|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
8320302302 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
5 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nur Aini Susanti, S.Pd., M.Pd
|
Dr. Nur Aini Susanti, S.Pd., M.Pd
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai dan mendemonstrasikan kompetensi pedagogik pada pembelajaran teknik mesin secara berkelanjutan sepanjang hayat |
PLO-8 |
Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan dan teknik mesin |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memiliki kemampuan menyusun atau membuat RPP yang baik
|
PO - 2 |
Mahasiswa memiliki karakter Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tanggungjawab dan tangguh di dalam kegiatan pembelajaran Microteaching
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat secara peer teaching
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Microteaching bertujuan untuk melatih mahasiswa calon guru dalam mengembangkan keterampilan mengajar secara efektif. Mahasiswa akan belajar tentang perencanaan pembelajaran, strategi pengajaran, evaluasi pembelajaran, dan teknik komunikasi yang baik dalam konteks pengajaran. Mata kuliah ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berlatih mengajar di depan teman sekelas dan menerima umpan balik konstruktif untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menjadi guru yang kompeten dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Direktorat Pendidikan SMK, 2017. Kurikulum 2013 yang direvisi. Kementrian Pendidikan RI. Kementrian Pendidikan RI. 2017. PP no 64 ttg Standar Proses.
- Microteaching: A Programmed Text by Dwight W. Allen
- Teaching Skills for Dummies by Sue Beever
|
Pendukung : |
|
- The Impact of Microteaching on Pre-Service Teachers' Self-Efficacy by H. Yildirim
- Enhancing Teaching Skills Through Microteaching: A Case Study by S. K. Singh
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Dewanto, M.Pd. Dr. Djoko Suwito, M.Pd. Dr. Yunus, M.Pd. Nur Aini Susanti, S.Pd., M.Pd. Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd. Ali Hasbi Ramadani, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Analisis kurikulum, mahasiswa dapat menentukan indikator dan tujuan pembelajaran dari suatu KD pada matapelajaran yang ditentukan. |
Dapat menyusun indikator Dapat menyusun tujuan pembelajaran |
Kriteria:
Baik, sedang, kurang Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Presentas 2 X 50 |
|
Materi: Analisis kurikulum, mahasiswa dapat menentukan indikator dan tujuan pembelajaran dari suatu KD pada matapelajaran yang ditentukan. Pustaka: Microteaching: A Programmed Text by Dwight W. Allen |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media. |
- RPP disusun dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif (PAIKEM)
- LP disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran.
- LKPD disusun untuk latihan yang berhubungan dengan hasil belajar ranah psikomotor
|
Kriteria:
Perangkat yg disusun dapat dilaksanakan. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi dan latihan 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media. Pustaka: The Impact of Microteaching on Pre-Service Teachers' Self-Efficacy by H. Yildirim |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media. |
- RPP disusun dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif (PAIKEM)
- LP disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran.
- LKPD disusun untuk latihan yang berhubungan dengan hasil belajar ranah psikomotor
|
Kriteria:
Perangkat yg disusun dapat dilaksanakan. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi dan latihan 2 X 50 |
Diskusi daring tentang evaluasi teknologi pembelajaran mikro dan usulan perbaikan
|
Materi: Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media. Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media. |
- RPP disusun dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif (PAIKEM)
- LP disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran.
- LKPD disusun untuk latihan yang berhubungan dengan hasil belajar ranah psikomotor
|
Kriteria:
Perangkat yg disusun dapat dilaksanakan. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi dan latihan 2 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa dapat menyusun persiapan pembelajaran yang meliputi RPP; LP; LKPD dan Media. Pustaka: The Impact of Microteaching on Pre-Service Teachers' Self-Efficacy by H. Yildirim |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Dapat melaksanakan simulasi pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Dapat melaksanakan simulasi pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun Pustaka: Microteaching: A Programmed Text by Dwight W. Allen |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: Enhancing Teaching Skills Through Microteaching: A Case Study by S. K. Singh |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever |
6% |
9
Minggu ke 9 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: Microteaching: A Programmed Text by Dwight W. Allen |
8% |
13
Minggu ke 13 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: The Impact of Microteaching on Pre-Service Teachers' Self-Efficacy by H. Yildirim |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disusun |
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan RPP |
Kriteria:
partisipasi dan pelaksanaan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Role playing; Praktik mengajar (Peerteaching) 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengajar (Peerteaching) Pustaka: Teaching Skills for Dummies by Sue Beever |
8% |