Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Vokasi

8300102001

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

23 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ratna Suhartini, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filsafat ilmu, filsafat, konsep dan teori dalam bidang pendidikan vokasi dan ilmu murni dalam bidangnya

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar pendidikan vokasi, filosofi dan asumsi, teori dan strategi pembelajaran, model penyelenggaraan, dan problematika serta tantangan, serta model pendidikan vokasi di berbagai negara.

Pustaka

Utama :

  1. 1. UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
  2. 2. UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
  3. 3. Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
  4. 4. OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
  5. 5. OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
  6. 6. World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
  7. 7. Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
  8. 8. Referensi lain yang relevan.

Pendukung :

  1. Suhartini, R., Nurlaela, L., Samani, M., Wardono, A., Buditjahjanto, A., & Munoto. (2019). Readiness level of vocational high schools in teaching factory implementation. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(1), 258 – 275. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85077904487&partnerID=40&md5=d23ede7abe751a6361f36988735e52d3
  2. Suhartini, R., Ramadhani, B. Y. A., & Wahyuningsih, U. (2024). Improving Teaching Factory Performance by Work Culture in Vocational Learning. Eurasian Journal of Educational Research, 2024(109), 236 – 249. https://doi.org/10.14689/ejer.2024.109.014

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Muchlas, M.Pd.

Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar pendidikan vokasi.

Melakukan analisis dan sistesis tentang konsep dasar pendidikan vokasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2x50 Menit
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Memahami kajian keilmuan pendidikan vokasi

Melakukan analisis dan sistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi

Kriteria:

Mampu menganalisis dan mensistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2x50 Menit
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Memahami kajian keilmuan pendidikan vokasi

Melakukan analisis dan sistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi

Kriteria:

Mampu menganalisis dan mensistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2x50 Menit
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Memahami kajian keilmuan pendidikan vokasi

Melakukan analisis dan sistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi

Kriteria:

Mampu menganalisis dan mensistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2x50 Menit
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Memahami pedagogy, andragogy, heutagogy.

Mampu menganalisis dan memahamami secara kritis mengenai pedagogy, andragogy, heutagogy.

Kriteria:

Mampu menganalisis dan mensistesis tentang pedagogy, andragogy, heutagogy.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2x50 Menit
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Menguasai teori pembelajaran pendidikan vokasi.

Melakukan analisis dan sistesis tentang teori pembelajaran pendidikan vokasi.

Kriteria:

Mampu menganalisis dan mensistesis tentang teori pembelajaran teori pembelajaran pendidikan vokasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2x50 Menit
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:

Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi)
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Memahami strategi pembelajaran pendidikan vokasi

Melakukan analisis dan sistesis tentang strategi pembelajaran pendidikan vokasi.

Kriteria:

Mampu menganalisis dan mensistesis tentang mengenai pembelajaran teori pembelajaran pendidikan vokasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2x50 Menit
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:

Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi)
Pustaka:

Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro)
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Melakukan analisis dan sistesis tentang strategi pembelajaran pendidikan vokasi.

Kriteria:

Mampu menganalisis dan mensistesis tentang mengenai pembelajaran teori pembelajaran pendidikan vokasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:

Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi)
Pustaka:

Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro)
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara

Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di US

Kriteria:

Mampu menganalisis dan mensistesis tentang mengenai pembelajaran teori pembelajaran pendidikan vokasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:

Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi)
Pustaka:

Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro)
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara

Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di UK

Kriteria:

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di US


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:

Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi)
Pustaka:

Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro)
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara

Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Australia dan New Zealand

Kriteria:

Memahami penyelenggaraan pendidikan vokasi di Australia dan New Zealand


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:

Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi)
Pustaka:

Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro)
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara

Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di German dan Austria

Kriteria:

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di German dan Austria


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:

Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi)
Pustaka:

Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro)
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara

Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Finlandia

Kriteria:

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Finlandia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:

Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi)
Pustaka:

Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro)
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara

Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Korea Selatan dan Jepang

Kriteria:

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Finlandia model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Korea Selatan dan Jepang


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:

Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi)
Pustaka:

Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro)
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara

Melakukan analisis dan sintesis tentang problematikan dan tantangan pendidikan vokasi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi)
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
Pustaka:

Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
Pustaka:

Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
Pustaka:

Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
Pustaka:

Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
Pustaka:

Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi)
Pustaka:

Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi)
Pustaka:

Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro)
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:

Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi
Pustaka:

Materi: Problematika dan Tantangan Pendidikan Vokasi (Tinjauan Konsep, Program, Operasional, Tantangan)
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 62.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 37.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.