|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Biomekanika dan Kelistrikan (Biomechanics and Electricity) |
8410102239 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Mohammad Budiyanto
|
Dr. Nur Kuswanti
|
Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi molecular biologis serta sel, molekul penyusun sel, biomekanika dan biolistrik.
|
PO - 2 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik.
|
PO - 3 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan respirasi sel dan fotosintesis, biomekanika dan biolistrik.
|
PO - 4 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengana pertumbuhan dan transport materi pada tumbuhan serta biomekanika.
|
PO - 5 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika.
|
PO - 6 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem saraf, sistem gerak,biomekanika dan biolistrik.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-5 | ✔ | | ✔ | | PO-6 | ✔ | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Dalam mata kuliah ini dibahas materi-materi biologi yang berkaitan dengan mekanika dan listrik. Materi biologi meliputi kimiakehidupan, sel dan membran sel, respirasi sel, fotosintesis, pertumbuhan dan transport materi pada tumbuhan, sistem pencernaan, sistem respirasi, sistem ekskresi, sistem kardivaskuler, sistem saraf, sistem indera dan sistem gerak. Adapun materi biomekanika dan biolistrik yang berkaitan dengan Kajian tentang konsep mekanika, kelistrikan, dan kemagnetan dan aplikasinya pada sistem gerak dan cardiovascular, teknologi, dan kehidupan sehari-hari yang diwujudkan dalam suatu rancangan pembelajaran IPA. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa untuk melaksanakan menciptakan solusi masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi-materi tersebut, yang hasilnya dipresentasikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Geitmann, A., Niklas, K., & T Speck. 2019. Plant biomechanics in the 21st century. Journal of Experimental Botany, 70(4), 3435–3438.
- Hamil, J., Knutzen, K.M. & T.R. Derrick. 2015. Biomechanical Basis of Human Movement. Wolter Kluwers: Philadelphia.
- Geitmann, A. & J. Gril. 2018. Plant biomechanics: From Structure to Function at Multiple Scales. Springer International Publishing AG: Cham, Switzerland.
- Urry, L.A., Cain, M.L., A. Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., and Orr, R.B. 2021. Campbell: Biology: Twelve Edition. Pearson Education: Hoboken, New Jersey.
- Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge.
- Giancoli, Douglas. 2016. Physics: Principles with Applications II Global Edition. California: Addison-Wesley.
|
Pendukung : |
|
- Halliday & Resnick. 2013. Fundamental of Physics, 10th Edition. John Wiley & Sons Inc.
- Davidovits, P. (2018). Physics in biology and medicine. Academic press
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St. Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar Kuliah, kontrak kuliah dan Menerapkan serta mengembangkan konsep hakikat sains kaitannya dengan Biomekanika dan kelistrikan |
Menerapkan dan mengembangkan konsep hakikat sains kaitannya dengan Biomekanika dan kelistrikan |
Kriteria:
- Laporan dan produk 30%
- Aktivitas Partisipasif 20%
- Hasil USS 20%
- Hasil US 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, pemaparan, tanya jawab 2 x 50 menit |
hybrid (Luring dan daring)
|
Materi: Pengantar Biomekanika dan Kelistrikan Pustaka: Geitmann, A., Niklas, K., & T Speck. 2019. Plant biomechanics in the 21st century. Journal of Experimental Botany, 70(4), 3435–3438. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi molecular biologis serta sel, molekul penyusun sel, biomekanika dan biolistrik. |
Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi molecular biologis serta sel, molekul penyusun sel, biomekanika dan biolistrik. |
Kriteria:
- Laporan dan produk 30%
- Aktivitas Partisipasif 20%
- Hasil USS 20%
- Hasil US 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, penugasan 2 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, penugasan 2 x 50 menit |
Materi: Urry, L.A., Cain, M.L., A. Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., and Orr, R.B. 2021. Campbell: Biology: Twelve Edition. Pearson Education: Hoboken, New Jersey. Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge. |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis dan mengembangkan variabel pada peristiwa gerak pada Makhluk Hidup kaitannya dengan Biomekanika |
- Mengalisis besaran fisis pada gerak makhluk hidup secara kinematika dan dinamika
- Mengalisis besaran fisis pada gerak makhluk hidup secara kinematika dan dinamika
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan peer interaction
|
Diskusi, presentasi, tanya jawab
|
Materi: Gerak kinematika dan dinamika pada makhluk hidup Pustaka: Geitmann, A., Niklas, K., & T Speck. 2019. Plant biomechanics in the 21st century. Journal of Experimental Botany, 70(4), 3435–3438. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik. |
Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik. |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi. 2 x 50 menit |
|
Materi: struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik. Pustaka: Urry, L.A., Cain, M.L., A. Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., and Orr, R.B. 2021. Campbell: Biology: Twelve Edition. Pearson Education: Hoboken, New Jersey. |
7% |
5
Minggu ke 5 |
- Menganalisis dan mengembangkan variabel pada peristiwa gerak pada Makhluk Hidup kaitannya dengan Biomekanika terapan pada sistem pernafasan
- Menciptakan solusi masalah sehari-hari kaitannya dengan gangguan sistem pernafasan
|
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan peer interaction
|
Presntasi, diskusi, tanya jawab
|
Materi: analisis dan mengembangkan Bomikanika pada sistem pernafasan Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan respirasi sel dan fotosintesis, biomekanika dan biolistrik. |
Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan respirasi sel dan fotosintesis, biomekanika dan biolistrik. |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi 2 x 50 menit |
|
Materi: respirasi sel dan fotosintesis, biomekanika dan biolistrik Pustaka: Urry, L.A., Cain, M.L., A. Wasserman, S.A., Minorsky, P.V., and Orr, R.B. 2021. Campbell: Biology: Twelve Edition. Pearson Education: Hoboken, New Jersey. |
7% |
7
Minggu ke 7 |
- Menganalisis dan mengembangkan variabel pada peristiwa gerak pada Makhluk Hidup kaitannya dengan Biomekanika terapan pada sistem peredaran darah
- Menciptakan solusi masalah sehari-hari kaitannya dengan gangguan sistem peredaran darah
|
- Menganalisis gerak pada Makhluk Hidup kaitannya d terapan pada sistem peredaran darah
- Mengembangkan ide solusi masalah sehari-hari kaitannya dengan gangguan sistem peredaran darah
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan peer interaction
|
Diskusi, tanya jawab, presentasi
|
Materi: Biomekanika terapan sistem peredaran darah Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Penguasaan konsep dan pengembangan Ide konsep Biomekanika |
Jawaban soal UTS |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
|
Materi: UTS Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan pertumbuhan dan transport materi pada tumbuhan serta biomekanika. |
Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan pertumbuhan dan transport materi pada tumbuhan serta biomekanika. |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi 2 x 50 menit |
|
Materi: pertumbuhan dan transport materi pada tumbuhan serta biomekanika Pustaka: Geitmann, A. & J. Gril. 2018. Plant biomechanics: From Structure to Function at Multiple Scales. Springer International Publishing AG: Cham, Switzerland. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Menganalisis konversi energi pada Makhluk Hidup
- Mengembangkan sumber energi alternatif daya dukung kehidupan berkelanjutan Makhluk hidup
|
- Menganalisis konversi energi pada Makhluk Hidup (energi kinetik, energi potensial, energi listrik, dan energi listrik)
- Mengembangkan ide sumber energi alternatif daya dukung kehidupan berkelanjutan Makhluk hidup
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan peer interaction
|
Presentasi, diskusi, dan tanya jawab
|
Materi: konversi energi pada makhluk hidup Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika. |
Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika. |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan diskusi 2 x 50 menit |
|
Materi: struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika Pustaka: Davidovits, P. (2018). Physics in biology and medicine. Academic press |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganlaisis dan mengembangkan variabel pada kelistikan makhluk hidup untuk keberlangsungan kehidupan berkelanjutan |
- Menganlaisis besaran pada kelistikan makhluk hidup untuk keberlangsungan kehidupan berkelanjutan
- Mengembangkan ide pada konsep kelistikan makhluk hidup untuk keberlangsungan kehidupan berkelanjutan
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case based learning dan peer interaction
|
preentasi, diskusi, dan tanya jawab
|
Materi: Kelistrikan Pada Makhluk Hidup Pustaka: Davidovits, P. (2018). Physics in biology and medicine. Academic press |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem saraf, sistem gerak,biomekanika dan biolistrik. |
Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem saraf, sistem gerak,biomekanika dan biolistrik. |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
ceramah, diskusi 2 x 50 menit |
|
Materi: struktur dan fungsi sistem saraf, sistem gerak,biomekanika dan biolistrik Pustaka: Geitmann, A., Niklas, K., & T Speck. 2019. Plant biomechanics in the 21st century. Journal of Experimental Botany, 70(4), 3435–3438. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik.
- Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika.
|
Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik. |
Kriteria:
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan fungsi sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sstem pernapasan, sistem ekskresi dan biomekanika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi 2 x 50 menit |
Presentasi tugas 2 x 50 |
Materi: 1. Macam otot rangka pada tubuh manusia 2. Macam otot (rangka, polos dan jantung) berdasarkan struktur yang berkaitan dengan proses kontraksi dan relaksasinya. 3. Sumber energi yang digunakan untuk kontraksi Pustaka: Hamil, J., Knutzen, K.M. & T.R. Derrick. 2015. Biomechanical Basis of Human Movement. Wolter Kluwers: Philadelphia. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik.
- Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik.
|
- Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik.
- Menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur-fungsi sel dan membrane sel, biomekanika dan biolistrik.
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi 2 x 50 menit |
Presentasi 2 x 50 menit |
Materi: a. Konsentrasi ion di dalam dan di luar sel syaraf. b. Potensial istirahat membran c. Proses terjadinya dan penghantaran potensial aksi d. Macam intensitas stimulasi e. Skema komponen sistem syaraf manusia. Pustaka: Ethier, C.R. & C. A. Simmons. 2007. Introductory Biomechanics: From Cells to Organisms. Cambridge Universiy: Cambridge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik. |
Mampu menciptakan solusi masalah sehari-hari berkaitan dengan materi biomekanika dan biolistrik. |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Tes |
Case based learning dan peer interaction
|
Presentasi, tanya jawab
|
Materi: UAS Pustaka: Geitmann, A. & J. Gril. 2018. Plant biomechanics: From Structure to Function at Multiple Scales. Springer International Publishing AG: Cham, Switzerland. |
5% |