Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pemikiran Politik Barat

6720102039

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Agus Satmoko Adi , S.IP., Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP., Imam Zarkachi, S.IP., LL.M., M.IntR.




.......................................




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

PLO-12

Mampu menyajikan, memetakan, menganalisa, dan memberi solusi dalam penyelesaian masalah-masalah dibutuhkan dalam dunia politik

PLO-13

Mampu menganalisa dan mensintesa dalam melakukan investigasi peristiwa politik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami perkembangan historis pemikiran politik Barat.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis ide-ide politik dari pemikir klasik, modern, dan kontemporer.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengkritisi relevansi pemikiran politik Barat terhadap fenomena politik kontemporer

PO - 4

Mahasiswa mampu mengembangkan argumen kritis berdasarkan teori politik Barat.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9PLO-12PLO-13
PO-1  
PO-2 
PO-3  
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam tentang perkembangan pemikiran politik Barat dari era klasik hingga kontemporer. Fokus utama adalah pada pemikiran para filsuf besar, ideologi, konsep kekuasaan, negara, masyarakat, dan dinamika politik yang membentuk pemikiran politik modern.

Pustaka

Utama :

  1. Sabine, G.H. (1973). A History of Political Theory. New York: Holt, Rinehart and Winston. Ebenstein, W., & Ebenstein, A.O. (2000). Great Political Thinkers. Belmont: Wadsworth Publishing. Barker, E. (1960). The Political Thought of Plato and Aristotle. New York: Dover Publications. Marx, K., & Engels, F. (1848). The Communist Manifesto. Rawls, J. (1971). A Theory of Justice. Cambridge: Harvard University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Agus Satmoko Adi, S.S., M.Si.

Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Dr. M. Jacky, S.Sos., M.Si.

Imam Zarkachi, S.IP., LL.M., M.IntR.

Moh. Najmuddin, S.Hum., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami ruang lingkup pemikiran politik Barat

Partisipasi diskusi dan penguasaan konsep dasar

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: - Pengertian pemikiran politik - Ruang lingkup dan metode analisis politik Barat
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Menganalisis pemikiran politik era Yunani Kuno: Plato dan Aristoteles

Mampu merangkum pemikiran Plato dan Aristoteles dengan kritis

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Pemikiran Plato: The Republic - Pemikiran Aristoteles: Politics
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis pemikiran politik pada era Romawi: Cicero dan Stoikisme

Menjelaskan kontribusi Cicero dan Stoikisme terhadap hukum dan politik

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: - Konsep res publica Cicero - Stoikisme dan pengaruhnya
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Memahami transisi pemikiran politik pada Abad Pertengahan

Mampu menjelaskan pemikiran politik Agustinus dan Thomas Aquinas

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah

Materi: - Pemikiran politik Agustinus: Teokrasi - Thomas Aquinas: Negara dan hukum alam
Pustaka:
7%

5

Minggu ke 5

Menganalisis pemikiran politik pada era Renaisans: Machiavelli

Menilai karya Machiavelli dengan perspektif modern

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: - The Prince: Realisme politik dan konsep kekuasaan
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Memahami teori kontrak sosial Hobbes dan Locke

Mampu membandingkan pandangan Hobbes dan Locke

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah

Materi: - Hobbes: Leviathan (Kontrak sosial dan otoritarianisme) - Locke: Kebebasan individu dan Second Treatise
Pustaka:
7%

7

Minggu ke 7

Menganalisis pemikiran politik Rousseau dan konsep kedaulatan rakyat

Merumuskan ide utama Rousseau dan implikasinya pada demokrasi

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: - Rousseau: The Social Contract - Kedaulatan rakyat dan kehendak umum
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Tes
Kuliah

Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Menganalisis pemikiran politik Montesquieu tentang pemisahan kekuasaan

Menjelaskan pemisahan kekuasaan dalam konteks politik modern

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: - Montesquieu: The Spirit of the Laws - Trias politika
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mengkaji pemikiran politik utilitarianisme: Bentham dan Mill

Menilai konsep utilitarianisme dan kritiknya

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah

Materi: - Jeremy Bentham: Prinsip utilitarianisme - John Stuart Mill: Kebebasan individu dan etika politik
Pustaka:
8%

11

Minggu ke 11

Menganalisis kritik Karl Marx terhadap kapitalisme

Menyusun kritik berdasarkan teori Marx

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: - Marx: Manifesto Komunis - Alienasi dan konsep materialisme historis
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Memahami pemikiran politik Nietzsche dan kritik terhadap modernitas

Menjelaskan pemikiran Nietzsche dan relevansinya

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: - Nietzsche: Kritik terhadap moralitas, nihilisme, dan kekuasaan
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mengkaji pemikiran politik liberalisme kontemporer: Rawls dan Nozick

Menganalisis gagasan Rawls dan Nozick dalam distribusi keadilan

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah

Materi: - Rawls: A Theory of Justice - Nozick: Kebebasan dan keadilan
Pustaka:
8%

14

Minggu ke 14

Menganalisis pemikiran postmodernisme: Foucault dan Derrida

Menilai kritik postmodernisme terhadap politik

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: - Foucault: Kekuasaan dan wacana - Derrida: Dekonstruksi politik
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Menghubungkan relevansi pemikiran politik Barat terhadap isu kontemporer

Menyusun esai kritis terkait relevansi teori dengan fenomena politik

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: - Studi kasus: Demokrasi, populisme, dan globalisasi
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Ujian Akhir Semeter (UAS)

Kriteria:

Ketepatan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Tes
Kuliah

Materi: UAS
Pustaka:
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 22.5%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.