Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KAJIAN MANAJEMEN PEMASARAN

8710302094

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=4.48

3

10 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.




Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

PLO-9

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

PLO-11

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

PLO-12

Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik dan ilmu ekonomika secara mendalam untuk melakukan perancangan, pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

PLO-13

Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi.

PLO-14

Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi

PLO-15

Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi.

PLO-16

Mampu merancang, menerapkan, mengembangkan dan mengevaluasi konsep pembelajaran ekonomi dan prinsip-prinsip dalam bidang ilmu Pendidikan Ekonomi secara efektif, efisien, kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir dan tepat guna.

PLO-17

Mampu mengkaji, menerapkan berbagai model, pendekatan dan metode, serta mengkombinasikan perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan karakter materi ajar dan karakter siswa.

PLO-18

Mampu menganalisis permasalahan dan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi berdasarkan hasil analisis informasi dan data, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk publikasi karya tulis ilmiah.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil penelitian bidang manajemen pemasaran berupa artikel ilmiah yang tekah dipublikasikan pada jurnal nasional

PO - 2

Mampu mengkai dan menelaah hasil-hasil penelitian bidang manajemen pemasaran berupa artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal internasional

PO - 3

Mampu menyusun proposal penelitian bidang manajemen pemasaran berdasarkan kasjian dan telaah pada hasil hasil penelitian manajemen pemasaran

PO - 4

Mampu melakukan peneitian bidang manajemen pemasaran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-9PLO-11PLO-12PLO-13PLO-14PLO-15PLO-16PLO-17PLO-18
PO-1          
PO-2          
PO-3          
PO-4          

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian dan telaah terhadap hasil-hasil penelitian bidang manajemen pemasaran. Penelitian Bidang Manajemen pemasaran yang dimaksud pada bidang pendidikan dasar menengah maupun pendidikan tinggi. Sumber kajian dapat dari artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional dan jurnal internasional atau pada prosiding nasional maupun internasional. Berdasarkan Kajian dan telaah tersebut diharapkan dapat memberikan acuan dan referensi untuk pengembangan penelitian pada bidang manajemen pemasaran.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Andaleeb, S.S. and Hasan, K. 2016 (Ed.) Strategic Marketing Management in Asia, Emerald Group Publishing Limited, Bingley, pp. 527-552. https://doi.org/10.1108/978-1-78635-746-520161020
  2. 2. Baker, M. (2000) Marketing Management and Strategy, 3rd edition, Macmillan Business
  3. 3. Kotler, Philip. (2000). Marketing management. Upper Saddle River, N.J. :Prentice Hall,

Pendukung :

  1. 1. Harti. 2021. Peningkatan Kompetensi Bisnis Online bagi Guru MGMP Bisnis Daring dan Pemasaran Kota Surabaya (PKM FEB Unesa Dana PNBP 2021)
  2. 2. Jurnal-jurnal bidang manajemen pemasaran

Dosen Pengampu

Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM.

Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Dr. Raya Sulistyowati, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran

Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding

Kriteria:

non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 1. Andaleeb, S.S. and Hasan, K. 2016 (Ed.) Strategic Marketing Management in Asia, Emerald Group Publishing Limited, Bingley, pp. 527-552. https://doi.org/......
3%

2

Minggu ke 2

Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran

Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding

Kriteria:

non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 2. Baker, M. (2000) Marketing Management and Strategy, 3rd edition, Macmillan Business
3%

3

Minggu ke 3

Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran

Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding

Kriteria:

non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 3. Kotler, Philip. (2000). Marketing management. Upper Saddle River, N.J. :Prentice Hall,
3%

4

Minggu ke 4

Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran

Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding

Kriteria:

non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 1. Harti. 2021. Peningkatan Kompetensi Bisnis Online bagi Guru MGMP Bisnis Daring dan Pemasaran Kota Surabaya (PKM FEB Unesa Dana PNBP 2021)
3%

5

Minggu ke 5

Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran

Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding

Kriteria:

non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 2. Jurnal-jurnal bidang manajemen pemasaran
3%

6

Minggu ke 6

Mampu mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran

Mampu mengkaji dan menelaah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional/prosiding

Kriteria:

non test: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Ceramah,
presentasi,
diskusi
2x50
Materi: mengkaji dan menelaah hasil hasil Penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 1. Andaleeb, S.S. and Hasan, K. 2016 (Ed.) Strategic Marketing Management in Asia, Emerald Group Publishing Limited, Bingley, pp. 527-552. https://doi.org/...
3%

7

Minggu ke 7

  1. Menyusun Proposal Penelitian bidang manajemen pemasaran
  2. Ceramah, presentasi, diskusi, penugasan

Mampu menyusun proposal penelitian bidang manajemen pemasaran

Kriteria:

non test: Menyusun Proposal Penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah,
presentasi,
diskusi,
penugasan
2x50
Ceramah,
presentasi,
diskusi,
penugasan
2x50
Materi: Menyusun Proposal Penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 2. Baker, M. (2000) Marketing Management and Strategy, 3rd edition, Macmillan Business
7%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2X50
UTS
2X50
Materi: -
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran

Mampu melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran

Kriteria:

non test:melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan/Proy
ek
2x50
Penugasan/Proy
ek
2x50
Materi: melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 3. Kotler, Philip. (2000). Marketing management. Upper Saddle River, N.J. :Prentice Hall,
3%

10

Minggu ke 10

Melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran

Mampu melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran

Kriteria:

non test:melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan/Proy
ek
2x50
Penugasan/Proy
ek
2x50
Materi: melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 2. Jurnal-jurnal bidang manajemen pemasaran
3%

11

Minggu ke 11

Melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran

Mampu melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran

Kriteria:

non test:melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan/Proy
ek
2x50
Penugasan/Proy
ek
2x50
Materi: melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 2. Baker, M. (2000) Marketing Management and Strategy, 3rd edition, Macmillan Business
3%

12

Minggu ke 12

Melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran

Mampu melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran

Kriteria:

non test:melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan/Proy
ek
2x50
Penugasan/Proy
ek
2x50
Materi: melakukan penelitian bidang manajemen pemasaran
Pustaka: 1. Harti. 2021. Peningkatan Kompetensi Bisnis Online bagi Guru MGMP Bisnis Daring dan Pemasaran Kota Surabaya (PKM FEB Unesa Dana PNBP 2021)
3%

13

Minggu ke 13

Mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran

Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran

Kriteria:

non test: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek
2x50
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek
2x50
Materi: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran
Pustaka: 3. Kotler, Philip. (2000). Marketing management. Upper Saddle River, N.J. :Prentice Hall,
3%

14

Minggu ke 14

Mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran

Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran

Kriteria:

non test: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek
2x50
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek
2x50
Materi: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran
Pustaka: 1. Andaleeb, S.S. and Hasan, K. 2016 (Ed.) Strategic Marketing Management in Asia, Emerald Group Publishing Limited, Bingley, pp. 527-552. https://doi.org/...
3%

15

Minggu ke 15

Mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran

Mampu mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran

Kriteria:

non test: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek
2x50
Ceramah,
presenasi,
diskusi dan
penugasan/pro
yek
2x50
Materi: mempresentasikan laporan hasil penelitian manajemen pemasaran
Pustaka: 2. Jurnal-jurnal bidang manajemen pemasaran
7%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2x50
UAS
2x50
Materi: -
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 19%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7%
3. Praktik / Unjuk Kerja 24%
4. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.