Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Pemasaran

6122303024

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

3

29 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Fandi Fatoni, S.Pd., M.SM.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-10

Lulusan mampu mengembangkan ide usaha dalam lingkungan bisnis global secara kreatif

Program Objectives (PO)

PO - 1

C4. Mahasiswa mampu menguraikan secara tepat teori-teori dalam studi Manajemen Pemasaran.

PO - 2

A5. Mahasiswa mampu menujukkan karaktertangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, kewirausahaan di dalam kegiatan pembelajaran manajemen pemasaran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-10
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemen pemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yang bertanggung jawab, serta pemasaran global.

Pustaka

Utama :

  1. Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
  2. Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta

Pendukung :

  1. Sanaji; Indarwati, Tias Andarini; Candra, Ika Diyah. (2021). The influence of perceived ease of use, perceive usefulness, and trust on customer's intention to use" Bebas Bayar" mobile payment application in Indonesia. Technium Soc. Sci. J., 20, 726.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mendeskripsikan marketing management theories.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan definisi pemasaran untuk realitas baru.
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan perencanaan pemasaran.
  3. 3. Students are able to decipher marketing definitions for new realities.
  4. 4. Students are able to describe the development of marketing strategies and planning,
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

Materi: marketing management
Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson

Materi: marketing management
Pustaka: Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mendeskripsikan marketing management theories.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan definisi pemasaran untuk realitas baru.
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan perencanaan pemasaran.
  3. 3. Students are able to decipher marketing definitions for new realities.
  4. 4. Students are able to describe the development of marketing strategies and planning,
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lectureLearning method: group discussion
3 x 50

Materi: marketing management
Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson

Materi: marketing management
Pustaka: Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menguraikan wawasan pemasaran.Students are able to decipher marketing insights.

Mahasiswa mampu menguraikan cara mengumpulkan informasi dan meramalkan permintaan.Students are able to outline how to gather information and predict requests.

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

Materi: marketing management
Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson

Materi: marketing management
Pustaka: Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menguraikan cara berhubungan dengan pelanggan. Students are able to describe how to connect with customers.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan cara membangun hubungan loyalitas jangka panjang.
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan analisis pasar konsumen.
  3. 3. Mahasiswa mampu menguraikan analisis pasar bisnis.
  4. 4. Students are able to describe how to build long-term loyalty relationships.
  5. 5. Students are able to decipher consumer market analysis.
  6. 6. Students are able to decipher business market analysis.
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

Materi: marketing amnagement
Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menguraikan cara berhubungan dengan pelanggan. Students are able to describe how to connect with customers.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan cara membangun hubungan loyalitas jangka panjang.
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan analisis pasar konsumen.
  3. 3. Mahasiswa mampu menguraikan analisis pasar bisnis.
  4. 4. Students are able to describe how to build long-term loyalty relationships.
  5. 5. Students are able to decipher consumer market analysis.
  6. 6. Students are able to decipher business market analysis.
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

Materi: marketing management
Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
4%

6

Minggu ke 6

Mahasisawa mampu menguraikan cara membangun merek yang kuat.Students are able to describe how to build a strong brand.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan identifikasi segmen pasar dan pasar sasaran.
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan penyusunan posisi merek.
  3. 3. Students are able to decipher the identification of market segments and target markets.
  4. 4. Students are able to describe the crafting of brand positioning.
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

Materi: brand
Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson

Materi: brand
Pustaka: Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
4%

7

Minggu ke 7

Mahasisawa mampu menguraikan cara membangun merek yang kuat.Students are able to describe how to build a strong brand.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan identifikasi segmen pasar dan pasar sasaran.
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan penyusunan posisi merek.
  3. 3. Students are able to decipher the identification of market segments and target markets.
  4. 4. Students are able to describe the crafting of brand positioning.
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

Materi: brand
Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson

Materi: brand
Pustaka: Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
4%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Kriteria:

test terstruktur


Bentuk Penilaian :
Tes

3 x 50

20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menguraikan penciptaan nilai.Students are able to decipher the creation of values.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan strategi produk.
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengelan penawaran ke pasar baru.
  3. 3. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan program harga.
  4. 4. Students are able to decipher the product strategy.
  5. 5. Students are able to decipher the adoption of offers to new markets.
  6. 6. Students are able to describe the development of pricing strategies and programs.
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menguraikan penciptaan nilai.Students are able to decipher the creation of values

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan strategi produk.
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengelan penawaran ke pasar baru.
  3. 3. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan program harga.
  4. 4. Students are able to decipher the product strategy.
  5. 5. Students are able to decipher the adoption of offers to new markets.
  6. 6. Students are able to describe the development of pricing strategies and programs.
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion

4%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menguraikan penciptaan nilai.Students are able to decipher the creation of values.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan strategi produk
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengelan penawaran ke pasar baru.
  3. 3. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan program harga.
  4. 4. Students are able to decipher the product strategy.
  5. 5. Students are able to decipher the adoption of offers to new markets.
  6. 6. Students are able to describe the development of pricing strategies and programs.
Kriteria:

rubrik holistik

Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

Materi: value creation
Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menguraikan penyampaian dan pengomunikasian nilai.Students are able to decipher the delivery and communication of values.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan strategi produk.
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengelan penawaran ke pasar baru.
  3. 3. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan program harga.
  4. 4. Students are able to decipher the product strategy.
  5. 5. Students are able to decipher the adoption of offers to new markets.
  6. 6. Students are able to describe the development of pricing strategies and programs.
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

Materi: value creation
Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menguraikan penyampaian dan pengomunikasian nilai.Students are able to decipher the delivery and communication of values.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan desain dan manajemen saluran pemasaran terintegerasi.
  2. 2. Mahasiswa mampu menguraikan manajemen eceran, grosir, dan logistik.
  3. 3. Mahasiswa mampu menguraikan desain dan manajemen komunikasi pemasaran terintegerasi.
  4. 4. Students are able to describe the design and management of integrated marketing channels.
  5. 5. Students are able to elaborate on retail, wholesale, and logistics management.
  6. 6. Students are able to elaborate on the design and management of integrated marketing communication.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

6%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menguraikan tanggung jawab pemasaran untuk kesuksesan jangka panjang. Students are able to elaborate on marketing responsibilities for long-term success.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan manajemen organisasi pemasaran holistik untuk jangka panjang.
  2. 2. Mahasiwa mampu menguraikan kesempatan menuju pasar global.
  3. 3. Students are able to elaborate on the management of a holistic marketing organization for the long term.
  4. 4. Students are able to outline opportunities to tap into global markets.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 50

6%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menguraikan tanggung jawab pemasaran untuk kesuksesan jangka panjang. Students are able to elaborate on marketing responsibilities for long-term success.

  1. 1. Mahasiswa mampu menguraikan manajemen organisasi pemasaran holistik untuk jangka panjang.
  2. 2. Mahasiwa mampu menguraikan kesempatan menuju pasar global.
  3. 3. Students are able to elaborate on the management of a holistic marketing organization for the long term.
  4. 4. Students are able to outline opportunities to tap into global markets.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
3 x 5

5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

test terstruktur


3 x 50

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 20%
70%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.