|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Operasional Dasar Kuliner |
xx94406031726 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
1 |
20 Januari 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ita Fatkhur Romadhoni
|
Dra. Niken Purwidiani, M.Pd
|
Lilis Sulandari, S.Pt., M.P. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu menunjukkan kinerja profesional di dunia kerja/industri, melakukan riset, menyusun dan mempublikasikan karya ilmiah |
PLO-9 |
Mampu merancang business plan, melaksanakan, melakukan pengawasan dan evaluasi usaha di bidang kuliner |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa menguasai konsep peralatan dapur dengan memanfaatkan TIK pada penerapannya di lingkungan kerja mandiri
|
PO - 2 |
Mahasiswa menguasai konsep bahan makanan dan implementasinya dalam penyelenggaraan makanan
|
PO - 3 |
Mahasiswa menguasai bumbu dasar serta menerapkannya dalam berbagai jenis hidangan
|
PO - 4 |
Mahasiswa memiliki kemampuan memahami proses pengolahan makanan pada tahap perlakuan awal memasak, tahap proses memasak dan tahap penyelesaian memasak
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan mengolah saus dasar, hidangan pembuka dingin
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | | | PO-2 | | | PO-3 | | | PO-4 | | | PO-5 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman dan penguasaan konsep dasar pengolahan makanan. Pembahasan meliputi konsep pengelolaan makanan dan implementasinya pada proses penyelenggaraan makanan berkualitas, satuan ukuran, istilah dan teknik dalam pengolahan makanan, standar resep dan proses memasak. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Allan, Cameron. 1978. Food and Cooking . Singapore: Federal Publishing.
- Dwi dan Lilis. 2015. Dasar Tatalaksana Boga. Surabaya: Unipress Unesa
- Freeland-Graves, Janne Himmich & Pecham, Gladys. 1987. Foundation of Food Preparation . New York: Macmillan Pub Co.
- Soedarmo, Poerwo. 2010. Ilmu Gizi . Jakarta: Dian Rakyat.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
DWI KRISTIASTUTI SUWARDIAH Ita Fatkhur Romadhoni, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami isi RPS |
- Menganalisis konsep tujuan dan manfaat operasional dasar kuliner
- Menelaah kedudukan mata kuliah operasional dasar kuliner
|
Kriteria:
Sangat baik untuk nilai Partisipasi, jika mahasiswa sangat aktif dalam pembahasan RPS di kelas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tatap Muka, Diskusi, dan tanya jawab 3 X 50 |
Presentasi 3 X 50 |
Materi: Ruang lingkup kuliner Pustaka: Dwi dan Lilis. 2015. Dasar Tatalaksana Boga. Surabaya: Unipress Unesa |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Memiliki kemampuan memahami pengertian Operasional dasar kuliner |
- Mendeskripsikan konsep, tujuan, dan manfaat operasional dasar kuliner
- Menguraikan kedudukan mata kuliah operasional dasar kuliner
|
Kriteria:
Sangat baik , dengan nilai 100 jika mahasiswa dapat menjawab dengan baik dan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Operasional Dasar Kuliner Pustaka: Freeland-Graves, Janne Himmich & Pecham, Gladys. 1987. Foundation of Food Preparation . New York: Macmillan Pub Co. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memiliki kemampuan memahami tentang konsep makanan dan makanan berkualitas. |
- Mendeskripsikan pengertian makanan dan syarat makanan berkualitas
- Menjelaskan bahan pangan hewani dan nabati serta Nutrisi
|
Kriteria:
Sangat baik jika dapat menjawab dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Makanan berkualitas Pustaka: Soedarmo, Poerwo. 2010. Ilmu Gizi . Jakarta: Dian Rakyat. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa menguasai konsep satuan ukuran metrik |
- Mampu mendiskripsikan konsep satuan ukuran metrik
- Merinci kelompok satuan ukuran metrik
|
Kriteria:
- Nilai : A, jika betul semua
- B, Jika salah satu poin
- C, Jika betul satu poin
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Diskusi, tanya jawab, dan praktek 3 X 50 |
|
Materi: Satuan pengukuran Pustaka: Allan, Cameron. 1978. Food and Cooking . Singapore: Federal Publishing. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami bahan makanan berdasarkan sumber KH, Protein, lemak , Vitamin dan Mineral |
- Mengidentifikasi jenis-jenis bahan akanan berdasarkan sumber KH, Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral
- Menjelaskan sifat bahan makanan berdasarkan sumbernya
- Menerapkan penanganan bahan makanan sesuai sifatnya
|
Kriteria:
Nilai sangat baik 100, jika betul semua Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Presentasi, diskusi, tanya jawab, dan pengamatan/observasi 3 X 50 |
|
Materi: Makronutrien Pustaka: Dwi dan Lilis. 2015. Dasar Tatalaksana Boga. Surabaya: Unipress Unesa |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami bahan makanan berdasarkan sumber KH, Protein, lemak , Vitamin dan Mineral |
- Mengidentifikasi jenis-jenis bahan akanan berdasarkan sumber KH, Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral
- Menjelaskan sifat bahan makanan berdasarkan sumbernya
- Menerapkan penanganan bahan makanan sesuai sifatnya
|
Kriteria:
Nilai sangat baik 100, jika betul semua Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Presentasi, diskusi, tanya jawab, dan pengamatan/observasi 3 X 50 |
|
Materi: Makronutrien Pustaka: Dwi dan Lilis. 2015. Dasar Tatalaksana Boga. Surabaya: Unipress Unesa |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memiliki kemampuan memahami proses pengolahan makanan pada pada tahap perlakuan awal memasak, tahap proses memasak, dan tahap penyelesaian memasak. |
- Mendeskripsikan pengertian dan tujuan memasak
- Menjelaskan pengaruh proses memasak pada bahan makanan
- Mengklasifikasikan teknik memasak
- Menguraikan konsep dasar, tujuan, dan manfaat perlakuan awal pada bahan makanan
- Mengidentifikasi teknik penyelesaian dalam memasak
- Mengidentifikasi teknik pada perlakuan awal memasak
- Menjelaskan konsep penyajian makanan/garnish
|
Kriteria:
- -
- - Kategori sangat baik
- - Baik
- - Cukup
- - Kurang
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi, dan pemberian tugas, dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: Prosedur memasak Pustaka: Dwi dan Lilis. 2015. Dasar Tatalaksana Boga. Surabaya: Unipress Unesa |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memiliki kemampuan memahami proses pengolahan makanan pada pada tahap perlakuan awal memasak, tahap proses memasak, dan tahap penyelesaian memasak. |
- Mendeskripsikan pengertian dan tujuan memasak
- Menjelaskan pengaruh proses memasak pada bahan makanan
- Mengklasifikasikan teknik memasak
- Menguraikan konsep dasar, tujuan, dan manfaat perlakuan awal pada bahan makanan
- Mengidentifikasi teknik penyelesaian dalam memasak
- Mengidentifikasi teknik pada perlakuan awal memasak
- Menjelaskan konsep penyajian makanan/garnish
|
Kriteria:
- -
- - Kategori sangat baik
- - Baik
- - Cukup
- - Kurang
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
- Ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi, dan pemberian tugas, dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: Prosedur memasak Pustaka: Dwi dan Lilis. 2015. Dasar Tatalaksana Boga. Surabaya: Unipress Unesa |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai pola makanan dan arti gizi berbagai bahan makanan |
Mahasiswa mampu :1. Membedakan istilah pola makanan dan bahan makanan2. Mengidentifikasi jenis-jenis bahan makanan yang membentuk pola makanan3. Menjelaskan fungsi-fungsi dari 5 macam zat gizi bagi tubuh manusia4. Memilih bahan-bahan makanan yang berkualitas |
Kriteria:
- Nila : A, jika betul semua
- B, Jika jawaban tidak lengkap
- C, Jika 2 poin salah
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Gizi makanan Pustaka: Dwi dan Lilis. 2015. Dasar Tatalaksana Boga. Surabaya: Unipress Unesa |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun menu sesuai dengan kebutuhan Gizi |
Mahasiswa mampu : 1. Menghitung kebutuhan zat gizi seseorang berdasarkan golongan dan fase perkembangan2. Menghitung kebutuhan bahan untuk susunan menu yang direncanakan3. Menyusun menu untuk berbagai macam keperluan ( Di implementasikan pada keluarga)4. Mempraktekan masakan yang tersusun dalam menu yang direncanakan |
Kriteria:
- Kriteria : A . amat baik
- B. Baik
- C. Cukup
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
1. Diskusi dan tanya jawab dan presentasi2. Latihan dan praktek 3 X 50 |
|
Materi: Kebutuhan gizi Pustaka: Soedarmo, Poerwo. 2010. Ilmu Gizi . Jakarta: Dian Rakyat. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu membuat bumbu dasar |
- Menjabarkan pengertian bumbu dasar
- Menganalisis karakteristik bumbu
- Mengidentifikasi teknik pembuatan bumbu dasar'
|
Kriteria:
mampu melakuan prosedur pembuatan bumbu dasar sesuai karakteristik bahan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Karakteristik bahan Pustaka: Dwi dan Lilis. 2015. Dasar Tatalaksana Boga. Surabaya: Unipress Unesa |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai konsep dasar pengolahan dalam proses memasak |
- Menjabarkan pengertian bumbu dasar
- Menganalisis karakteristik bumbu
- Mengidentifikasi teknik pembuatan bumbu dasar
|
Kriteria:
Mampu melakuan prosedur memasak sesuai SOP Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Praktikum 3 x 50 |
|
Materi: Prosedur memasak Pustaka: Dwi dan Lilis. 2015. Dasar Tatalaksana Boga. Surabaya: Unipress Unesa |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami konsep dasar sauce |
- Menjabarkan pengertian sauce
- Menganalisis karakteristik sauce
- Mengidentifikasi teknik pembuatan sauce dasar
|
Kriteria:
Mampu melakuan prosedur pembuatan sauce sesuai SOP Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
presentasi dan diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Saus dasar Pustaka: Allan, Cameron. 1978. Food and Cooking . Singapore: Federal Publishing. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai konsep dasar courses |
- Menjabarkan pengertian courses
- Menganalisis jenis courses
- Mengidentifikasi perbedaan jenis courses
|
Kriteria:
Mampu membuat resume courses dengan benar sesuai SOP Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Konsep Courses Pustaka: Allan, Cameron. 1978. Food and Cooking . Singapore: Federal Publishing. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun menu appetizer |
- Menjabarkan pengertian appetizer
- Menganalisis karakteristik appetizer
- Mengidentifikasi teknik pembuatan appetizer
|
Kriteria:
mampu melakuan prosedur pembuatan appetizer sesuai SOP Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan praktikum 3 x 50 |
|
Materi: Menu Appetizer Pustaka: Allan, Cameron. 1978. Food and Cooking . Singapore: Federal Publishing. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Menyusun menu appetizer |
- Menjabarkan pengertian appetizer
- Menganalisis karakteristik appetizer
- Mengidentifikasi teknik pembuatan appetizer
|
Kriteria:
mampu melakuan prosedur pembuatan appetizer sesuai SOP Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan praktikum 3 x 50 |
|
Materi: Menu Appetizer Pustaka: Allan, Cameron. 1978. Food and Cooking . Singapore: Federal Publishing. |
10% |