Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Biomekanika dan Kelistrikan (Biomechanics and Electricity)

8410102239

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mohammad Budiyanto




Dr. Nur Kuswanti




Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi molecular biologis serta sel, molekul penyusun sel, biomekanika dan biolistrik.

PO - 2

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik.

PO - 3

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan respirasi sel dan fotosintesis, biomekanika dan biolistrik.

PO - 4

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengana pertumbuhan dan transport materi pada tumbuhan serta biomekanika.

PO - 5

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika.

PO - 6

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem saraf, sistem gerak,biomekanika dan biolistrik.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3
PO-4 
PO-5  
PO-6 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Dalam mata kuliah ini dibahas materi-materi biologi yang berkaitan dengan mekanika dan listrik. Materi biologi meliputi kimiakehidupan, sel dan membran sel, respirasi sel, fotosintesis, pertumbuhan dan transport materi pada tumbuhan, sistem pencernaan, sistem respirasi, sistem ekskresi, sistem kardivaskuler, sistem saraf, sistem indera dan sistem gerak. Adapun materi biomekanika dan biolistrik yang berkaitan dengan Kajian tentang konsep mekanika, kelistrikan, dan kemagnetan dan aplikasinya pada sistem gerak dan cardiovascular, teknologi, dan kehidupan sehari-hari yang diwujudkan dalam suatu rancangan pembelajaran IPA. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa untuk melaksanakan menciptakan solusi masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi-materi tersebut, yang hasilnya dipresentasikan.

Pustaka

Utama :

  1. Geitmann, A., Niklas, K., & T Speck. 2019. Plant biomechanics in the 21st century. Journal of Experimental Botany, 70(4), 3435–3438.
  2. Hamil, J., Knutzen, K.M. & T.R. Derrick. 2015. Biomechanical Basis of Human Movement. Wolter Kluwers: Philadelphia.
  3. Geitmann, A. & J. Gril. 2018. Plant biomechanics: From Structure to Function at Multiple Scales. Springer International Publishing AG: Cham, Switzerland.
  4. Urry, L.A., Cain, M.L., A. Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., and Orr, R.B. 2021. Campbell: Biology: Twelve Edition. Pearson Education: Hoboken, New Jersey.
  5. Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge.
  6. Giancoli, Douglas. 2016. Physics: Principles with Applications II Global Edition. California: Addison-Wesley.

Pendukung :

  1. Halliday & Resnick. 2013. Fundamental of Physics, 10th Edition. John Wiley & Sons Inc.
  2. Davidovits, P. (2018). Physics in biology and medicine. Academic press

Dosen Pengampu

Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St.

Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar Kuliah, kontrak kuliah dan Menerapkan serta mengembangkan konsep hakikat sains kaitannya dengan Biomekanika dan kelistrikan

Menerapkan dan mengembangkan konsep hakikat sains kaitannya dengan Biomekanika dan kelistrikan

Kriteria:
  1. Laporan dan produk 30%
  2. Aktivitas Partisipasif 20%
  3. Hasil USS 20%
  4. Hasil US 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, pemaparan, tanya jawab
2 x 50 menit
hybrid (Luring dan daring)
Materi: Pengantar Biomekanika dan Kelistrikan
Pustaka: Geitmann, A., Niklas, K., & T Speck. 2019. Plant biomechanics in the 21st century. Journal of Experimental Botany, 70(4), 3435–3438.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi molecular biologis serta sel, molekul penyusun sel, biomekanika dan biolistrik.

Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi molecular biologis serta sel, molekul penyusun sel, biomekanika dan biolistrik.

Kriteria:
  1. Laporan dan produk 30%
  2. Aktivitas Partisipasif 20%
  3. Hasil USS 20%
  4. Hasil US 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah, diskusi, penugasan
2 x 50 menit
Ceramah, diskusi, penugasan
2 x 50 menit
Materi: Urry, L.A., Cain, M.L., A. Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., and Orr, R.B. 2021. Campbell: Biology: Twelve Edition. Pearson Education: Hoboken, New Jersey.
Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge.
7%

3

Minggu ke 3

Menganalisis dan mengembangkan variabel pada peristiwa gerak pada Makhluk Hidup kaitannya dengan Biomekanika

  1. Mengalisis besaran fisis pada gerak makhluk hidup secara kinematika dan dinamika
  2. Mengalisis besaran fisis pada gerak makhluk hidup secara kinematika dan dinamika
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case based learning dan peer interaction
Diskusi, presentasi, tanya jawab
Materi: Gerak kinematika dan dinamika pada makhluk hidup
Pustaka: Geitmann, A., Niklas, K., & T Speck. 2019. Plant biomechanics in the 21st century. Journal of Experimental Botany, 70(4), 3435–3438.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik.

Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik.

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah, diskusi.
2 x 50 menit

Materi: struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik.
Pustaka: Urry, L.A., Cain, M.L., A. Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., and Orr, R.B. 2021. Campbell: Biology: Twelve Edition. Pearson Education: Hoboken, New Jersey.
7%

5

Minggu ke 5

  1. Menganalisis dan mengembangkan variabel pada peristiwa gerak pada Makhluk Hidup kaitannya dengan Biomekanika terapan pada sistem pernafasan
  2. Menciptakan solusi masalah sehari-hari kaitannya dengan gangguan sistem pernafasan

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case based learning dan peer interaction
Presntasi, diskusi, tanya jawab
Materi: analisis dan mengembangkan Bomikanika pada sistem pernafasan
Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan respirasi sel dan fotosintesis, biomekanika dan biolistrik.

Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan respirasi sel dan fotosintesis, biomekanika dan biolistrik.

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah, diskusi
2 x 50 menit

Materi: respirasi sel dan fotosintesis, biomekanika dan biolistrik
Pustaka: Urry, L.A., Cain, M.L., A. Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., and Orr, R.B. 2021. Campbell: Biology: Twelve Edition. Pearson Education: Hoboken, New Jersey.
7%

7

Minggu ke 7

  1. Menganalisis dan mengembangkan variabel pada peristiwa gerak pada Makhluk Hidup kaitannya dengan Biomekanika terapan pada sistem peredaran darah
  2. Menciptakan solusi masalah sehari-hari kaitannya dengan gangguan sistem peredaran darah
  1. Menganalisis gerak pada Makhluk Hidup kaitannya d terapan pada sistem peredaran darah
  2. Mengembangkan ide solusi masalah sehari-hari kaitannya dengan gangguan sistem peredaran darah
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case based learning dan peer interaction
Diskusi, tanya jawab, presentasi
Materi: Biomekanika terapan sistem peredaran darah
Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge.
5%

8

Minggu ke 8

Penguasaan konsep dan pengembangan Ide konsep Biomekanika

Jawaban soal UTS

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS

Materi: UTS
Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge.
20%

9

Minggu ke 9

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan pertumbuhan dan transport materi pada tumbuhan serta biomekanika.

Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan pertumbuhan dan transport materi pada tumbuhan serta biomekanika.

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah, diskusi
2 x 50 menit

Materi: pertumbuhan dan transport materi pada tumbuhan serta biomekanika
Pustaka: Geitmann, A. & J. Gril. 2018. Plant biomechanics: From Structure to Function at Multiple Scales. Springer International Publishing AG: Cham, Switzerland.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Menganalisis konversi energi pada Makhluk Hidup
  2. Mengembangkan sumber energi alternatif daya dukung kehidupan berkelanjutan Makhluk hidup
  1. Menganalisis konversi energi pada Makhluk Hidup (energi kinetik, energi potensial, energi listrik, dan energi listrik)
  2. Mengembangkan ide sumber energi alternatif daya dukung kehidupan berkelanjutan Makhluk hidup
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case based learning dan peer interaction
Presentasi, diskusi, dan tanya jawab
Materi: konversi energi pada makhluk hidup
Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika.

Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika.

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan diskusi
2 x 50 menit

Materi: struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika
Pustaka: Davidovits, P. (2018). Physics in biology and medicine. Academic press
5%

12

Minggu ke 12

Menganlaisis dan mengembangkan variabel pada kelistikan makhluk hidup untuk keberlangsungan kehidupan berkelanjutan

  1. Menganlaisis besaran pada kelistikan makhluk hidup untuk keberlangsungan kehidupan berkelanjutan
  2. Mengembangkan ide pada konsep kelistikan makhluk hidup untuk keberlangsungan kehidupan berkelanjutan
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case based learning dan peer interaction
preentasi, diskusi, dan tanya jawab
Materi: Kelistrikan Pada Makhluk Hidup
Pustaka: Davidovits, P. (2018). Physics in biology and medicine. Academic press
4%

13

Minggu ke 13

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem saraf, sistem gerak,biomekanika dan biolistrik.

Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem saraf, sistem gerak,biomekanika dan biolistrik.

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
ceramah, diskusi
2 x 50 menit

Materi: struktur dan fungsi sistem saraf, sistem gerak,biomekanika dan biolistrik
Pustaka: Geitmann, A., Niklas, K., & T Speck. 2019. Plant biomechanics in the 21st century. Journal of Experimental Botany, 70(4), 3435–3438.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik.
  2. Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika.

Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik.

Kriteria:

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi
2 x 50 menit
Presentasi tugas
2 x 50
Materi: 1. Macam otot rangka pada tubuh manusia 2. Macam otot (rangka, polos dan jantung) berdasarkan struktur yang berkaitan dengan proses kontraksi dan relaksasinya. 3. Sumber energi yang digunakan untuk kontraksi
Pustaka: Hamil, J., Knutzen, K.M. & T.R. Derrick. 2015. Biomechanical Basis of Human Movement. Wolter Kluwers: Philadelphia.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik.
  2. Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik.
  1. Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik.
  2. Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik.
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi
2 x 50 menit
Presentasi
2 x 50 menit
Materi: a. Konsentrasi ion di dalam dan di luar sel syaraf. b. Potensial istirahat membran c. Proses terjadinya dan penghantaran potensial aksi d. Macam intensitas stimulasi e. Skema komponen sistem syaraf manusia.
Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik.

Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik.

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Tes
Case based learning dan peer interaction
Presentasi, tanya jawab
Materi: UAS
Pustaka: Geitmann, A. & J. Gril. 2018. Plant biomechanics: From Structure to Function at Multiple Scales. Springer International Publishing AG: Cham, Switzerland.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 46%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 17%
3. Praktik / Unjuk Kerja 1.67%
4. Tes 35.33%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.