Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Matematika

8310102138

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

30 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Dian Savitri, M.Si.




.......................................




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora

PLO-12

Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

PLO-13

Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep-konsep filsafat matematika dalam pengembangan kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang inovatif (C3)

PO - 2

Menganalisis dampak filsafat matematika terhadap pengembangan metode pembelajaran dan teknologi pendidikan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi berbagai teori dan pendekatan dalam filsafat matematika untuk meningkatkan kualitas riset pendidikan teknologi kejuruan (C5)

PO - 4

Menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan pendidikan teknologi kejuruan dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip filsafat matematika (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip-prinsip filsafat matematika dalam analisis dan pengembangan teknologi pendidikan yang relevan (C3)

PO - 6

Menganalisis peran filsafat matematika dalam membentuk pemikiran kritis dan sistematis dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan (C4)

PO - 7

Mengevaluasi pengaruh filsafat matematika terhadap etika akademik dan nilai-nilai kebangsaan dalam praktik pendidikan (C5)

PO - 8

Menciptakan metodologi penelitian yang inovatif dalam pendidikan teknologi kejuruan dengan mengadopsi pendekatan filsafat matematika (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-12PLO-13
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Filsafat Matematika pada jenjang S2 program studi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang aspek filosofis dalam matematika. Mata kuliah ini akan membahas berbagai konsep filosofis yang mendasari matematika, seperti kebenaran matematika, hubungan antara matematika dan realitas, serta peran matematika dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup diskusi tentang sejarah perkembangan filsafat matematika, pemikiran para filsuf matematika terkemuka, dan relevansi filsafat matematika dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan. Mahasiswa diharapkan mampu mengkaji secara kritis dan reflektif tentang hubungan antara matematika dan filsafat serta menerapkan pemahaman tersebut dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan.

Pustaka

Utama :

  1. Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney.

Pendukung :

  1. Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen
  2. Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press

Dosen Pengampu

Dr. Dian Savitri, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep filsafat matematika dalam merancang kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang inovatif.

  1. Penerapan konsep filsafat matematika dalam kurikulum
  2. Kreativitas dalam pengembangan kurikulum inovatif
  3. Ketepatan dalam memilih konsep filsafat matematika yang relevan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam kurikulum inovatif
Materi: Pengenalan konsep filsafat matematika, Hubungan antara filsafat matematika dan kurikulum, Strategi pengembangan kurikulum inovatif
Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney.
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep filsafat matematika dalam merancang kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang inovatif.

  1. Penerapan konsep filsafat matematika dalam kurikulum
  2. Kreativitas dalam pengembangan kurikulum inovatif
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam kurikulum inovatif
Materi: Konsep filsafat matematika, Pengembangan kurikulum inovatif, Pendidikan teknologi kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Konsep filsafat matematika, Pengembangan kurikulum inovatif, Pendidikan teknologi kejuruan
Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep filsafat matematika dalam pengembangan kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang inovatif.

  1. konsep filsafat matematika diterapkan dengan tepat dalam pengembangan kurikulum
  2. kreativitas dalam merancang kurikulum inovatif
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam kurikulum inovatif
Materi: Pengenalan Konsep Filsafat Matematika, Penerapan Konsep Filsafat Matematika dalam Kurikulum Teknologi Kejuruan, Studi Kasus Kurikulum Inovatif
Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney.
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep filsafat matematika dalam pengembangan kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang inovatif.

  1. Penerapan konsep filsafat matematika dalam pengembangan kurikulum
  2. Kemampuan mengidentifikasi inovasi dalam pendidikan teknologi kejuruan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam pengembangan kurikulum
Materi: Konsep-konsep Filsafat Matematika, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi Kejuruan yang Inovatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Konsep-konsep Filsafat Matematika, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi Kejuruan yang Inovatif
Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney.
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara filsafat matematika dengan pengembangan metode pembelajaran dan teknologi pendidikan, serta mampu mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam konteks nyata.

  1. Analisis hubungan filsafat matematika dengan metode pembelajaran
  2. Penerapan konsep filsafat matematika dalam teknologi pendidikan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam pembelajaran
Materi: Konsep-konsep filsafat matematika, Pengembangan metode pembelajaran inovatif, Pemanfaatan teknologi pendidikan
Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi secara kritis teori dan pendekatan dalam filsafat matematika untuk mengembangkan riset pendidikan teknologi kejuruan yang berkualitas.

  1. Analisis kritis teori filsafat matematika
  2. Pemahaman mendalam terhadap pendekatan dalam filsafat matematika
  3. Kemampuan mengidentifikasi relevansi teori dengan riset pendidikan teknologi kejuruan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang aplikasi teori dalam riset pendidikan
Materi: Teori Matematika, Pendekatan Filsafat dalam Matematika, Riset Pendidikan Teknologi Kejuruan
Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney.

Materi: Teori Matematika, Pendekatan Filsafat dalam Matematika, Riset Pendidikan Teknologi Kejuruan
Pustaka: Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan pendidikan teknologi kejuruan dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip filsafat matematika.

  1. Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip filsafat matematika dalam solusi inovatif
  2. Kreativitas dalam menciptakan solusi pendidikan teknologi kejuruan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang penerapan prinsip filsafat matematika dalam solusi inovatif
Materi: Prinsip-prinsip Filsafat Matematika, Pendidikan Teknologi Kejuruan, Inovasi dalam Pendidikan
Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney.

Materi: Prinsip-prinsip Filsafat Matematika, Pendidikan Teknologi Kejuruan, Inovasi dalam Pendidikan
Pustaka: Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen
3%

8

Minggu ke 8

Semua materi sebelum UTS

UTS

Kriteria:
  1. Tes essay secara luring
  2. Skor maksimal 100

Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
100

Materi: Semua materi sebelum UTS
Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney.

Materi: Semua materi sebelum UTS
Pustaka: Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan pendidikan teknologi kejuruan dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip filsafat matematika.

  1. Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip filsafat matematika dalam solusi inovatif
  2. Kreativitas dalam mengintegrasikan filsafat matematika dalam pendidikan teknologi kejuruan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang penerapan prinsip filsafat matematika dalam solusi inovatif
Materi: Prinsip-prinsip Filsafat Matematika, Pendidikan Teknologi Kejuruan, Inovasi dalam Pendidikan
Pustaka: Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip filsafat matematika dalam analisis dan pengembangan teknologi pendidikan yang relevan.

  1. analisis prinsip filsafat matematika
  2. penerapan prinsip filsafat matematika dalam teknologi pendidikan
  3. kreativitas dalam pengembangan teknologi pendidikan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang penerapan prinsip filsafat matematika dalam teknologi pendidikan
Materi: Konsep Filsafat Matematika, Penerapan Filsafat Matematika dalam Teknologi Pendidikan, Studi Kasus
Pustaka: Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara filsafat matematika dengan pemikiran kritis dan sistematis dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan.

  1. Hubungan antara filsafat matematika dan pemikiran kritis diidentifikasi
  2. Pemahaman tentang peran filsafat matematika dalam pendidikan teknologi kejuruan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang aplikasi filsafat matematika dalam teknologi kejuruan
Materi: Definisi filsafat matematika, Pemikiran kritis dan sistematis, Pendidikan teknologi kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Definisi filsafat matematika, Pemikiran kritis dan sistematis, Pendidikan teknologi kejuruan
Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara filsafat matematika dengan pemikiran kritis dan sistematis dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan.

  1. Hubungan filsafat matematika dengan pemikiran kritis
  2. Penerapan pemikiran sistematis dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang aplikasi pemikiran kritis dalam matematika
Materi: Definisi filsafat matematika, Pemikiran kritis dalam matematika, Sistematisasi dalam pendidikan teknologi kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Definisi filsafat matematika, Pemikiran kritis dalam matematika, Sistematisasi dalam pendidikan teknologi kejuruan
Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi pengaruh filsafat matematika terhadap etika akademik dan nilai-nilai kebangsaan dalam praktik pendidikan.

  1. Pengidentifikasian dampak filsafat matematika
  2. Analisis etika akademik dalam praktik pendidikan
  3. Penilaian nilai-nilai kebangsaan dalam konteks pendidikan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang penerapan filsafat matematika dalam kasus nyata pendidikan
Materi: Konsep filsafat matematika, Etika akademik, Nilai-nilai kebangsaan, Penerapan dalam praktik pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Konsep filsafat matematika, Etika akademik, Nilai-nilai kebangsaan, Penerapan dalam praktik pendidikan
Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metodologi penelitian inovatif dalam pendidikan teknologi kejuruan dengan pendekatan filsafat matematika.

  1. Kemampuan menerapkan konsep filsafat matematika dalam metodologi penelitian
  2. Kemampuan mengidentifikasi keunikan metodologi penelitian inovatif
  3. Kemampuan menyusun metodologi penelitian yang kreatif
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam metodologi penelitian, Penyusunan portofolio metodologi penelitian inovatif
Materi: Konsep filsafat matematika, Metodologi penelitian inovatif, Pendidikan teknologi kejuruan
Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metodologi penelitian yang inovatif dalam pendidikan teknologi kejuruan dengan pendekatan filsafat matematika.

  1. Kemampuan merumuskan metodologi penelitian inovatif
  2. Kemampuan menerapkan pendekatan filsafat matematika dalam penelitian
  3. Kemampuan mengidentifikasi keunggulan metodologi penelitian yang diciptakan
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Diskusi daring tentang penerapan pendekatan filsafat matematika dalam penelitian
Materi: Pendekatan Filsafat Matematika dalam Penelitian, Metodologi Penelitian Inovatif, Pendidikan Teknologi Kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pendekatan Filsafat Matematika dalam Penelitian, Metodologi Penelitian Inovatif, Pendidikan Teknologi Kejuruan
Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press
5%

16

Minggu ke 16

Semua materi sebelum UAS

UAS

Kriteria:
  1. Tes essay secara luring
  2. Skor maksimal 100

Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
100

Materi: Semua materi sebelum UAS
Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 9.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 19%
3. Penilaian Portofolio 21.5%
4. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.