Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA TENIS LAPANGAN

8520204736

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan teknik dan strategi dasar permainan tenis lapangan dalam situasi pertandingan nyata (C3)

PO - 2

Menganalisis video pertandingan tenis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pemain (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas teknik pelatihan yang digunakan dalam meningkatkan performa atlet tenis (C5)

PO - 4

Menciptakan program pelatihan yang inovatif berdasarkan analisis data performa atlet (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip biomekanika untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas gerakan atlet tenis (C3)

PO - 6

Menganalisis pengaruh kondisi psikologis atlet terhadap performa mereka dalam pertandingan (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pertandingan berdasarkan kondisi lawan dan kondisi permainan (C5)

PO - 8

Menciptakan metode evaluasi performa atlet yang komprehensif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi (C6)

PO - 9

Menerapkan pendekatan ilmiah dalam analisis dan peningkatan teknik permainan tenis (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai sumber informasi untuk mengembangkan strategi pelatihan yang efektif (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-12
PO-1       
PO-2       
PO-3       
PO-4      
PO-5       
PO-6       
PO-7       
PO-8       
PO-9       
PO-10      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Tenis Lapangan pada jenjang S1 program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik analisis performa atlet tenis lapangan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan teknik analisis performa atlet tenis lapangan, termasuk pengukuran fisik, evaluasi teknik permainan, strategi pertandingan, dan faktor psikologis yang memengaruhi performa atlet. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman teori dan praktik analisis performa atlet tenis lapangan, penerapan teknik analisis dalam situasi latihan dan pertandingan, serta pengembangan keterampilan dalam memberikan umpan balik yang konstruktif untuk meningkatkan performa atlet. Dengan demikian, mata kuliah ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pelatih tenis lapangan yang mampu mengoptimalkan performa atlet dalam kompetisi.

Pustaka

Utama :

  1. Sukadiyanto, S. (2005). Prinsip-Prinsip Pola Bermain Tenis Lapangan. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 1(2).
  2. Agus salim. (2007). Pintar Tenis (Seri Olahraga Untuk Pemula), Jembar.

Pendukung :

  1. Tarihoran, D., Mahmuddin, M., & Hardinoto, N. (2020). Kontribusi Latihan Hand Grip dan Latihan Back-Up Terhadap Servis Slice Pada Atlet Putra Komunitas Tenis Lapangan Unimed. Jurnal Prestasi, 4(2), 66–71.
  2. Hariadi. (2007). Teori dan Praktek Tenis Lapangan. Medan, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik dan strategi dasar permainan tenis lapangan dengan baik dalam situasi pertandingan nyata.

  1. Penerapan teknik dasar tenis lapangan
  2. Penerapan strategi permainan tenis lapangan
  3. Kemampuan beradaptasi dengan situasi pertandingan

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran aktif melalui simulasi pertandingan tenis lapangan, diskusi, dan analisis video.
Pembuatan video demonstrasi teknik dasar tenis lapangan, Analisis video pertandingan tenis lapangan
Materi: Teknik dasar bermain tenis lapangan, Strategi permainan tenis lapangan, Analisis situasi pertandingan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
9%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik dan strategi dasar permainan tenis lapangan dalam situasi pertandingan nyata.

  1. pukulan forehand yang tepat
  2. pukulan backhand yang akurat
  3. strategi menghadapi lawan
  4. penerapan servis yang efektif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, Diskusi, dan Simulasi.
Video pembelajaran teknik pukulan forehand dan backhand, serta strategi permainan tenis lapangan
Materi: Teknik Pukulan Forehand, Teknik Pukulan Backhand, Strategi Permainan, Penerapan Servis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis video pertandingan tenis dengan baik untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pemain, serta dapat menyusun rekomendasi perbaikan untuk pemain tersebut.

  1. analisis video pertandingan tenis
  2. identifikasi kekuatan dan kelemahan pemain
  3. rekomendasi perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang analisis video pertandingan tenis yang telah ditonton, Mengumpulkan analisis tertulis tentang kekuatan dan kelemahan pemain tenis
Materi: Cara menganalisis video pertandingan tenis, Teknik mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pemain, Strategi menyusun rekomendasi perbaikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas teknik pelatihan yang digunakan dalam meningkatkan performa atlet tenis.

  1. Analisis efektivitas teknik pelatihan
  2. Pemahaman konsep evaluasi teknik pelatihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Diskusi, studi kasus, dan analisis.
Diskusi daring tentang evaluasi teknik pelatihan atlet tenis, Menganalisis studi kasus evaluasi teknik pelatihan
Materi: Pentingnya evaluasi teknik pelatihan, Metode evaluasi teknik pelatihan, Penerapan evaluasi dalam pelatihan tenis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan program pelatihan yang inovatif dan efektif berdasarkan analisis data performa atlet.

  1. Kemampuan menganalisis data performa atlet
  2. Kemampuan merancang program pelatihan inovatif
  3. Kemampuan menjelaskan justifikasi program pelatihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang analisis data performa atlet, Mengembangkan draft program pelatihan inovatif secara daring
Materi: Analisis data performa atlet, Prinsip-prinsip desain program pelatihan, Inovasi dalam program pelatihan atlet tenis lapangan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan program pelatihan inovatif berdasarkan analisis data performa atlet

  1. Analisis data performa atlet dilakukan dengan tepat
  2. Program pelatihan yang dihasilkan inovatif dan efektif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan proposal program pelatihan inovatif berdasarkan analisis data performa atlet
Materi: Konsep analisis data performa atlet, Strategi merancang program pelatihan inovatif, Studi kasus implementasi program pelatihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik dan strategi dasar permainan tenis lapangan secara efektif dalam situasi pertandingan nyata.

  1. Teknik servis yang tepat
  2. Penggunaan pukulan backhand dan forehand yang efektif
  3. Strategi permainan yang adaptif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, latihan langsung, dan diskusi.
Video pembelajaran teknik servis tenis lapangan, Diskusi daring tentang strategi permainan tenis lapangan
Materi: Teknik servis, Pukulan backhand dan forehand, Strategi permainan tenis lapangan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip biomekanika dalam gerakan atlet tenis untuk meningkatkan performa mereka.

  1. Penerapan prinsip biomekanika dalam gerakan tenis
  2. Analisis efisiensi gerakan atlet tenis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan prinsip biomekanika dalam gerakan tenis
Materi: Konsep dasar biomekanika, Penerapan biomekanika dalam olahraga tenis, Analisis gerakan atlet tenis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pendekatan ilmiah dalam analisis dan peningkatan teknik permainan tenis lapangan.

  1. Penerapan metode ilmiah dalam analisis teknik tenis
  2. Peningkatan kualitas teknik bermain tenis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran aktif, diskusi, dan studi kasus.
Diskusi daring tentang penerapan metode ilmiah dalam analisis teknik tenis
Materi: Pendekatan ilmiah dalam analisis teknik tenis, Strategi peningkatan teknik bermain tenis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang analisis performa atlet tenis lapangan untuk merancang strategi pelatihan yang efektif.

  1. Analisis sumber informasi
  2. Integrasi informasi
  3. Pengembangan strategi pelatihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis performa atlet tenis lapangan dan pengembangan strategi pelatihan yang efektif.
Materi: Analisis Performa Atlet Tenis Lapangan, Sumber Informasi dalam Tenis Lapangan, Strategi Pelatihan Efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan strategi pelatihan yang efektif berdasarkan analisis sumber informasi yang relevan.

  1. Analisis sumber informasi
  2. Integrasi informasi
  3. Pengembangan strategi pelatihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang analisis sumber informasi pelatihan tenis lapangan, Penugasan membuat strategi pelatihan berdasarkan integrasi informasi yang relevan
Materi: Analisis sumber informasi pelatihan, Integrasi informasi untuk strategi pelatihan, Penerapan strategi pelatihan dalam tenis lapangan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai sumber informasi untuk merancang strategi pelatihan yang efektif sesuai dengan kebutuhan atlet tenis lapangan.

  1. Analisis sumber informasi
  2. Integrasi informasi
  3. Perancangan strategi pelatihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.

Materi: Pentingnya analisis informasi dalam pelatihan atlet, Teknik integrasi sumber informasi, Strategi pengembangan program pelatihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 33.35%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
3. Penilaian Portofolio 7.51%
4. Praktik / Unjuk Kerja 26.18%
5. Tes 27.01%
99.05%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.