Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktik Komputer

6122302048

T=0

P=0

ECTS=0

3

29 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Fandi Fatoni, S.Pd., M.SM.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Praktik Komputer lebih banyak menekankan kepada pemberian materi yang memberikan pemahaman tentang pemanfaatan teknologi informasi yang berupa pengolahan data (spread sheet). Program yang digunakan adalah MS Excel yang diawali dengan pengenalan program sampai dengan implementasi penggunaan menu yang disediakan oleh Excel, baik dibidang keuangan, pemasaran maupun di bidang sumber daya manusia. Program Excel digunakan untuk menyelesaikan masalah manajemen menggunakan fungsi logika, perencanaan keuangan (pinjaman dan angsuran), strategi pemasaran (perencanaan penjualan dan produksi), perencanaan SDM (Program pensiun dan pesangon). Program Power point untuk menyelesaikan pekerjaan manajerial, melalui penggunaan layout dan themes, menambah animasi, sound dan movie untuk menambah kualitas presentasi mahasiswa. Program Word untuk mengelola halaman dalam makalah. Output matakuliah ini merupakan tugas aplikasi sesuai dengan topik / materi silabus yang disimpan di komputer di lab komputer dengan folder nama mereka masing-masing.

Pustaka

Utama :

  1. . Kusrianto, Adi. 2014. Menampilkandan Mengolah Data Excel dengan Formula dan Fungsi . Jakarta: PT Elex MediaKomputindo
  2. . Arifin, Johar. 2008. Statistik Bisnis Terapan . Jakarta: PT Elex Media
  3. Arifin, Johar. 2007. Aplikasi Excel untuk Akuntansi ManajemenModern . Jakarta: PT Elex Media

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada MS Excel

Membuat grafik dengan beragam tampilan.

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demontrasi dan praktik
3 X 50

Materi: exel
Pustaka: . Kusrianto, Adi. 2014. Menampilkandan Mengolah Data Excel dengan Formula dan Fungsi . Jakarta: PT Elex MediaKomputindo

Materi: exel
Pustaka: Arifin, Johar. 2007. Aplikasi Excel untuk Akuntansi ManajemenModern . Jakarta: PT Elex Media
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada MS Excel

Membuat grafik dengan beragam tampilan.

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demontrasi dan praktik
3 X 50

Materi: exel
Pustaka: . Kusrianto, Adi. 2014. Menampilkandan Mengolah Data Excel dengan Formula dan Fungsi . Jakarta: PT Elex MediaKomputindo

Materi: exel
Pustaka: Arifin, Johar. 2007. Aplikasi Excel untuk Akuntansi ManajemenModern . Jakarta: PT Elex Media
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada MS Excel

Membuat grafik dengan beragam tampilan.

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demontrasi dan praktik
3 X 50

Materi: exel
Pustaka: . Kusrianto, Adi. 2014. Menampilkandan Mengolah Data Excel dengan Formula dan Fungsi . Jakarta: PT Elex MediaKomputindo

Materi: exel
Pustaka: Arifin, Johar. 2007. Aplikasi Excel untuk Akuntansi ManajemenModern . Jakarta: PT Elex Media
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada MS Excel

Membuat grafik dengan beragam tampilan.

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demontrasi dan praktik
3 X 50

Materi: exel
Pustaka: . Kusrianto, Adi. 2014. Menampilkandan Mengolah Data Excel dengan Formula dan Fungsi . Jakarta: PT Elex MediaKomputindo

Materi: exel
Pustaka: Arifin, Johar. 2007. Aplikasi Excel untuk Akuntansi ManajemenModern . Jakarta: PT Elex Media
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menggunakan fungsi logika serta penggunaan operator logika

Menggunakan fungsi if tunggal dan bertingkat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demontrasi dan praktik
3 X 50

Materi: exel
Pustaka: . Kusrianto, Adi. 2014. Menampilkandan Mengolah Data Excel dengan Formula dan Fungsi . Jakarta: PT Elex MediaKomputindo

Materi: exel
Pustaka: . Arifin, Johar. 2008. Statistik Bisnis Terapan . Jakarta: PT Elex Media

Materi: exel
Pustaka: Arifin, Johar. 2007. Aplikasi Excel untuk Akuntansi ManajemenModern . Jakarta: PT Elex Media
0%

6

Minggu ke 6

Mampu menggunakan fungsi logika serta penggunaan operator logika

Menggunakan fungsi if tunggal dan bertingkat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demontrasi dan praktik
3 X 50

Materi: exel
Pustaka: . Kusrianto, Adi. 2014. Menampilkandan Mengolah Data Excel dengan Formula dan Fungsi . Jakarta: PT Elex MediaKomputindo

Materi: exel
Pustaka: . Arifin, Johar. 2008. Statistik Bisnis Terapan . Jakarta: PT Elex Media

Materi: exel
Pustaka: Arifin, Johar. 2007. Aplikasi Excel untuk Akuntansi ManajemenModern . Jakarta: PT Elex Media
0%

7

Minggu ke 7

Mampu menggunakan fungsi lookup sederhana maupun komplek

1. Menggunakan fungsi lookup2. Menggunakan operator logika lookup


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demontrasi dan praktik
3 X 50

Materi: exel
Pustaka: . Kusrianto, Adi. 2014. Menampilkandan Mengolah Data Excel dengan Formula dan Fungsi . Jakarta: PT Elex MediaKomputindo

Materi: exel
Pustaka: Arifin, Johar. 2007. Aplikasi Excel untuk Akuntansi ManajemenModern . Jakarta: PT Elex Media
0%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

    3 X 50

    20%

    9

    Minggu ke 9

    Mahasiswa mampu membuat perencanaan di bidang keuangan dengan memanfaatkan fungsi financial terapan yang terdapat dalam MS Excel

    1. Menyusun tabel pinajaman dan angsuran2. Menghitung biaya sekolah3. Menghitung proyeksi keuntungan proyek

    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Demontrasi dan praktik
    3 X 50

    5%

    10

    Minggu ke 10

    Mahasiswa mampu membuat strategi pemasaran dengan memanfaatkan menu fungsi database

    1. Menghitung perencanaan penjualan dan produksi barang
    2. Menghitung hasil survey kepuasan pelanggan
    3. Mengukur loyalitas pelanggan
    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Demontrasi dan praktik
    3 X 50

    5%

    11

    Minggu ke 11

    Mahasiswa mampu membuat program perencanaan SDM dengan menggunakan menu reference dn lookup

    1. Menyusun perencanaan program pensiun dan besarnya pemberian pesangon terhadap para pegawai
    2. Membuat simulasi Monte Carlo
    3. Menghitung minimalisasi biaya pelatihan
    4. Membuat penugasan karyawan.

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Demontrasi dan praktik
    3 X 50

    Materi: exel
    Pustaka: . Kusrianto, Adi. 2014. Menampilkandan Mengolah Data Excel dengan Formula dan Fungsi . Jakarta: PT Elex MediaKomputindo

    Materi: exel
    Pustaka: Arifin, Johar. 2007. Aplikasi Excel untuk Akuntansi ManajemenModern . Jakarta: PT Elex Media
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Mahasiswa mampu membuat presentasi yang efektif untuk menyelesaikan pekerjaan manajerial

    1. Membuat power point yang efektif
    2. Menggunakan layout dan themes

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Demontrasi dan praktik
    3 X 50

    Materi: statistik
    Pustaka: . Arifin, Johar. 2008. Statistik Bisnis Terapan . Jakarta: PT Elex Media
    3%

    13

    Minggu ke 13

    Mahasiswa mampu membuat presentasi yang efektif untuk menyelesaikan pekerjaan manajerial

    Menggunakan animasi, sound, dan movie


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Demontrasi dan praktik
    3 X 50

    Materi: ppt
    Pustaka: . Arifin, Johar. 2008. Statistik Bisnis Terapan . Jakarta: PT Elex Media
    0%

    14

    Minggu ke 14

    Mahasiswa mampu mengelola halaman di Micorsoft Word dan membuat daftar isi.

    1. Menggunakan menu styles dalam dokumen Word
    2. Menggunakan menu tabs dalam dokumen Word.
    3. Menggunakan menu layout dalam dokumen Word

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Demonstrasi dan praktik
    3 X 50

    4%

    15

    Minggu ke 15

    Mahasiswa mampu mengelola halaman di Micorsoft Word dan membuat daftar isi.

    1. Menggunakan menu header dan footer dalam dokumen Word.
    2. Menggunakan menu tabel of content dalam dokumen Word.
    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Demontrasi dan praktik
    3 X 50

    3%

    16

    Minggu ke 16

    UJIAN AKHIR SEMESTER


      Bentuk Penilaian :
      Tes

      3 X 50

      30%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 5%
      2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
      3. Tes 40%
      95%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.