|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Publikasi |
7410805046 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
7 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-12 |
Mampu menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi peraturan-peraturan di bidang hukum keolahragaan dan hukum secara umum dengan mendasarkan pada konsep dan teori; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mahasiswa wajib memprogram mata kuliah wajib jurusan
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Publikasi dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mempublikasikan karya ilmiah, terutama di jurnal nasional maupun internasional yang bereputasi. Mahasiswa akan mempelajari tahapan-tahapan dalam proses publikasi, mulai dari penulisan artikel, pemilihan jurnal yang sesuai, hingga proses peer review. Mata kuliah ini menekankan pada pentingnya etika publikasi, strategi meningkatkan kualitas artikel, dan teknik menghadapi umpan balik dari reviewer. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Robert Day & Barbara Gastel,
- Wendy Laura Belcher,
- Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional
|
Pendukung : |
|
- Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional
- Wendy Laura Belcher,
- Robert Day & Barbara Gastel, "How to Write and Publish a Scientific Paper," Cambridge University Press, 2016
|
Dosen Pengampu
|
Muh. Ali Masnun, S.H., M.H. Dita Perwitasari, S.H., M.Kn. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami struktur artikel ilmiah |
.Mengidentifikasi struktur artikel 2.Mendiskripsikan bagian artikel ilmiah |
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas 2x50 |
|
Materi: engantar Mata Kuliah Publikasi Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Komponen Utama (Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Hasil, dan Diskusi) |
.Mengidentifikasi struktur artikel 2.Mendiskripsikan bagian artikel ilmiah |
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas 2x50 |
|
Materi: Struktur Artikel Ilmiah Pustaka: Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pemilihan Topik dan Penulisan Abstrak yang Efektif |
- Mengidentifikasi struktur artikel 2.Mendiskripsikan bagian artikel ilmiah
- Mendiskripsikan bagian artikel ilmiah
|
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas 2x50 |
|
Materi: Struktur Artikel Ilmiah Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Teknik Menulis Pendahuluan |
- menentukan bagian bagian asbtrak
- menuliskan tujuan penelitian pada abstrak
|
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas
|
|
Materi: Struktur Artikel Ilmiah Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
10% |
5
Minggu ke 5 |
penyusunan kajian pustaka |
- menentukan bagian bagian asbtrak
- menuliskan tujuan penelitian pada abstrak
|
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas 2x50 |
|
Materi: Struktur Artikel Ilmiah Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
10% |
6
Minggu ke 6 |
penulisan bagian metodologi |
mendeskripsikan latar belakang |
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas 2x50 |
|
Materi: Penggunaan Referensi yang Tepat Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menyajikan Data secara Jelas dan Analisis yang Kritis |
mendeskripsikan latar belakang berdasarkan pada permaslaahan |
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas 2x50 |
|
Materi: Penggunaan Referensi yang Tepat Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UTS 2x50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Pemilihan Jurnal yang Tepat |
mengidentifikasi bagian artikel |
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas 2x50 |
|
Materi: Faktor Impact Factor dan Reputasi Pustaka: Wendy Laura Belcher, |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun Surat Pengantar dan Format yang Dibutuhkan |
mengidentifikasi bagian artikel |
Kriteria:
kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas 2x50 |
|
Materi: Proses Pengajuan Artikel Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Peer Review dan Menanggapi Reviewer |
menuliskan hasil analisis data |
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas 2x50 |
|
Materi: Strategi Menghadapi Kritik Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Teknik Revisi dan Penyempurnaan Artikel Berdasarkan Masukan Reviewer |
menuliskan hasil analisis data |
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kelas 2x50 |
|
Materi: Strategi Menghadapi Kritik Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Strategi Mempromosikan Artikel yang Telah Diterbitkan |
mengkaji teori |
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
kelas 2x50 |
|
Materi: Strategi Menghadapi Kritik Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Simulasi Pengajuan Artikel dan Diskusi Kasus Publikasi |
mengkaji teori berkaitan dengan hasil penelitian |
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
kelas 2x50 |
|
Materi: Strategi Menghadapi Kritik Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Evaluasi dan Refleksi Akhir |
menulis kesimpulan |
Kriteria:
penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
kelas 2x50 |
|
Materi: Mengukur Kesiapan Mahasiswa untuk Publikasi Pustaka: Wendy Laura Belcher, |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2X50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, Materi: UAS Pustaka: Wendy Laura Belcher, Materi: UAS Pustaka: Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional Materi: UAS Pustaka: Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional Materi: UAS Pustaka: Elsevier Researcher Academy, sumber online untuk panduan publikasi ilmiah Peraturan dan Pedoman Etika Publikasi Ilmiah, sesuai dengan standar internasional Materi: UAS Pustaka: Wendy Laura Belcher, Materi: UAS Pustaka: Robert Day & Barbara Gastel, |
10% |