|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Vokasi |
8300102001 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
23 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ratna Suhartini, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai filsafat ilmu, filsafat, konsep dan teori dalam bidang pendidikan vokasi dan ilmu murni dalam bidangnya |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar pendidikan vokasi, filosofi dan asumsi, teori dan strategi pembelajaran, model penyelenggaraan, dan problematika serta tantangan, serta model pendidikan vokasi di berbagai negara. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher.
- 2. UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher.
- 3. Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc.
- 4. OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing.
- 5. OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing.
- 6. World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing.
- 7. Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID
- 8. Referensi lain yang relevan.
|
Pendukung : |
|
- Suhartini, R., Nurlaela, L., Samani, M., Wardono, A., Buditjahjanto, A., & Munoto. (2019). Readiness level of vocational high schools in teaching factory implementation. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(1), 258 – 275. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85077904487&partnerID=40&md5=d23ede7abe751a6361f36988735e52d3
- Suhartini, R., Ramadhani, B. Y. A., & Wahyuningsih, U. (2024). Improving Teaching Factory Performance by Work Culture in Vocational Learning. Eurasian Journal of Educational Research, 2024(109), 236 – 249. https://doi.org/10.14689/ejer.2024.109.014
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Muchlas, M.Pd. Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar pendidikan vokasi. |
Melakukan analisis dan sistesis tentang konsep dasar pendidikan vokasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2x50 Menit |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami kajian keilmuan pendidikan vokasi |
Melakukan analisis dan sistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan mensistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2x50 Menit |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami kajian keilmuan pendidikan vokasi |
Melakukan analisis dan sistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan mensistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2x50 Menit |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami kajian keilmuan pendidikan vokasi |
Melakukan analisis dan sistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan mensistesis tentang kajian keilmuan pendidikan vokasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2x50 Menit |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami pedagogy, andragogy, heutagogy. |
Mampu menganalisis dan memahamami secara kritis mengenai pedagogy, andragogy, heutagogy. |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan mensistesis tentang pedagogy, andragogy, heutagogy. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2x50 Menit |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai teori pembelajaran pendidikan vokasi. |
Melakukan analisis dan sistesis tentang teori pembelajaran pendidikan vokasi. |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan mensistesis tentang teori pembelajaran teori pembelajaran pendidikan vokasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2x50 Menit |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi) Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami strategi pembelajaran pendidikan vokasi |
Melakukan analisis dan sistesis tentang strategi pembelajaran pendidikan vokasi. |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan mensistesis tentang mengenai pembelajaran teori pembelajaran pendidikan vokasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2x50 Menit |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi) Pustaka: Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro) Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Melakukan analisis dan sistesis tentang strategi pembelajaran pendidikan vokasi. |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan mensistesis tentang mengenai pembelajaran teori pembelajaran pendidikan vokasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi) Pustaka: Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro) Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara |
Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di US |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan mensistesis tentang mengenai pembelajaran teori pembelajaran pendidikan vokasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi) Pustaka: Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro) Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara |
Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di UK |
Kriteria:
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di US Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi) Pustaka: Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro) Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara |
Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Australia dan New Zealand |
Kriteria:
Memahami penyelenggaraan pendidikan vokasi di Australia dan New Zealand Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi) Pustaka: Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro) Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara |
Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di German dan Austria |
Kriteria:
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di German dan Austria Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi) Pustaka: Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro) Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara |
Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Finlandia |
Kriteria:
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Finlandia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi) Pustaka: Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro) Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara |
Melakukan analisis dan sintesis model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Korea Selatan dan Jepang |
Kriteria:
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Finlandia model penyelenggaraan pendidikan vokasi di Korea Selatan dan Jepang Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi) Pustaka: Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro) Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami model penyelenggaraan pendidikan vokasi di berbagai negara |
Melakukan analisis dan sintesis tentang problematikan dan tantangan pendidikan vokasi. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
|
Materi: Konsep Dasar Pendidikan Vokasi (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Asumsi) Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2009. International Handbook of Education for the Changing World of Work. Springer Publisher. Pustaka: Materi: UNESCO-UNEVOC. 2007. Technical and Vocational Education and Training: Issues, Concerns and Prospects. Springer Publisher. Pustaka: Materi: Bünning. Frank & Zhao. Zhi-Qun (eds.) (2003), TVET Teacher Education on the Threshold of Internationalisation. Unesco-Unevoc. Pustaka: Materi: OECD. 2013. Education at a Glance 2013: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: OECD. 2012. Education Indicator in Focus: OECD Indicators, OECD Publishing. Pustaka: Materi: World Economic Forum. 2015. The Human Capital Report 2015, WEF Publishing. Pustaka: Materi: Fawcett, C, Gwen El Sawi and Christine Allison. 2014. TVET Models, Structures, and Policy Reform: Evidence from the Europe & Eurasia Region. USAID Pustaka: Materi: Kajian Keilmuan Pendidikan Vokasi (Terminologi, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi) Pustaka: Materi: Teori pembelajaran Pendidikan Vokasi (Teori Belajar Klasik, Teori Belajar Kontemporer, Konsep Baru Pembelajaran dalam Pendidikan Vokasi) Pustaka: Materi: Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi (Stratetegi Makro, Strategi Mikro) Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: Materi: Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pustaka: Materi: Problematika dan Tantangan Pendidikan Vokasi (Tinjauan Konsep, Program, Operasional, Tantangan) Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
20% |