|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Konsep Dasar Ipa 3 |
8620602037 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan tentang kebumian, susunan kulit dan atmosfer, bola langit, tata surya, dan hukum pokok mekanika dalam benda angkasa, susunan bumi-bulan, sumber daya alam, galaksi, dan fenomena alam |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Newton Jack, T. Philip. 1995. The Guide to Amatur Astronomy . Australia: Cambridge University.
- Roy, A. E. , Clark D. 1988. Astrnomy: Principles and Practice. Philadelphia: Adam Hilger.
- SEQIP. 2000. B uku IPA Guru. Jakarta:Binabar Grafiscont.
- Strahler Arthur N. 1971. The Earth Sciences. New York: Harper and Row Pub.
- Winardi W. 1984. Astrofisika Mengenai Bintang . Bandung: ITB.
- Yosaphat Sumardi. 1985. Pengantar Pengetahuan Antariksa. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd. Farida Istianah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendiskripsikan susunan kulit bumi dan atmosfer peranannya terhadap kehidupan . |
Menjelaskan lapisan kulit bumi. Menjelaskan fungsi setiap lapisan bumi Menjelaskan struktur lapisan atmosfer Menjelaskan fungsi setiap lapisan atmosfer Menyimpulkan pentingnya lapisan atmosfer dan menjaga kelestarian lingkungan |
Kriteria:
sesuai dengan kunci jawaban |
diskusitanya jawabpresentasidemonstrasipenugasan 6 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mendiskripsikan susunan kulit bumi dan atmosfer peranannya terhadap kehidupan . |
Menjelaskan lapisan kulit bumi. Menjelaskan fungsi setiap lapisan bumi Menjelaskan struktur lapisan atmosfer Menjelaskan fungsi setiap lapisan atmosfer Menyimpulkan pentingnya lapisan atmosfer dan menjaga kelestarian lingkungan |
Kriteria:
sesuai dengan kunci jawaban |
diskusitanya jawabpresentasidemonstrasipenugasan 6 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mendiskripsikan susunan kulit bumi dan atmosfer peranannya terhadap kehidupan . |
Menjelaskan lapisan kulit bumi. Menjelaskan fungsi setiap lapisan bumi Menjelaskan struktur lapisan atmosfer Menjelaskan fungsi setiap lapisan atmosfer Menyimpulkan pentingnya lapisan atmosfer dan menjaga kelestarian lingkungan |
Kriteria:
sesuai dengan kunci jawaban |
diskusitanya jawabpresentasidemonstrasipenugasan 6 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
memahami proses terjadinya gempa dan penanggulangannya |
menjelaskan pengertian gempamenjelaskan jenis-jenis gempa dan akibatnyamenjelaskan cara penanggulangan gempamelakukan percobaan gempa |
Kriteria:
sesuai dengan jenis penilaian yang digunakan |
diskusitanya jawabdemonstrasipenugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
memahami proses terjadi rotasi dan revolusi bumi |
menjelaskan pengertian rotasi dan revolusimenjelaskan akibat rotasi dan revolusimenjelaskan faktor yang mempengaruhi rotasi dan revolusimenyimpulkan pentingnya rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan |
Kriteria:
sesuai dengan jenis penilaian yang digunakan |
diskusitanya jawabdemonstrasipresentasipenugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
memahami proses terjadi rotasi dan revolusi bumi |
menjelaskan pengertian rotasi dan revolusimenjelaskan akibat rotasi dan revolusimenjelaskan faktor yang mempengaruhi rotasi dan revolusimenyimpulkan pentingnya rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan |
Kriteria:
sesuai dengan jenis penilaian yang digunakan |
diskusitanya jawabdemonstrasipresentasipenugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
memahami tata surya dan anggotanya |
menjelaskan pengertian tata suryamenjelaskan teori pembentukan tata suryamenjelaskan anggota tata surya menjelaskan karakteristik anggota tata surya menjelaskan faktor yang mempengaruhi orbit anggota tata surya |
Kriteria:
sesuai kunci jawaban |
diskusitanya jawabpenugasandemonstrasi 4 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
memahami tata surya dan anggotanya |
menjelaskan pengertian tata suryamenjelaskan teori pembentukan tata suryamenjelaskan anggota tata surya menjelaskan karakteristik anggota tata surya menjelaskan faktor yang mempengaruhi orbit anggota tata surya |
Kriteria:
sesuai kunci jawaban |
diskusitanya jawabpenugasandemonstrasi 4 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
memahami materi pertemuan 1-8 (UTS) |
memahami materi pertemuan 1-8 |
Kriteria:
sesuai kunci jawaban |
kerja mandiri 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
memahami hukum keppler dan penerapannya |
menjelaskan pengertian hukum kepplermenjelaskan bunyi hukum keppler 1,2,3menerapkan hukum keppler dalam melukiskan orbit planet |
Kriteria:
sesuai dengan jenis penilaian yang digunakan |
diskusitanya jawabdemonstrasipenugasanpresentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mendeskripsikan pembagian waktu di Bumi |
menjelaskan pembagian waktu di bumimenjelaskan dasar pembagian waktumenjelaskan pengaruh pembagian waktu terhadap aktivitas kehidupan di bumimenjelaskan faktor yang mempengaruhi pembagian waktu di bumi |
Kriteria:
sesuai kunci jawaban |
diskusitanya jawabpenugasanpresentasi 4 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mendeskripsikan pembagian waktu di Bumi |
menjelaskan pembagian waktu di bumimenjelaskan dasar pembagian waktumenjelaskan pengaruh pembagian waktu terhadap aktivitas kehidupan di bumimenjelaskan faktor yang mempengaruhi pembagian waktu di bumi |
Kriteria:
sesuai kunci jawaban |
diskusitanya jawabpenugasanpresentasi 4 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mendeskripsikan bintang-bintang dalam suatu galaksi |
menjelaskan pengertian galaksimengidentifikasi anggota galaksimenjelaskan pembagian tipe galaksimenjelaskan karakteristik galaksi |
Kriteria:
sesuai kunci jawaban |
diskusitanya jawabpenugasanpresentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mendeskripsikan fenomena alam |
menjelaskan pengertian fenomena alammenjelaskan jenis fenomena alammengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarmenjelaskan cara penanggulangan dari fenomena alam yang terjadi |
Kriteria:
sesuai kunci jawaban |
diskusitanya jawabpresentasipenugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mendeskripsikan fenomena alam |
menjelaskan pengertian fenomena alammenjelaskan jenis fenomena alammengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarmenjelaskan cara penanggulangan dari fenomena alam yang terjadi |
Kriteria:
sesuai kunci jawaban |
diskusitanya jawabpresentasipenugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |