Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Publikasi

7410805046

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

3

7 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-12

Mampu menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi peraturan-peraturan di bidang hukum keolahragaan dan hukum secara umum dengan mendasarkan pada konsep dan teori;

Program Objectives (PO)

PO - 1

mahasiswa wajib memprogram mata kuliah wajib jurusan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-12
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Publikasi dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mempublikasikan karya ilmiah, terutama di jurnal nasional maupun internasional yang bereputasi. Mahasiswa akan mempelajari tahapan-tahapan dalam proses publikasi, mulai dari penulisan artikel, pemilihan jurnal yang sesuai, hingga proses peer review. Mata kuliah ini menekankan pada pentingnya etika publikasi, strategi meningkatkan kualitas artikel, dan teknik menghadapi umpan balik dari reviewer.

Pustaka

Utama :

  1. Robert Day & Barbara Gastel,
  2. Wendy Laura Belcher,
  3. Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional

Pendukung :

  1. Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional
  2. Wendy Laura Belcher,
  3. Robert Day & Barbara Gastel, "How to Write and Publish a Scientific Paper," Cambridge University Press, 2016

Dosen Pengampu

Muh. Ali Masnun, S.H., M.H.

Dita Perwitasari, S.H., M.Kn.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami struktur artikel ilmiah

.Mengidentifikasi struktur artikel 2.Mendiskripsikan bagian artikel ilmiah

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas
2x50

Materi: engantar Mata Kuliah Publikasi
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
5%

2

Minggu ke 2

Komponen Utama (Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Hasil, dan Diskusi)

.Mengidentifikasi struktur artikel 2.Mendiskripsikan bagian artikel ilmiah

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas
2x50

Materi: Struktur Artikel Ilmiah
Pustaka: Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional
5%

3

Minggu ke 3

Pemilihan Topik dan Penulisan Abstrak yang Efektif

  1. Mengidentifikasi struktur artikel 2.Mendiskripsikan bagian artikel ilmiah
  2. Mendiskripsikan bagian artikel ilmiah
Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas
2x50

Materi: Struktur Artikel Ilmiah
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
5%

4

Minggu ke 4

Teknik Menulis Pendahuluan

  1. menentukan bagian bagian asbtrak
  2. menuliskan tujuan penelitian pada abstrak
Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas

Materi: Struktur Artikel Ilmiah
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
10%

5

Minggu ke 5

penyusunan kajian pustaka

  1. menentukan bagian bagian asbtrak
  2. menuliskan tujuan penelitian pada abstrak
Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas
2x50

Materi: Struktur Artikel Ilmiah
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
10%

6

Minggu ke 6

penulisan bagian metodologi

mendeskripsikan latar belakang

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas
2x50

Materi: Penggunaan Referensi yang Tepat
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
5%

7

Minggu ke 7

Menyajikan Data secara Jelas dan Analisis yang Kritis

mendeskripsikan latar belakang berdasarkan pada permaslaahan

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas
2x50

Materi: Penggunaan Referensi yang Tepat
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
UTS
2x50

Materi: UTS
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
10%

9

Minggu ke 9

Pemilihan Jurnal yang Tepat

mengidentifikasi bagian artikel

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas
2x50

Materi: Faktor Impact Factor dan Reputasi
Pustaka: Wendy Laura Belcher,
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun Surat Pengantar dan Format yang Dibutuhkan

mengidentifikasi bagian artikel

Kriteria:

kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas
2x50

Materi: Proses Pengajuan Artikel
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
5%

11

Minggu ke 11

Peer Review dan Menanggapi Reviewer

menuliskan hasil analisis data

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas
2x50

Materi: Strategi Menghadapi Kritik
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
5%

12

Minggu ke 12

Teknik Revisi dan Penyempurnaan Artikel Berdasarkan Masukan Reviewer

menuliskan hasil analisis data

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kelas
2x50

Materi: Strategi Menghadapi Kritik
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
5%

13

Minggu ke 13

Strategi Mempromosikan Artikel yang Telah Diterbitkan

mengkaji teori

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
kelas
2x50

Materi: Strategi Menghadapi Kritik
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
5%

14

Minggu ke 14

Simulasi Pengajuan Artikel dan Diskusi Kasus Publikasi

mengkaji teori berkaitan dengan hasil penelitian

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
kelas
2x50

Materi: Strategi Menghadapi Kritik
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
5%

15

Minggu ke 15

Evaluasi dan Refleksi Akhir

menulis kesimpulan

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
kelas
2x50

Materi: Mengukur Kesiapan Mahasiswa untuk Publikasi
Pustaka: Wendy Laura Belcher,
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2X50

Materi: UAS
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,

Materi: UAS
Pustaka: Wendy Laura Belcher,

Materi: UAS
Pustaka: Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional

Materi: UAS
Pustaka: Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional

Materi: UAS
Pustaka: Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional

Materi: UAS
Pustaka: Wendy Laura Belcher,

Materi: UAS
Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel,
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 77.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
3. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.