Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Genetika dan Genomik

8420504322

T=4

P=0

ECTS=6.36

3

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan Hukum Mendel dan persilangan dengan berbagai sifat beda, mengembangkan konsep konsep tersebut dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari

PO - 2

Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan penyimpangan semu angka-angka perbandingan klasik Mendel dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.

PO - 3

Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan alel ganda, mengembangkan konsep-konsep tersebut dan mengaplikasikan konsep yang telah dikuasai dalam kehidupan sehari-hari.

PO - 4

Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan gen ganda/poligen, mengembangkan konsep-konsep tersebut dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

PO - 5

Menerapkan prinsip kemungkinan dan Chi square dalam genetika dan analisis hasil-hasil riset genetika

PO - 6

Mendeskripsikan gen-gen pada gonosombeserta pemanfaatannya dalam kesejahteraan organisme utamanya manusia

PO - 7

Mendeskripsikan penentuan jens kelamin pada berbagai makhluk hidup

PO - 8

Mendeskripsikan hakekat materi genetika dan perannya dalam pewarisan sifat

PO - 9

Mendeskripsikan organisasi dan struktur genom, serta implikasinya

PO - 10

Mengkomunikasikan pemahaman dan keterampilan terkait teknik-teknik analisis genom (isolasi DNA, PCR, gene cloning, pemetaan dan sekuensing genom, analisis mutagenesis, gene silencing)

PO - 11

Mendeskripsikan aplikasi analisis genom dan genomik di berbagai bidang

PO - 12

Mengkomunikasikan pemahaman tentang gen berangkai (pautan gen) dan pindah silang

PO - 13

Membuat peta kromosom makhluk hidup berdasarkan data hasil persilangan

PO - 14

Mendeskripsikan kelainan yang disebabkan kesalahan metabolisme bawaan pada manusia dan cara penanggulangannya

PO - 15

mendeskripsikan hukum keseimbangan Hardy-Weinberg dan asumsi yang digunakan serta aplikasinya dalam menghitung frekuensi alel dalam populasi

PO - 16

Terampil melaksanakan praktikum/riset terkait konsep-konsep genetika

PO - 17

Terampil melaksanakan isolasi DNA secara sederhana

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10 
PO-11 
PO-12 
PO-13 
PO-14 
PO-15 
PO-16 
PO-17 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16
PO-17

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Meliputi lingkup pendahuluan (pengenalan istilah-istilah yang digunakan dalam belajar genetika, genetika Mendel (Hukum Mendel I & II, persilangan dengan berbagai sifat beda, penyimpangan semu Hukum Mendel), alel ganda, gen ganda, teori kemungkinan, uji X2, pautan dan pindah silang, pembuatan peta kromosom, kariotipe pada manusia dan penyimpangannya, genetika biokimia dan kesalahan metabolisme bawaan, dasar-dasar rekayasa genetika, dasar-dasar genetika populasi, materi genetik dan ekspresinya, dasar-dasar mutasi gen & kromosom. Pada mata kuliah ini juga membekali mahasiswa terkait genomik yang meliputi organisasi dan struktur genom, serta implikasinya, teknik-teknik analisis genom (isolasi DNA, PCR, gene cloning , pemetaan dan sekuensing genom, analisis mutagenesis, gene silencing ) dan aplikasi analisis genom dan genomik di berbagai bidang. Penyajian melalui aktivitas perkuliahan, praktikum lab basah dan lab kering dan penugasan/riset dan kajian kasus-kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam kemasan case methods

Pustaka

Utama :

  1. Gardner, E.J., dkk. 1991. Principles of Genetics. New York: John Willey & Sons.
  2. Sarin, C. 2002. Genetics. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.
  3. Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Penuntun Praktikum Genetika. Surabaya: University Press
  4. Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press
  5. Klug, W.S., Cummings, M.R. et al. 2010. Essentials of Genetics. San Fransisco: Pearson Benjamin Cummings.
  6. Primrose SB dan Twyman RM. 2006. Principles of Gene Manipulation and Genomics. Cornwall: Blackwell Publishing

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.

Dr. Isnawati, M.Si.

Guntur Trimulyono, S.Si., M.Sc.

Putut Rakhmad Purnama, S.Si, M.Si.

Fitriari Izzatunnisa Muhaimin, B.Sc., M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menerapkan konsep-konsep yang terkait dengan Hukum Mendel dan persilangan dengan berbagai sifat beda, mengembangkan konsep-konsep tersebut dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari

a. Mendeskripsikan pengertian istilah-istilah yang lazim digunakan dalam genetika. b. Menjelaskan Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II. c. Menemukan variasi gamet yang dihasilkan pada berbagai genotip individu. d. Menemukan perbandingan genotip dan perbandingan fenotip pada persilangan dengan berbagai sifat beda. e. Mengimplementasikan cara cepat dalam menemukan perbandingan genotip dan perbandingan fenotip pada persilangan dengan banyak sifat beda.

Kriteria:
  1. Kriteria
  2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
  3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
  4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
  5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
  6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
  7. Bentuk: tes

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
a. Diskusi b. Penemuan terbimbing c. Mengerjakan soal latihan (3 x 50 menit)
4 X 50
pertemuan di ruang zoom SiDia membahas konsep terkait Hukum Mendel dan persilangan dengan berbagai sifat beda
4 x 50
Materi: Genetika Mendel
Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Penuntun Praktikum Genetika. Surabaya: University Press
5%

2

Minggu ke 2

Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan penyimpangan semu angka-angka perbandingan klasik Mendel dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.

a. Memberi contoh persilangan-persilangan yang hasil perbandingan fenotip dan genotipnya menyimpang dari angka-angka perbandingan klasik Mendel. b. Menghitung perbandingan fenotip dan genotip beberapa macam persilangan yang filialnya menyimpang dari angka-angka perbandingan klasik Mendel. c. Menjelaskan penyebab terjadinya penyimpangan dari angka-angka perbandingan klasik Mendel pada beberapa macam persilangan d. Mendeskripsikan pengertian penyimpangan semu.

Kriteria:
  1. Kriteria
  2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
  3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
  4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
  5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
  6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
  7. Bentuk: tes dan penugasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case study, mencermati berbagai ragam hasil persilangan untuk menentukan tipe persilangan semu Hukum Mendel, diakhiri dengan presentasi atas kasus persilangan yang dikaji
4 X 50
pertemuan seperti dilakukan pada pembelajaran luring tetapi menggunakan zoom SiDia
Materi: penyimpangan semu Hukum Mendel
Pustaka: Gardner, E.J., dkk. 1991. Principles of Genetics. New York: John Willey & Sons.
5%

3

Minggu ke 3

Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan alel ganda, dan gen ganda/poligen mengembangkan konsep-konsep tersebut dan mengaplikasikan konsep yang telah dikuasai dalam kehidupan sehari-hari.

a. Mendeskripsikan gambaran posisi gen dan alelnya pada kromosom. b. Mendeskripsikan pengertian alel ganda. c. Memberi contoh sifat-sifat yang dikontrol oleh alel ganda yang terdapat pada tumbuhan, hewan, dan manusia. d. Memaparkan beberapa persilangan yang melibatkan alel ganda. e. Menjelaskan pengertian perkawinan yang cocok secara biologi dan yang tidak cocok secara biologi. f. Mendeskripsikan pasangan yang cocok untuk dirinya sendiri ditinjau dari aspek golongan darah ABO g. Memetakan dalam bentuk grafik / diagram batang penyebaran fenotip pada sifat-sifat yang dikontrol oleh gen ganda. h. Mendeskripsikan pengertian gen ganda. i. Memberi contoh sifat-sifat yang dikontrol oleh gen ganda. j. Memaparkan beberapa persilangan yang melibatkan gen ganda. Mendeskripsikan sifat-sifat pasangannya supaya mempunyai keturunan dengan sifat tertentu yang dikontrol oleh gen ganda (misalnya dalam hal warna kulit dan tinggi tubuh)

Kriteria:
  1. Kriteria
  2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
  3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
  4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
  5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
  6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
  7. Bentuk: tes dan penugasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
melalui case study mengkaji berbagai fenomena di kehidupan sehari-hari untuk menentukan pemanfaatan konsep alel ganda dalam kehidupan sehari-hari dan menentukan pemanfaatan konsep gen ganda/poligen dalam kehidupan sehari-hari (3 x 50 menit)
4 X 50
Aktivitas pembelajaran case study melalui zoom meeting di SiDia
4 x 50
Materi: Gan ganda dan alel ganda
Pustaka: Sarin, C. 2002. Genetics. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.
5%

4

Minggu ke 4

Menerapkan prinsip kemungkinan dan Chi square dalam genetika dan analisis hasil-hasil riset genetika

a. Menerapkan penggunaan sebaran binomial untuk menghitung besarnya kemungkinan peristiwa terjadi b. Menerapkan uji Chi-square pada persilangan monohibrid, dihibrida

Kriteria:
  1. Kriteria
  2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
  3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
  4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
  5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
  6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
  7. Bentuk: tes dan penugasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
a. Diskusi b. Praktek Presentasi hasil
4 X 50
mengerjakan virtual Lab untuk mendapatkan data yang diuji Chi square dan dipresentasikan lewat zoom meeting di SiDia
Materi: analisis hasil riset bidang genetika dengan Chi-square
Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press
5%

5

Minggu ke 5

Mendeskripsikan konsep pautan kelamin pada gonosom manusia, hewan dan tumbuhan serta penentuan jenis kelamin pada berbagai organisme

a. Menjelaskan berbagai metode dalam menentukan jenis kelamin pada berbagai makhluk hidup. b. Menerapkan metode penentuan jenis kelamin pada berbagai makhluk hidup

Kriteria:
  1. Kriteria
  2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
  3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
  4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
  5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
  6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
  7. Bentuk: tes dan penugasan

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
a. Diskusi. b. Praktek c. Mengerjakan tugan latihan soal (1 x 50 menit)
4 X 50
perkuliahan dengan zoom meeting di SiDia
Materi: Pautan kelamin pada manusia, hewan dan manusia
Pustaka: Klug, W.S., Cummings, M.R. et al. 2010. Essentials of Genetics. San Fransisco: Pearson Benjamin Cummings.
5%

6

Minggu ke 6

Mendeskripsikan hakekat materi genetika dan replikasinya pada pewarisan sifat

a. Menjelaskan struktur dan fungsi DNA b. Menjelaskan struktur dan fungsi RNA c. Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom d. Menjelaskan proses replikasi bahan genetik

Kriteria:
  1. Kriteria
  2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
  3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
  4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
  5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
  6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
  7. Bentuk: tes dan penugasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
a. Diskusi b. Praktek c. Pembuatan model DNA sebagai tugas (1 x 50 menit)
4 X 50
perkuliahan secara Daring via zoom di SiDia
4 x 50
Materi: Bahan genetik pada makhluk hidup
Pustaka: Primrose SB dan Twyman RM. 2006. Principles of Gene Manipulation and Genomics. Cornwall: Blackwell Publishing
10%

7

Minggu ke 7

Mendeskripsikan ekspresi gen dalam pewarisan sifat makhluk hidup

a.Menjelaskan proses transkripsi b. Menjelaskan proses translasi c.Memaparkan proses pengaturan dalam ekspresi gen

Kriteria:
  1. Kriteria
  2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
  3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
  4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
  5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
  6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
  7. Bentuk: tes dan penugasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengkaji kasus-kasus gangguan dan ketidaknormalan pada ekspresi gen serta sifat yang muncul dalam kemasan Case Study dan hasilnya dipresentasikan
4 X 50
pelaksanaan Case study via zoom di SiDia
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif

    4 X 50

    10%

    9

    Minggu ke 9

    Mendeskripsikan organisasi dan struktur genom, serta implikasinya

    a. Menjelaskan organisasi genom b.Menjelaskan struktur genom c.mendeskripsikan implikasi terkait konsep organisasi dan struktur genom

    Kriteria:
    1. Kriteria
    2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
    3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
    4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
    5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
    6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
    7. Bentuk: tes dan penugasan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    diskusi presentasi
    4 X 50
    perkuliahan via zoom SiDia
    Materi: Ekspresi gen dan implikasinya bagi kehidupan sehari-hari
    Pustaka: Klug, W.S., Cummings, M.R. et al. 2010. Essentials of Genetics. San Fransisco: Pearson Benjamin Cummings.
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Mengkomunikasikan pemahaman terkait teknik-teknik analisis genom (isolasi DNA, PCR, gene cloning, pemetaan dan sekuensing genom, analisis mutagenesis, gene silencing)

    a.Mendeskripsikan teknik isolasi DNA b.Mendeskripsikan teknik PCR c.Mendeskripsikan teknik gene cloning d.Mendeskripsikan teknik pemetaan dan sekuensing genom e.Mendeskripsikan teknik analisis mutagenesis f.Mendeskripsikan teknik gene silencing

    Kriteria:
    1. Kriteria
    2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
    3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
    4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
    5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
    6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
    7. Bentuk: tes dan penugasan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    demonstrasi, diskusi, presentasi
    4 X 50
    pembelajaran via zoom di SiDia
    Materi: Mekanisme ekspresi gen
    Pustaka: Sarin, C. 2002. Genetics. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Mendeskripsikan aplikasi analisis genom dan genomik di berbagai bidang

    a.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang medis b.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang konservasi c.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang biologi sintesis dan bioteknologi d.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang antropologi dan ilmu-ilmu sosial lainnya

    Kriteria:
    1. Kriteria
    2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
    3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
    4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
    5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
    6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
    7. Bentuk: tes dan penugasan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Case study mengkaji kasus-kasus aplikasi genom dan genomik di berbagai bidang
    4 X 50
    penugasan mengkaji kasus-kasus aplikasi genom dan genomik secara asinkronous dan presentasi hasil secara sinkronous via zoom di SiDia
    4 x 50
    Materi: Aplikasi genom dan genomik
    Pustaka: Gardner, E.J., dkk. 1991. Principles of Genetics. New York: John Willey & Sons.
    10%

    12

    Minggu ke 12

    Mengkomunikasikan pemahaman tentang gen berangkai (pautan gen) dan pindah silang

    a. Menjelaskan pengertian gen berangkai. b. Membuat bagan persilangan pada gen-gen yang berangkai secara sempurna dan tidak sempurna pada c. Menghitung nilai pindah silang.

    Kriteria:
    1. Kriteria
    2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
    3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
    4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
    5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
    6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
    7. Bentuk: tes dan penugasan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    mengkaji modul , diskusi dan presentasi
    4 X 50
    pembelajaran via zoom di SiDia
    4 x 50
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Menerapkan prinsip-prinsip pembuatan peta kromosom makhluk hidup tertentu

    a. Menentukan jarak antar gen. b. Menggambarkan peta kromosom relatif dengan langkah-langkah yang runtut. c. Menghitung nilai interferensi.

    Kriteria:
    1. Kriteria
    2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
    3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
    4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
    5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
    6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
    7. Bentuk: tes dan penugasan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    . Diskusi b. Presentasi c. Membuat peta kromosom berdasarkan data hasil persilangan yang diberikan (3 x 50 menit)
    4 X 50
    pembelajaran via zoom di SiDia
    4 x 50
    Materi: Gen berangkai dan pindah silang
    Pustaka: Klug, W.S., Cummings, M.R. et al. 2010. Essentials of Genetics. San Fransisco: Pearson Benjamin Cummings.
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Mendeskripsikan kelainan yang disebabkan kesalahan metabolisme bawaan pada manusia, pencegahan dan cara menghindarkan munculnya gejala

    a. Menjelaskan jalur metabolisme Phe-Tir. b. Memperkirakan jalur reksi biokimia yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri c. Mendeskripsikan cara pencegahan dan menghindakan munculnya gejala penyakit metabolism bawaan

    Kriteria:
    1. Kriteria
    2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
    3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
    4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
    5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
    6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
    7. Bentuk: tes dan penugasan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    mengkaji modul, diskusi dan presentasi
    4 X 50
    pembelajaran via zoom di SiDia
    4 x 50
    Materi: Kelainan metabolisme bawaan, pencegahan dan pengobatannya
    Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Menerapkan hukum keseimbangan Hardy-Weinberg dan asumsi yang digunakan serta aplikasinya dalam menghitung frekuensi alel dalam populasi

    a. Menjelaskan asumsi yang digunakan dalam Hukum Hardy-Weinberg. b. Menghitung frekuensi alel ganda pada golongan darah sistem ABO.

    Kriteria:
    1. Kriteria
    2. · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
    3. · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
    4. · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
    5. · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
    6. · Tidak menjawab mendapat skor 0
    7. Bentuk: tes dan penugasan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes
    a. Diskusi. b. Praktek c. Melakukan riset kecil penghitungan frekuensi alel yang ada di masyarakat sekitar (3 x 50 menit)
    4 X 50
    pembelajaran via zoom di SiDia
    Materi: Genetika Populasi
    Pustaka: Klug, W.S., Cummings, M.R. et al. 2010. Essentials of Genetics. San Fransisco: Pearson Benjamin Cummings.
    5%

    16

    Minggu ke 16


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes
    tes tulis

    10%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 67.5%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
    3. Penilaian Praktikum 2.5%
    4. Praktik / Unjuk Kerja 10%
    5. Tes 10%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.