Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tipografi

8821003211

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd. dan Ika Anggun Camelia, M.Pd.




Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd.




Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan proses dan teknik membuat huruf baik dengan manual dan digital.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah berisi tentang pemahaman huruf sebagai elemen utama tipografi sebagai komponen utama dalam pembuatan karya seni rupa dan desain grafis yang komunikatif dan estetis serta penguasaan berbagai tipe dan karakteristik huruf untuk diterapkan dalam susunan dan keperluan tertentu, dengan strategi pemahaman teori dan kegiatan berkarya/praktek dengan menerapkan tipografi.

Pustaka

Utama :

  1. Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi
  2. Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia
  3. Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia

Pendukung :

Dosen Pengampu

Ika Anggun Camelia, S.Pd., M.Pd.

Aqim Amral Hukmi, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

memahami huruf sebagai elemen utama tipografi

mahasiswa memahami penerapan tipografi

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan pemberian contoh

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami dasar-dasar tipografi

mahasiswa memahami penerapan tipografi

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan pemberian contoh

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami anatomi dan sistem pengukuran huruf

  1. Dapat menjelaskan bentuk dasar huruf.
  2. Dapat menjelaskan anatomi huruf
  3. Dapat mengklasifikasikan huruf berdasarkan anatominya
  4. Dapat menjelaskan standar ukuran huruf.
  5. Dapat menganalisa susunan huruf berdasarkan sistem spasinya
Kriteria:

mahasiswa mampu merancang typografi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan
2 X 50

Materi: mengklasifikasikan huruf berdasarkan anatominya
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: mengklasifikasikan huruf berdasarkan anatominya
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia

Materi: mengklasifikasikan huruf berdasarkan anatominya
Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami tentang keluarga huruf

  1. Dapat menjelaskan tentang set character
  2. Dapat menganalisa proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
Kriteria:
  1. Kesesuain dengan ketentuan soal
  2. Kerapian
  3. Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek
2 X 50

Materi: Karakter, proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia

Materi: Karakter, proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: Karakter, proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami tentang keluarga huruf

Mampu menguasai teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf

Kriteria:
  1. Kesesuain dengan ketentuan soal
  2. Kerapian
  3. Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek
2 X 50

Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menguasai teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf

  1. Dapat mendeskripsikan teori Gestalt dalam tipografi.
  2. Dapat menerapkan teori Gestalt dalam tipografi
Kriteria:
  1. Originalitas
  2. Kreativitas
  3. Kesesuain dengan ketentuan soal
  4. Kerapian
  5. Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek
2 X 50

Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menguasai prinsip pemilihan dan penerapan huruf

  1. Dapat mendeskripsikan Legibility dan Readability dalam tipografi
  2. Dapat menganalisa tampilan huruf ditinjau dari karakternya.
  3. Dapat menjelaskan visual hirarki dalam tipografi.
  4. Dapat menganalisis huruf sebagai elemen desain
  5. Dapat menganalisis penerapan huruf berdasar-kan Grid system dan alignment.
Kriteria:
  1. Analisis Tajam, Rinci
  2. Urut

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan
2 X 50

Materi: prinsip pemilihan dan penerapan huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: prinsip pemilihan dan penerapan huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar

  1. Memahami Anatomi huruf
  2. Memahami Klasifikasi HUruf
  3. Memahami keluarga huruf
  4. mampu mengembangkan huruf
Kriteria:
  1. Originalitas
  2. Kreativitas
  3. Kesesuain dengan ketentuan soal
  4. Kerapian
  5. Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Praktek Ujian
2 X 20

Materi: mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
10%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami perkembangan model dan gaya huruf

  1. Dapat menganalisis perkembangan model dan gaya huruf.
  2. Dapat mengaplikasikan huruf digital
Kriteria:
  1. Kreativitas
  2. Kesesuain dengan ketentuan soal
  3. Kerapian
  4. Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek
2 X 50

Materi: perkembangan model dan gaya huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: perkembangan model dan gaya huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menguasai prinsip penerapan image

  1. Dapat menjelaskan peranan image
  2. Dapat menganalisa bentuk dasar image
  3. Dapat mengaplikasikan image dalam kata
Kriteria:
  1. Sesuai dengan tema
  2. kreativitas
  3. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek
2 X 50

Materi: prinsip penerapan image
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: prinsip penerapan image
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menguasai prinsip penerapan image

  1. Dapat menjelaskan peranan image
  2. Dapat menganalisa bentuk dasar image
  3. Dapat mengaplikasikan image dalam kata
Kriteria:

Lanjutan pertemuan sebelumnya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, tanya jawab, dan praktek
2 X 50

Materi: prinsip penerapan image
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: prinsip penerapan image
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menguasai prinsip dramatisasi

  1. Dapat menjelaskan peranan dramatisasi
  2. Dapat mendiskripsikan prinsip dramatisasi
  3. Dapat menyusun huruf dengan dramatisasi
Kriteria:
  1. Kreativitas
  2. Kesesuain dengan ketentuan soal
  3. Kerapian
  4. Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek
2 X 50

Materi: prinsip dramatisasi
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: prinsip dramatisasi
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menguasai prinsip dramatisasi

  1. Dapat menjelaskan peranan dramatisasi
  2. Dapat mendiskripsikan prinsip dramatisasi
  3. Dapat menyusun huruf dengan dramatisasi
Kriteria:
  1. Kreativitas
  2. Kesesuain dengan ketentuan soal
  3. Kerapian
  4. Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek
2 X 50

Materi: prinsip dramatisasi
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: prinsip dramatisasi
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menguasai aplikasi motif dalam huruf

  1. Dapat menjelaskan peranan motif dalam huruf.
  2. Menganalisa bentuk dasar motif dalam huruf.
  3. Menerapkan motif dalam huruf.
Kriteria:
  1. Kesesuain typeface dengan gaya huruf
  2. Kerapian
  3. Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
DiskusiTanya JawabPraktek Latihan
2 X 50

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menguasai aplikasi motif dalam huruf

  1. Dapat menjelaskan peranan motif dalam huruf.
  2. Menganalisa bentuk dasar motif dalam huruf.
  3. Menerapkan motif dalam huruf.
Kriteria:
  1. Kesesuain typeface dengan gaya huruf
  2. Kerapian
  3. Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
DiskusiTanya JawabPraktek Latihan
2 X 50

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menguasai aplikasi motif dalam huruf

  1. Dapat menjelaskan peranan motif dalam huruf.
  2. Menganalisa bentuk dasar motif dalam huruf.
  3. Menerapkan motif dalam huruf.
Kriteria:
  1. Kesesuain typeface dengan gaya huruf
  2. Kerapian
  3. Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Tanya JawabPraktek Latihan
2 X 50

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 73.33%
3. Penilaian Portofolio 3.33%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
5. Tes 8.33%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.