Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Aplikasi BIM 3D

8320502327

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

2

8 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Desy Ratna Arthaningtyas, S.T., M.T




Desy Ratna Arthaningtyas, S.T., M.T




Dr. Gde Agus Yudha Prawira Adistana, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengaplikasikan pengetahuan teknologi untuk mendukung bidang Pendidikan Teknik Bangunan

PLO-7

Mampu menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi solusi untuk suatu permasalahan ketekniksipilan yang mampu mendukung bidang Pendidikan Teknik Bangunan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai teori konstruksi bangunan dan mampu membaca gambar konstruksi bangunan

PO - 2

Mampu memvisualisasikan gambar bangunan dalam bentuk 3D

PO - 3

Mampu mengaplikasikan dan menguasai teknologi aplikasi BIM 3D pada gambar bangunan konstruksi struktur, arsitektur, dan MEP

PO - 4

Mampu menghitung volume pekerjaan dengan aplikasi BIM 3D

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-7
PO-1 
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Aplikasi BIM 3D merupakan mata kuliah yang mengedepankan penggunaan teknologi perangkat lunak komputer pada bidang teknik bangunan dalam format aplikasi BIM 3D. BIM 3D merupakan aspek dasar yang harus dimengerti dalam pemodelan konstruksi berbasis industri 4.0. Mata kuliah ini berisi tentang pengenalan dasar aplikasi BIM 3D, bentuk implementasi gambar struktur, arsitektur, dan MEP konstruksi bangunan dalam aplikasi BIM 3D, penerapan penggunaan aplikasi BIM 3D dalam mendesain bangunan pada aspek struktur konstruksi, arsitektur, dan MEP, perhitungan volume menggunakan aplikasi BIM 3D.

Pustaka

Utama :

  1. Wing, Eric. 2016. Autodesk Revit Architecture 2016. Canada: John Willey & Sons, Inc
  2. Safri. 2022. Autodesk Revit 2022 Untuk Pemula Jilid 1 (Struktur Gedung). Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta
  3. Nurdiana, Asri, dan Previari Umi Pramesti. 2022. Revit Untuk BIM. Semarang: Undip Press
  4. Raharditya, Arya. 2018. Tutorial Pemodelan Perhitungan Volume dan Biaya Menggunakan Revit 2018. Indonesia: ITS

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman teori konstruksi bangunan pada bidang keteksipilan

  1. Menguasai teori konstruksi bangunan
  2. Mengidentifikasi bagian konstruksi bangunan
  3. Menjelaskan fungsi dari bagian konstruksi bangunan
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat memahami materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: Struktur konstruksi bangunan
Pustaka: Safri. 2022. Autodesk Revit 2022 Untuk Pemula Jilid 1 (Struktur Gedung). Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta
1%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep implementasi BIM 3D

  1. Menguasai teori konstruksi bangunan
  2. Dapat mengidentifikasi dan menjelaskan penerapan konstruksi bangunan dalam format BIM 3D
  3. Memahami penggunaan aplikasi BIM 3D
  4. Menerapkan desain konstruksi dengan format aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat memahami materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: BIM 3D struktur bangunan
Pustaka: Safri. 2022. Autodesk Revit 2022 Untuk Pemula Jilid 1 (Struktur Gedung). Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta
1%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep implementasi BIM 3D

  1. Menguasai teori konstruksi bangunan
  2. Dapat mengidentifikasi dan menjelaskan penerapan konstruksi bangunan dalam format BIM 3D
  3. Memahami penggunaan aplikasi BIM 3D
  4. Menerapkan desain konstruksi dengan format aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: BIM 3D struktur bangunan
Pustaka: Safri. 2022. Autodesk Revit 2022 Untuk Pemula Jilid 1 (Struktur Gedung). Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta
3%

4

Minggu ke 4

Memahami teori dan gambar pondasi serta mengimplementasikan dalam bentuk gambar dengan format BIM 3D

  1. Memahami teori konstruksi pondasi bangunan
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar struktur pondasi
  3. Mengidentifikasi prinsip standar gambar pondasi
  4. Menerapkan gambar pondasi dengan aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Pondasi
Pustaka: Safri. 2022. Autodesk Revit 2022 Untuk Pemula Jilid 1 (Struktur Gedung). Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta
5%

5

Minggu ke 5

Memahami teori dan gambar kolom serta mengimplementasikan dalam bentuk gambar dengan format BIM 3D

  1. Memahami teori konstruksi kolom bangunan
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar struktur kolom
  3. Mengidentifikasi prinsip standar gambar kolom
  4. Menerapkan gambar kolom dengan aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Kolom
Pustaka: Safri. 2022. Autodesk Revit 2022 Untuk Pemula Jilid 1 (Struktur Gedung). Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta
5%

6

Minggu ke 6

Memahami teori dan gambar balok serta mengimplementasikan dalam bentuk gambar dengan format BIM 3D

  1. Memahami teori konstruksi balok bangunan
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar struktur balok
  3. Mengidentifikasi prinsip standar gambar balok
  4. Menerapkan gambar balok dengan aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Balok
Pustaka: Nurdiana, Asri, dan Previari Umi Pramesti. 2022. Revit Untuk BIM. Semarang: Undip Press
5%

7

Minggu ke 7

Memahami teori dan gambar plat lantai serta mengimplementasikan dalam bentuk gambar dengan format BIM 3D

  1. Memahami teori konstruksi plat lantai bangunan
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar struktur plat lantai
  3. Mengidentifikasi prinsip standar gambar plat lantai
  4. Menerapkan gambar balok dengan aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Plat lantai
Pustaka: Safri. 2022. Autodesk Revit 2022 Untuk Pemula Jilid 1 (Struktur Gedung). Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Nilai penuh apabila dapat mengerjakan seluruh soal


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2x50

15%

9

Minggu ke 9

Memahami teori dan gambar tangga serta mengimplementasikan dalam bentuk gambar dengan format BIM 3D

  1. Memahami teori konstruksi tangga
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar struktur tangga
  3. Mengidentifikasi prinsip standar gambar tangga
  4. Menerapkan gambar tangga dengan aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Struktur tangga
Pustaka: Wing, Eric. 2016. Autodesk Revit Architecture 2016. Canada: John Willey & Sons, Inc
5%

10

Minggu ke 10

Memahami teori dan gambar dinding serta mengimplementasikan dalam bentuk gambar dengan format BIM 3D

  1. Memahami teori konstruksi dinding bangunan
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar struktur dinding
  3. Mengidentifikasi prinsip standar gambar dinding
  4. Menerapkan gambar dinding dengan aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Dinding
Pustaka: Wing, Eric. 2016. Autodesk Revit Architecture 2016. Canada: John Willey & Sons, Inc
5%

11

Minggu ke 11

Memahami teori dan gambar atap serta mengimplementasikan dalam bentuk gambar dengan format BIM 3D

  1. Memahami teori konstruksi atap bangunan
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar struktur atap
  3. Mengidentifikasi prinsip standar gambar atap
  4. Menerapkan gambar atap dengan aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Struktur atap
Pustaka: Wing, Eric. 2016. Autodesk Revit Architecture 2016. Canada: John Willey & Sons, Inc
5%

12

Minggu ke 12

Memahami teori dan gambar kusen serta mengimplementasikan dalam bentuk gambar dengan format BIM 3D

  1. Memahami teori kusen
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar kusen
  3. Mengidentifikasi prinsip standar gambar kusen
  4. Menerapkan gambar kusen dengan aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Kusen
Pustaka: Nurdiana, Asri, dan Previari Umi Pramesti. 2022. Revit Untuk BIM. Semarang: Undip Press
5%

13

Minggu ke 13

Memahami teori dan gambar interior serta mengimplementasikan dalam bentuk gambar dengan format BIM 3D

  1. Memahami teori dan gambar desain interior bangunan
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar desain interior
  3. Mengidentifikasi prinsip standar gambar interior
  4. Menerapkan gambar interior dengan aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Interior
Pustaka: Nurdiana, Asri, dan Previari Umi Pramesti. 2022. Revit Untuk BIM. Semarang: Undip Press
5%

14

Minggu ke 14

Memahami teori dan gambar interior serta mengimplementasikan dalam bentuk gambar dengan format BIM 3D

  1. Memahami materi desain interior bangunan
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar interior bangunan
  3. Mengidentifikasi prinsip standar gambar interior
  4. Menerapkan gambar interior dengan aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Interior
Pustaka: Nurdiana, Asri, dan Previari Umi Pramesti. 2022. Revit Untuk BIM. Semarang: Undip Press
5%

15

Minggu ke 15

Memahami langkah menghitung volume pekerjaan menggunakan aplikasi BIM 3D

  1. Memahami teori perhitungan volume pekerjaan konstruksi
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah dan standar perhitungan volume pekerjaan
  3. Menerapkan perhitungan volume pekerjaan pada aplikasi BIM 3D
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menggunakan aplikasi BIM 3D


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
2x50

Materi: Perhitungan volume
Pustaka: Raharditya, Arya. 2018. Tutorial Pemodelan Perhitungan Volume dan Biaya Menggunakan Revit 2018. Indonesia: ITS
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat mengerjakan soal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
UAS
2X50

25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 32.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 27.5%
4. Tes 27.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.