Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pers dan Media Masa

7920102194

T=2

P=0

ECTS=3.18

8

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Andik Yuliyanto, M.Si.; Dr. Phil. M. Rokib, M.A.




Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengetahui konsep-konsep jurnalistik dan penerapannya secara bertanggung jawab

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-9
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa memahami pengertian jurnalistik, jenis-jenis berita, bagaimana memperoleh berita, kemudian menuliskannya dalam wujud berita. Konsep-konsep jurnalistik, terutama yang terdapat dalam kode etik jurnalistik diajarkan juga di dalam mata kuliah ini. Jurnalistik juga diajari bagaimana mengedit bahasa sebuah berita.

Pustaka

Utama :

  1. Budyanta, Muhamamad. 2007. Jurnalistik Teori dan Paktik. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
  2. Rahardi, Kunjana. R. 2007.Bahasa Jurnalistik Tutur. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusantara.
  3. Sarwoko, Tri Adi. 2007. Inilah Bahasa Indonesia Jurmalistik. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
  4. Siregar, Ashadi. 2007. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius anggota IKKPI.
  5. Syamsul Asep M.romli. 2005. Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. Bandung : PT Remaja Rodakarya.

Pendukung :

  1. Beberapa media massa cetak maupun online

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

memahami pengertian jurnalistik dan pers;

mampu menjelaskan pengertian jurnalistik; mampu menjelaskan pengertian pers; mampu menjelaskan sejarah singkat sejarah jurnalistik.

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kontruktivistik
2 X 50

Materi: pengertian jurnalistik dan pers
Pustaka: Budyanta, Muhamamad. 2007. Jurnalistik Teori dan Paktik. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
5%

2

Minggu ke 2

memahami realitas, peristiwa, dan fakta

mampu mengidentifikasi unsur-unsur 5W dan 1H; mampu menjelaskan kaitan antar unsure 5W dan 1H dalam sebuah berita; mampu menjelaskan pengertian berita:

Kriteria:
  1. 3: Tuas secara umum sesuai
  2. 2: Tugas secara umum kurang sesuai
  3. 1: Tugas tidak sesuai

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
penugasan
2 X 50

Materi: realitas, peristiwa, dan fakta
Pustaka: Syamsul Asep M.romli. 2005. Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. Bandung : PT Remaja Rodakarya.
5%

3

Minggu ke 3

memahami berita

mampu menjelaskan pengertian jberita mampu mengidentifikasi unsur berita

Kriteria:
  1. 3: Tuas secara umum sesuai
  2. 2: Tugas secara umum kurang sesuai
  3. 0: Tugas tidak sesuai

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: berita
Pustaka: Siregar, Ashadi. 2007. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius anggota IKKPI.
10%

4

Minggu ke 4

memahami pengertian jurnalistik dan pers;

mampu menjelaskan pengertian jurnalistik; mampu menjelaskan pengertian pers; mampu menjelaskan sejarah singkat sejarah jurnalistik.

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kontruktivistik
2 X 50

Materi: pengertian jurnalistik dan pers
Pustaka: Budyanta, Muhamamad. 2007. Jurnalistik Teori dan Paktik. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
5%

5

Minggu ke 5

memahami pengertian jurnalistik dan pers;

mampu menjelaskan pengertian jurnalistik; mampu menjelaskan pengertian pers; mampu menjelaskan sejarah singkat sejarah jurnalistik.

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kontruktivistik
2 X 50

Materi: pengertian jurnalistik dan pers
Pustaka: Budyanta, Muhamamad. 2007. Jurnalistik Teori dan Paktik. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
5%

6

Minggu ke 6

memahami pengertian jurnalistik dan pers;

mampu menjelaskan pengertian jurnalistik; mampu menjelaskan pengertian pers; mampu menjelaskan sejarah singkat sejarah jurnalistik.

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Kontruktivistik
2 X 50

Materi: pengertian jurnalistik dan pers
Pustaka: Syamsul Asep M.romli. 2005. Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. Bandung : PT Remaja Rodakarya.
5%

7

Minggu ke 7

memahami pengertian jurnalistik dan pers;

mampu menjelaskan pengertian jurnalistik; mampu menjelaskan pengertian pers; mampu menjelaskan sejarah singkat sejarah jurnalistik.

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kontruktivistik
2 X 50
Kontruktivistik
Materi: sejarah singkat sejarah jurnalistik
Pustaka: Budyanta, Muhamamad. 2007. Jurnalistik Teori dan Paktik. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

Tes Tulis

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 10
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
2 X 50
UTS
Materi: UTS
Pustaka: Beberapa media massa cetak maupun online
10%

9

Minggu ke 9

memahami pengertian jurnalistik dan pers;

mampu menjelaskan pengertian jurnalistik; mampu menjelaskan pengertian pers; mampu menjelaskan sejarah singkat sejarah jurnalistik.

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kontruktivistik
2 X 50
Kontruktivistik
Materi: Sejarah jusnalistik
Pustaka: Budyanta, Muhamamad. 2007. Jurnalistik Teori dan Paktik. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
5%

10

Minggu ke 10

menulis berita investigasi

mampu menulis berita investigasi

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Menulis berita investigasi
Pustaka: Siregar, Ashadi. 2007. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius anggota IKKPI.
10%

11

Minggu ke 11

menulis berita perjalanan

mampu menulis berita perjalanan

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: menulis berita perjalanan
Pustaka: Siregar, Ashadi. 2007. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius anggota IKKPI.
10%

12

Minggu ke 12

menulis berita internasional

mampu menulis berita internasional

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: menulis berita internasional
Pustaka: Siregar, Ashadi. 2007. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius anggota IKKPI.
10%

13

Minggu ke 13

menulis feature

mampu menulis feature

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: menulis feature
Pustaka: Siregar, Ashadi. 2007. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius anggota IKKPI.
0%

14

Minggu ke 14

menulis artikel opini

mampu menulis artikel opini

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: menulis artikel opini
Pustaka: Siregar, Ashadi. 2007. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius anggota IKKPI.
10%

15

Minggu ke 15

menyunting berita

mampu menjelaskan pengertian jurnalistik; mampu menjelaskan pengertian pers; mampu menjelaskan sejarah singkat sejarah jurnalistik.

Kriteria:
  1. Jika jawaban benar 25
  2. Jika jawaban salah 0

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: menyunting berita
Pustaka: Siregar, Ashadi. 2007. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius anggota IKKPI.
5%

16

Minggu ke 16

UAS mahasiswa mampu membuat majalah

mampu membentuk redaksi mampu mampu meliput mampu mengeditmampu menerbitkan majalah

Kriteria:
  1. Proses60
  2. membentuk tim redaksi majalah 10
  3. melakukan rapat redaksi 10
  4. merancang konsep majalah 10
  5. melakukan proses kerja penerbitan majalah (meliput, menulis, menyunting) 30
  6. Hasil 40
  7. Tulisan/karya (isi, bahasa, teknis)* 40
  8. Desain 10
  9. layout 10
  10. Nilai Total 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
PjBL
Materi: mendesain majalah
Pustaka: Beberapa media massa cetak maupun online
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 27.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 65%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Tes 2.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.