|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
KAJIAN MANAJEMEN PEMASARAN |
8710302094 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=4.48 |
3 |
10 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.
|
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika |
PLO-9 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
PLO-11 |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya |
PLO-12 |
Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik dan ilmu ekonomika secara mendalam untuk melakukan perancangan, pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
PLO-13 |
Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi. |
PLO-14 |
Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi |
PLO-15 |
Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi. |
PLO-16 |
Mampu merancang, menerapkan, mengembangkan dan mengevaluasi konsep pembelajaran ekonomi dan prinsip-prinsip dalam bidang ilmu Pendidikan Ekonomi secara efektif, efisien, kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir dan tepat guna. |
PLO-17 |
Mampu mengkaji, menerapkan berbagai model, pendekatan dan metode, serta mengkombinasikan perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan karakter materi ajar dan karakter siswa. |
PLO-18 |
Mampu menganalisis permasalahan dan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi berdasarkan hasil analisis informasi dan data, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk publikasi karya tulis ilmiah. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil penelitian bidang manajemen pemasaran berupa artikel ilmiah yang tekah dipublikasikan pada jurnal nasional
|
PO - 2 |
Mampu mengkai dan menelaah hasil-hasil penelitian bidang manajemen pemasaran berupa artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal internasional
|
PO - 3 |
Mampu menyusun proposal penelitian bidang manajemen pemasaran berdasarkan kasjian dan telaah pada hasil hasil penelitian manajemen pemasaran
|
PO - 4 |
Mampu melakukan peneitian bidang manajemen pemasaran
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-9 | PLO-11 | PLO-12 | PLO-13 | PLO-14 | PLO-15 | PLO-16 | PLO-17 | PLO-18 | PO-1 | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian dan telaah terhadap hasil-hasil penelitian bidang manajemen pemasaran. Penelitian Bidang Manajemen pemasaran yang dimaksud
pada bidang pendidikan dasar menengah maupun pendidikan tinggi. Sumber kajian dapat dari artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada
jurnal nasional dan jurnal internasional atau pada prosiding nasional maupun internasional. Berdasarkan Kajian dan telaah tersebut
diharapkan dapat memberikan acuan dan referensi untuk pengembangan penelitian pada bidang manajemen pemasaran. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Andaleeb, S.S. and Hasan, K. 2016 (Ed.) Strategic Marketing Management in Asia, Emerald Group Publishing Limited, Bingley, pp. 527-552. https://doi.org/10.1108/978-1-78635-746-520161020
- 2. Baker, M. (2000) Marketing Management and Strategy, 3rd edition, Macmillan Business
- 3. Kotler, Philip. (2000). Marketing management. Upper Saddle River, N.J. :Prentice Hall,
|
Pendukung : |
|
- 1. Harti. 2021. Peningkatan Kompetensi Bisnis Online bagi Guru MGMP Bisnis Daring dan Pemasaran Kota Surabaya (PKM FEB Unesa Dana PNBP 2021)
- 2. Jurnal-jurnal bidang manajemen pemasaran
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM. Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. Dr. Raya Sulistyowati, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran |
Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding |
Kriteria:
non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 1. Andaleeb, S.S. and Hasan, K. 2016 (Ed.) Strategic Marketing Management in Asia, Emerald Group Publishing Limited, Bingley, pp. 527-552. https://doi.org/...... |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran |
Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding |
Kriteria:
non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 2. Baker, M. (2000) Marketing Management and Strategy, 3rd edition, Macmillan Business |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran |
Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding |
Kriteria:
non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 3. Kotler, Philip. (2000). Marketing management. Upper Saddle River, N.J. :Prentice Hall, |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran |
Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding |
Kriteria:
non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 1. Harti. 2021. Peningkatan Kompetensi Bisnis Online bagi Guru MGMP Bisnis Daring dan Pemasaran Kota Surabaya (PKM FEB Unesa Dana PNBP 2021) |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran |
Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding |
Kriteria:
non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 2. Jurnal-jurnal bidang manajemen pemasaran |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran |
Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding |
Kriteria:
non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Ceramah,
presentasi,
diskusi 2x50 |
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 1. Andaleeb, S.S. and Hasan, K. 2016 (Ed.) Strategic Marketing Management in Asia, Emerald Group Publishing Limited, Bingley, pp. 527-552. https://doi.org/... |
3% |
7
Minggu ke 7 |
- Menyusun Proposal Penelitian bidang manajemen pemasaran
- Ceramah, presentasi, diskusi, penugasan
|
Mampu menyusun proposal penelitian bidang manajemen pemasaran |
Kriteria:
non test: Menyusun Proposal Penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,
presentasi,
diskusi,
penugasan 2x50 |
Ceramah,
presentasi,
diskusi,
penugasan 2x50 |
Materi: Menyusun Proposal Penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 2. Baker, M. (2000) Marketing Management and Strategy, 3rd edition, Macmillan Business |
7% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2X50 |
UTS 2X50 |
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran |
Mampu melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran |
Kriteria:
non test:melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan/Proy
ek 2x50 |
Penugasan/Proy
ek 2x50 |
Materi: melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 3. Kotler, Philip. (2000). Marketing management. Upper Saddle River, N.J. :Prentice Hall, |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran |
Mampu melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran |
Kriteria:
non test:melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan/Proy
ek 2x50 |
Penugasan/Proy
ek 2x50 |
Materi: melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 2. Jurnal-jurnal bidang manajemen pemasaran |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran |
Mampu melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran |
Kriteria:
non test:melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan/Proy
ek 2x50 |
Penugasan/Proy
ek 2x50 |
Materi: melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 2. Baker, M. (2000) Marketing Management and Strategy, 3rd edition, Macmillan Business |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran |
Mampu melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran |
Kriteria:
non test:melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan/Proy
ek 2x50 |
Penugasan/Proy
ek 2x50 |
Materi: melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran Pustaka: 1. Harti. 2021. Peningkatan Kompetensi Bisnis Online bagi Guru MGMP Bisnis Daring dan Pemasaran Kota Surabaya (PKM FEB Unesa Dana PNBP 2021) |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran |
Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran |
Kriteria:
non test: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek 2x50 |
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek 2x50 |
Materi: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran Pustaka: 3. Kotler, Philip. (2000). Marketing management. Upper Saddle River, N.J. :Prentice Hall, |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran |
Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran |
Kriteria:
non test: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek 2x50 |
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek 2x50 |
Materi: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran Pustaka: 1. Andaleeb, S.S. and Hasan, K. 2016 (Ed.) Strategic Marketing Management in Asia, Emerald Group Publishing Limited, Bingley, pp. 527-552. https://doi.org/... |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran |
Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran |
Kriteria:
non test: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek 2x50 |
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek 2x50 |
Materi: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran Pustaka: 2. Jurnal-jurnal bidang manajemen pemasaran |
7% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2x50 |
UAS 2x50 |
Materi: - Pustaka: |
30% |