|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Genetika dan Genomik |
8420504322 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan Hukum Mendel dan persilangan dengan berbagai sifat beda, mengembangkan konsep konsep tersebut dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
PO - 2 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan penyimpangan semu angka-angka perbandingan klasik Mendel dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
|
PO - 3 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan alel ganda, mengembangkan konsep-konsep tersebut dan mengaplikasikan konsep yang telah dikuasai dalam kehidupan sehari-hari.
|
PO - 4 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan gen ganda/poligen, mengembangkan konsep-konsep tersebut dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
|
PO - 5 |
Menerapkan prinsip kemungkinan dan Chi square dalam genetika dan analisis hasil-hasil riset genetika
|
PO - 6 |
Mendeskripsikan gen-gen pada gonosombeserta pemanfaatannya dalam kesejahteraan organisme utamanya manusia
|
PO - 7 |
Mendeskripsikan penentuan jens kelamin pada berbagai makhluk hidup
|
PO - 8 |
Mendeskripsikan hakekat materi genetika dan perannya dalam pewarisan sifat
|
PO - 9 |
Mendeskripsikan organisasi dan struktur genom, serta implikasinya
|
PO - 10 |
Mengkomunikasikan pemahaman dan keterampilan terkait teknik-teknik analisis genom (isolasi DNA, PCR, gene cloning, pemetaan dan sekuensing genom, analisis mutagenesis, gene silencing)
|
PO - 11 |
Mendeskripsikan aplikasi analisis genom dan genomik di berbagai bidang
|
PO - 12 |
Mengkomunikasikan pemahaman tentang gen berangkai (pautan gen) dan pindah silang
|
PO - 13 |
Membuat peta kromosom makhluk hidup berdasarkan data hasil persilangan
|
PO - 14 |
Mendeskripsikan kelainan yang disebabkan kesalahan metabolisme bawaan pada manusia dan cara penanggulangannya
|
PO - 15 |
mendeskripsikan hukum keseimbangan Hardy-Weinberg dan asumsi yang digunakan serta aplikasinya dalam menghitung frekuensi alel dalam populasi
|
PO - 16 |
Terampil melaksanakan praktikum/riset terkait konsep-konsep genetika
|
PO - 17 |
Terampil melaksanakan isolasi DNA secara sederhana
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PO-1 | | PO-2 | | PO-3 | | PO-4 | | PO-5 | | PO-6 | | PO-7 | | PO-8 | | PO-9 | | PO-10 | | PO-11 | | PO-12 | | PO-13 | | PO-14 | | PO-15 | | PO-16 | | PO-17 | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-16 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-17 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Meliputi lingkup pendahuluan (pengenalan istilah-istilah yang digunakan dalam belajar genetika, genetika Mendel (Hukum Mendel I & II, persilangan dengan berbagai sifat beda, penyimpangan semu Hukum Mendel), alel ganda, gen ganda, teori kemungkinan, uji X2, pautan dan pindah silang, pembuatan peta kromosom, kariotipe pada manusia dan penyimpangannya, genetika biokimia dan kesalahan metabolisme bawaan, dasar-dasar rekayasa genetika, dasar-dasar genetika populasi, materi genetik dan ekspresinya, dasar-dasar mutasi gen & kromosom. Pada mata kuliah ini juga membekali mahasiswa terkait genomik yang meliputi organisasi dan struktur genom, serta implikasinya, teknik-teknik analisis genom (isolasi DNA, PCR, gene cloning , pemetaan dan sekuensing genom, analisis mutagenesis, gene silencing ) dan aplikasi analisis genom dan genomik di berbagai bidang. Penyajian melalui aktivitas perkuliahan, praktikum lab basah dan lab kering dan penugasan/riset dan kajian kasus-kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam kemasan case methods |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Gardner, E.J., dkk. 1991. Principles of Genetics. New York: John Willey & Sons.
- Sarin, C. 2002. Genetics. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.
- Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Penuntun Praktikum Genetika. Surabaya: University Press
- Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press
- Klug, W.S., Cummings, M.R. et al. 2010. Essentials of Genetics. San Fransisco: Pearson Benjamin Cummings.
- Primrose SB dan Twyman RM. 2006. Principles of Gene Manipulation and Genomics. Cornwall: Blackwell Publishing
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. Dr. Isnawati, M.Si. Guntur Trimulyono, S.Si., M.Sc. Putut Rakhmad Purnama, S.Si, M.Si. Fitriari Izzatunnisa Muhaimin, B.Sc., M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menerapkan konsep-konsep yang terkait dengan Hukum Mendel dan persilangan dengan berbagai sifat beda, mengembangkan konsep-konsep tersebut dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari |
a. Mendeskripsikan pengertian istilah-istilah yang lazim digunakan dalam genetika. b. Menjelaskan Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II. c. Menemukan variasi gamet yang dihasilkan pada berbagai genotip individu. d. Menemukan perbandingan genotip dan perbandingan fenotip pada persilangan dengan berbagai sifat beda. e. Mengimplementasikan cara cepat dalam menemukan perbandingan genotip dan perbandingan fenotip pada persilangan dengan banyak sifat beda. |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
a. Diskusi b. Penemuan terbimbing c. Mengerjakan soal latihan (3 x 50 menit) 4 X 50 |
pertemuan di ruang zoom SiDia membahas konsep terkait Hukum Mendel dan persilangan dengan berbagai sifat beda 4 x 50 |
Materi: Genetika Mendel Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Penuntun Praktikum Genetika. Surabaya: University Press |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan penyimpangan semu angka-angka perbandingan klasik Mendel dan menggunakan konsep yang telah dikuasai untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. |
a. Memberi contoh persilangan-persilangan yang hasil perbandingan fenotip dan genotipnya menyimpang dari angka-angka perbandingan klasik Mendel. b. Menghitung perbandingan fenotip dan genotip beberapa macam persilangan yang filialnya menyimpang dari angka-angka perbandingan klasik Mendel. c. Menjelaskan penyebab terjadinya penyimpangan dari angka-angka perbandingan klasik Mendel pada beberapa macam persilangan d. Mendeskripsikan pengertian penyimpangan semu. |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study, mencermati berbagai ragam hasil persilangan untuk menentukan tipe persilangan semu Hukum Mendel, diakhiri dengan presentasi atas kasus persilangan yang dikaji 4 X 50 |
pertemuan seperti dilakukan pada pembelajaran luring tetapi menggunakan zoom SiDia
|
Materi: penyimpangan semu Hukum Mendel Pustaka: Gardner, E.J., dkk. 1991. Principles of Genetics. New York: John Willey & Sons. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkait dengan alel ganda, dan gen ganda/poligen mengembangkan konsep-konsep tersebut dan mengaplikasikan konsep yang telah dikuasai dalam kehidupan sehari-hari. |
a. Mendeskripsikan gambaran posisi gen dan alelnya pada kromosom. b. Mendeskripsikan pengertian alel ganda. c. Memberi contoh sifat-sifat yang dikontrol oleh alel ganda yang terdapat pada tumbuhan, hewan, dan manusia. d. Memaparkan beberapa persilangan yang melibatkan alel ganda. e. Menjelaskan pengertian perkawinan yang cocok secara biologi dan yang tidak cocok secara biologi. f. Mendeskripsikan pasangan yang cocok untuk dirinya sendiri ditinjau dari aspek golongan darah ABO g. Memetakan dalam bentuk grafik / diagram batang penyebaran fenotip pada sifat-sifat yang dikontrol oleh gen ganda. h. Mendeskripsikan pengertian gen ganda. i. Memberi contoh sifat-sifat yang dikontrol oleh gen ganda. j. Memaparkan beberapa persilangan yang melibatkan gen ganda. Mendeskripsikan sifat-sifat pasangannya supaya mempunyai keturunan dengan sifat tertentu yang dikontrol oleh gen ganda (misalnya dalam hal warna kulit dan tinggi tubuh) |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
melalui case study mengkaji berbagai fenomena di kehidupan sehari-hari untuk menentukan pemanfaatan konsep alel ganda dalam kehidupan sehari-hari dan menentukan pemanfaatan konsep gen ganda/poligen dalam kehidupan sehari-hari (3 x 50 menit) 4 X 50 |
Aktivitas pembelajaran case study melalui zoom meeting di SiDia 4 x 50 |
Materi: Gan ganda dan alel ganda Pustaka: Sarin, C. 2002. Genetics. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menerapkan prinsip kemungkinan dan Chi square dalam genetika dan analisis hasil-hasil riset genetika |
a. Menerapkan penggunaan sebaran binomial untuk menghitung besarnya kemungkinan peristiwa terjadi b. Menerapkan uji Chi-square pada persilangan monohibrid, dihibrida |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
a. Diskusi b. Praktek Presentasi hasil 4 X 50 |
mengerjakan virtual Lab untuk mendapatkan data yang diuji Chi square dan dipresentasikan lewat zoom meeting di SiDia
|
Materi: analisis hasil riset bidang genetika dengan Chi-square Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mendeskripsikan konsep pautan kelamin pada gonosom manusia, hewan dan tumbuhan serta penentuan jenis kelamin pada berbagai organisme |
a. Menjelaskan berbagai metode dalam menentukan jenis kelamin pada berbagai makhluk hidup. b. Menerapkan metode penentuan jenis kelamin pada berbagai makhluk hidup |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
a. Diskusi. b. Praktek c. Mengerjakan tugan latihan soal (1 x 50 menit) 4 X 50 |
perkuliahan dengan zoom meeting di SiDia
|
Materi: Pautan kelamin pada manusia, hewan dan manusia Pustaka: Klug, W.S., Cummings, M.R. et al. 2010. Essentials of Genetics. San Fransisco: Pearson Benjamin Cummings. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mendeskripsikan hakekat materi genetika dan replikasinya pada pewarisan sifat |
a. Menjelaskan struktur dan fungsi DNA b. Menjelaskan struktur dan fungsi RNA c. Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom d. Menjelaskan proses replikasi bahan genetik |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
a. Diskusi b. Praktek c. Pembuatan model DNA sebagai tugas (1 x 50 menit) 4 X 50 |
perkuliahan secara Daring via zoom di SiDia 4 x 50 |
Materi: Bahan genetik pada makhluk hidup Pustaka: Primrose SB dan Twyman RM. 2006. Principles of Gene Manipulation and Genomics. Cornwall: Blackwell Publishing |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mendeskripsikan ekspresi gen dalam pewarisan sifat makhluk hidup |
a.Menjelaskan proses transkripsi b. Menjelaskan proses translasi c.Memaparkan proses pengaturan dalam ekspresi gen |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
mengkaji kasus-kasus gangguan dan ketidaknormalan pada ekspresi gen serta sifat yang muncul dalam kemasan Case Study dan hasilnya dipresentasikan 4 X 50 |
pelaksanaan Case study via zoom di SiDia
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
4 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mendeskripsikan organisasi dan struktur genom, serta implikasinya |
a. Menjelaskan organisasi genom b.Menjelaskan struktur genom c.mendeskripsikan implikasi terkait konsep organisasi dan struktur genom |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi presentasi 4 X 50 |
perkuliahan via zoom SiDia
|
Materi: Ekspresi gen dan implikasinya bagi kehidupan sehari-hari Pustaka: Klug, W.S., Cummings, M.R. et al. 2010. Essentials of Genetics. San Fransisco: Pearson Benjamin Cummings. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengkomunikasikan pemahaman terkait teknik-teknik analisis genom (isolasi DNA, PCR, gene cloning, pemetaan dan sekuensing genom, analisis mutagenesis, gene silencing) |
a.Mendeskripsikan teknik isolasi DNA b.Mendeskripsikan teknik PCR c.Mendeskripsikan teknik gene cloning d.Mendeskripsikan teknik pemetaan dan sekuensing genom e.Mendeskripsikan teknik analisis mutagenesis f.Mendeskripsikan teknik gene silencing |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
demonstrasi, diskusi, presentasi 4 X 50 |
pembelajaran via zoom di SiDia
|
Materi: Mekanisme ekspresi gen Pustaka: Sarin, C. 2002. Genetics. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mendeskripsikan aplikasi analisis genom dan genomik di berbagai bidang |
a.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang medis b.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang konservasi c.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang biologi sintesis dan bioteknologi d.Mendeskripsikan aplikasi genom dan genomik di bidang antropologi dan ilmu-ilmu sosial lainnya |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Case study mengkaji kasus-kasus aplikasi genom dan genomik di berbagai bidang 4 X 50 |
penugasan mengkaji kasus-kasus aplikasi genom dan genomik secara asinkronous dan presentasi hasil secara sinkronous via zoom di SiDia 4 x 50 |
Materi: Aplikasi genom dan genomik Pustaka: Gardner, E.J., dkk. 1991. Principles of Genetics. New York: John Willey & Sons. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mengkomunikasikan pemahaman tentang gen berangkai (pautan gen) dan pindah silang |
a. Menjelaskan pengertian gen berangkai. b. Membuat bagan persilangan pada gen-gen yang berangkai secara sempurna dan tidak sempurna pada c. Menghitung nilai pindah silang. |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mengkaji modul , diskusi dan presentasi 4 X 50 |
pembelajaran via zoom di SiDia 4 x 50 |
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menerapkan prinsip-prinsip pembuatan peta kromosom makhluk hidup tertentu |
a. Menentukan jarak antar gen. b. Menggambarkan peta kromosom relatif dengan langkah-langkah yang runtut. c. Menghitung nilai interferensi. |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
. Diskusi b. Presentasi c. Membuat peta kromosom berdasarkan data hasil persilangan yang diberikan (3 x 50 menit) 4 X 50 |
pembelajaran via zoom di SiDia 4 x 50 |
Materi: Gen berangkai dan pindah silang Pustaka: Klug, W.S., Cummings, M.R. et al. 2010. Essentials of Genetics. San Fransisco: Pearson Benjamin Cummings. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mendeskripsikan kelainan yang disebabkan kesalahan metabolisme bawaan pada manusia, pencegahan dan cara menghindarkan munculnya gejala |
a. Menjelaskan jalur metabolisme Phe-Tir. b. Memperkirakan jalur reksi biokimia yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri c. Mendeskripsikan cara pencegahan dan menghindakan munculnya gejala penyakit metabolism bawaan |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
mengkaji modul, diskusi dan presentasi 4 X 50 |
pembelajaran via zoom di SiDia 4 x 50 |
Materi: Kelainan metabolisme bawaan, pencegahan dan pengobatannya Pustaka: Susantini, E., Isnawati, Lisdiana L. 2012. Genetika Berbasis Penemuan. Surabaya: University Press |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menerapkan hukum keseimbangan Hardy-Weinberg dan asumsi yang digunakan serta aplikasinya dalam menghitung frekuensi alel dalam populasi |
a. Menjelaskan asumsi yang digunakan dalam Hukum Hardy-Weinberg. b. Menghitung frekuensi alel ganda pada golongan darah sistem ABO. |
Kriteria:
- Kriteria
- · Sesuai kunci jawaban mendapat skor maksimal
- · Banyak kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat 50% ke atas dari skor maksimal
- · Sedikit kesesuaian dengan kunci jawaban mendapat kurang dari 50% sampai 10% dari skor maksimal
- · Menjawab salah mendapat maksimal 9% dari skor maksimal
- · Tidak menjawab mendapat skor 0
- Bentuk: tes dan penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
a. Diskusi. b. Praktek c. Melakukan riset kecil penghitungan frekuensi alel yang ada di masyarakat sekitar (3 x 50 menit) 4 X 50 |
pembelajaran via zoom di SiDia
|
Materi: Genetika Populasi Pustaka: Klug, W.S., Cummings, M.R. et al. 2010. Essentials of Genetics. San Fransisco: Pearson Benjamin Cummings. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
tes tulis
|
|
|
10% |