|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Media Audio Visual |
8620304222 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
5 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang pengembangan media audio visual yang dapat diaplikasikan dalam mengatasi permasalahan pendidikan dan pelatihan. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian dilakukan dengan cara tanya jawab dan tertulis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Cheppy Riyana. 2010. Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia
- Hendi Hendratman, S. 2012. The Magic of Adobe Premiere Pro. Bandung: Informatika Bandung
- Junarius Andi Purba, S. S. 2013. Shooting yang Benar Jadikan Video Anda Sekelas Karya Videografer Profesional. Yogyakarta: Penerbit Andi
- Morissan. 2010. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi . Jakarta: Prenada Media
- Sulistiowati, dkk. 2020. Handout Pengembangan Media Audio Visual. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa
- Combes, Peter & Tiffin, Jhon. 1978. Television Production for Education . Britain: Thompson Litho. Naratama. 2004. Menjadi Sutradara Acara Televisi . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Panjaitan, Erica L & Iqbal, Dhani. 2006. Matinya Rating Televisi (Ilusi Sebuah Netralitas) . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Subroto, Darwanto Sastro. 1994. Produksi Acara Televisi . Yogyakarta: Duta Wacana UniPress. Wibowo, Fred. 1997. Dasar-dasar Produksi Program Televisi . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan tentang sejarah dan konsep-konsep pertelevisian. |
- Menjelaskan perkembangan televisi di negara-negara lain.
- Menjelaskan perkembangan televisi di Indonesia.
- Menjelaskan fungsi televisi sebagai alat.
- Menjelaskan fungsi televisi sebagai media masa.
- Menjelaskan tentang stasiun televisi.
- Menjelaskan tentang acara televisi.
- Menjelaskan tentang visualisasi.
- Menjelaskan tentang piktuarisasi
|
|
Problem-based Learning 4 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan tentang sejarah dan konsep-konsep pertelevisian. |
- Menjelaskan perkembangan televisi di negara-negara lain.
- Menjelaskan perkembangan televisi di Indonesia.
- Menjelaskan fungsi televisi sebagai alat.
- Menjelaskan fungsi televisi sebagai media masa.
- Menjelaskan tentang stasiun televisi.
- Menjelaskan tentang acara televisi.
- Menjelaskan tentang visualisasi.
- Menjelaskan tentang piktuarisasi
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menerapkan ide ke dalam bentuk naskah dengan menggunakan bahasa visual |
- Menyusun identifikasi program video.
- Menyusun sinopsis atau Garis Besar Isi Program.
- Menyusun Treatment .
- Menyusun storyboard atau storyline.
- Menyusun skenario.
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menerapkan ide ke dalam bentuk naskah dengan menggunakan bahasa visual |
- Menyusun identifikasi program video.
- Menyusun sinopsis atau Garis Besar Isi Program.
- Menyusun Treatment .
- Menyusun storyboard atau storyline.
- Menyusun skenario.
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Menerapkan ide ke dalam bentuk naskah dengan menggunakan bahasa visual |
- Menyusun identifikasi program video.
- Menyusun sinopsis atau Garis Besar Isi Program.
- Menyusun Treatment .
- Menyusun storyboard atau storyline.
- Menyusun skenario.
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menggunakan peralatan yang diperlukan untuk pengambilan gambar. |
- Membedakan kamera dengan film roll dan kamera dengan pita kaset.
- Mengoperasikan kamera
- Menerapkan berbagai macam sudut pengambilan gambar menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam ukuran gambar menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam gerakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam gerakan objek menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam teknik lain.
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menggunakan peralatan yang diperlukan untuk pengambilan gambar. |
- Membedakan kamera dengan film roll dan kamera dengan pita kaset.
- Mengoperasikan kamera
- Menerapkan berbagai macam sudut pengambilan gambar menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam ukuran gambar menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam gerakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam gerakan objek menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam teknik lain.
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Menggunakan peralatan yang diperlukan untuk pengambilan gambar. |
- Membedakan kamera dengan film roll dan kamera dengan pita kaset.
- Mengoperasikan kamera
- Menerapkan berbagai macam sudut pengambilan gambar menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam ukuran gambar menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam gerakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam gerakan objek menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam teknik lain.
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menggunakan peralatan yang diperlukan untuk pengambilan gambar. |
- Membedakan kamera dengan film roll dan kamera dengan pita kaset.
- Mengoperasikan kamera
- Menerapkan berbagai macam sudut pengambilan gambar menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam ukuran gambar menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam gerakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam gerakan objek menggunakan kamera.
- Menerapkan berbagai macam teknik lain.
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mengembangkan program video siap pakai melalui tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. |
- Menyusun analisis ide cerita.
- Memilih naskah yang akan diproduksi.
- Menyusun jadwal.
- Menyusun perencanaan hunting lokasi shooting.
- Menyusun daftar peralatan yang akan digunakan.
- Menyusun perencanaan casting permainan
- Melakukan penataan setting/studio.
- Melakukan penataan suara.
- Melakukan penataan cahaya/lighting.
- Melakukan penataan kostum/wardrobe.
- Melakukan penataan rias.
- Melakukan proses editing film/video.
- Melakukan review hasil editing.
- Melakukan presentasi dan evaluasi film/video
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mengembangkan program video siap pakai melalui tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. |
- Menyusun analisis ide cerita.
- Memilih naskah yang akan diproduksi.
- Menyusun jadwal.
- Menyusun perencanaan hunting lokasi shooting.
- Menyusun daftar peralatan yang akan digunakan.
- Menyusun perencanaan casting permainan
- Melakukan penataan setting/studio.
- Melakukan penataan suara.
- Melakukan penataan cahaya/lighting.
- Melakukan penataan kostum/wardrobe.
- Melakukan penataan rias.
- Melakukan proses editing film/video.
- Melakukan review hasil editing.
- Melakukan presentasi dan evaluasi film/video
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengembangkan program video siap pakai melalui tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. |
- Menyusun analisis ide cerita.
- Memilih naskah yang akan diproduksi.
- Menyusun jadwal.
- Menyusun perencanaan hunting lokasi shooting.
- Menyusun daftar peralatan yang akan digunakan.
- Menyusun perencanaan casting permainan
- Melakukan penataan setting/studio.
- Melakukan penataan suara.
- Melakukan penataan cahaya/lighting.
- Melakukan penataan kostum/wardrobe.
- Melakukan penataan rias.
- Melakukan proses editing film/video.
- Melakukan review hasil editing.
- Melakukan presentasi dan evaluasi film/video
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mengembangkan program video siap pakai melalui tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. |
- Menyusun analisis ide cerita.
- Memilih naskah yang akan diproduksi.
- Menyusun jadwal.
- Menyusun perencanaan hunting lokasi shooting.
- Menyusun daftar peralatan yang akan digunakan.
- Menyusun perencanaan casting permainan
- Melakukan penataan setting/studio.
- Melakukan penataan suara.
- Melakukan penataan cahaya/lighting.
- Melakukan penataan kostum/wardrobe.
- Melakukan penataan rias.
- Melakukan proses editing film/video.
- Melakukan review hasil editing.
- Melakukan presentasi dan evaluasi film/video
|
|
Saintifik, Project Based Learning, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Melakukan proses editing film dengan menggunakan software komputer. |
- Menjelaskan alur produksi film.
- Menjelaskan sistem analog dan digital
- Mengoperasikan perangkat editing
- Menjelaskan sistem PAL dan NTSC.
- Menjelaskan dasar Video dalam PC.
- Merekam video ke PC dengan sistem analog.
- Merekam video ke PC dengan sistem digital.
- Membandingkan berbagai software untuk editing.
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Melakukan proses editing film dengan menggunakan software komputer. |
- Menjelaskan alur produksi film.
- Menjelaskan sistem analog dan digital
- Mengoperasikan perangkat editing
- Menjelaskan sistem PAL dan NTSC.
- Menjelaskan dasar Video dalam PC.
- Merekam video ke PC dengan sistem analog.
- Merekam video ke PC dengan sistem digital.
- Membandingkan berbagai software untuk editing.
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Melakukan proses editing film dengan menggunakan software komputer. |
- Menjelaskan alur produksi film.
- Menjelaskan sistem analog dan digital
- Mengoperasikan perangkat editing
- Menjelaskan sistem PAL dan NTSC.
- Menjelaskan dasar Video dalam PC.
- Merekam video ke PC dengan sistem analog.
- Merekam video ke PC dengan sistem digital.
- Membandingkan berbagai software untuk editing.
|
|
Saintifik, diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |