Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Bisnis

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ekonomi Syariah

8721102010

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsepdasar ekonomi Syari 19ah, sumber hukum ekonomi Syari 19ah, sistem ekonomi Syari 19ah,mikro dan makro ekonomi Syari 19ah, prinsip transaksi dalam ekonomi Syari 19ah,serta pemikiran ekonomi Syari 19ahkontemporer.

Pustaka

Utama :

  1. Antonio,Muhammad Syafi 19i, 2001,Bank Syari 19ah; DariTeori ke Praktek, Jakarta :Gema Insani

    Chapra,M.Umer. 2001.The Future of Economics: An IslamicPerspectiveJakarta. Shari,ah Economics and Banking Institute(SEBI).

    Choudhury, Masudul Alam,1997,Money In Islam, London : Routledge

    Farhad Nomani, 1994,IslamicEconomic System, London : Zed Book

    Haneef,Mohamed Aslam. 2006.Pemikiran EkonomiIslam Kontemporer.Surabaya. Airlangga. UniversityPress.

    Hosen, M. Nadratuzzaman., HasanAli dan Bahrul Muhtasib. 2008.EkonomiSyariah. Jakarta. Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES)

    ICRIE. 1981.Studies in IslamicEconomics( ed.Khurshid Ahmad). InternatioalCentre for Research in Islamic Economics KingAbdul Azis University and TheIslamic Foundation.

    Jusmaliani, dkk, 2005,KebijakanEkonomi Dalam Islam, Yogyakarta : KreasiWacana

    Kamil Musa, 1994,Ahkamal-Muamalah, Beirut Muassasah Risalah

    Khan,Adnan. 2008.Kapitalisme di Ujung Tanduk.Jakarta. PustakaTharikul Izzah.

    Mannan,Abdul, 1997,Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Yogyakarta : DanaBhakti Wakaf

    MusliminH. Kara, 2005,Bank Syari 19ah di Indonesia ; AnalisisKebijakan Pemerintah Indonesia terhadap perbankan Syari 19ah,Yogyakarta : UII Press

    MustafaEdwin, dkk, 2006,Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Jakarta : Kencana

    Nik Mohamed Efendi, 2002,Islamand Business, Malaysia : PelandukPublications

    Qardhawi,Yusuf, 1997,Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta : GemaInsani Press.

    RachmatSyafi 19i, 2004,Fiqih Muamalah, Bandung : PustakaSetia

    Sakti,Ali. 2007.Analisis TeoritisEkonomiIslam.Paradigma dan aqsa opublishing.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.