|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Coklat dan Gula Konfectionary |
99999440603061 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
26 Januari 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ita Fatkhur Romadhoni
|
Dra. Niken Purwidiani, M.Pd
|
Lilis Sulandari, S.Pt., M.P. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menunjukkan pemahaman konsep manajemen, komunikasi, literasi global, bahan makanan, kesehatan, dan pariwisata |
PLO-7 |
Mampu menyusun menu, mengolah, mempresentasikan, dan menyimpan produk makanan, minuman atau masakan sesuai dengan standar yang berlaku (prosedur, kebersihan, sehat dan aman, inovatif, nilai estetika) dengan menerapkan K3 di lingkungan kerja, dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien |
PLO-9 |
Mampu merancang business plan, melaksanakan, melakukan pengawasan dan evaluasi usaha di bidang kuliner |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Pemahaman tentang bahan baku cokelat
|
PO - 2 |
Menguasai Teknik pengolahan cokelat dengan memanfaatkan IPTEKS
|
PO - 3 |
Pemahaman tentang pasar cokelat
|
PO - 4 |
Pengetahuan tentang regulasi dan standar keselamatan pangan
|
PO - 5 |
Kemampuan untuk bekerja secara tim
|
PO - 6 |
Kemampuan untuk berinovasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | | PO-6 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Materi kuliah terdiri dari konsep tentang olahan coklat dan gula, meliputi: konsep dasar olahan coklat dan gula, peralatan membuat olahan coklat dan gula, jenis coklat, teknik melelehkan coklat, jenis pengisi (filling) produk olahan coklat, konsep dasar olahan gula, jenis olahan gula, teknik pembuatan olahan gula, praktik membuat berbagai olahan coklat dan gula meliputi, macam-macam praline, nougat, candy, teknik penyimpanan dan pengemasan produk |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bundalnbiz. Membuat Aneka Kemasan untuk Usaha. Jakarta: PT. Gamedia Pustaka Utama.
- Christine France and Christine Mc.Fadden. 2012. The Chocolate Bible. Annes Publishing Ltd
- Greweling, Peter P. 2007. Chocolates & Confections (Formula, Theory and Technique for The ArtisanConfectioner). New Jersey: John Wiley and Sons
- Greweling, Peter P. 2010. Chocolates & Confections. New Jersey: John Wiley and Sons
- Halim, Paul S. 2001. Resep Coklat. Jakarta: Tulip Chocolatier
- Nina Wanat. 2011. Sweet Confections. New York: LARK
- Sutarjana, Julie. 2004. Penganan Klasik dari Gula. Jakarta: PT
- Teubner, Christian. 1997. The Chocolate Bible. New York: Penguin Studio
- Wilton. 2001. Candy Making, Beginner&rsquos Guide. Canada: Wilton Enterprices
|
Pendukung : |
|
- Giller, M. (2017). Bean-to-Bar Chocolate: America’s Craft Chocolate Revolution: The Origins, the Makers, and the Mind-Blowing Flavors. United States: Storey Publishing, LLC.
- Beckett's Industrial Chocolate Manufacture and Use. (2017). United Kingdom: Wiley.
|
Dosen Pengampu
|
DWI KRISTIASTUTI SUWARDIAH Lilis Sulandari, S.Pt., M.P. Ita Fatkhur Romadhoni, S.Pd., M.Pd. Mauren Gita Miranti, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami konsep dasar olahan coklat atau Chocolate Confectionary |
- Menjelaskan tentang RPS dan kontrak perkuliahan
- Menjelaskan sejarah perkembangan coklat
- Menjelaskan pengertian atau definisi dari olahan coklat atau chocolateconfectionary
- Menjelaskan proses pengolahan kakao/coklat
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Tatap muka2. Ceramah3. Tanya jawab4. Membaca handout: Konsep dasar olahan coklat 3 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar olahan coklat atau Chocolate Confectionary Pustaka: Christine France and Christine Mc.Fadden. 2012. The Chocolate Bible. Annes Publishing Ltd |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami konsep dasar olahan coklat dan gula |
- Menyampaikan kembali pengertian olahan coklat
- Mengidentifikasi karakteristik dan fungsi/kegunaan jenis-jenis coklat
- Merinci berbagai produk olahan coklat atau chocolate confectionary
- Menganalisis penyebab kerusakan dan cara menghindari/mengatasi kerusakancoklat
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. . Tatap muka2. Ceramah3. Tanya jawab4. Membaca handout: Konsep dasar olahan coklat 3 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar olahan coklat dan gula Pustaka: Giller, M. (2017). Bean-to-Bar Chocolate: America’s Craft Chocolate Revolution: The Origins, the Makers, and the Mind-Blowing Flavors. United States: Storey Publishing, LLC. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami konsep dasar olahan coklat dan gula |
- Menjelaskan teknik melelehkan coklat (temperring method)
- Menklasifikasikan peralatan dan bahan lain yang digunakan untuk membuat olahan coklat dan gula
- Menjelaskan pengemasan & penyimpanan olahan coklat dan gula
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Tatap muka2. Ceramah3. Tanya jawab4. Membaca handout: Konsep dasar olahan coklat 3 X 50 |
|
Materi: Tempering Pustaka: Wilton. 2001. Candy Making, Beginner&rsquos Guide. Canada: Wilton Enterprices |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menerapkan cara melelehkan coklat (tempering) dan membuat permencoklat tanpa isi (layer marble & lollypop) |
- Memilih peralatan untuk keperluan melelehkan coklat dan membuat coklat tanpa isi
- Menentukan bahan untuk keperluan proses melelehkan coklat dan membuat coklat tanpa isi
- Melelehkan coklat (temperring method)d.Membuat permen coklat tanpa isi
- Mengemas & menyimpan permen coklat atau chocolate confectionary
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Praktik2. Tanya jawab3. Evaluasi praktik 3 X 50 |
|
Materi: Memilih peralatan Pustaka: Beckett's Industrial Chocolate Manufacture and Use. (2017). United Kingdom: Wiley. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami berbagai jenis pengisi (filling) produk coklat |
- Menjelaskan jenis bahan pengisi (filling) produk coklat
- Mengemukakan proses pembuatan bahan pengisi (filling)
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
1. Tatap muka2. Ceramah3. Tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Bahan pengisi Pustaka: Halim, Paul S. 2001. Resep Coklat. Jakarta: Tulip Chocolatier |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menerapkan cara membuat ganache dan permen coklat dengan isi(nougat truffle & praline) |
- Memilih peralatan untuk keperluan membuat aneka ganache untuk isian dan membuat coklat dengan isi (nougat truffle & praline)
- Menentukan bahan untuk membuat aneka ganache untuk isian dan coklatdengan isi
- Membuat ganache
- Membuat permen coklat dengan isian(nougat truffle & praline)
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
1. Praktik2. Tanya jawab3. Evaluasi praktik 3 X 50 |
|
Materi: Ganache Pustaka: Nina Wanat. 2011. Sweet Confections. New York: LARK |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami tentang suhu pemanasan gula untuk sugar confectionary |
- Menjelaskan jenis-jenis pemanis yang digunakan untuk sugar confectionary
- Menjelaskan tahapan suhu pemanasan gula untuk sugar confectionary
- Menjelaskan cara pengujian sirup gula
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
1. Tatap muka2. Ceramah3. Tanya jawab4. Membaca handout 3 X 50 |
|
Materi: Jenis pemanis Pustaka: Sutarjana, Julie. 2004. Penganan Klasik dari Gula. Jakarta: PT |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memaparkan hasil portofolio praktek |
Memaparkan hasil portofolio praktek |
Kriteria:
Hasil paparan portofolio praktek sesuai dengan SOP Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
Presentasi dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Presentasi Pustaka: Greweling, Peter P. 2010. Chocolates & Confections. New Jersey: John Wiley and Sons |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami tentang jenis olahan gula atau sugar confectionary |
- Menjelaskan jenis olahan gula atau sugar confectionary
- Menjelaskan bahan yang digunakan untuk membuat sugar confectionary serta fungsinya
- Mengemukakan peralatan yang diperlukan untuk membuat sugar confectionary
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Tatap muka2. Ceramah3. Tanya jawab4. Membaca handout 3 X 50 |
|
Materi: Teknik mencetak Pustaka: Nina Wanat. 2011. Sweet Confections. New York: LARK |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami tentang teknik pembuatan sugar confectionary. |
- Menjelaskan proses pembuatan sugar confectionary
- Menjelaskan faktor yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sugar confectionary
- Menjelaskan beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada sugar confectionary
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Tatap muka2. Ceramah3. Tanya jawab4. Membaca handout 3 X 50 |
|
Materi: Proses pembuatan sugar confectionary Pustaka: Beckett's Industrial Chocolate Manufacture and Use. (2017). United Kingdom: Wiley. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menerapkan membuat aneka olahan gula (soft candy) |
- Memilih peralatan untuk keperluan membuat permen lunak (soft candy)
- Menentukan bahan untuk membuat permen lunak (soft candy)
- Membuat permen lunak (soft candy)
- Membuat permen lunak (soft candy)
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila melakukan semua kegiatan sesuai dengan kriteria Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Praktik2. Tanya jawab3. Evaluasi praktik 3 X 50 |
|
Materi: Candy Pustaka: Wilton. 2001. Candy Making, Beginner&rsquos Guide. Canada: Wilton Enterprices |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menerapkan membuat aneka olahan gula (jelly candy). |
- Memilih peralatan untuk keperluan membuat permen jelly
- Menentukan bahan untuk membuat permen jelly
- Membuat permen jelly
- Mengemas & menyimpan permen
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila melakukan semua kegiatan sesuai dengan kriteria Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Praktik2. Tanya jawab3. Evaluasi praktik 3 X 50 |
|
Materi: Jelly candy Pustaka: Wilton. 2001. Candy Making, Beginner&rsquos Guide. Canada: Wilton Enterprices |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menerapkan membuat aneka olahan gula (hard candy) |
- Memilih peralatan untuk keperluan membuat permen keras (hard candy)
- Menentukan bahan untuk membuat permen keras (hard candy)
- Membuat permen keras (hard candy)
- Mengemas & menyimpan permen
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila melakukan semua kegiatan sesuai dengan kriteria. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Praktik2. Tanya jawab3. Evaluasi praktik 3 X 50 |
|
Materi: Hard Candy Pustaka: Wilton. 2001. Candy Making, Beginner&rsquos Guide. Canada: Wilton Enterprices |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menerapkan membuat aneka olahan gula (permen tradisional) |
- Memilih peralatan untuk keperluan membuat permen tradisional
- Menentukan bahan untuk membuat permen tradisional
- Membuat permen tradisional
- Mengemas & menyimpan permen
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila melakukan semua kegiatan sesuai dengan kriteria. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Praktik2. Tanya jawab3. Evaluasi praktik 3 X 50 |
|
Materi: Permen Tradisional Pustaka: Wilton. 2001. Candy Making, Beginner&rsquos Guide. Canada: Wilton Enterprices |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menerapkan membuat kreasi permen coklat dan gula |
- Memilih peralatan untuk keperluan membuat kreasi permen coklat dan gula
- Menentukan bahan untuk membuat kreasi permen coklat dan gula
- Membuat kreasi permen coklat dan gula
- Mengemas & menyimpan permen
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila melakukan semua kegiatan sesuai dengan kriteria Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
1. Praktik2. Tanya jawab3. Evaluasi praktik 3 X 50 |
|
Materi: Kreasi permen coklat dan gula Pustaka: Nina Wanat. 2011. Sweet Confections. New York: LARK |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Presentasi hasil proyek |
Mempresentasikan hasil proyek |
Kriteria:
Mampu mempresentasikan hasil proyek sesuai dengan SOP Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Presentasi dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Presentasi Hasil Proyek Pustaka: Nina Wanat. 2011. Sweet Confections. New York: LARK |
10% |