Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Model Bisnis

8722004144

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

5

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Prayudi Setiawan Prabowo, S.T., S.E., M.E.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu menganalisis strategi pemberdayaan potensi ekonomi

PLO-7

Mampu berkomunikasi secara efektif secara lisan dan tertulis di bidang ekonomi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai teori konsep model bisnis

PO - 2

Mampu menguasai teori bisnis model canvas

PO - 3

Mampu menguasai teori elemen-elemen dalam bisnis model canvas

PO - 4

Mampu mengintegrasikan teori kedalam penyusunan model bisnis di perusahaan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-6PLO-7
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori business modeling meliputi konsep model bisnis, peran penting entrepreneur, teori bisnis model canvas serta penerapan model bisnis di perusahaan yang sukses

Pustaka

Utama :

  1. Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
  2. Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga

Pendukung :

  1. Hanifa dkk, 2023. Development Of Community Entrepreneurship Through Creating Digital Marketing, Laporan PKM, LPP MUNESA: Surabaya

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian dan konsep model bisnis

1. Pengertian Model-model Bisnis; 2. Komponen dalam Model Bisnis

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: pengertian dan konsep model bisnis
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan tentang peran penting entrepreneur dalam dunia bisnis

1. Peran entrepreneur dalam dunia bisnis; 2. Bagaimana menjadi seorang entrepreneur; 3. Profile seorang entrepreneur

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: peran penting entrepreneur dalam dunia bisnis
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Teori Bisnis Model Canvas, dan mampu mengintegrasikan pada elemen Customer Segmen, Customer relationship dan Channel

1. Teori Bisnis Model Canvas; 2. Integrasi BMC pada elemen Customer Segmen, Customer Relationship, dan elemn Channel

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Teori Bisnis Model Canvas
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas pada elemen Value Proposition, dan Key Activities

Integrasi BMC pada elemen Value Proposition, dan Key Activities

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas pada elemen Value Proposition, dan Key Activities
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas pada elemen Key Resources, dan Key Partnership

Integrasi BMC pada elemen Key Resources, dan Key Partnership

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas pada elemen Key Resources, dan Key Partnership
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas penyusunan dan mengintegrasikan ke dalam model bisnis kanvas pada elemen Revenue Stream

Integrasi BMC pada pada elemen Revenue Stream

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas penyusunan dan mengintegrasikan ke dalam model bisnis kanvas pada elemen Revenue Stream dan Cost Structure
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas penyusunan dan mengintegrasikan ke dalam model bisnis kanvas pada elemen Cost Structure

Integrasi BMC pada pada elemen Cost Structure

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: teori kedalam penyusunan model bisnis kanvas penyusunan dan mengintegrasikan ke dalam model bisnis kanvas pada elemen Revenue Stream dan Cost Structure
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

8

Minggu ke 8

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menerapkan model bisnis diperusahaan yang sudah sukses

penerapan model bisnis pada perusahaan yang sudah sukses

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: penerapan model bisnis diperusahaan yang sudah sukses
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan penerapan financial plan pada bisnis yang akan dibangun

penerapan penerapan financial plan pada bisnis yang akan dibangun

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: penerapan financial plan pada bisnis yang akan dibangun
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiwa melakukan kunjungan industri untuk mengetahui penerapan model bisnis secara langsung

menjelaskan dan memahami hasil kunjungan ke perusahaan tentang penerapan model bisnis

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: melakukan kunjungan industri untuk mengetahui penerapan model bisnis secara langsung
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mengimplementasikan teori Bisnis Model dengan hasil kunjungan industri

menjelaskan dan mengimplementasikan teori Bisnis Model dengan hasil kunjungan ke perusahaan

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: mengimplementasikan teori Bisnis Model dengan hasil kunjungan industri
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mempresentasikan Model Bisnis

mempresentasikan Model Bisnis

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Presentasi Model Bisnis
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mempresentasikan Model Bisnis

mempresentasikan Model Bisnis

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Presentasi Model Bisnis
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mempresentasikan Model Bisnis

mempresentasikan Model Bisnis

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Prsentasi Model Bisnis
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
5%

16

Minggu ke 16

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
3x50

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
3. Praktik / Unjuk Kerja 45%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.