|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Matematika |
8310102138 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
30 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Dian Savitri, M.Si.
|
.......................................
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora |
PLO-12 |
Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
PLO-13 |
Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep-konsep filsafat matematika dalam pengembangan kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang inovatif (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dampak filsafat matematika terhadap pengembangan metode pembelajaran dan teknologi pendidikan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi berbagai teori dan pendekatan dalam filsafat matematika untuk meningkatkan kualitas riset pendidikan teknologi kejuruan (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan pendidikan teknologi kejuruan dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip filsafat matematika (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan prinsip-prinsip filsafat matematika dalam analisis dan pengembangan teknologi pendidikan yang relevan (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis peran filsafat matematika dalam membentuk pemikiran kritis dan sistematis dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi pengaruh filsafat matematika terhadap etika akademik dan nilai-nilai kebangsaan dalam praktik pendidikan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan metodologi penelitian yang inovatif dalam pendidikan teknologi kejuruan dengan mengadopsi pendekatan filsafat matematika (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-12 | PLO-13 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | ✔ | | PO-7 | ✔ | | | PO-8 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Filsafat Matematika pada jenjang S2 program studi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang aspek filosofis dalam matematika. Mata kuliah ini akan membahas berbagai konsep filosofis yang mendasari matematika, seperti kebenaran matematika, hubungan antara matematika dan realitas, serta peran matematika dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup diskusi tentang sejarah perkembangan filsafat matematika, pemikiran para filsuf matematika terkemuka, dan relevansi filsafat matematika dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan. Mahasiswa diharapkan mampu mengkaji secara kritis dan reflektif tentang hubungan antara matematika dan filsafat serta menerapkan pemahaman tersebut dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney.
|
Pendukung : |
|
- Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen
- Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Dian Savitri, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep filsafat matematika dalam merancang kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang inovatif. |
- Penerapan konsep filsafat matematika dalam kurikulum
- Kreativitas dalam pengembangan kurikulum inovatif
- Ketepatan dalam memilih konsep filsafat matematika yang relevan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam kurikulum inovatif
|
Materi: Pengenalan konsep filsafat matematika, Hubungan antara filsafat matematika dan kurikulum, Strategi pengembangan kurikulum inovatif Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep filsafat matematika dalam merancang kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang inovatif. |
- Penerapan konsep filsafat matematika dalam kurikulum
- Kreativitas dalam pengembangan kurikulum inovatif
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam kurikulum inovatif
|
Materi: Konsep filsafat matematika, Pengembangan kurikulum inovatif, Pendidikan teknologi kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Konsep filsafat matematika, Pengembangan kurikulum inovatif, Pendidikan teknologi kejuruan Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep filsafat matematika dalam pengembangan kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang inovatif. |
- konsep filsafat matematika diterapkan dengan tepat dalam pengembangan kurikulum
- kreativitas dalam merancang kurikulum inovatif
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam kurikulum inovatif
|
Materi: Pengenalan Konsep Filsafat Matematika, Penerapan Konsep Filsafat Matematika dalam Kurikulum Teknologi Kejuruan, Studi Kasus Kurikulum Inovatif Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep filsafat matematika dalam pengembangan kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang inovatif. |
- Penerapan konsep filsafat matematika dalam pengembangan kurikulum
- Kemampuan mengidentifikasi inovasi dalam pendidikan teknologi kejuruan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam pengembangan kurikulum
|
Materi: Konsep-konsep Filsafat Matematika, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi Kejuruan yang Inovatif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Konsep-konsep Filsafat Matematika, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi Kejuruan yang Inovatif Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara filsafat matematika dengan pengembangan metode pembelajaran dan teknologi pendidikan, serta mampu mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam konteks nyata. |
- Analisis hubungan filsafat matematika dengan metode pembelajaran
- Penerapan konsep filsafat matematika dalam teknologi pendidikan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam pembelajaran
|
Materi: Konsep-konsep filsafat matematika, Pengembangan metode pembelajaran inovatif, Pemanfaatan teknologi pendidikan Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi secara kritis teori dan pendekatan dalam filsafat matematika untuk mengembangkan riset pendidikan teknologi kejuruan yang berkualitas. |
- Analisis kritis teori filsafat matematika
- Pemahaman mendalam terhadap pendekatan dalam filsafat matematika
- Kemampuan mengidentifikasi relevansi teori dengan riset pendidikan teknologi kejuruan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang aplikasi teori dalam riset pendidikan
|
Materi: Teori Matematika, Pendekatan Filsafat dalam Matematika, Riset Pendidikan Teknologi Kejuruan Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney. Materi: Teori Matematika, Pendekatan Filsafat dalam Matematika, Riset Pendidikan Teknologi Kejuruan Pustaka: Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan pendidikan teknologi kejuruan dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip filsafat matematika. |
- Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip filsafat matematika dalam solusi inovatif
- Kreativitas dalam menciptakan solusi pendidikan teknologi kejuruan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang penerapan prinsip filsafat matematika dalam solusi inovatif
|
Materi: Prinsip-prinsip Filsafat Matematika, Pendidikan Teknologi Kejuruan, Inovasi dalam Pendidikan Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney. Materi: Prinsip-prinsip Filsafat Matematika, Pendidikan Teknologi Kejuruan, Inovasi dalam Pendidikan Pustaka: Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Semua materi sebelum UTS |
UTS |
Kriteria:
- Tes essay secara luring
- Skor maksimal 100
Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 100 |
|
Materi: Semua materi sebelum UTS Pustaka: Colyvan, Mark. 2011. An Introduction to the Philosophy of Mathematics. Sydney: University of Sydney. Materi: Semua materi sebelum UTS Pustaka: Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan pendidikan teknologi kejuruan dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip filsafat matematika. |
- Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip filsafat matematika dalam solusi inovatif
- Kreativitas dalam mengintegrasikan filsafat matematika dalam pendidikan teknologi kejuruan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang penerapan prinsip filsafat matematika dalam solusi inovatif
|
Materi: Prinsip-prinsip Filsafat Matematika, Pendidikan Teknologi Kejuruan, Inovasi dalam Pendidikan Pustaka: Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip filsafat matematika dalam analisis dan pengembangan teknologi pendidikan yang relevan. |
- analisis prinsip filsafat matematika
- penerapan prinsip filsafat matematika dalam teknologi pendidikan
- kreativitas dalam pengembangan teknologi pendidikan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang penerapan prinsip filsafat matematika dalam teknologi pendidikan
|
Materi: Konsep Filsafat Matematika, Penerapan Filsafat Matematika dalam Teknologi Pendidikan, Studi Kasus Pustaka: Friend, Michèle.2007. Introduction to the Philosophy of Mathematics. Stocksfi eld: Acumen |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara filsafat matematika dengan pemikiran kritis dan sistematis dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan. |
- Hubungan antara filsafat matematika dan pemikiran kritis diidentifikasi
- Pemahaman tentang peran filsafat matematika dalam pendidikan teknologi kejuruan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang aplikasi filsafat matematika dalam teknologi kejuruan
|
Materi: Definisi filsafat matematika, Pemikiran kritis dan sistematis, Pendidikan teknologi kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Definisi filsafat matematika, Pemikiran kritis dan sistematis, Pendidikan teknologi kejuruan Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara filsafat matematika dengan pemikiran kritis dan sistematis dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan. |
- Hubungan filsafat matematika dengan pemikiran kritis
- Penerapan pemikiran sistematis dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang aplikasi pemikiran kritis dalam matematika
|
Materi: Definisi filsafat matematika, Pemikiran kritis dalam matematika, Sistematisasi dalam pendidikan teknologi kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Definisi filsafat matematika, Pemikiran kritis dalam matematika, Sistematisasi dalam pendidikan teknologi kejuruan Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi pengaruh filsafat matematika terhadap etika akademik dan nilai-nilai kebangsaan dalam praktik pendidikan. |
- Pengidentifikasian dampak filsafat matematika
- Analisis etika akademik dalam praktik pendidikan
- Penilaian nilai-nilai kebangsaan dalam konteks pendidikan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang penerapan filsafat matematika dalam kasus nyata pendidikan
|
Materi: Konsep filsafat matematika, Etika akademik, Nilai-nilai kebangsaan, Penerapan dalam praktik pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Konsep filsafat matematika, Etika akademik, Nilai-nilai kebangsaan, Penerapan dalam praktik pendidikan Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metodologi penelitian inovatif dalam pendidikan teknologi kejuruan dengan pendekatan filsafat matematika. |
- Kemampuan menerapkan konsep filsafat matematika dalam metodologi penelitian
- Kemampuan mengidentifikasi keunikan metodologi penelitian inovatif
- Kemampuan menyusun metodologi penelitian yang kreatif
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat matematika dalam metodologi penelitian, Penyusunan portofolio metodologi penelitian inovatif
|
Materi: Konsep filsafat matematika, Metodologi penelitian inovatif, Pendidikan teknologi kejuruan Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metodologi penelitian yang inovatif dalam pendidikan teknologi kejuruan dengan pendekatan filsafat matematika. |
- Kemampuan merumuskan metodologi penelitian inovatif
- Kemampuan menerapkan pendekatan filsafat matematika dalam penelitian
- Kemampuan mengidentifikasi keunggulan metodologi penelitian yang diciptakan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi daring tentang penerapan pendekatan filsafat matematika dalam penelitian
|
Materi: Pendekatan Filsafat Matematika dalam Penelitian, Metodologi Penelitian Inovatif, Pendidikan Teknologi Kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pendekatan Filsafat Matematika dalam Penelitian, Metodologi Penelitian Inovatif, Pendidikan Teknologi Kejuruan Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Semua materi sebelum UAS |
UAS |
Kriteria:
- Tes essay secara luring
- Skor maksimal 100
Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 100 |
|
Materi: Semua materi sebelum UAS Pustaka: Mancosu, Paolo. 1996. Philosophy of Mathematicsand Mathematical Practice in the Seventeenth Century. Oxford University Press |
30% |