Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan model latihan Fisik cabang Olahraga

8520602064

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=1

ECTS=1.59

5

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-7

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program latihan fisik sesuai cabang olahraga, latihan kebugaran, dan latihan fisik bagi disabilitas

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menyusun model latihan fisik yang sesuai untuk cabang olahraga tertentu.

PO - 2

Menganalisis kebutuhan fisik atlet berdasarkan cabang olahraga yang diikuti.

PO - 3

Menerapkan teknik dasar latihan fisik untuk meningkatkan kemampuan fisik atlet.

PO - 4

Merancang program latihan yang komprehensif dengan mempertimbangkan faktor-faktor fisiologis dan psikologis atlet.

PO - 5

Menggunakan pendekatan periodisasi latihan dalam pengembangan model latihan fisik.

PO - 6

Menilai efektivitas program latihan yang telah dirancang melalui evaluasi dan tes fisik.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-7
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Umum: Mata kuliah Pengembangan Model Latihan Fisik Cabang Olahraga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip dan teknik dasar yang digunakan dalam mengembangkan model latihan fisik yang efektif untuk berbagai cabang olahraga. Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek yang mempengaruhi performa fisik atlet, seperti kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan, dan fleksibilitas. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat merancang program latihan fisik yang sesuai dengan kebutuhan spesifik cabang olahraga tertentu serta memahami bagaimana mengadaptasi model latihan berdasarkan karakteristik dan tujuan olahraga yang dipilih

Pustaka

Utama :

  1. Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
  2. Haff, G. G., & Triplett, N. T. (2016). Essentials of Strength Training and Conditioning (4th ed.). Human Kinetics.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 1: Pengantar dan Dasar-Dasar Pengembangan Model Latihan Fisik
Materi:
Definisi dan tujuan dari pengembangan model latihan fisik.
Prinsip dasar dalam perencanaan latihan fisik untuk atlet.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 2: Karakteristik Fisik dan Kebutuhan Latihan Berdasarkan Cabang Olahraga
Materi:
Perbedaan kebutuhan fisik atlet dari berbagai cabang olahraga (misalnya: kekuatan untuk angkat besi, daya tahan untuk maraton, kelincahan untuk futsal).
Analisis jenis-jenis latihan yang sesuai untuk cabang olahraga tertentu.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Haff, G. G., & Triplett, N. T. (2016). Essentials of Strength Training and Conditioning (4th ed.). Human Kinetics.
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 3: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Performa Fisik Atlet
Materi:
Faktor fisiologis (misalnya: VO2 max, kekuatan otot, fleksibilitas).
Faktor psikologis dalam pengembangan performa fisik atlet.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Haff, G. G., & Triplett, N. T. (2016). Essentials of Strength Training and Conditioning (4th ed.). Human Kinetics.
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 4: Teknik Dasar Latihan Kekuatan dan Latihan Fungsional
Materi:
Teknik dasar dalam latihan kekuatan dan latihan fungsional untuk cabang olahraga.
Penerapan latihan kekuatan untuk meningkatkan daya tahan otot.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 5: Teknik Dasar Latihan Daya Tahan dan Latihan Aerobik
Materi:
Prinsip dan teknik latihan untuk meningkatkan daya tahan aerobik.
Latihan berkelanjutan untuk cabang olahraga seperti sepak bola, basket, dan lari jarak jauh.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 6: Latihan Kecepatan dan Kelincahan
Materi:
Latihan yang meningkatkan kecepatan reaksi dan kelincahan dalam olahraga.
Teknik dasar sprinting dan latihan agility.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Haff, G. G., & Triplett, N. T. (2016). Essentials of Strength Training and Conditioning (4th ed.). Human Kinetics.
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 7: Latihan Fleksibilitas dan Mobilitas
Materi:
Teknik dan tujuan latihan fleksibilitas serta mobilitas untuk pencegahan cidera.
Pengaruh latihan fleksibilitas terhadap performa atlet dalam cabang olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Haff, G. G., & Triplett, N. T. (2016). Essentials of Strength Training and Conditioning (4th ed.). Human Kinetics.
6%

8

Minggu ke 8

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
Materi:
Ujian tertulis yang mencakup materi teori tentang pengembangan model latihan fisik, karakteristik fisik atlet, dan jenis latihan untuk cabang olahraga tertentu.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 9: Periodisasi Latihan dalam Pengembangan Model Latihan Fisik
Materi:
Pengertian dan prinsip periodisasi dalam latihan fisik.
Mengembangkan program latihan berdasarkan siklus latihan: makro, meso, dan mikro.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Haff, G. G., & Triplett, N. T. (2016). Essentials of Strength Training and Conditioning (4th ed.). Human Kinetics.
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 10: Latihan Khusus untuk Cidera dan Pemulihan
Materi:
Prinsip latihan fisik untuk atlet yang sedang dalam pemulihan cidera.
Adaptasi latihan fisik untuk mencegah cidera pada cabang olahraga tertentu.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 11: Integrasi Latihan Kekuatan dan Daya Tahan dalam Program Latihan
Materi:
Menyusun latihan yang mengintegrasikan kekuatan dan daya tahan untuk cabang olahraga tertentu.
Program latihan gabungan untuk peningkatan kekuatan dan daya tahan fisik.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 12: Pengukuran dan Evaluasi Efektivitas Latihan
Materi:
Teknik pengukuran kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelincahan.
Evaluasi efektivitas latihan fisik berdasarkan tes dan hasil performa.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Deskripsi Mata Kuliah: Pengembangan Model Latihan Fisik Cabang Olahraga
Deskripsi Umum: Mata kuliah Pengembangan Model Latihan Fisik Cabang Olahraga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip dan teknik dasar yang digunakan dalam mengembangkan model latihan fisik yang efektif untuk berbagai cabang olahraga. Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek yang mempengaruhi performa fisik atlet, seperti kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan, dan fleksibilitas. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat merancang program latihan fisik yang sesuai dengan kebutuhan spesifik cabang olahraga tertentu serta memahami bagaimana mengadaptasi model latihan berdasarkan karakteristik dan tujuan olahraga yang dipilih.

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes):
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

Menyusun model latihan fisik yang sesuai untuk cabang olahraga tertentu.
Menganalisis kebutuhan fisik atlet berdasarkan cabang olahraga yang diikuti.
Menerapkan teknik dasar latihan fisik untuk meningkatkan kemampuan fisik atlet.
Merancang program latihan yang komprehensif dengan mempertimbangkan faktor-faktor fisiologis dan psikologis atlet.
Menggunakan pendekatan periodisasi latihan dalam pengembangan model latihan fisik.
Menilai efektivitas program latihan yang telah dirancang melalui evaluasi dan tes fisik.
Proses Perkuliahan dan Materi:
Mata kuliah ini terdiri dari 16 pertemuan yang melibatkan teori, diskusi, dan penerapan praktis dalam merancang model latihan fisik untuk cabang olahraga. Setiap pertemuan dirancang untuk memberikan mahasiswa pemahaman mendalam yang dapat diaplikasikan dalam praktik olahraga.

Pertemuan 1: Pengantar dan Dasar-Dasar Pengembangan Model Latihan Fisik
Materi:
Definisi dan tujuan dari pengembangan model latihan fisik.
Prinsip dasar dalam perencanaan latihan fisik untuk atlet.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa memahami dasar teori pengembangan model latihan fisik untuk cabang olahraga.
Pertemuan 2: Karakteristik Fisik dan Kebutuhan Latihan Berdasarkan Cabang Olahraga
Materi:
Perbedaan kebutuhan fisik atlet dari berbagai cabang olahraga (misalnya: kekuatan untuk angkat besi, daya tahan untuk maraton, kelincahan untuk futsal).
Analisis jenis-jenis latihan yang sesuai untuk cabang olahraga tertentu.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat menganalisis dan mengidentifikasi kebutuhan fisik spesifik dalam berbagai cabang olahraga.
Pertemuan 3: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Performa Fisik Atlet
Materi:
Faktor fisiologis (misalnya: VO2 max, kekuatan otot, fleksibilitas).
Faktor psikologis dalam pengembangan performa fisik atlet.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa memahami faktor-faktor yang mempengaruhi performa fisik atlet dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi model latihan fisik.
Pertemuan 4: Teknik Dasar Latihan Kekuatan dan Latihan Fungsional
Materi:
Teknik dasar dalam latihan kekuatan dan latihan fungsional untuk cabang olahraga.
Penerapan latihan kekuatan untuk meningkatkan daya tahan otot.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat merancang latihan kekuatan yang tepat untuk atlet di cabang olahraga tertentu.
Pertemuan 5: Teknik Dasar Latihan Daya Tahan dan Latihan Aerobik
Materi:
Prinsip dan teknik latihan untuk meningkatkan daya tahan aerobik.
Latihan berkelanjutan untuk cabang olahraga seperti sepak bola, basket, dan lari jarak jauh.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat merancang latihan daya tahan yang efektif sesuai dengan cabang olahraga.
Pertemuan 6: Latihan Kecepatan dan Kelincahan
Materi:
Latihan yang meningkatkan kecepatan reaksi dan kelincahan dalam olahraga.
Teknik dasar sprinting dan latihan agility.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat merancang program latihan kecepatan dan kelincahan untuk cabang olahraga yang memerlukan gerakan cepat dan dinamis.
Pertemuan 7: Latihan Fleksibilitas dan Mobilitas
Materi:
Teknik dan tujuan latihan fleksibilitas serta mobilitas untuk pencegahan cidera.
Pengaruh latihan fleksibilitas terhadap performa atlet dalam cabang olahraga.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat merancang program latihan fleksibilitas yang sesuai dengan cabang olahraga yang dipilih.
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
Materi:
Ujian tertulis yang mencakup materi teori tentang pengembangan model latihan fisik, karakteristik fisik atlet, dan jenis latihan untuk cabang olahraga tertentu.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari pada ujian teori dan diskusi kasus.
Pertemuan 9: Periodisasi Latihan dalam Pengembangan Model Latihan Fisik
Materi:
Pengertian dan prinsip periodisasi dalam latihan fisik.
Mengembangkan program latihan berdasarkan siklus latihan: makro, meso, dan mikro.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat merancang model latihan fisik dengan pendekatan periodisasi.
Pertemuan 10: Latihan Khusus untuk Cidera dan Pemulihan
Materi:
Prinsip latihan fisik untuk atlet yang sedang dalam pemulihan cidera.
Adaptasi latihan fisik untuk mencegah cidera pada cabang olahraga tertentu.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat merancang latihan yang aman dan efektif untuk atlet yang sedang dalam proses pemulihan cidera.
Pertemuan 11: Integrasi Latihan Kekuatan dan Daya Tahan dalam Program Latihan
Materi:
Menyusun latihan yang mengintegrasikan kekuatan dan daya tahan untuk cabang olahraga tertentu.
Program latihan gabungan untuk peningkatan kekuatan dan daya tahan fisik.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat mengintegrasikan latihan kekuatan dan daya tahan dalam satu program latihan.
Pertemuan 12: Pengukuran dan Evaluasi Efektivitas Latihan
Materi:
Teknik pengukuran kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelincahan.
Evaluasi efektivitas latihan fisik berdasarkan tes dan hasil performa.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat mengevaluasi hasil dari program latihan fisik dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.
Pertemuan 13: Adaptasi Program Latihan untuk Atlet di Berbagai Tahap Karir
Materi:
Menyusun model latihan fisik untuk atlet pemula, usia muda, atlet profesional, dan atlet veteran.
Mengadaptasi latihan fisik sesuai dengan fase perkembangan fisik atlet.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 14: Analisis Kasus Model Latihan Fisik dalam Cabang Olahraga
Materi:
Studi kasus pengembangan model latihan fisik pada cabang olahraga tertentu.
Diskusi tentang pendekatan yang paling efektif berdasarkan kebutuhan atlet.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Haff, G. G., & Triplett, N. T. (2016). Essentials of Strength Training and Conditioning (4th ed.). Human Kinetics.
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 15: Persiapan untuk Ujian Akhir Semester (UAS)
Materi:
Review seluruh materi yang telah dipelajari dalam mata kuliah ini.
Diskusi akhir dan konsultasi tentang penugasan akhir.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Haff, G. G., & Triplett, N. T. (2016). Essentials of Strength Training and Conditioning (4th ed.). Human Kinetics.
6%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian

Kriteria:

memenuhi kriteria penilaian rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)
Materi:
Ujian tertulis dan praktikum yang menguji kemampuan mahasiswa dalam merancang model latihan fisik untuk cabang olahraga.
1 x 50

10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 84%
2. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.