coaching Resources
5%

10

Minggu ke 10

Kriteria:

menghasilkan statistik pertandingan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
observasi lapangan
200 menit
mencari referensi penunjang di internet
200 menit
Materi: peraturan pertandingan
Pustaka: International Hockey Federation (FIH) Coaching Resources
5%

11

Minggu ke 11

Kriteria:

menghasilkan statistik pertandingan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
observasi lapangan
200 menit
mencari referensi penunjang di internet
200 menit
Materi: peraturan pertandingan
Pustaka: International Hockey Federation (FIH) Coaching Resources
5%

12

Minggu ke 12

Kriteria:

menghasilkan statistik pertandingan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
observasi lapangan
200 menit
mencari referensi penunjang di internet
200 menit
Materi: peraturan pertandingan
Pustaka: International Hockey Federation (FIH) Coaching Resources
5%

13

Minggu ke 13

Menyusun rekomendasi latihan

menyusun rekomendasi latihan

Kriteria:

program latihan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop
200 menit
mencari referensi penunjang di internet
200 menit
Materi: Penyusunan program latihan harian
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.
5%

14

Minggu ke 14

Menyusun rekomendasi latihan

menyusun rekomendasi latihan

Kriteria:

program latihan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop
200 menit
mencari referensi penunjang di internet
200 menit
Materi: Penyusunan program latihan harian
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.
5%

15

Minggu ke 15

mampu melakukan Presentasi hasil analisis

Kriteria:

mempresentasikan hasil dengan jelas dan bertanggung jawab


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, diskusi
200 menit

Materi: program lahan mikro, meso dan makro
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir

mampu mengerjakan soal yang telah diberikan dan mempresentasikan

Kriteria:

tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes Tulis dan Presentasi
100 menit

Materi: chapter 1-5
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 40%
3. Penilaian Praktikum 20%
4. Praktik / Unjuk Kerja 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.