Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kimia Elektro

4720102081

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Amaria, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang sifat-sifat kelistrikan dari bahan kimia dan pengukurannya, serta penerapannya dalam pengembangan energi alternatif melalui studi, praktikum dan rekayasa sederhana.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Chun, J.H. 2012.Developments in Electrochemistry. Croatia: inTech
  2. 2. Bard, A.J. and Faulkner, L.R. 2001.Electrochemical Methods Fundamental and Applications. USA: John Wiley  & Sons, Inc.
  3. 3. Kulikovsky, A.A. 2010. Analytical Modelling ofFuel Cells. Amsterdam: Elsevier.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si.

Samik, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami arah perkembangan Kimia Elektro

Mendskripsikan arah perkembangan kimia elektro

Kriteria:

Nilai Partisipasi

Presentasi dan Diskusi
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menganalisis proses yang terjadi diseputar elektrode

Menentukan reaksi redoks yang terjadi pada masing-masing elektroda

Kriteria:

penilaian tugas dan partisipasi

Unjuk Kerja Presentasi dan diskusi
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami potensial sel dan cara pengukurannya.

Menentukann potensial sel

Kriteria:

penilaian tugas dan partisipasi

Unjuk Kerja Presentasi dan diskusi
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Merekayasa sel elektrokimia sebagai pembangkit listrik

Membuat batere sederhana

Kriteria:

penilaian tugas dan partisipasi

Unjuk kerja presentasi dan diskusi
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Menguasai basik termodinamika dari kimia elektro

Menjelaskan termodinamika dari kimia elektro

Kriteria:

penilaian tugas dan partisipasi

Presentasi dan diskusi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Menentukan kinetika reaksi dalam kimia elektro

Menyususn mekanisme reaksi kimia elektro

Kriteria:

penilaian tugas dan partisipasi

Unjuk Kerja Presentasi dan diskusi
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami prinsip dasar proses perpindahan massa dalam kimia elektro

Merancang percobaan untuk menentukan transport ion

Kriteria:

penilaian tugas dan partisipasi

Unjuk Kerja Presentasi dan diskusi
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

    Kriteria:

    penilaian UTS


    2 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami basik prinsip dari fuel cell

    Menjelaskan prinsip kerja fuel cell

    Kriteria:

    penilaian tugas dan partisipasi

    Presentasi dan Diskusi
    2 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami model-model dari Fuel Cell

    Menjelaskan macam-macam model fuel cell

    Kriteria:

    penilaian tugas dan partisipasi

    Unjuk Kerja Presentasi dan diskusi
    2 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami kinerja lapisan katalis dalam kimia elektro

    Menjelaskan kinerja laapisan katalis dalam fuel cell

    Kriteria:

    penilaian tugas dan partisipasi

    Presentasi dan diskusi
    2 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Memahami kinerja lapisan katalis dalam kimia elektro

    Merancang percobaan kinerja lapisan katalis dalam fuel cell

    Kriteria:

    penilaian tugas dan partisipasi

    Unjuk kerja presentasi dan diskusi
    2 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Merancang suatu model fuel cell

    Membuat satu model fuel cell sederhana

    Kriteria:

    penilaian tugas dan partisipasi

    Unjuk Kerja Presentasi dan diskusi
    2 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Menganalisis kelistrikan solar cell

    Mendeskripsikan hasil analisis komponen solar cell

    Kriteria:

    penilaian tugas dan partisipasi

    Unjuk Kerja Presentasi dan diskusi
    2 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Merancang solar cell sederhana

    Membuat solar cell sederhana

    Kriteria:

    penilaian tugas dan partisipasi

    Unjuk Kerja Presentasi dan diskusi
    2 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

      Kriteria:

      penilaian Ujian Akhir Semester

      Test
      2 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.