Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro

8320302302

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

5 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Nur Aini Susanti, S.Pd., M.Pd




Dr. Nur Aini Susanti, S.Pd., M.Pd




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai dan mendemonstrasikan kompetensi pedagogik pada pembelajaran teknik mesin secara berkelanjutan sepanjang hayat

PLO-8

Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan dan teknik mesin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memiliki kemampuan menyusun atau membuat RPP yang baik

PO - 2

Mahasiswa memiliki karakter Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tanggungjawab dan tangguh di dalam kegiatan pembelajaran Microteaching

PO - 3

Mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat secara peer teaching

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-6PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Microteaching bertujuan untuk melatih mahasiswa calon guru dalam mengembangkan keterampilan mengajar secara efektif. Mahasiswa akan belajar tentang perencanaan pembelajaran, strategi pengajaran, evaluasi pembelajaran, dan teknik komunikasi yang baik dalam konteks pengajaran. Mata kuliah ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berlatih mengajar di depan teman sekelas dan menerima umpan balik konstruktif untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menjadi guru yang kompeten dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa.

Pustaka

Utama :

  1. Direktorat Pendidikan SMK, 2017. Kurikulum 2013 yang direvisi. Kementrian Pendidikan RI. Kementrian Pendidikan RI. 2017. PP no 64 ttg Standar Proses.
  2. Microteaching: A Programmed Text by Dwight W. Allen
  3. Teaching Skills for Dummies by Sue Beever

Pendukung :

  1. The Impact of Microteaching on Pre-Service Teachers' Self-Efficacy by H. Yildirim
  2. Enhancing Teaching Skills Through Microteaching: A Case Study by S. K. Singh

Dosen Pengampu

Dr. Dewanto, M.Pd.

Dr. Djoko Suwito, M.Pd.

Dr. Yunus, M.Pd.

Nur Aini Susanti, S.Pd., M.Pd.

Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.

Ali Hasbi Ramadani, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Analisis kurikulum, mahasiswa dapat menentukan indikator dan tujuan pembelajaran dari suatu KD pada matapelajaran yang ditentukan.

Dapat menyusun indikator Dapat menyusun tujuan pembelajaran

Kriteria:

Baik, sedang, kurang


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Presentas
2 X 50

Materi: Analisis kurikulum, mahasiswa dapat menentukan indikator dan tujuan pembelajaran dari suatu KD pada matapelajaran yang ditentukan.
Pustaka: Microteaching: A Programmed Text by Dwight W. Allen
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media.

  1. RPP disusun dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif (PAIKEM)
  2. LP disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  3. LKPD disusun untuk latihan yang berhubungan dengan hasil belajar ranah psikomotor
Kriteria:

Perangkat yg disusun dapat dilaksanakan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan latihan
2 X 50

Materi: Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media.
Pustaka: The Impact of Microteaching on Pre-Service Teachers' Self-Efficacy by H. Yildirim
6%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media.

  1. RPP disusun dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif (PAIKEM)
  2. LP disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  3. LKPD disusun untuk latihan yang berhubungan dengan hasil belajar ranah psikomotor
Kriteria:

Perangkat yg disusun dapat dilaksanakan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan latihan
2 X 50
Diskusi daring tentang evaluasi teknologi pembelajaran mikro dan usulan perbaikan
Materi: Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media.
Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media.

  1. RPP disusun dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif (PAIKEM)
  2. LP disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  3. LKPD disusun untuk latihan yang berhubungan dengan hasil belajar ranah psikomotor
Kriteria:

Perangkat yg disusun dapat dilaksanakan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan latihan
2 X 50

Materi: Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media.
Pustaka: The Impact of Microteaching on Pre-Service Teachers' Self-Efficacy by H. Yildirim
6%

5

Minggu ke 5

Dapat melaksanakan simulasi pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Dapat melaksanakan simulasi pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun
Pustaka: Microteaching: A Programmed Text by Dwight W. Allen
6%

6

Minggu ke 6

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever
6%

7

Minggu ke 7

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: Enhancing Teaching Skills Through Microteaching: A Case Study by S. K. Singh
6%

8

Minggu ke 8

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever
6%

9

Minggu ke 9

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever
6%

10

Minggu ke 10

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever
6%

11

Minggu ke 11

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever
10%

12

Minggu ke 12

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: Microteaching: A Programmed Text by Dwight W. Allen
8%

13

Minggu ke 13

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: The Impact of Microteaching on Pre-Service Teachers' Self-Efficacy by H. Yildirim
6%

14

Minggu ke 14

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever
6%

15

Minggu ke 15

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever
6%

16

Minggu ke 16

Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun

Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP

Kriteria:

partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching)
2 X 50

Materi: Praktik mengajar (Peerteaching)
Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever
8%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 8%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 74%
3. Praktik / Unjuk Kerja 18%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.