Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Konsep Dasar Ipa 3

8620602037

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan tentang kebumian, susunan kulit dan atmosfer, bola langit, tata surya, dan hukum pokok mekanika dalam benda angkasa, susunan bumi-bulan, sumber daya alam, galaksi, dan fenomena alam

Pustaka

Utama :

  1. Newton Jack, T. Philip. 1995. The Guide to Amatur Astronomy . Australia: Cambridge University.
  2. Roy, A. E. , Clark D. 1988. Astrnomy: Principles and Practice. Philadelphia: Adam Hilger.
  3. SEQIP. 2000. B uku IPA Guru. Jakarta:Binabar Grafiscont.
  4. Strahler Arthur N. 1971. The Earth Sciences. New York: Harper and Row Pub.
  5. Winardi W. 1984. Astrofisika Mengenai Bintang . Bandung: ITB.
  6. Yosaphat Sumardi. 1985. Pengantar Pengetahuan Antariksa. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd.

Farida Istianah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendiskripsikan susunan kulit bumi dan atmosfer peranannya terhadap kehidupan .

Menjelaskan lapisan kulit bumi. Menjelaskan fungsi setiap lapisan bumi Menjelaskan struktur lapisan atmosfer Menjelaskan fungsi setiap lapisan atmosfer Menyimpulkan pentingnya lapisan atmosfer dan menjaga kelestarian lingkungan

Kriteria:

sesuai dengan kunci jawaban

diskusitanya jawabpresentasidemonstrasipenugasan
6 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mendiskripsikan susunan kulit bumi dan atmosfer peranannya terhadap kehidupan .

Menjelaskan lapisan kulit bumi. Menjelaskan fungsi setiap lapisan bumi Menjelaskan struktur lapisan atmosfer Menjelaskan fungsi setiap lapisan atmosfer Menyimpulkan pentingnya lapisan atmosfer dan menjaga kelestarian lingkungan

Kriteria:

sesuai dengan kunci jawaban

diskusitanya jawabpresentasidemonstrasipenugasan
6 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mendiskripsikan susunan kulit bumi dan atmosfer peranannya terhadap kehidupan .

Menjelaskan lapisan kulit bumi. Menjelaskan fungsi setiap lapisan bumi Menjelaskan struktur lapisan atmosfer Menjelaskan fungsi setiap lapisan atmosfer Menyimpulkan pentingnya lapisan atmosfer dan menjaga kelestarian lingkungan

Kriteria:

sesuai dengan kunci jawaban

diskusitanya jawabpresentasidemonstrasipenugasan
6 X 50

0%

4

Minggu ke 4

memahami proses terjadinya gempa dan penanggulangannya

menjelaskan pengertian gempamenjelaskan jenis-jenis gempa dan akibatnyamenjelaskan cara penanggulangan gempamelakukan percobaan gempa

Kriteria:

sesuai dengan jenis penilaian yang digunakan

diskusitanya jawabdemonstrasipenugasan
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

memahami proses terjadi rotasi dan revolusi bumi

menjelaskan pengertian rotasi dan revolusimenjelaskan akibat rotasi dan revolusimenjelaskan faktor yang mempengaruhi rotasi dan revolusimenyimpulkan pentingnya rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan

Kriteria:

sesuai dengan jenis penilaian yang digunakan

diskusitanya jawabdemonstrasipresentasipenugasan
4 X 50

0%

6

Minggu ke 6

memahami proses terjadi rotasi dan revolusi bumi

menjelaskan pengertian rotasi dan revolusimenjelaskan akibat rotasi dan revolusimenjelaskan faktor yang mempengaruhi rotasi dan revolusimenyimpulkan pentingnya rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan

Kriteria:

sesuai dengan jenis penilaian yang digunakan

diskusitanya jawabdemonstrasipresentasipenugasan
4 X 50

0%

7

Minggu ke 7

memahami tata surya dan anggotanya

menjelaskan pengertian tata suryamenjelaskan teori pembentukan tata suryamenjelaskan anggota tata surya menjelaskan karakteristik anggota tata surya menjelaskan faktor yang mempengaruhi orbit anggota tata surya

Kriteria:

sesuai kunci jawaban

diskusitanya jawabpenugasandemonstrasi
4 X 50

0%

8

Minggu ke 8

memahami tata surya dan anggotanya

menjelaskan pengertian tata suryamenjelaskan teori pembentukan tata suryamenjelaskan anggota tata surya menjelaskan karakteristik anggota tata surya menjelaskan faktor yang mempengaruhi orbit anggota tata surya

Kriteria:

sesuai kunci jawaban

diskusitanya jawabpenugasandemonstrasi
4 X 50

0%

9

Minggu ke 9

memahami materi pertemuan 1-8 (UTS)

memahami materi pertemuan 1-8

Kriteria:

sesuai kunci jawaban

kerja mandiri
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

memahami hukum keppler dan penerapannya

menjelaskan pengertian hukum kepplermenjelaskan bunyi hukum keppler 1,2,3menerapkan hukum keppler dalam melukiskan orbit planet

Kriteria:

sesuai dengan jenis penilaian yang digunakan

diskusitanya jawabdemonstrasipenugasanpresentasi
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mendeskripsikan pembagian waktu di Bumi

menjelaskan pembagian waktu di bumimenjelaskan dasar pembagian waktumenjelaskan pengaruh pembagian waktu terhadap aktivitas kehidupan di bumimenjelaskan faktor yang mempengaruhi pembagian waktu di bumi

Kriteria:

sesuai kunci jawaban

diskusitanya jawabpenugasanpresentasi
4 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mendeskripsikan pembagian waktu di Bumi

menjelaskan pembagian waktu di bumimenjelaskan dasar pembagian waktumenjelaskan pengaruh pembagian waktu terhadap aktivitas kehidupan di bumimenjelaskan faktor yang mempengaruhi pembagian waktu di bumi

Kriteria:

sesuai kunci jawaban

diskusitanya jawabpenugasanpresentasi
4 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mendeskripsikan bintang-bintang dalam suatu galaksi

menjelaskan pengertian galaksimengidentifikasi anggota galaksimenjelaskan pembagian tipe galaksimenjelaskan karakteristik galaksi

Kriteria:

sesuai kunci jawaban

diskusitanya jawabpenugasanpresentasi
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mendeskripsikan fenomena alam

menjelaskan pengertian fenomena alammenjelaskan jenis fenomena alammengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarmenjelaskan cara penanggulangan dari fenomena alam yang terjadi

Kriteria:

sesuai kunci jawaban

diskusitanya jawabpresentasipenugasan
4 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mendeskripsikan fenomena alam

menjelaskan pengertian fenomena alammenjelaskan jenis fenomena alammengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarmenjelaskan cara penanggulangan dari fenomena alam yang terjadi

Kriteria:

sesuai kunci jawaban

diskusitanya jawabpresentasipenugasan
4 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.