|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Model Bisnis |
8722004144 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
5 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Prayudi Setiawan Prabowo, S.T., S.E., M.E.
|
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.
|
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu menganalisis strategi pemberdayaan potensi ekonomi |
PLO-7 |
Mampu berkomunikasi secara efektif secara lisan dan tertulis di bidang ekonomi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menguasai teori konsep model bisnis
|
PO - 2 |
Mampu menguasai teori bisnis model canvas
|
PO - 3 |
Mampu menguasai teori elemen-elemen dalam bisnis model canvas
|
PO - 4 |
Mampu mengintegrasikan teori kedalam penyusunan model bisnis di perusahaan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori business modeling meliputi konsep model bisnis, peran penting entrepreneur, teori bisnis model canvas serta penerapan model bisnis di perusahaan yang sukses |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
- Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
|
Pendukung : |
|
- Hanifa dkk, 2023. Development Of Community Entrepreneurship Through Creating Digital Marketing, Laporan PKM, LPP MUNESA: Surabaya
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian dan konsep model bisnis |
1. Pengertian Model-model Bisnis; 2. Komponen dalam Model Bisnis |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: pengertian dan konsep model bisnis Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan tentang peran penting entrepreneur dalam dunia bisnis |
1. Peran entrepreneur dalam dunia bisnis; 2. Bagaimana menjadi seorang entrepreneur; 3. Profile seorang entrepreneur |
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: peran penting entrepreneur dalam dunia bisnis Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Teori Bisnis Model Canvas, dan mampu mengintegrasikan pada elemen Customer Segmen, Customer relationship dan Channel |
1. Teori Bisnis Model Canvas; 2. Integrasi BMC pada elemen Customer Segmen, Customer Relationship, dan elemn Channel |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Teori Bisnis Model Canvas Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas pada elemen Value Proposition, dan Key Activities |
Integrasi BMC pada elemen Value Proposition, dan Key Activities |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas pada elemen Value Proposition, dan Key Activities Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas pada elemen Key Resources, dan Key Partnership |
Integrasi BMC pada elemen Key Resources, dan Key Partnership |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas pada elemen Key Resources, dan Key Partnership Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas penyusunan dan mengintegrasikan ke dalam model bisnis kanvas pada elemen Revenue Stream |
Integrasi BMC pada pada elemen Revenue Stream |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas penyusunan dan mengintegrasikan ke dalam model bisnis kanvas pada elemen Revenue Stream dan Cost Structure Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas penyusunan dan mengintegrasikan ke dalam model bisnis kanvas pada elemen Cost Structure |
Integrasi BMC pada pada elemen Cost Structure |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas penyusunan dan mengintegrasikan ke dalam model bisnis kanvas pada elemen Revenue Stream dan Cost Structure Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga |
5% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya |
mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menerapkan model bisnis diperusahaan yang sudah sukses |
penerapan model bisnis pada perusahaan yang sudah sukses |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: penerapan model bisnis diperusahaan yang sudah sukses Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan penerapan financial plan pada bisnis yang akan dibangun |
penerapan penerapan financial plan pada bisnis yang akan dibangun |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: penerapan financial plan pada bisnis yang akan dibangun Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiwa melakukan kunjungan industri untuk mengetahui penerapan model bisnis secara langsung |
menjelaskan dan memahami hasil kunjungan ke perusahaan tentang penerapan model bisnis |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: melakukan kunjungan industri untuk mengetahui penerapan model bisnis secara langsung Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mengimplementasikan teori Bisnis Model dengan hasil kunjungan industri |
menjelaskan dan mengimplementasikan teori Bisnis Model dengan hasil kunjungan ke perusahaan |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: mengimplementasikan teori Bisnis Model dengan hasil kunjungan industri Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mempresentasikan Model Bisnis |
mempresentasikan Model Bisnis |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Presentasi Model Bisnis Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mempresentasikan Model Bisnis |
mempresentasikan Model Bisnis |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Presentasi Model Bisnis Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mempresentasikan Model Bisnis |
mempresentasikan Model Bisnis |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Prsentasi Model Bisnis Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya |
5% |
16
Minggu ke 16 |
mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya |
mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 3x50 |
|
|
30% |