Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perancangan dan Integrasi Sistem

2020103122

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang perancangan suatu sistem dengan mempertimbangkan beberapa aspek, mengevaluasi suatu hasil rancangan dari beberapa macam aspek, membandingkan beberapa hasil rancangan, menentukan rancangan yang terbaik dari kesemuanya, dan mengintegrasikan rancangan yang terpilih dalam bentuk arsitektur teknologi yang uniform.

Pustaka

Utama :

  1. Wasson, Charles S. 2006.System Analysis, Design, and Development:Concepts, Principles, and Practices. John Wiley & Sons, NewJersey
  2. Blanchard, B.S., W.J. Fabrycky.1992. Systems Engineering and Analysis.2nd edition, Prenticeā€Hall, New Jersey
  3. Juric, Matjaz B., Ramesh Loganathan, Poornachandra Sarang, & Frank Jennings. 2007.SOA Approach to Integration. Packt Publishing, Birmingham
  4. Ruh, William A., Francis X. Maginnis, & William J. Brown.2001. Enterprise Application Integration. John Wiley & Sons, Inc
  5. Myerson, Judith M.2002. Enterprise Systems Integration. CRC Press Compan

Pendukung :

Dosen Pengampu

Endryansyah, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform.

Mampu membuat spesifikasi /daftar kebutuhan sistem.

Ceramah, presentasi, diskusi
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform.

Mampu membuat rancangan konseptual sistem berupa variabel, parameter, batasan dan kendala sistem.

Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform.

Mampu membuat rancangan fungsional sistem berupa diagram dan tabel fungsional.

Ceramah, presentasi dan diskusi
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu membuat rancangan detail sistem berupa struktur dan spesifikasi sistem serta daftar material yang dibutuhkan.

Menjelaskan pengertian perancangan dan integrasi sistem.Menjelaskan proses perancangan dan integrasi sistem

Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform.

Mampu membuat rancangan detail sistem berupa struktur dan spesifikasi sistem serta daftar material yang dibutuhkan.

Kriteria:
  1. - kelengkapan,ketepatan & kebenaran rancangan
  2. - Partisipasi
- Ceramah - Presentasi dan demonstrasi - Diskusi
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform

Mampu menyimpulkan bahwa hasil rancangan sistem berfungsi dengan baik sesuai dengan definisi kebutuhan.

Kriteria:
  1. - kelengkapan,ketepatan & kebenaran pengujian
  2. - Partisipasi
- Ceramah - Presentasi dan demonstrasi - Diskusi
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform

Mampu menyimpulkan bahwa hasil rancangan sistem berfungsi dengan baik sesuai dengan definisi kebutuhan.

Kriteria:
  1. - kelengkapan,ketepatan & kebenaran pengujian
  2. - Partisipasi
- Ceramah - Presentasi dan demonstrasi - Diskusi
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

UTS

Mampu menyelesaikan Soal UTS


3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform

mampu mengevaluasi suatu hasil rancangan dari beberapa macam aspek

Kriteria:
  1. - Kelengkapan
  2. & kebenaran analisis
  3. - Partisipasi
- Ceramah - Presentasi dan demonstrasi - Diskusi
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform

mampu mengevaluasi suatu hasil rancangan dari beberapa macam aspek

Kriteria:
  1. - Kelengkapan
  2. & kebenaran analisis
  3. - Partisipasi
- Ceramah - Presentasi dan demonstrasi - Diskusi
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform

Mampu mengintegrasikan hasil rancangan dalam bentuk arsitektur teknologi yang uniform.

Kriteria:
  1. - Kelengkapan, ketepatan & kebenaran integrasi sistem
  2. - Partisipasi
- Ceramah - Presentasi dan demonstrasi - Diskusii
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform

Mampu mengintegrasikan hasil rancangan dalam bentuk arsitektur teknologi yang uniform.

Kriteria:
  1. - Kelengkapan, ketepatan & kebenaran integrasi sistem
  2. - Partisipasi
- Ceramah - Presentasi dan demonstrasi - Diskusii
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform

Mampu mengintegrasikan hasil rancangan dalam bentuk arsitektur teknologi yang uniform.

Kriteria:
  1. - Kelengkapan, ketepatan & kebenaran integrasi sistem
  2. - Partisipasi
- Ceramah - Presentasi dan demonstrasi - Diskusii
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

mampu mengintegrasikan hasil rancangan suatu sistem dengan memadukan teknologi, aplikasi, data dan komunikasi ke dalam satu struktur kerja fungsional dengan bentuk arsitektur teknologi yang uniform

Mampu mengintegrasikan hasil rancangan dalam bentuk arsitektur teknologi yang uniform.

Kriteria:
  1. - Kelengkapan, ketepatan & kebenaran integrasi sistem
  2. - Partisipasi
- Ceramah - Presentasi dan demonstrasi - Diskusii
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

UAS

Mampu menyelesaikan Soal UAS


3 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.