|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fisiologi Olahraga |
8900102011 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
6 Mei 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Nining Widyah Kusnanik, S.Pd., M.Appl.Sc.
|
Prof. Dr. Nining Widyah Kusnanik, S.Pd., M.Appl.Sc.
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis fenomena fisiologi yang terjadi selama latihan dan kompetisi olahraga menggunakan pendekatan logis, kritis, dan sistematis.
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan fisiologi olahraga secara kreatif serta memberikan solusi berbasis data dan bukti ilmiah.
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat menunjukkan kemampuan untuk terus mengembangkan diri dalam kajian fisiologi olahraga, baik melalui penelitian maupun kolaborasi dengan pihak lain yang relevan (seperti praktisi olahraga, ilmuwan, dan profesional kesehatan).
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu berkolaborasi secara efektif dalam tim multidisiplin untuk menghasilkan inovasi yang relevan di bidang fisiologi olahraga.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengembangkan teori atau konsep baru di bidang fisiologi olahraga dengan dasar pemikiran yang kritis, sistematis, dan kreatif, serta melakukan penelitian yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan ilmu keolahragaan.
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi yang tepat, yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora, serta mampu menyajikan hasil penelitian secara efektif dalam bentuk publikasi ilmiah.
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis performa olahraga secara mendalam dengan menggunakan prinsip-prinsip fisiologi olahraga, serta dapat mengaplikasikan analisis tersebut untuk meningkatkan performa atlet.
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat merancang dan mengevaluasi program latihan yang berdasarkan analisis fisiologis yang akurat, untuk mencapai peningkatan performa olahraga yang optimal.
|
PO - 9 |
Mahasiswa mampu menguasai dan memahami filosofi dasar, teori, dan konsep-konsep terbaru dalam bidang fisiologi olahraga dan ilmu keolahragaan secara keseluruhan.
|
PO - 10 |
Mahasiswa dapat mengintegrasikan pengetahuan tersebut dalam rangka melakukan penelitian atau pengembangan ilmu keolahragaan yang relevan dan inovatif, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan terkini.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 | PO-7 | PO-8 | PO-9 | PO-10 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Fisiologi Olahraga pada program studi S-3 Ilmu Keolahragaan membahas secara mendalam tentang berbagai aspek fisiologis yang terlibat dalam aktivitas olahraga dan latihan fisik. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai respon tubuh manusia terhadap latihan fisik, adaptasi fisiologis, serta mekanisme yang mendasari peningkatan performa atletik.
Materi yang dipelajari mencakup analisis proses-proses fisiologis utama yang terjadi pada sistem otot, kardiovaskular, respirasi, serta sistem saraf selama latihan dan kompetisi. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari pengaruh berbagai faktor eksternal (seperti lingkungan dan nutrisi) terhadap performa olahraga serta upaya untuk mencegah dan mengatasi gangguan fisiologis yang terjadi pada tubuh atlet.
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi berbagai aspek fisiologi dalam konteks olahraga, serta menerapkan pengetahuan tersebut untuk merancang program latihan yang optimal, mengelola rehabilitasi cedera, dan meningkatkan performa olahraga dengan pendekatan berbasis ilmiah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kusnanik, Nining W ., dkk. 2011. Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Surabaya: UNESA University Press
- Mc.Ardle, William D. 2010. Exercise physiology: nutrition, energy, and human performance 7th ed. Wolter Kluwer. Lippincot Williams & Wilkins
- Foss, Merle L. 1998. Fox’s Physiological Basis for Exercise and Sport. WCB/ McGraw-Hill
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. drg. Soetanto Hartono, M.Sc. EDY MINTARTO Prof. Dr. Nining Widyah Kusnanik, S.Pd., M.Appl.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Menganalisis respon fisiologis tubuh terhadap latihan olahraga menggunakan teori dasar fisiologi dan mekanisme tubuh.
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi adaptasi fisiologis tubuh terhadap berbagai jenis latihan fisik (aerobik, anaerobik, ketahanan, kekuatan, dll).
- Menyusun argumen berbasis data ilmiah untuk menjelaskan hubungan antara beban latihan dan perubahan fisiologis pada tubuh atlet.
- Merancang eksperimen untuk menguji hipotesis terkait perubahan fisiologis dalam konteks olahraga.
|
Mahasiswa mampu menerapkan konsep fisiologi dalam menganalisis masalah-masalah olahraga secara ilmiah. |
Kriteria:
- A (90-100): Kehadiran 100% dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas, menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap materi.
- B (75-89): Kehadiran >80% dan partisipasi cukup baik, kadang aktif dalam diskusi kelas.
- C (60-74): Kehadiran 70% dan partisipasi minimal, jarang terlibat dalam diskusi kelas.
- D (<60): Kehadiran kurang dari 70% dan minim partisipasi dalam kelas.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan kuis
|
|
Materi: dasar fisiologi Pustaka: Kusnanik, Nining W ., dkk. 2011. Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Surabaya: UNESA University Press |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Menganalisis respon fisiologis tubuh terhadap latihan olahraga menggunakan teori dasar fisiologi dan mekanisme tubuh.
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi adaptasi fisiologis tubuh terhadap berbagai jenis latihan fisik (aerobik, anaerobik, ketahanan, kekuatan, dll).
- Menyusun argumen berbasis data ilmiah untuk menjelaskan hubungan antara beban latihan dan perubahan fisiologis pada tubuh atlet.
- Merancang eksperimen untuk menguji hipotesis terkait perubahan fisiologis dalam konteks olahraga.
|
Mahasiswa mampu menerapkan konsep fisiologi dalam menganalisis masalah-masalah olahraga secara ilmiah. |
Kriteria:
- A (90-100): Kehadiran 100% dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas, menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap materi.
- B (75-89): Kehadiran >80% dan partisipasi cukup baik, kadang aktif dalam diskusi kelas.
- C (60-74): Kehadiran 70% dan partisipasi minimal, jarang terlibat dalam diskusi kelas.
- D (<60): Kehadiran kurang dari 70% dan minim partisipasi dalam kelas.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan kuis
|
|
Materi: dasar fisiologi Pustaka: Kusnanik, Nining W ., dkk. 2011. Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Surabaya: UNESA University Press |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Menganalisis respon fisiologis tubuh terhadap latihan olahraga menggunakan teori dasar fisiologi dan mekanisme tubuh.
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi adaptasi fisiologis tubuh terhadap berbagai jenis latihan fisik (aerobik, anaerobik, ketahanan, kekuatan, dll).
- Menyusun argumen berbasis data ilmiah untuk menjelaskan hubungan antara beban latihan dan perubahan fisiologis pada tubuh atlet.
- Merancang eksperimen untuk menguji hipotesis terkait perubahan fisiologis dalam konteks olahraga.
|
Mahasiswa mampu menerapkan konsep fisiologi dalam menganalisis masalah-masalah olahraga secara ilmiah. |
Kriteria:
- A (90-100): Kehadiran 100% dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas, menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap materi.
- B (75-89): Kehadiran >80% dan partisipasi cukup baik, kadang aktif dalam diskusi kelas.
- C (60-74): Kehadiran 70% dan partisipasi minimal, jarang terlibat dalam diskusi kelas.
- D (<60): Kehadiran kurang dari 70% dan minim partisipasi dalam kelas.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan kuis
|
|
Materi: dasar fisiologi Pustaka: Kusnanik, Nining W ., dkk. 2011. Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Surabaya: UNESA University Press |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam bidang fisiologi olahraga melalui kajian pustaka dan literatur ilmiah.
- Mengembangkan rencana pembelajaran dan penelitian yang melibatkan kolaborasi dengan profesional lain di bidang kesehatan, olahraga, dan ilmuwan multidisiplin.
- Berpartisipasi dalam forum ilmiah atau kolaborasi penelitian untuk berbagi temuan penelitian dan memperkaya perspektif ilmiah.
|
Mahasiswa dapat menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah atau menjadi referensi dalam praktik olahraga |
Kriteria:
- A (90-100): Kehadiran 100% dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas, menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap materi.
- B (75-89): Kehadiran >80% dan partisipasi cukup baik, kadang aktif dalam diskusi kelas.
- C (60-74): Kehadiran 70% dan partisipasi minimal, jarang terlibat dalam diskusi kelas.
- D (<60): Kehadiran kurang dari 70% dan minim partisipasi dalam kelas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: analysis fisiologi Pustaka: Kusnanik, Nining W ., dkk. 2011. Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Surabaya: UNESA University Press |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam bidang fisiologi olahraga melalui kajian pustaka dan literatur ilmiah.
- Mengembangkan rencana pembelajaran dan penelitian yang melibatkan kolaborasi dengan profesional lain di bidang kesehatan, olahraga, dan ilmuwan multidisiplin.
- Berpartisipasi dalam forum ilmiah atau kolaborasi penelitian untuk berbagi temuan penelitian dan memperkaya perspektif ilmiah.
|
Mahasiswa dapat menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah atau menjadi referensi dalam praktik olahraga |
Kriteria:
- A (90-100): Kehadiran 100% dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas, menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap materi.
- B (75-89): Kehadiran >80% dan partisipasi cukup baik, kadang aktif dalam diskusi kelas.
- C (60-74): Kehadiran 70% dan partisipasi minimal, jarang terlibat dalam diskusi kelas.
- D (<60): Kehadiran kurang dari 70% dan minim partisipasi dalam kelas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: analysis fisiologi Pustaka: Kusnanik, Nining W ., dkk. 2011. Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Surabaya: UNESA University Press |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam bidang fisiologi olahraga melalui kajian pustaka dan literatur ilmiah.
- Mengembangkan rencana pembelajaran dan penelitian yang melibatkan kolaborasi dengan profesional lain di bidang kesehatan, olahraga, dan ilmuwan multidisiplin.
- Berpartisipasi dalam forum ilmiah atau kolaborasi penelitian untuk berbagi temuan penelitian dan memperkaya perspektif ilmiah.
|
Mahasiswa dapat menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah atau menjadi referensi dalam praktik olahraga |
Kriteria:
- A (90-100): Kehadiran 100% dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas, menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap materi.
- B (75-89): Kehadiran >80% dan partisipasi cukup baik, kadang aktif dalam diskusi kelas.
- C (60-74): Kehadiran 70% dan partisipasi minimal, jarang terlibat dalam diskusi kelas.
- D (<60): Kehadiran kurang dari 70% dan minim partisipasi dalam kelas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: analysis fisiologi Pustaka: Kusnanik, Nining W ., dkk. 2011. Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Surabaya: UNESA University Press |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam bidang fisiologi olahraga melalui kajian pustaka dan literatur ilmiah.
- Mengembangkan rencana pembelajaran dan penelitian yang melibatkan kolaborasi dengan profesional lain di bidang kesehatan, olahraga, dan ilmuwan multidisiplin.
- Berpartisipasi dalam forum ilmiah atau kolaborasi penelitian untuk berbagi temuan penelitian dan memperkaya perspektif ilmiah.
|
Mahasiswa dapat menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah atau menjadi referensi dalam praktik olahraga |
Kriteria:
- A (90-100): Kehadiran 100% dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas, menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap materi.
- B (75-89): Kehadiran >80% dan partisipasi cukup baik, kadang aktif dalam diskusi kelas.
- C (60-74): Kehadiran 70% dan partisipasi minimal, jarang terlibat dalam diskusi kelas.
- D (<60): Kehadiran kurang dari 70% dan minim partisipasi dalam kelas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: analysis fisiologi Pustaka: Kusnanik, Nining W ., dkk. 2011. Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Surabaya: UNESA University Press |
5% |
8
Minggu ke 8 |
melaksanakan UTS |
melaksanakan UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
|
Materi: UTS Pustaka: Kusnanik, Nining W ., dkk. 2011. Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Surabaya: UNESA University Press |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Menyusun proposal penelitian berdasarkan masalah yang relevan di bidang fisiologi olahraga, dengan menyertakan pertanyaan penelitian yang jelas dan objektif.
- Memilih dan menerapkan metodologi penelitian yang tepat, mulai dari desain penelitian, pengumpulan data, hingga analisis statistik.
- Menulis laporan penelitian yang memuat hasil penelitian yang sahih dan relevan dengan teori dan konsep fisiologi olahraga
|
Mahasiswa dapat menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah atau menjadi referensi dalam praktik olahraga. |
Kriteria:
A (90-100): Menunjukkan pemahaman dan aplikasi yang sangat baik terhadap materi kuliah, mampu mengintegrasikan konsep-konsep fisiologi olahraga dengan baik dalam penelitian dan tugas. B (75-89): Pemahaman materi baik dengan beberapa kekurangan kecil dalam aplikasi praktis atau teori, menunjukkan kemampuan analitis yang memadai. C (60-74): Pemahaman materi cukup, namun masih ada banyak kesalahan dalam penerapan teori atau pengolahan data yang membutuhkan perbaikan. D ( Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
DIskusi dan penugasan
|
|
Materi: fisiologi Pustaka: Mc.Ardle, William D. 2010. Exercise physiology: nutrition, energy, and human performance 7th ed. Wolter Kluwer. Lippincot Williams & Wilkins |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Menyusun proposal penelitian berdasarkan masalah yang relevan di bidang fisiologi olahraga, dengan menyertakan pertanyaan penelitian yang jelas dan objektif.
- Memilih dan menerapkan metodologi penelitian yang tepat, mulai dari desain penelitian, pengumpulan data, hingga analisis statistik.
- Menulis laporan penelitian yang memuat hasil penelitian yang sahih dan relevan dengan teori dan konsep fisiologi olahraga
|
Mahasiswa dapat menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah atau menjadi referensi dalam praktik olahraga. |
Kriteria:
A (90-100): Menunjukkan pemahaman dan aplikasi yang sangat baik terhadap materi kuliah, mampu mengintegrasikan konsep-konsep fisiologi olahraga dengan baik dalam penelitian dan tugas. B (75-89): Pemahaman materi baik dengan beberapa kekurangan kecil dalam aplikasi praktis atau teori, menunjukkan kemampuan analitis yang memadai. C (60-74): Pemahaman materi cukup, namun masih ada banyak kesalahan dalam penerapan teori atau pengolahan data yang membutuhkan perbaikan. D ( Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
DIskusi dan penugasan
|
|
Materi: fisiologi Pustaka: Mc.Ardle, William D. 2010. Exercise physiology: nutrition, energy, and human performance 7th ed. Wolter Kluwer. Lippincot Williams & Wilkins |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Menyusun proposal penelitian berdasarkan masalah yang relevan di bidang fisiologi olahraga, dengan menyertakan pertanyaan penelitian yang jelas dan objektif.
- Memilih dan menerapkan metodologi penelitian yang tepat, mulai dari desain penelitian, pengumpulan data, hingga analisis statistik.
- Menulis laporan penelitian yang memuat hasil penelitian yang sahih dan relevan dengan teori dan konsep fisiologi olahraga
|
Mahasiswa dapat menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah atau menjadi referensi dalam praktik olahraga. |
Kriteria:
A (90-100): Menunjukkan pemahaman dan aplikasi yang sangat baik terhadap materi kuliah, mampu mengintegrasikan konsep-konsep fisiologi olahraga dengan baik dalam penelitian dan tugas. B (75-89): Pemahaman materi baik dengan beberapa kekurangan kecil dalam aplikasi praktis atau teori, menunjukkan kemampuan analitis yang memadai. C (60-74): Pemahaman materi cukup, namun masih ada banyak kesalahan dalam penerapan teori atau pengolahan data yang membutuhkan perbaikan. D ( Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
DIskusi dan penugasan
|
|
Materi: fisiologi Pustaka: Mc.Ardle, William D. 2010. Exercise physiology: nutrition, energy, and human performance 7th ed. Wolter Kluwer. Lippincot Williams & Wilkins |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Menganalisis faktor-faktor fisiologis yang mempengaruhi performa olahraga dalam berbagai disiplin olahraga.
- Menggunakan alat ukur fisiologis (misalnya, tes VO2max, pengukuran detak jantung, lactate threshold) untuk mengevaluasi performa atlet.
- Menyusun program latihan berbasis fisiologi untuk meningkatkan performa atlet dengan memperhatikan prinsip-prinsip adaptasi tubuh terhadap latihan.
- Melakukan analisis kritis terhadap program latihan yang telah diterapkan dan mengusulkan perbaikan berdasar data fisiologis yang diperoleh.
|
Mahasiswa dapat menyusun dan mengevaluasi program latihan dengan pendekatan fisiologis yang berbasis data. |
Kriteria:
A (90-100): Kehadiran 100% dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas, menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap materi. B (75-89): Kehadiran >80% dan partisipasi cukup baik, kadang aktif dalam diskusi kelas. C (60-74): Kehadiran 70% dan partisipasi minimal, jarang terlibat dalam diskusi kelas. D ( Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi
|
Penugasan
|
Materi: fisiologi tes Pustaka: Foss, Merle L. 1998. Fox’s Physiological Basis for Exercise and Sport. WCB/ McGraw-Hill |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Menganalisis faktor-faktor fisiologis yang mempengaruhi performa olahraga dalam berbagai disiplin olahraga.
- Menggunakan alat ukur fisiologis (misalnya, tes VO2max, pengukuran detak jantung, lactate threshold) untuk mengevaluasi performa atlet.
- Menyusun program latihan berbasis fisiologi untuk meningkatkan performa atlet dengan memperhatikan prinsip-prinsip adaptasi tubuh terhadap latihan.
- Melakukan analisis kritis terhadap program latihan yang telah diterapkan dan mengusulkan perbaikan berdasar data fisiologis yang diperoleh.
|
Mahasiswa dapat menyusun dan mengevaluasi program latihan dengan pendekatan fisiologis yang berbasis data. |
Kriteria:
A (90-100): Kehadiran 100% dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas, menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap materi. B (75-89): Kehadiran >80% dan partisipasi cukup baik, kadang aktif dalam diskusi kelas. C (60-74): Kehadiran 70% dan partisipasi minimal, jarang terlibat dalam diskusi kelas. D ( Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi
|
Penugasan
|
Materi: fisiologi tes Pustaka: Foss, Merle L. 1998. Fox’s Physiological Basis for Exercise and Sport. WCB/ McGraw-Hill |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Menganalisis faktor-faktor fisiologis yang mempengaruhi performa olahraga dalam berbagai disiplin olahraga.
- Menggunakan alat ukur fisiologis (misalnya, tes VO2max, pengukuran detak jantung, lactate threshold) untuk mengevaluasi performa atlet.
- Menyusun program latihan berbasis fisiologi untuk meningkatkan performa atlet dengan memperhatikan prinsip-prinsip adaptasi tubuh terhadap latihan.
- Melakukan analisis kritis terhadap program latihan yang telah diterapkan dan mengusulkan perbaikan berdasar data fisiologis yang diperoleh.
|
Mahasiswa dapat menyusun dan mengevaluasi program latihan dengan pendekatan fisiologis yang berbasis data. |
Kriteria:
A (90-100): Kehadiran 100% dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas, menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap materi. B (75-89): Kehadiran >80% dan partisipasi cukup baik, kadang aktif dalam diskusi kelas. C (60-74): Kehadiran 70% dan partisipasi minimal, jarang terlibat dalam diskusi kelas. D ( Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi
|
Penugasan
|
Materi: fisiologi tes Pustaka: Foss, Merle L. 1998. Fox’s Physiological Basis for Exercise and Sport. WCB/ McGraw-Hill |
9% |
15
Minggu ke 15 |
- Mengidentifikasi dan menguasai filosofi dan konsep dasar yang mendasari teori fisiologi olahraga, termasuk pengaruhnya terhadap teori latihan dan performa atlet.
- Menyajikan dan mendiskusikan teori-teori terbaru dalam fisiologi olahraga, seperti pengetahuan terbaru tentang metabolisme, homeostasis, dan neurofisiologi.
- Menganalisis riset terbaru di bidang fisiologi olahraga dan mengevaluasi relevansi hasil-hasil riset tersebut untuk aplikasi dalam olahraga dan latihan.
- Mengintegrasikan filosofi, teori, dan konsep terbaru dalam pengembangan penelitian atau program latihan yang berbasis bukti ilmiah.
|
Mahasiswa dapat berkolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan kolega serta praktisi lainnya untuk kemajuan bersama. |
Kriteria:
A (90-100): Menunjukkan pemahaman dan aplikasi yang sangat baik terhadap materi kuliah, mampu mengintegrasikan konsep-konsep fisiologi olahraga dengan baik dalam penelitian dan tugas. B (75-89): Pemahaman materi baik dengan beberapa kekurangan kecil dalam aplikasi praktis atau teori, menunjukkan kemampuan analitis yang memadai. C (60-74): Pemahaman materi cukup, namun masih ada banyak kesalahan dalam penerapan teori atau pengolahan data yang membutuhkan perbaikan. D ( Bentuk Penilaian : Tes |
praktek
|
|
Materi: praktikum fisiologi Pustaka: Mc.Ardle, William D. 2010. Exercise physiology: nutrition, energy, and human performance 7th ed. Wolter Kluwer. Lippincot Williams & Wilkins |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- Mengidentifikasi dan menguasai filosofi dan konsep dasar yang mendasari teori fisiologi olahraga, termasuk pengaruhnya terhadap teori latihan dan performa atlet.
- Menyajikan dan mendiskusikan teori-teori terbaru dalam fisiologi olahraga, seperti pengetahuan terbaru tentang metabolisme, homeostasis, dan neurofisiologi.
- Menganalisis riset terbaru di bidang fisiologi olahraga dan mengevaluasi relevansi hasil-hasil riset tersebut untuk aplikasi dalam olahraga dan latihan.
- Mengintegrasikan filosofi, teori, dan konsep terbaru dalam pengembangan penelitian atau program latihan yang berbasis bukti ilmiah.
|
Mahasiswa dapat berkolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan kolega serta praktisi lainnya untuk kemajuan bersama. |
Kriteria:
A (90-100): Menunjukkan pemahaman dan aplikasi yang sangat baik terhadap materi kuliah, mampu mengintegrasikan konsep-konsep fisiologi olahraga dengan baik dalam penelitian dan tugas. B (75-89): Pemahaman materi baik dengan beberapa kekurangan kecil dalam aplikasi praktis atau teori, menunjukkan kemampuan analitis yang memadai. C (60-74): Pemahaman materi cukup, namun masih ada banyak kesalahan dalam penerapan teori atau pengolahan data yang membutuhkan perbaikan. D ( Bentuk Penilaian : Tes |
praktek
|
|
Materi: praktikum fisiologi Pustaka: Mc.Ardle, William D. 2010. Exercise physiology: nutrition, energy, and human performance 7th ed. Wolter Kluwer. Lippincot Williams & Wilkins |
15% |