Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Rupa Murni

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Studio Logam

9020102123

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu membuat karya logam dua dimensi dengan menggunakan teknik tekan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2
PO-1 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen teknik kriya logam. Teknik Seni Kriya Logam yang diajarkan meliputi teknik tekan dan teknik etsa. Matakuliah ini ini ditujukan agar mahasiswa punya bekal tambahan yaitu teknik berkarya sebagai proses eksperimentasi. Semua kegiatan dilakukan dengan merode ceramah, praktikum, diskusi dan problem solving

Pustaka

Utama :

  1. Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press

Pendukung :

  1. Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press

Dosen Pengampu

Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan pembuatan karya seni logam dengan teknik tekan dan teknik etsa

  1. Mengetahui alat, bahan dan cara pembuatan karya logam dengan teknik tekan
  2. Mengetahui alat, bahan dan cara pembuatan karya logam dengan teknik etsa
Kriteria:
  1. A = Jika mampu menjelaskan dengan benar dan runtut tentang alat, bahan dan cara pembuatan karya kriya logam teknik tekan dan teknik etsa
  2. B = Jika mampu menjelaskan dengan benar alat, bahan dan cara pembuatan karya kriya logam teknik tekan dan teknik etsa.
  3. C = Jika kurang mampu menjelaskan dengan benar alat, bahan dan cara pembuatan karya kriya logam teknik tekan dan teknik etsa.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
1. ceramah, 2. diskusi
2 X 50

Materi: Untuk materi tentan kriya Logam
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press
4%

2

Minggu ke 2

Mampu membuat desain karya seni logam dengan teknik tekan

Mengetahui cara membuat gambar desain untuk karya teknik tekan dengan konsep/tema tertentu.

Kriteria:
  1. A = Jika mampu menjelaskan dengan runtut konsep dari desain karya teknik tekan yang dibuat.
  2. B = Jika mampu menjelaskan konsep dari desain karya teknik tekan yang dibuat.
  3. C = Jika kurang mampu menjelaskan konsep dari desain karya teknik tekan yang dibuat.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
1. Praktek, 2. diskusi
2 X 50

Materi: Untuk materi tentan kriya Logam
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press
4%

3

Minggu ke 3

mahasiswa mampu memotong logam aluminium sesuai kebutuhan dan menempelkan desain di atas permukaan logam aluminium.

Mampu memotong logam sesuai kebutuhan dan menempelkan desain di atas logam aluminium.

Kriteria:
  1. A= Jika mahasiswa mampu memotong logam aluminium sesuai ukuran dengan rapi dan menempelkan desain di atasnya dengan rapi tanpa perbaikan.
  2. B =Jika mahasiswa mampu memotong logam aluminium sesuai ukuran tetapi kurang rapi dan menempelkan desain di atasnya dengan rapi tanpa perbaikan.
  3. C =Jika mahasiswa mampu memotong logam aluminium sesuai ukuran tetapi kurang rapi dan menempelkan desain di atasnya dengan perbaikan.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktikum, demonstrasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang teknik tekan
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press
5%

4

Minggu ke 4

mahasiswa mampu memindahkan desain pada permukaan logam.

Mampu memindahkan desain pada permukaan logam dengan rapi..

Kriteria:
  1. A= Jika mahasiswa mampu memindahksn desain pada permukaan logam dengan rapi dan tepat.
  2. B =Jika mahasiswa mampu memindahkan desain pada permukaan logam dengan rapi tetapi kurang tepat.
  3. C = Jika mahasiswa kurang mampu memindahkan desain pada permukaan logam dengan rapi dan tepat.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktikum, demonstrasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang teknik tekan
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press
5%

5

Minggu ke 5

mahasiswa mampu berkarya seni logam dengan teknik tekan

Mampu membuat karya kriya logam teknik tekan pada tahap membuat bentuk cekungan pada bagian negatif logam.

Kriteria:
  1. A= Jika mahasiswa mampu membentuk 40% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
  2. A-= Jika mahasiswa mampu membentuk 40% bagian cekung sesuai desain dengan sedikit perbaikan (10%).
  3. B =Jika mahasiswa mampu membentuk 30% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
  4. B= Jika mahasiswa mampu membentuk 30% bagian cekung sesuai desain dengan sedikit perbaikan (10%).
  5. B-=Jika mahasiswa mampu membentuk 20% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
  6. C = Jika mahasiswa mampu membentuk 20% bagian cekung sesuai desain 10% perbaikan.
  7. C =Jika mahasiswa mampu membentuk 15% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
  8. D =Jika mahasiswa hanya mampu membentuk 5% bagian cekung sesuai desain dengan perbaikan.
  9. E = Jika mahasiswa tidak mengerjakan apa2. Membentuk cekungan 0%.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktikum, demonstrasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang teknik tekan
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press
5%

6

Minggu ke 6

mahasiswa mampu membuat karya seni logam teknik tekan

mahasiwa mampu membuat karya logam teknik tekan membentuk bagian cembung pada bagian positif logam sesuai desain

Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu membentuk 40% bagian cembung sesuai desain tanpa perbaikan.
  2. A-= Jika mahasiswa mampu membentuk 30% bagian cembung sesuai desain tanpa perbaikan.
  3. B=Jika mahasiswa mampu membentuk 20% bagian cembung sesuai desain tanpa perbaikan.
  4. C=Jika mahasiswa mampu membentuk 10% bagian cembung sesuai desain tanpa perbaikan.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktikum, diskusi dan demonstrasi
3 X 50

Materi: Tentang teknik tekan
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press
5%

7

Minggu ke 7

mahasiswa mampu memfinishing karya seni logam teknik tekan

mahasiwa mampu mewarnai karya logam teknik tekan

Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu mewarnai karya logamnya dengan benar secara teknik dan komposisi pemilihan warna (80-100)
  2. B= Jika mahasiswa kurang mampu mewarnai karya logamnya dengan benar secara teknik dan komposisi pemilihan warna (70- 79)
  3. C=Jika mahasiswa tidak mampu mewarnai karya logamnya dengan benar secara teknik dan komposisi pemilihan warna (60- 69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktikum, diskusi dan demonstrasi
3 X 50

Materi: Tentang finishing karya logam
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
5%

8

Minggu ke 8

mahasiswa mampu membuat karya seni logam teknik tekan dan mempresentasikannya

  1. mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pewarnaan logam aluminium
  2. mahasiwa mampu mewarnai karya logam aluminium
Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara rinci (85-100)
  2. B= JIka mahasiswa kurang mampu mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara rinci (75-84)
  3. C = Jika mahasiswa tidak mampu mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara terinci (60-74)
  4. D =Jika mahasiswa tidak dapat mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara rinci (50-59)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktikum, ceramah, diskusi dan demonstrasi
3 X 50

Materi: Materi tentang teknik tekan
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
15%

9

Minggu ke 9

mahasiswa mampu membuat karya seni keramik

  1. mahasiwa mampu menjelaskan teknik pembuatan karya seni 3 dimensi berbahan keramik
  2. mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pembuat karya seni berbahan keramik
Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu membuat karya keramik 3 dimensi dengan benar (80-100)
  2. B = Jika mahasiswa mampu membuat karya keramik 3 dimensi dengan benar (70-79)
  3. C =Jika mahasiswa mampu membuat karya keramik 3 dimensi dengan benar (60-69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, demonstrasi
3 X 50

Materi: Tentang keramik
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
5%

10

Minggu ke 10

mahasiswa mampu membuat desain karya seni berbahan kayu/batik

  1. mahasiwa mampu menjelaskan teknik pembuatan karya seni berbahan kayu/ batik
  2. mahasiwa mampu membuat desain karya seni kriya kayu/ batik
Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu membuat desain karya keramik 3 dimensi dengan benar (80-100)
  2. B= Jika mahasiswa kurang mampu membuat desain karya keramik 3 dimensi dengan benar (700-79)
  3. C=Jika mahasiswa tidak mampu membuat desain karya keramik 3 dimensi dengan benar (60- 69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktek, deminstrasi dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang batik dan ukir kayu
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
5%

11

Minggu ke 11

mahasiswa mampu membuat karya seni berbahan kayu/batik

  1. mahasiwa mampu menyebutkan teknik pembuatan seni berbahan kayu/batik
  2. mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pembuat seni berbahan kayu/ batik
  3. mahasiwa mampu membuat karya seni kayu/ batik
Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (80-100)
  2. B= Jika mahasiswa kurang mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (70-79)
  3. C=Jika mahasiswa tidak mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (60- 69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

3 X 50

Materi: Tentang batik dan ukir kayu
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
5%

12

Minggu ke 12

mahasiswa mampu membuat karya seni batik/ kayu

  1. mahasiwa mampu menjelaskan teknik pembuatan batik/ kriya kayu
  2. mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pembuatan batik/ kriya kayu
  3. mahasiwa mampu membuat karya batik/ kriya kayu
Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (80-100)
  2. B= Jika mahasiswa kurang mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (70-79)
  3. C=Jika mahasiswa tidak mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (60- 69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktikum,diskusi dan demonstrasi
3 X 50

Materi: Tentang batik dan ukir kayu
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
5%

13

Minggu ke 13

mahasiswa mampu menerapkan glasir pada karya seni keramik

  1. mahasiwa mampu menjelaskan teknik mengglasir pada karya keramik
  2. mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan dalam mengglasir keramik
  3. mahasiwa mampu mengglasir karya keramik yang dibuat
Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu mengglasir karya keramik 3 dimensi dengan benar (80-100)
  2. B =Jika mahasiswa kurang mampu mengglasir karya keramik 3 dimensi dengan benar (70-79)
  3. C = Jika mahasiswa tidak mampu mengglasir karya keramik 3 dimensi dengan benar (60-69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktikum,diskusi dan presentasi
3 X 50

Materi: Tentang keramik
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
5%

14

Minggu ke 14

mahasiswa mampu membuat karya seni batik/ kayu

  1. mahasiwa mampu menyebutkan teknik pembuatan karya batik/ kriya kayu
  2. mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pembuatan karya batik/ kriya kayu
  3. mahasiwa mampu membuat karya batik/ kriya kayu
Kriteria:
  1. A = Jika mahasiswa mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (80-100)
  2. B= Jika mahasiswa kurang mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (70-79)
  3. C=Jika mahasiswa tidak mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (60- 69)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktiku, diskusi dan demonstrasi
3 X 50

Materi: Tentang batik dan ukir kayu
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
5%

15

Minggu ke 15

mahasiswa mampu membuat karya seni batik

  1. mahasiwa mampu menjelaskan teknik pembuatan karya seni berbahan kayu/ keramik/ batik
  2. mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pembuatan karya batik/ keramik/ kriya kayu
  3. mahasiwa mampu membuat karya seni batik/ keramik/ kriya kayu
Kriteria:
  1. A= Jika mahasiswa menjelaskan dan mampu membuat karya seni dari media kayu/keramik/batik dengan baik.
  2. B=
  3. C=
  4. D=

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktikum, diskusi dan demonstrasi
3 X 50

Materi: materi tentang batik, keramik dan kayu
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
5%

16

Minggu ke 16

mahasiswa mampu membuat sebuah portofolio teknik kriya keramik, logam, kayu , batik

mahasiswa mampu menyusun portofolio yang menarik, komunikatif, estetik dan beresensi

Kriteria:
  1. A= Jika mahasiswa mampu menyusun portofolio yang menarik, komunikatif tentang teknik kriya kayu, keramik dan batik
  2. B= Jika mahasiswa kurang mampu menyusun portofolio yang menarik, komunikatif tentang teknik kriya kayu, keramik dan batik
  3. C= Jika mahasiswa tidak mampu menyusun portofolio yang menarik, komunikatif tentang teknik kriya kayu, keramik dan batik
  4. D=Jika mahasiswa samasekali tidak mampu menyusun portofolio yang menarik, komunikatif tentang teknik kriya kayu, keramik dan batik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
pengumpulan project
3 X 50

Materi: Materi tentang teknik tekan
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press

Materi: Tentang batik dan ukir kayu
Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
16%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 2%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 44.16%
3. Penilaian Portofolio 5.33%
4. Penilaian Praktikum 1.33%
5. Praktik / Unjuk Kerja 38.83%
6. Tes 7.33%
98.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.