Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penyelanggaran Acara Olahraga dan Tata Kelola

7420102334

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Vita Mahardhika, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

-

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang bagaimana pengorganisasian dalam olahraga, cara pembuatan sistem pertandingan dan administrasi dalam kegiatan olahraga

Pustaka

Utama :

  1. 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kontrak perkuliahan, metode pembelajaran yang digunakan serta garis besar mata kuliah Penyelenggaraan Acara Olahraga dan Tata Kelola

Memahami tujuan pembelajaran, Memahami aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
- Teori
- Ceramah
- Diskusi
TM 2 X 50’
50 Menit
-
-
Materi: 1. Tujuan pembelajaran administrasi dan pengorganisasian olahraga dan aplikasinya dikehidupan sehari-hari
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

2

Minggu ke 2

Organisasi dalam olahraga

Memahami sejarah olahraga, Memahami organisasi sebagai proses, Memahami organisasi sebagai wadah.

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Teori
- Ceramah
- Diskusi
TM 2 X 50’
50 Menit
-
-
Materi: Sejarah organisasi, organisasi sebagai wadah, sejarah sebagai proses.
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

3

Minggu ke 3

Organisasi Keolahragaan

Mengetahui nama induk organisasi olahraga di indonesia, Mengetahui kapan berdiri dan ketua pertamanya.

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Teori
- Ceramah
- Diskusi
TM 2 X 50’
50 Menit
-
-
Materi: 1. Induk organisasi olahraga di Indonesia.
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

4

Minggu ke 4

Manajemen Organisasi

Memahami tentang perencanaan, Memahami tentang pengorganisasian, Memahami tentang penggerakan, Memahami tentang pengendalian/pengawasan.

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Teori
- Ceramah
- Diskusi
TM 2 X 50’
50 Menit
-
-
Materi: 1. Perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), penggerakan Actuating), pengendalian/pengawasan (controlling)
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
10%

5

Minggu ke 5

Organisasi penyelenggaraan pertandingan

Mahasiswa memahami tentang perencanaan tempat, waktu dan fungsi, Mahasiswa memahami tentang tugastugas panitia bidang tehnik, logistik dan umum.

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Teori
- Ceramah
- Diskusi
TM 2 X 50’
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pembagian dalam perencanaan dan penjabaran tugas bidang tehnik, logistik dan umum
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

6

Minggu ke 6

Kriteria tugas dan tanggung jawan panitia pertandingan

- Mahasiswa dapat memahami tugas ketua pertandingan - Mahasiswa dapat memahami tugas sekretaris pertandingan - Mahasiswa dapat memahami tugas wasit dan juri - Mahasiswa dapat memahami tugas pengamat waktu - Mahasiswa dapat memahami tugas dokter pertandingan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Teori - Ceramah - Diskusi
TM 2 X 50
50 Menit

Materi: 1. Tugas ketua pertandingan, sekretaris pertandingan, wasit dan juri, pengamat waktu, dokter pertandingan
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

7

Minggu ke 7

Kriteria persiapan lapangan panitia pertandigan

Mahasiswa memahami tentang persiapan panitia lapangan - Mahasiswa memahami tentang persiapan ketika menjelang pertandingan/perlombaan - Mahasiswa memahami tentang persiapan ketiak pertandingan berlangsung - Mahasiswa memahami tentang persiapan setelah pertandingan selesai.

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Teori - Ceramah - Diskusi
TM 2 X 50’
50 Menit
-
Materi: 1. Persiapan Panitia Lapangan, Persiapan ketika menjelang pertandingan/perlombaan, persiapan ketika pertandingan berlangsung, persiapan setelah pertandingan selesai.
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

pengorganisasian dalam olahraga

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Teori - Ceramah - Diskusi
TM 2 X 50’
50 Menit
-
-
Materi: 1. Ujian Teori/Tulis
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
10%

9

Minggu ke 9

Sistem pertandingan atau perlombaan

Mahasiswa memahami tentang defenisi pertandingan - Mahasiswa memahami tentang defenisi perlombaan - Mahasiswa mampu membedakan olahraga yang sifatnya perlombaan maupun pertandingan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Teori - Ceramah - Diskusi - Praktikum
TM 2 X 50’
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pertandingan dan Perlombaan
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

10

Minggu ke 10

Sistem Gugur Tunggal

Mahasiswa memahami tentang pengertian sistem gugur tunggal - Mahasiswa memahami dan mampu mempraktekkan pembuatan bagan sistem gugur tunggal

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
- Teori - Ceramah - Diskusi - Praktek
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pengertian sistem gugur tunggal dan bagan sistem gugur tunggal
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

11

Minggu ke 11

Sistem Gugur Ganda

- Mahasiswa memahami pengertian dari sistem gugur ganda - Mahasiswa memahami dan mampu mempraktekkan pembuatan bagan sistem gugur ganda

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Teori - Ceramah - Diskusi - Praktikum
TM 2 X 50’
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pengertian sistem gugur ganda dan bagan sistem gugur ganda
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

12

Minggu ke 12

Sistem kompetisi

- Mahasiswa memahami pengertian sistem kompetisi - Mahasiswa memahami dan mampu mempraktekkan pembuatan bagan sistem kompetisi

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Teori - Ceramah - Diskusi - Praktikum
TM 2 X 50
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pengertian sistem kompetisi dan pembuatan bagan sistem kompetisi
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
10%

13

Minggu ke 13

Sistem kombinasi

Mahasiswa memahami pengertian sistem kombinas - Mahasiswa memahami dan mampu mempraktekkan pembuatan bagan sistem kombinasi

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Teori - Ceramah - Diskusi - Praktikum
TM 2 X 50’
50 Menit
-
Materi: 1. Pengertian sistem kombinasi dan pembuatan bagan sistem kombinasi
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

14

Minggu ke 14

Praktek membuat sistem pertandingan

Mahasiswamampu mempraktekkan pembuatan bagan sistem gugur tunggal - Mahasiswamampu mempraktekkan pembuatan bagan sistem gugur ganda - Mahasiswamampu mempraktekkan pembuatan bagan sistem kompetisi - Mahasiswamampu mempraktekkan pembuatan bagan sistem kombinasi kombinasi.

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Teori - Ceramah - Diskusi - Praktikum
TM 2 X 50’
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pembuatan sistem gugur tunggal, gugur ganda, kompetisi dan kombinasi
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

15

Minggu ke 15

Pembuatan jadwal pertandingan

- Mahasiswamampu mempraktekkan pembuatan jadwal sistem gugur tunggal - Mahasiswamampu mempraktekkan pembuatan jadwal sistem gugur ganda - Mahasiswamampu mempraktekkan pembuatan jadwal sistem kompetisi - Mahasiswamampu mempraktekkan pembuatan jadwal sistem kombinasi.

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Teori - Ceramah - Diskusi - Praktikum
TM 2 X 50’
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pembuatan jadwal pertandingan sistem gugur tunggal, gugur ganda, kompetisi dan kombinasi
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Sistem pertandingan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-
50 Menit
-
-
Materi: 1. Ujian teori dan ujian praktek
Pustaka: 1. Ishak, Muhammad. 2015. Organisasi dan sistem pertandingan. Bandung. Refika Aditama
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 82.5%
2. Penilaian Portofolio 10%
3. Praktik / Unjuk Kerja 5%
4. Tes 2.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.