Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Pendidikan Ekonomi Syariah

8710302111

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

8 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.




Dr. Sri Abidah Suryaningsih, S.Ag., M.Pd.




Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

PLO-9

Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS pada bidang Ekonomi Syariah dalam pembelajaran sebagai sumber dan media pembelajarannyaserta memanfaatkannya untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran

PO - 2

Mampu mendiskripsikan konsep dasar ekonomi Syariah, sumber hukum ekonomi Syariah, sistem ekonomi Syariah, mikro danmakro ekonomi Syariah, prinsip transaksi dalam ekonomi Syariah, sertapemikiran ekonomi Syariah kontemporer

PO - 3

Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam pengaplikasian ekonomisyariah berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjukdalam memilih berbagai alternative solusi secara mandiri dan kelompok.

PO - 4

Bertanggung jawab pada pekerjaan sediri dan dapat diberitanggung jawab atas pencapaiaan hasil kerja organisasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-9
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Kajian Pendidikan Ekonomi Syariah pada jenjang S2 dalam program studi Pendidikan Ekonomi bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep-konsep ekonomi syariah serta penerapannya dalam konteks pendidikan. Mata kuliah ini membahas berbagai aspek ekonomi syariah seperti prinsip-prinsip ekonomi Islam, sistem keuangan syariah, etika bisnis dalam Islam, serta peran pendidikan dalam pengembangan ekonomi syariah. Ruang lingkupnya meliputi kajian teoritis dan praktis mengenai ekonomi syariah, pendidikan ekonomi Islam, serta strategi pengajaran dan pembelajaran dalam konteks ekonomi syariah.

Pustaka

Utama :

  1. Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani
  2. Chapra, M.Umer. 2001. The Future of Economics: An Islamic Perspective Jakarta. Shari,ah Economics and Banking Institute(SEBI) Choudhury
  3. Mohamed Aslam. 2006. Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer. Surabaya: Airlangga University Press.
  4. Hosen, M. Nadratuzzaman., HasanAli dan Bahrul Muhtasib. 2008. Ekonomi Syariah. Jakarta.
  5. Jusmaliani, dkk. 2005, KebijakanEkonomi Dalam Islam , Yogyakarta : Kreasi Wacana
  6. Khan, Adnan. 2008. Kapitalisme di Ujung Tanduk .Jakarta. PustakaTharikul Izzah.
  7. MusliminH. Kara, 2005, Bank Syariah di Indonesia: Analisis Kebijakan Pemerintah Indonesia terhadap perbankan Syariah, Yogyakarta : UII Press
  8. Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana
  9. Nik Mohamed Efendi, 2002, Islamand Business , Malaysia : Pelanduk Publications
  10. Rachmat Syafi’i, 2004, Fiqih Muamalah , Bandung : PustakaSetiaSakti,
  11. Ali. 2007. Analisis TeoritisEkonomi Islam. Paradigma dan aqsa publishing

Pendukung :

  1. Hakim L., Soesatyo Y., dan Subroto W.T. 2021. Pengembangan Buku Ajar Kajian Ekonomi Islam (Syariah) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi (Penelitian Buku Ajar Program Pascasarjana Unesa Dana PNBP 2021)
  2. Surjanti J. dan Sakti N.C. 2020. Modifikasi Hasil Transformasi IPTEK Hijab Berkearifan Lokal sebagai Upaya Antisipasi Covid 19 (PKM Penugasan Kebijakan Strategi Universitas PNBP 2020)
  3. Hakim L. dan Susanti. 2021. Pelatihan Penggunaan dan Pembuatan E-Modul Perbankan Syariah bagi Guru MGMP Perbankan Syariah Provinsi Jawa Timur (PKM FEB Unesa Dana PNBP 2021)

Dosen Pengampu

Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.

Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak.

Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah

  1. Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
  2. Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
Kriteria:

Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah
Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani
3%

2

Minggu ke 2

Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah

  1. Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
  2. Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
Kriteria:

Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah
Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani
3%

3

Minggu ke 3

Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah

  1. Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
  2. Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
Kriteria:

Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah
Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani
3%

4

Minggu ke 4

Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah

  1. Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
  2. Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
Kriteria:

Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah
Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani
3%

5

Minggu ke 5

Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah

  1. Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
  2. Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
Kriteria:

Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah
Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani
3%

6

Minggu ke 6

Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah

  1. Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
  2. Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
Kriteria:

Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah
Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani
3%

7

Minggu ke 7

Menyusun Proposal Penelitian bidang pendidikan ekonomi syrari’ah

Mampu menyusun proposal penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah

Kriteria:

Non test : Kemampuan menyusun proposal penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis akad / transaksi dalam ekonomi syrari’ah
Pustaka: MusliminH. Kara, 2005, Bank Syariah di Indonesia: Analisis Kebijakan Pemerintah Indonesia terhadap perbankan Syariah, Yogyakarta : UII Press
3%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

Ujian Tengah Semester (UTS)


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester (UTS)
2 X 50
Ujian Tengah Semester (UTS)
2 X 50
Materi: -
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syari'ah

Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah

Kriteria:

Non test : Kemampuan melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah
Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana
7%

10

Minggu ke 10

Melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syari'ah

Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah

Kriteria:

Non test : Kemampuan melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah
Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana
3%

11

Minggu ke 11

Melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syari'ah

Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah

Kriteria:

Non test : Kemampuan melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah
Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana
3%

12

Minggu ke 12

Melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syari'ah

Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah

Kriteria:

Non test : Kemampuan melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah
Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana
3%

13

Minggu ke 13

Mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah

Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah

Kriteria:

Non test : Kemampuan mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah
Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana
7%

14

Minggu ke 14

Mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah

Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah

Kriteria:

Non test : Kemampuan mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah
Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana
3%

15

Minggu ke 15

Mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah

Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah

Kriteria:

Non test : Kemampuan mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
2 X 50
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah
Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana
3%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

Kriteria:

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)


Bentuk Penilaian :
Tes
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
2 X 50
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
2 X 50
Materi: -
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20.16%
2. Penilaian Portofolio 20.16%
3. Praktik / Unjuk Kerja 9.66%
4. Tes 50%
99.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.