Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Kepelatihan

8900102021

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam mengembangkan metodologi kepelatihan olahraga prestasi

PO - 2

Mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang analisis performa olahraga melalui pendekatan ilmiah berdasarkan pemikiran yang kritis, logis, dan kreatif

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Analisis Metodologi Kepelatihan Olahraga pada jenjang S3 program studi Ilmu Keolahragaan membahas tentang berbagai metode analisis yang digunakan dalam pelatihan olahraga. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang metodologi pelatihan olahraga yang efektif dan efisien. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman teori dan praktik terkait analisis kinerja atlet, perencanaan program latihan, evaluasi hasil latihan, serta penerapan teknologi dalam pelatihan olahraga.

Pustaka

Utama :

  1. Bompa

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Hari Setijono, M.Pd.

EDY MINTARTO

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi.

  1. Karakter tangguh
  2. Kolaboratif
  3. Adaptif
  4. Inovatif
  5. Inklusif
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Berjiwa kewirausahaan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Proyek Kolaboratif
Materi: Karakter tangguh dalam kepelatihan olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Aspek kewirausahaan dalam pengelolaan kepelatihan olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi.

  1. Karakter tangguh
  2. Kolaboratif
  3. Adaptif
  4. Inovatif
  5. Inklusif
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Berjiwa kewirausahaan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Proyek Kolaboratif
Materi: Karakter tangguh dalam kepelatihan olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Aspek kewirausahaan dalam pengelolaan kepelatihan olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi.

  1. Karakter tangguh
  2. Kolaboratif
  3. Adaptif
  4. Inovatif
  5. Inklusif
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Berjiwa kewirausahaan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Proyek Kolaboratif
Materi: Karakter tangguh dalam kepelatihan olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Aspek kewirausahaan dalam pengelolaan kepelatihan olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi.

  1. Karakter tangguh
  2. Kolaboratif
  3. Adaptif
  4. Inovatif
  5. Inklusif
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Berjiwa kewirausahaan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Proyek Kolaboratif
Materi: Karakter tangguh dalam kepelatihan olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Aspek kewirausahaan dalam pengelolaan kepelatihan olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah.

  1. pemikiran kritis
  2. pemikiran logis
  3. kreativitas dalam analisis performa olahraga
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Logis dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah.

  1. pemikiran kritis
  2. pemikiran logis
  3. kreativitas dalam analisis performa olahraga
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Logis dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah.

  1. pemikiran kritis
  2. pemikiran logis
  3. kreativitas dalam analisis performa olahraga
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Logis dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah.

  1. pemikiran kritis
  2. pemikiran logis
  3. kreativitas dalam analisis performa olahraga
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Logis dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah

  1. Analisis kritis performa olahraga
  2. Pemikiran logis dalam analisis performa olahraga
  3. Kreativitas dalam pendekatan ilmiah
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online, Analisis Kasus Studi
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Logika dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah

  1. Analisis kritis performa olahraga
  2. Pemikiran logis dalam analisis performa olahraga
  3. Kreativitas dalam pendekatan ilmiah
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online, Analisis Kasus Studi
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Logika dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah

  1. Analisis kritis performa olahraga
  2. Pemikiran logis dalam analisis performa olahraga
  3. Kreativitas dalam pendekatan ilmiah
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online, Analisis Kasus Studi
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Logika dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pemikiran kritis, logis, dan kreatif dalam menganalisis performa olahraga secara ilmiah

  1. Analisis kritis performa olahraga
  2. Pemikiran logis dalam analisis performa olahraga
  3. Kreativitas dalam pendekatan ilmiah
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online, Analisis Kasus Studi
Materi: Pendekatan Ilmiah dalam Analisis Performa Olahraga, Pemikiran Kritis dalam Analisis Performa Olahraga, Logika dalam Analisis Performa Olahraga, Kreativitas dalam Analisis Performa Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi.

  1. Karakter tangguh
  2. Kolaboratif
  3. Adaptif
  4. Inovatif
  5. Inklusif
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Berjiwa kewirausahaan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Kolaboratif.

Materi: Pengembangan karakter tangguh dalam olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Pengembangan jiwa kewirausahaan dalam olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi.

  1. Karakter tangguh
  2. Kolaboratif
  3. Adaptif
  4. Inovatif
  5. Inklusif
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Berjiwa kewirausahaan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Kolaboratif.

Materi: Pengembangan karakter tangguh dalam olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Pengembangan jiwa kewirausahaan dalam olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi.

  1. Karakter tangguh
  2. Kolaboratif
  3. Adaptif
  4. Inovatif
  5. Inklusif
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Berjiwa kewirausahaan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Kolaboratif.

Materi: Pengembangan karakter tangguh dalam olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Pengembangan jiwa kewirausahaan dalam olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam pengembangan metodologi kepelatihan olahraga prestasi.

  1. Karakter tangguh
  2. Kolaboratif
  3. Adaptif
  4. Inovatif
  5. Inklusif
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Berjiwa kewirausahaan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Kolaboratif.

Materi: Pengembangan karakter tangguh dalam olahraga, Kolaborasi dalam tim kepelatihan, Adaptasi strategi kepelatihan, Inovasi dalam metode latihan, Inklusi dalam pembinaan atlet, Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam kepelatihan, Pengembangan jiwa kewirausahaan dalam olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 16.62%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 16.62%
3. Penilaian Portofolio 16.62%
4. Penilaian Praktikum 16.62%
5. Praktik / Unjuk Kerja 16.62%
6. Tes 16.62%
99.72%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.