|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Pemasaran |
6122303024 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
29 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Fandi Fatoni, S.Pd., M.SM. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-10 |
Lulusan mampu mengembangkan ide usaha dalam lingkungan bisnis global secara kreatif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
C4. Mahasiswa mampu menguraikan secara tepat teori-teori dalam studi Manajemen Pemasaran.
|
PO - 2 |
A5. Mahasiswa mampu menujukkan karaktertangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, kewirausahaan di dalam kegiatan pembelajaran manajemen pemasaran
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemen pemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yang bertanggung jawab, serta pemasaran global. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
- Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
|
Pendukung : |
|
- Sanaji; Indarwati, Tias Andarini; Candra, Ika Diyah. (2021). The influence of perceived ease of use, perceive usefulness, and trust on customer's intention to use" Bebas Bayar" mobile payment application in Indonesia. Technium Soc. Sci. J., 20, 726.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan marketing management theories. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan definisi pemasaran untuk realitas baru.
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan perencanaan pemasaran.
- 3. Students are able to decipher marketing definitions for new realities.
- 4. Students are able to describe the development of marketing strategies and planning,
|
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
Materi: marketing management Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson Materi: marketing management Pustaka: Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan marketing management theories. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan definisi pemasaran untuk realitas baru.
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan perencanaan pemasaran.
- 3. Students are able to decipher marketing definitions for new realities.
- 4. Students are able to describe the development of marketing strategies and planning,
|
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lectureLearning method: group discussion 3 x 50 |
|
Materi: marketing management Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson Materi: marketing management Pustaka: Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menguraikan wawasan pemasaran.Students are able to decipher marketing insights. |
Mahasiswa mampu menguraikan cara mengumpulkan informasi dan meramalkan permintaan.Students are able to outline how to gather information and predict requests. |
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
Materi: marketing management Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson Materi: marketing management Pustaka: Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menguraikan cara berhubungan dengan pelanggan. Students are able to describe how to connect with customers. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan cara membangun hubungan loyalitas jangka panjang.
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan analisis pasar konsumen.
- 3. Mahasiswa mampu menguraikan analisis pasar bisnis.
- 4. Students are able to describe how to build long-term loyalty relationships.
- 5. Students are able to decipher consumer market analysis.
- 6. Students are able to decipher business market analysis.
|
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
Materi: marketing amnagement Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menguraikan cara berhubungan dengan pelanggan. Students are able to describe how to connect with customers. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan cara membangun hubungan loyalitas jangka panjang.
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan analisis pasar konsumen.
- 3. Mahasiswa mampu menguraikan analisis pasar bisnis.
- 4. Students are able to describe how to build long-term loyalty relationships.
- 5. Students are able to decipher consumer market analysis.
- 6. Students are able to decipher business market analysis.
|
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
Materi: marketing management Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasisawa mampu menguraikan cara membangun merek yang kuat.Students are able to describe how to build a strong brand. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan identifikasi segmen pasar dan pasar sasaran.
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan penyusunan posisi merek.
- 3. Students are able to decipher the identification of market segments and target markets.
- 4. Students are able to describe the crafting of brand positioning.
|
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
Materi: brand Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson Materi: brand Pustaka: Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasisawa mampu menguraikan cara membangun merek yang kuat.Students are able to describe how to build a strong brand. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan identifikasi segmen pasar dan pasar sasaran.
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan penyusunan posisi merek.
- 3. Students are able to decipher the identification of market segments and target markets.
- 4. Students are able to describe the crafting of brand positioning.
|
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
Materi: brand Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson Materi: brand Pustaka: Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Kriteria:
test terstruktur Bentuk Penilaian : Tes |
3 x 50 |
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menguraikan penciptaan nilai.Students are able to decipher the creation of values. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan strategi produk.
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengelan penawaran ke pasar baru.
- 3. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan program harga.
- 4. Students are able to decipher the product strategy.
- 5. Students are able to decipher the adoption of offers to new markets.
- 6. Students are able to describe the development of pricing strategies and programs.
|
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
|
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menguraikan penciptaan nilai.Students are able to decipher the creation of values |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan strategi produk.
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengelan penawaran ke pasar baru.
- 3. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan program harga.
- 4. Students are able to decipher the product strategy.
- 5. Students are able to decipher the adoption of offers to new markets.
- 6. Students are able to describe the development of pricing strategies and programs.
|
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion
|
|
|
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menguraikan penciptaan nilai.Students are able to decipher the creation of values. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan strategi produk
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengelan penawaran ke pasar baru.
- 3. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan program harga.
- 4. Students are able to decipher the product strategy.
- 5. Students are able to decipher the adoption of offers to new markets.
- 6. Students are able to describe the development of pricing strategies and programs.
|
Kriteria:
rubrik holistik |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
Materi: value creation Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menguraikan penyampaian dan pengomunikasian nilai.Students are able to decipher the delivery and communication of values. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan strategi produk.
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan pengelan penawaran ke pasar baru.
- 3. Mahasiswa mampu menguraikan pengembangan strategi dan program harga.
- 4. Students are able to decipher the product strategy.
- 5. Students are able to decipher the adoption of offers to new markets.
- 6. Students are able to describe the development of pricing strategies and programs.
|
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
Materi: value creation Pustaka: Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menguraikan penyampaian dan pengomunikasian nilai.Students are able to decipher the delivery and communication of values. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan desain dan manajemen saluran pemasaran terintegerasi.
- 2. Mahasiswa mampu menguraikan manajemen eceran, grosir, dan logistik.
- 3. Mahasiswa mampu menguraikan desain dan manajemen komunikasi pemasaran terintegerasi.
- 4. Students are able to describe the design and management of integrated marketing channels.
- 5. Students are able to elaborate on retail, wholesale, and logistics management.
- 6. Students are able to elaborate on the design and management of integrated marketing communication.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
|
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menguraikan tanggung jawab pemasaran untuk kesuksesan jangka panjang. Students are able to elaborate on marketing responsibilities for long-term success. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan manajemen organisasi pemasaran holistik untuk jangka panjang.
- 2. Mahasiwa mampu menguraikan kesempatan menuju pasar global.
- 3. Students are able to elaborate on the management of a holistic marketing organization for the long term.
- 4. Students are able to outline opportunities to tap into global markets.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 50 |
|
|
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menguraikan tanggung jawab pemasaran untuk kesuksesan jangka panjang. Students are able to elaborate on marketing responsibilities for long-term success. |
- 1. Mahasiswa mampu menguraikan manajemen organisasi pemasaran holistik untuk jangka panjang.
- 2. Mahasiwa mampu menguraikan kesempatan menuju pasar global.
- 3. Students are able to elaborate on the management of a holistic marketing organization for the long term.
- 4. Students are able to outline opportunities to tap into global markets.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk pembelajaran: kuliah Metode pembelajaran: diskusi kelompok Form of learning: lecture Learning method: group discussion 3 x 5 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Kriteria:
test terstruktur |
3 x 50 |
|
|
30% |