
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Matematika Kuliner |
8321102181 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
5 Desember 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Annisa Nur Aini, S.Pd., M.Pd
|
Annisa Nur Aini, S.Pd., M.Pd
|
Dr. Hj. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan, menganalisis dan mengimplentasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan Tata Boga |
PLO-8 |
Mampu memahami konsep-konsep ilmu dalam bidang tata boga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami konsep matematika dasar yang diterapkan pada bidang kuliner
|
PO - 2 |
Mampu memahami konsep satuan ukuran yang digunakan pada bidang kuliner
|
PO - 3 |
Mampu memahami konsep satuan ukuran matrik yang digunakan pada bidang kuliner
|
PO - 4 |
Mampu memahami konsep dasar satuan ukuran yang digunakan pada bidang kuliner
|
PO - 5 |
Mampu mengonversi ukuran Campuran Berat dan Volume Konversi Lanjutan antara Berat dan Volume
|
PO - 6 |
Mampu menelaah persen hasil
|
PO - 7 |
Mampu menganalisis Finding Cost
|
PO - 8 |
Mampu menganalisis Edible Portion
|
PO - 9 |
Mampu menetapkan biaya resep
|
PO - 10 |
Mampu mengonversi ukuran resep
|
PO - 11 |
UTS
|
PO - 12 |
UAS
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-3 | | ✔ | | ✔ | PO-4 | | ✔ | | ✔ | PO-5 | | ✔ | ✔ | | PO-6 | | ✔ | ✔ | | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-8 | | ✔ | ✔ | | PO-9 | | ✔ | ✔ | | PO-10 | | ✔ | ✔ | | PO-11 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-12 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-11 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Matematika Kuliner dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang aplikasi konsep-konsep matematika dalam bidang kuliner. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar matematika yang relevan dengan tata boga dan bagaimana menerapkannya dalam perencanaan, produksi, dan penyajian makanan. Materi yang akan dibahas meliputi pengukuran dan konversi, proporsi dan rasio, perhitungan biaya dalam konteks kuliner. Pembelajaran menerapkan project base method dan model pembelajaran kooperatif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
- Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
- Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Aulia Bayu Yushila, S.TP., M.T. Aji Fajar Ramadhani, S.Pi., M.T.P. Annisa Nur'aini, S.Pd., M.Pd. Rendra Lebdoyono, S.T.P., M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami konsep dasar matematika pada bidang kuliner |
- Mengidentifikasi nilai tempat dari bilangan bulat
- Mengidentifikasi jenis-jenis pecahan
- Mengkonversi bilangan bulat menjadi pecahan
- Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran
- Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa
- Memecahkan masalah pecahan
- Identifikasi empat nilai tempat pertama di sebelah kanan titik desimal
- Memecahkan masalah desimal
- Mengubah pecahan menjadi desimal dan desimal menjadi pecahan
- Mengubah persen menjadi desimal atau pecahan dan desimal atau pecahan menjadi persen
- Membulatkan angka yang diberikan berdasarkan situasi
|
Kriteria:
Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait konsep matematika dasar pada bidang kuliner dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus : Eksplorasi materi terkait penggunaan matematika dasar pada bidang kuliner 2x50 |
Materi: Dasar-dasar matematika, bilangan bulat, bilangan pecahan dan bilangan desimal Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami konsep matematika dasar yang diterapkan pada bidang kuliner |
- Mengidentifikasi nilai tempat dari bilangan bulat
- Mengidentifikasi jenis-jenis pecahan
- Mengkonversi bilangan bulat menjadi pecahan
- Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran
- Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa
- Memecahkan masalah pecahan
- Identifikasi empat nilai tempat pertama di sebelah kanan titik desimal
- Memecahkan masalah desimal
- Mengubah pecahan menjadi desimal dan desimal menjadi pecahan
- Mengubah persen menjadi desimal atau pecahan dan desimal atau pecahan menjadi persen
- Membulatkan angka yang diberikan berdasarkan situasi
- Memecahkan masalah kata untuk bagian, keseluruhan, atau, persen
|
Kriteria:
Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait konsep matematika dasar pada bidang kuliner dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus : Eksplorasi materi terkait penggunaan matematika dasar pada bidang kuliner 2x50 |
Materi: Dasar-dasar Matematika, bilangan bulat, bilangan pecahan dan bilangan desimal Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami konsep satuan ukuran yang digunakan pada bidang kuliner |
- Menjelaskan sistem pengukuran, alat dan singkatan satuan ukuran yang paling umum digunakan di dapur profesional
- Mengidentifikasi perbedaan volume dan berat
- Mengidentifikasi perbedaan fluid ounce dan ounce
- Menjelaskan teknik pengukuran volume dan berat
- Mengidentifikasi persamaan ukuran volume
- Mengidentifikasi persamaan ukuran berat
|
Kriteria:
Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi kelompok terkait konsep satuan ukuran pada bidang kuliner dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus : Eksplorasi materi dan contoh penggunaan satuan ukuran pada bidang kuliner 2x50 |
Materi: Satuan ukuran pengukuran Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
memahami konsep satuan ukuran matrik yang digunakan pada bidang kuliner |
- Menjelaskan sistem metrik dan keunggulannya
- Mengidentifikasi situasi dalam layanan makanan di mana sistem metrik dapat digunakan
|
Kriteria:
Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi kelompok terkait konsep satuan ukuran metrik pada bidang kuliner dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus : Eksplorasi materi dan contoh penggunaan satuan ukuran metrik pada bidang kuliner 2X50 |
Materi: Ukuran metrik; Massa, Volume dan waktu Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
memahami konsep dasar satuan ukuran yang digunakan pada bidang kuliner |
Mengkonversi satuan ukuran dalam berat dan dalam volume |
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait penggunaan satuan ukuran dalam berat dan volume pada bidang kuliner 2X50 |
Materi: Konversi satuan ukuran dalam berat dan dalam volume Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengonversi ukuran Campuran Berat dan Volume Konversi Lanjutan antara Berat dan Volume |
Mengkonversi ukuran campuran berat dan volume |
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait konversi ukuran campuran berat dan volume konversi lanjutan antara berat dan volume 2x50 |
Materi: Konversi ukuran campuran berat dan volume Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengonversi ukuran Campuran Berat dan Volume Konversi Lanjutan antara Berat dan Volume |
- Memahami dan menjelaskan persen hasil (yield percent)
- Menerapkan persen hasil (yield percent)
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait penerapan persen hasil (yield percent) pada bidang kuliner 2x50 |
Materi: Persen hasil Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Mahasiswa mampu mengerjakan tes tulis dari materi pertemuan 1 -7 |
Kriteria:
ujian tulis Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi 1-7 2X50 |
Materi: Materi 1-3 Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Materi 4-5 Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Materi 6-7 Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menelaah finding cost |
- Menjelaskan pengertian persen hasil
- Menjelaskan penggunaan persen hasil
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait penggunaan persen hasil pada bidang kuliner
|
Materi: Persen hasil dan penggunaannya Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menganalisis Finding Cost |
- Menentukan biaya porsi yang dapat dimakan dan sebagai biaya pembelian
- Menghitung biaya porsi yang dapat dimakan ketika biaya yang dibeli diberikan untuk suatu bahan
- Menghitung biaya total dengan menggunakan biaya porsi yang dapat dimakan
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait penerapan biaya porsi, biaya pembelian dan biaya total 2x50 |
Materi: Biaya porsi dan Biaya Total Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis Edible Portion |
- Menjelaskan definisi edible portion
- Menentukan biaya porsi yang dapat dimakan dan sebagai biaya pembelian
- Menghitung biaya porsi yang dapat dimakan ketika biaya yang dibeli diberikan untuk suatu bahan
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait edible portion dalam bidang kuliner 2x50 |
Materi: Penerapan edible portion, biaya porsi Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menetapkan biaya resep |
- Menjelaskan biaya resep dan penggunaannya
- Menghitung biaya untuk menghasilkan resep yang diberikan dan biaya per porsi
- Mengidentifikasi unsur-unsur formulir biaya makanan
- Menghitung perkiraan harga jual makanan
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait menghitung konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan 2x50 |
Materi: Biaya resep dan penggunaannya Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Harga jual makanan Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengonversi ukuran resep |
- Menghitung faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu
- Menghitung jumlah bahan baku yang dibutuhkan agar dapat digunakan pada resep yang dikonversi
- Mengkonversi besaran yang sulit diukur menjadi besaran yang lebih mudah diukur
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Eksplorasi materi terkait mengokonversi ukuran resep 2x50 |
Materi: Faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Konversi satuan ukuran Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengonversi ukuran resep |
- Menghitung faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu
- Menghitung jumlah bahan baku yang dibutuhkan agar dapat digunakan pada resep yang dikonversi
- Mengkonversi besaran yang sulit diukur menjadi besaran yang lebih mudah diukur
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Eksplorasi materi terkait mengokonversi ukuran resep 2x50 |
Materi: Faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Konversi satuan ukuran Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengonversi ukuran resep |
- Menghitung faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu
- Menghitung jumlah bahan baku yang dibutuhkan agar dapat digunakan pada resep yang dikonversi
- Mengkonversi besaran yang sulit diukur menjadi besaran yang lebih mudah diukur
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Eksplorasi materi terkait mengokonversi ukuran resep 2x50 |
Materi: Faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Konversi satuan ukuran Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Pemahaman materi pertemuan 9-15 |
Kriteria:
ujian tulis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
1x50 |
2x50 |
Materi: Materi 9-12 Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Materi 13-14 Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Materi 15 Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council |
20% |