|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Kepelatihan |
8900102021 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam mengembangkan metodologi kepelatihan olahraga prestasi
|
PO - 2 |
Mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang analisis performa olahraga melalui pendekatan ilmiah berdasarkan pemikiran yang kritis, logis, dan kreatif
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Analisis Metodologi Kepelatihan Olahraga pada jenjang S3 program studi Ilmu Keolahragaan membahas tentang berbagai metode analisis yang digunakan dalam pelatihan olahraga. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang metodologi pelatihan olahraga yang efektif dan efisien. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman teori dan praktik terkait analisis kinerja atlet, perencanaan program latihan, evaluasi hasil latihan, serta penerapan teknologi dalam pelatihan olahraga. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bompa
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Hari Setijono, M.Pd. EDY MINTARTO |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi. |
- Karakter tangguh
- Kolaboratif
- Adaptif
- Inovatif
- Inklusif
- Belajar sepanjang hayat
- Berjiwa kewirausahaan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek Kolaboratif
|
Materi: Karakter tangguh dalam kepelatihan olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Aspek kewirausahaan dalam pengelolaan kepelatihan olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi. |
- Karakter tangguh
- Kolaboratif
- Adaptif
- Inovatif
- Inklusif
- Belajar sepanjang hayat
- Berjiwa kewirausahaan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek Kolaboratif
|
Materi: Karakter tangguh dalam kepelatihan olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Aspek kewirausahaan dalam pengelolaan kepelatihan olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi. |
- Karakter tangguh
- Kolaboratif
- Adaptif
- Inovatif
- Inklusif
- Belajar sepanjang hayat
- Berjiwa kewirausahaan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek Kolaboratif
|
Materi: Karakter tangguh dalam kepelatihan olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Aspek kewirausahaan dalam pengelolaan kepelatihan olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi. |
- Karakter tangguh
- Kolaboratif
- Adaptif
- Inovatif
- Inklusif
- Belajar sepanjang hayat
- Berjiwa kewirausahaan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek Kolaboratif
|
Materi: Karakter tangguh dalam kepelatihan olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Aspek kewirausahaan dalam pengelolaan kepelatihan olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah. |
- pemikiran kritis
- pemikiran logis
- kreativitas dalam analisis performa olahraga
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online
|
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Logis dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah. |
- pemikiran kritis
- pemikiran logis
- kreativitas dalam analisis performa olahraga
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online
|
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Logis dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah. |
- pemikiran kritis
- pemikiran logis
- kreativitas dalam analisis performa olahraga
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online
|
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Logis dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah. |
- pemikiran kritis
- pemikiran logis
- kreativitas dalam analisis performa olahraga
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online
|
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Logis dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah |
- Analisis kritis performa olahraga
- Pemikiran logis dalam analisis performa olahraga
- Kreativitas dalam pendekatan ilmiah
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online, Analisis Kasus Studi
|
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Logika dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah |
- Analisis kritis performa olahraga
- Pemikiran logis dalam analisis performa olahraga
- Kreativitas dalam pendekatan ilmiah
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online, Analisis Kasus Studi
|
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Logika dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah |
- Analisis kritis performa olahraga
- Pemikiran logis dalam analisis performa olahraga
- Kreativitas dalam pendekatan ilmiah
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online, Analisis Kasus Studi
|
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Logika dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah |
- Analisis kritis performa olahraga
- Pemikiran logis dalam analisis performa olahraga
- Kreativitas dalam pendekatan ilmiah
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online, Analisis Kasus Studi
|
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Logika dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi. |
- Karakter tangguh
- Kolaboratif
- Adaptif
- Inovatif
- Inklusif
- Belajar sepanjang hayat
- Berjiwa kewirausahaan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
|
Materi: Pengembangan karakter tangguh dalam olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Pengembangan jiwa kewirausahaan dalam olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi. |
- Karakter tangguh
- Kolaboratif
- Adaptif
- Inovatif
- Inklusif
- Belajar sepanjang hayat
- Berjiwa kewirausahaan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
|
Materi: Pengembangan karakter tangguh dalam olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Pengembangan jiwa kewirausahaan dalam olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi. |
- Karakter tangguh
- Kolaboratif
- Adaptif
- Inovatif
- Inklusif
- Belajar sepanjang hayat
- Berjiwa kewirausahaan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
|
Materi: Pengembangan karakter tangguh dalam olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Pengembangan jiwa kewirausahaan dalam olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi. |
- Karakter tangguh
- Kolaboratif
- Adaptif
- Inovatif
- Inklusif
- Belajar sepanjang hayat
- Berjiwa kewirausahaan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
|
Materi: Pengembangan karakter tangguh dalam olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Pengembangan jiwa kewirausahaan dalam olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |