Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S2 Pendidikan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Jurnal Mutakhir

8510102061

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan bidang manajemen dan organisasi secara sistematis melalui penguasaan teori dan konsep manajemen dan metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan inter dan multi-disipline dalam MK Publikasi

PO - 2

Mampu memecahkan permasalahanilmu pengetahuan bidang manajemen dan organisasi secara sistematis melalui penguasaan teori dan konsep manajemen dan metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan inter dan multi-disipliner dalam MK Publikasi

PO - 3

Mampu mengembangkan pengetahuan manajemen atau praktek profesional penelitian bidang manajemen melalui penelitian ilmiah bidang manajemen hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji untuk dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional dalam MK Publikasi

PO - 4

Mampu memecahkan permasalahanilmu pengetahuan bidang manajemen dan organisasi secara sistematis melalui penguasaan teori dan konsep manajemen dan metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan inter dan multi-disipliner dalam MK Publikasi

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Publikasi adalah mata kuliah mahasiswa Magister Pendidikan Olahraga untuk mempersiapkan publikasi hasil kajian pada penelitian tesis dalam bentuk artikel yang mengacu pada tema keprodian berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku

Pustaka

Utama :

  1. Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Pendukung :

  1. Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D.

Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T.

Prof. Dr. Or. Gigih Siantoro, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

2

Minggu ke 2

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

3

Minggu ke 3

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

4

Minggu ke 4

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

5

Minggu ke 5

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

6

Minggu ke 6

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

7

Minggu ke 7

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

8

Minggu ke 8

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
15%

9

Minggu ke 9

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

10

Minggu ke 10

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

11

Minggu ke 11

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

12

Minggu ke 12

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

13

Minggu ke 13

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

14

Minggu ke 14

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

15

Minggu ke 15

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
5%

16

Minggu ke 16

Mempraktikkan publikasi artikel ada jurnal ilmiah terakreditasi

  1. Penilaian partisipasi
  2. Penilaian Produk
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

0

0
Materi: Kaidah penulisan akrya ilmiah
Pustaka: Buku Pedoman Akademik S2 Pendidikan Olahraga

Materi: Referensi publikasi
Pustaka: Artikel di jurnal-jurnal terkini yang relevan
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.