Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

8610302067

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

PLO-8

Mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta melalui kajian sesuai bidang keahliannya untuk menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar pengembangan instrumen penelitian dalam merancang alat ukur yang valid dan reliabel untuk penelitian pendidikan (C3)

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis berbagai model dan pendekatan dalam pengembangan instrumen penelitian untuk memilih yang paling efektif sesuai dengan konteks penelitian (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang telah ada untuk meningkatkan kualitas instrumen yang akan dikembangkan (C5)

PO - 4

Mahasiswa dapat menciptakan instrumen penelitian baru yang inovatif yang memenuhi standar ilmiah dan etis (C6)

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan teknik statistik dalam pengujian instrumen penelitian untuk memastikan validitas dan reliabilitas (C3)

PO - 6

Mahasiswa dapat menganalisis data yang diperoleh dari penggunaan instrumen penelitian untuk menilai efektivitas instrumen tersebut (C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memodifikasi instrumen penelitian berdasarkan feedback dari pengguna dan hasil pengujian (C5)

PO - 8

Mahasiswa dapat menciptakan protokol penelitian yang mengintegrasikan berbagai instrumen penelitian untuk studi yang komprehensif (C6)

PO - 9

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip etika dalam pengembangan dan penggunaan instrumen penelitian (C3)

PO - 10

Mahasiswa dapat menganalisis pengaruh desain instrumen terhadap hasil penelitian dan mengidentifikasi potensi bias (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-8
PO-1 
PO-2
PO-3 
PO-4
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S2 program studi Teknologi Pendidikan bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mahasiswa akan mempelajari teori-teori dasar pengembangan instrumen, teknik pengukuran, serta langkah-langkah validasi dan reliabilitas instrumen penelitian. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan tentang jenis-jenis instrumen penelitian, tahapan pengembangan instrumen, teknik analisis data instrumen, serta penerapan instrumen penelitian dalam konteks teknologi pendidikan. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.