
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Pendidikan Ekonomi Syariah |
8710302111 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
8 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.
|
Dr. Sri Abidah Suryaningsih, S.Ag., M.Pd.
|
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
PLO-9 |
Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS pada bidang Ekonomi Syariah dalam pembelajaran sebagai sumber dan media pembelajarannyaserta memanfaatkannya untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran
|
PO - 2 |
Mampu mendiskripsikan konsep dasar ekonomi Syariah, sumber hukum ekonomi Syariah, sistem ekonomi Syariah, mikro danmakro ekonomi Syariah, prinsip transaksi dalam ekonomi Syariah, sertapemikiran ekonomi Syariah kontemporer
|
PO - 3 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam pengaplikasian ekonomisyariah berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjukdalam memilih berbagai alternative solusi secara mandiri dan kelompok.
|
PO - 4 |
Bertanggung jawab pada pekerjaan sediri dan dapat diberitanggung jawab atas pencapaiaan hasil kerja organisasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Kajian Pendidikan Ekonomi Syariah pada jenjang S2 dalam program studi Pendidikan Ekonomi bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep-konsep ekonomi syariah serta penerapannya dalam konteks pendidikan. Mata kuliah ini membahas berbagai aspek ekonomi syariah seperti prinsip-prinsip ekonomi Islam, sistem keuangan syariah, etika bisnis dalam Islam, serta peran pendidikan dalam pengembangan ekonomi syariah. Ruang lingkupnya meliputi kajian teoritis dan praktis mengenai ekonomi syariah, pendidikan ekonomi Islam, serta strategi pengajaran dan pembelajaran dalam konteks ekonomi syariah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani
- Chapra, M.Umer. 2001. The Future of Economics: An Islamic Perspective Jakarta. Shari,ah Economics and Banking Institute(SEBI) Choudhury
- Mohamed Aslam. 2006. Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer. Surabaya: Airlangga University Press.
- Hosen, M. Nadratuzzaman., HasanAli dan Bahrul Muhtasib. 2008. Ekonomi Syariah. Jakarta.
- Jusmaliani, dkk. 2005, KebijakanEkonomi Dalam Islam , Yogyakarta : Kreasi Wacana
- Khan, Adnan. 2008. Kapitalisme di Ujung Tanduk .Jakarta. PustakaTharikul Izzah.
- MusliminH. Kara, 2005, Bank Syariah di Indonesia: Analisis Kebijakan Pemerintah Indonesia terhadap perbankan Syariah, Yogyakarta : UII Press
- Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana
- Nik Mohamed Efendi, 2002, Islamand Business , Malaysia : Pelanduk Publications
- Rachmat Syafi’i, 2004, Fiqih Muamalah , Bandung : PustakaSetiaSakti,
- Ali. 2007. Analisis TeoritisEkonomi Islam. Paradigma dan aqsa publishing
|
Pendukung : |
|
- Hakim L., Soesatyo Y., dan Subroto W.T. 2021. Pengembangan Buku Ajar Kajian Ekonomi Islam (Syariah) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi (Penelitian Buku Ajar Program Pascasarjana Unesa Dana PNBP 2021)
- Surjanti J. dan Sakti N.C. 2020. Modifikasi Hasil Transformasi IPTEK Hijab Berkearifan Lokal sebagai Upaya Antisipasi Covid 19 (PKM Penugasan Kebijakan Strategi Universitas PNBP 2020)
- Hakim L. dan Susanti. 2021. Pelatihan Penggunaan dan Pembuatan E-Modul Perbankan Syariah bagi Guru MGMP Perbankan Syariah Provinsi Jawa Timur (PKM FEB Unesa Dana PNBP 2021)
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA. Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak. Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah |
- Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
- Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
|
Kriteria:
Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah |
- Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
- Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
|
Kriteria:
Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah |
- Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
- Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
|
Kriteria:
Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah |
- Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
- Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
|
Kriteria:
Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah |
- Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
- Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
|
Kriteria:
Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah |
- Dapat mengkaji hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
- Dapat menelaah hasil hasil Penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah
|
Kriteria:
Non test : Kemampuan mengkaji dan menelaah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan ekonomi syari’ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami hakekat dan sejarah ekonomi syari’ah Pustaka: Antonio, Muhammad Syafi. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktek. Jakarta :Gema Insani |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Menyusun Proposal Penelitian bidang pendidikan ekonomi syrari’ah |
Mampu menyusun proposal penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah |
Kriteria:
Non test : Kemampuan menyusun proposal penelitian bidang pendidikan ekonomi syariah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis akad / transaksi dalam ekonomi syrari’ah Pustaka: MusliminH. Kara, 2005, Bank Syariah di Indonesia: Analisis Kebijakan Pemerintah Indonesia terhadap perbankan Syariah, Yogyakarta : UII Press |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Kriteria:
Ujian Tengah Semester (UTS) Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester (UTS) 2 X 50 |
Ujian Tengah Semester (UTS) 2 X 50 |
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syari'ah |
Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah |
Kriteria:
Non test : Kemampuan melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syari'ah |
Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah |
Kriteria:
Non test : Kemampuan melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syari'ah |
Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah |
Kriteria:
Non test : Kemampuan melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syari'ah |
Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah |
Kriteria:
Non test : Kemampuan melakukan penelitian bidang pendidikan ekonomi syaria'ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah |
Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah |
Kriteria:
Non test : Kemampuan mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah |
Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah |
Kriteria:
Non test : Kemampuan mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah |
Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah |
Kriteria:
Non test : Kemampuan mempresentasikan laporan hasil penelitian pendidikan ekonomi syari'ah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 2 X 50 |
Materi: Kemampuan memahami dan menganalisis prinsip jual beli dalam transaksi ekonomi syari’ah Pustaka: Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam , Jakarta : Kencana |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) |
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) |
Kriteria:
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) Bentuk Penilaian : Tes |
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) 2 X 50 |
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) 2 X 50 |
Materi: - Pustaka: |
30% |