Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Media Audio Visual

8620304222

T=4

P=0

ECTS=6.36

5

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang pengembangan media audio visual yang dapat diaplikasikan dalam mengatasi permasalahan pendidikan dan pelatihan. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian dilakukan dengan cara tanya jawab dan tertulis.

Pustaka

Utama :

  1. Cheppy Riyana. 2010. Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia
  2. Hendi Hendratman, S. 2012. The Magic of Adobe Premiere Pro. Bandung: Informatika Bandung
  3. Junarius Andi Purba, S. S. 2013. Shooting yang Benar Jadikan Video Anda Sekelas Karya Videografer Profesional. Yogyakarta: Penerbit Andi
  4. Morissan. 2010. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi . Jakarta: Prenada Media
  5. Sulistiowati, dkk. 2020. Handout Pengembangan Media Audio Visual. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa
  6. Combes, Peter & Tiffin, Jhon. 1978. Television Production for Education . Britain: Thompson Litho. Naratama. 2004. Menjadi Sutradara Acara Televisi . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Panjaitan, Erica L & Iqbal, Dhani. 2006. Matinya Rating Televisi (Ilusi Sebuah Netralitas) . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Subroto, Darwanto Sastro. 1994. Produksi Acara Televisi . Yogyakarta: Duta Wacana UniPress. Wibowo, Fred. 1997. Dasar-dasar Produksi Program Televisi . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan tentang sejarah dan konsep-konsep pertelevisian.

  1. Menjelaskan perkembangan televisi di negara-negara lain.
  2. Menjelaskan perkembangan televisi di Indonesia.
  3. Menjelaskan fungsi televisi sebagai alat.
  4. Menjelaskan fungsi televisi sebagai media masa.
  5. Menjelaskan tentang stasiun televisi.
  6. Menjelaskan tentang acara televisi.
  7. Menjelaskan tentang visualisasi.
  8. Menjelaskan tentang piktuarisasi
Problem-based Learning
4 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan tentang sejarah dan konsep-konsep pertelevisian.

  1. Menjelaskan perkembangan televisi di negara-negara lain.
  2. Menjelaskan perkembangan televisi di Indonesia.
  3. Menjelaskan fungsi televisi sebagai alat.
  4. Menjelaskan fungsi televisi sebagai media masa.
  5. Menjelaskan tentang stasiun televisi.
  6. Menjelaskan tentang acara televisi.
  7. Menjelaskan tentang visualisasi.
  8. Menjelaskan tentang piktuarisasi
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Menerapkan ide ke dalam bentuk naskah dengan menggunakan bahasa visual

  1. Menyusun identifikasi program video.
  2. Menyusun sinopsis atau Garis Besar Isi Program.
  3. Menyusun Treatment .
  4. Menyusun storyboard atau storyline.
  5. Menyusun skenario.
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Menerapkan ide ke dalam bentuk naskah dengan menggunakan bahasa visual

  1. Menyusun identifikasi program video.
  2. Menyusun sinopsis atau Garis Besar Isi Program.
  3. Menyusun Treatment .
  4. Menyusun storyboard atau storyline.
  5. Menyusun skenario.
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Menerapkan ide ke dalam bentuk naskah dengan menggunakan bahasa visual

  1. Menyusun identifikasi program video.
  2. Menyusun sinopsis atau Garis Besar Isi Program.
  3. Menyusun Treatment .
  4. Menyusun storyboard atau storyline.
  5. Menyusun skenario.
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Menggunakan peralatan yang diperlukan untuk pengambilan gambar.

  1. Membedakan kamera dengan film roll dan kamera dengan pita kaset.
  2. Mengoperasikan kamera
  3. Menerapkan berbagai macam sudut pengambilan gambar menggunakan kamera.
  4. Menerapkan berbagai macam ukuran gambar menggunakan kamera.
  5. Menerapkan berbagai macam gerakan kamera.
  6. Menerapkan berbagai macam gerakan objek menggunakan kamera.
  7. Menerapkan berbagai macam teknik lain.
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Menggunakan peralatan yang diperlukan untuk pengambilan gambar.

  1. Membedakan kamera dengan film roll dan kamera dengan pita kaset.
  2. Mengoperasikan kamera
  3. Menerapkan berbagai macam sudut pengambilan gambar menggunakan kamera.
  4. Menerapkan berbagai macam ukuran gambar menggunakan kamera.
  5. Menerapkan berbagai macam gerakan kamera.
  6. Menerapkan berbagai macam gerakan objek menggunakan kamera.
  7. Menerapkan berbagai macam teknik lain.
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Menggunakan peralatan yang diperlukan untuk pengambilan gambar.

  1. Membedakan kamera dengan film roll dan kamera dengan pita kaset.
  2. Mengoperasikan kamera
  3. Menerapkan berbagai macam sudut pengambilan gambar menggunakan kamera.
  4. Menerapkan berbagai macam ukuran gambar menggunakan kamera.
  5. Menerapkan berbagai macam gerakan kamera.
  6. Menerapkan berbagai macam gerakan objek menggunakan kamera.
  7. Menerapkan berbagai macam teknik lain.
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Menggunakan peralatan yang diperlukan untuk pengambilan gambar.

  1. Membedakan kamera dengan film roll dan kamera dengan pita kaset.
  2. Mengoperasikan kamera
  3. Menerapkan berbagai macam sudut pengambilan gambar menggunakan kamera.
  4. Menerapkan berbagai macam ukuran gambar menggunakan kamera.
  5. Menerapkan berbagai macam gerakan kamera.
  6. Menerapkan berbagai macam gerakan objek menggunakan kamera.
  7. Menerapkan berbagai macam teknik lain.
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mengembangkan program video siap pakai melalui tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi.

  1. Menyusun analisis ide cerita.
  2. Memilih naskah yang akan diproduksi.
  3. Menyusun jadwal.
  4. Menyusun perencanaan hunting lokasi shooting.
  5. Menyusun daftar peralatan yang akan digunakan.
  6. Menyusun perencanaan casting permainan
  7. Melakukan penataan setting/studio.
  8. Melakukan penataan suara.
  9. Melakukan penataan cahaya/lighting.
  10. Melakukan penataan kostum/wardrobe.
  11. Melakukan penataan rias.
  12. Melakukan proses editing film/video.
  13. Melakukan review hasil editing.
  14. Melakukan presentasi dan evaluasi film/video
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mengembangkan program video siap pakai melalui tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi.

  1. Menyusun analisis ide cerita.
  2. Memilih naskah yang akan diproduksi.
  3. Menyusun jadwal.
  4. Menyusun perencanaan hunting lokasi shooting.
  5. Menyusun daftar peralatan yang akan digunakan.
  6. Menyusun perencanaan casting permainan
  7. Melakukan penataan setting/studio.
  8. Melakukan penataan suara.
  9. Melakukan penataan cahaya/lighting.
  10. Melakukan penataan kostum/wardrobe.
  11. Melakukan penataan rias.
  12. Melakukan proses editing film/video.
  13. Melakukan review hasil editing.
  14. Melakukan presentasi dan evaluasi film/video
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mengembangkan program video siap pakai melalui tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi.

  1. Menyusun analisis ide cerita.
  2. Memilih naskah yang akan diproduksi.
  3. Menyusun jadwal.
  4. Menyusun perencanaan hunting lokasi shooting.
  5. Menyusun daftar peralatan yang akan digunakan.
  6. Menyusun perencanaan casting permainan
  7. Melakukan penataan setting/studio.
  8. Melakukan penataan suara.
  9. Melakukan penataan cahaya/lighting.
  10. Melakukan penataan kostum/wardrobe.
  11. Melakukan penataan rias.
  12. Melakukan proses editing film/video.
  13. Melakukan review hasil editing.
  14. Melakukan presentasi dan evaluasi film/video
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mengembangkan program video siap pakai melalui tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi.

  1. Menyusun analisis ide cerita.
  2. Memilih naskah yang akan diproduksi.
  3. Menyusun jadwal.
  4. Menyusun perencanaan hunting lokasi shooting.
  5. Menyusun daftar peralatan yang akan digunakan.
  6. Menyusun perencanaan casting permainan
  7. Melakukan penataan setting/studio.
  8. Melakukan penataan suara.
  9. Melakukan penataan cahaya/lighting.
  10. Melakukan penataan kostum/wardrobe.
  11. Melakukan penataan rias.
  12. Melakukan proses editing film/video.
  13. Melakukan review hasil editing.
  14. Melakukan presentasi dan evaluasi film/video
Saintifik, Project Based Learning, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Melakukan proses editing film dengan menggunakan software komputer.

  1. Menjelaskan alur produksi film.
  2. Menjelaskan sistem analog dan digital
  3. Mengoperasikan perangkat editing
  4. Menjelaskan sistem PAL dan NTSC.
  5. Menjelaskan dasar Video dalam PC.
  6. Merekam video ke PC dengan sistem analog.
  7. Merekam video ke PC dengan sistem digital.
  8. Membandingkan berbagai software untuk editing.
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Melakukan proses editing film dengan menggunakan software komputer.

  1. Menjelaskan alur produksi film.
  2. Menjelaskan sistem analog dan digital
  3. Mengoperasikan perangkat editing
  4. Menjelaskan sistem PAL dan NTSC.
  5. Menjelaskan dasar Video dalam PC.
  6. Merekam video ke PC dengan sistem analog.
  7. Merekam video ke PC dengan sistem digital.
  8. Membandingkan berbagai software untuk editing.
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Melakukan proses editing film dengan menggunakan software komputer.

  1. Menjelaskan alur produksi film.
  2. Menjelaskan sistem analog dan digital
  3. Mengoperasikan perangkat editing
  4. Menjelaskan sistem PAL dan NTSC.
  5. Menjelaskan dasar Video dalam PC.
  6. Merekam video ke PC dengan sistem analog.
  7. Merekam video ke PC dengan sistem digital.
  8. Membandingkan berbagai software untuk editing.
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.