Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bahasa Bantu(Bahasa Sansekerta)

7920103030

T=3

P=0

ECTS=4.77

0

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Matakuliah : Mampu mengembangkan penguasaan dasar-dasar tata fonem bahasa Sansekerta, tata bentuk bahasa Sansekerta, dan tata kalimat bahasa Sansekertamelalui kegiatan pertemuan kelas dan presentasi guna membaca dan menulis bahasa Sansekerta untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas.

Pustaka

Utama :

  1. Referensi :

    Harijati, S. 1993. Tata Bahasaa Sansekerta Ringkas. Jakarta: Djambatan.

    Kamidjan. 1996. Bahasa Sansekerta. Surabaya: FBS Unesa

    Perry, Edward Deleva. 1959. A Sankrit Primair. New York: Cambridge Havard University.

    Zutmulder, P. J. 1973. Tata Bahasa Sansekerta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

KAMIDJAN

Dr. Diding Wahyudin Rohaedi, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami aksara devanagari Menerapkan akasara devanagari dalam kata sansekerta

Menjelaska aksara devanagari dlm bahasa Sansekerta

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Mejelaskan dan praktik
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu aksara devanagari Menerapkan penulisan aksara devanagari Mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi dan memberikan ide untuk memilih berbagai alternatif solusi dalam menulis dan membaca teks aksara devanagari

· Memahami teknik menulis dan membaca aksara devanagari · Memanfaatkan internet untuk mencari kosa kata Sansekerta · Menganalisiis makna kata sansekerta

Kriteria:
  1. :4. uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penugasan Kinerja (produk)
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu aksara devanagari Menerapkan penulisan aksara devanagari Mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi dan memberikan ide untuk memilih berbagai alternatif solusi dalam menulis dan membaca teks aksara devanagari

· Memahami teknik menulis dan membaca aksara devanagari · Memanfaatkan internet untuk mencari kosa kata Sansekerta · Menganalisiis makna kata sansekerta

Kriteria:
  1. :4. uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penugasan Kinerja (produk)
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami konjugasi bahasa Sansekerta Menguasai konsep dasar perubahan kata kerja bhs Sansekerta Mampu menulis perubahan kata kerja dengan dengan betul dlm bhs bahasa Sansekerta

Menentukan konjugasi bahasa Sansekerta

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian Kinerja dan ProdukSansekerta
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami konjugasi bahasa Sansekerta Menguasai konsep dasar perubahan kata kerja bhs Sansekerta Mampu menulis perubahan kata kerja dengan dengan betul dlm bhs bahasa Sansekerta

Menentukan konjugasi bahasa Sansekerta

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian Kinerja dan ProdukSansekerta
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami karya tulis ilmiah Menguasai konsep teknik menulis kalimat dg deklinasi kata pokok a

Menjelaskan deklinasi kata pokok a dlm bhs Sanekerta

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian produk
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami karya tulis ilmiah Menguasai konsep teknik menulis kalimat dg deklinasi kata pokok a

Menjelaskan deklinasi kata pokok a dlm bhs Sanekerta

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian produk
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS

Ujian Tengah Semester

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Ujian Tulis
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Memahami konsep perubahan kata kelas empat Menguasai konsep teknik menulis kalimat dg perubahan kata kelas empat Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok

Menjelaskan kata kerja kelas empat

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian produk
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Memahami konsep perubahan kata kelas empat Menguasai konsep teknik menulis kalimat dg perubahan kata kelas empat Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok

Menjelaskan kata kerja kelas empat

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian produk
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami deklinasi kata pokok I Menguasai konsep teknik membaca tabel perubahan kata Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok

Menjelaskan deklinasi kata pokok I, maskulin, feminism, dan netrum

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian kinerja
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami deklinasi kata pokok I Menguasai konsep teknik membaca tabel perubahan kata Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok

Menjelaskan deklinasi kata pokok I, maskulin, feminism, dan netrum

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian kinerja
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami teknik deklinasi kata pokok u Menguasai konsep teknik deklinasi kata pokok u Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok

Menjelaskan deklinasi kata pokok u maskulin, feminim, dan netrum

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian kinerja
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami teknik deklinasi kata pokok u Menguasai konsep teknik deklinasi kata pokok u Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok

Menjelaskan deklinasi kata pokok u maskulin, feminim, dan netrum

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian kinerja
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami teknik deklinasi kata pokok u Menguasai konsep teknik deklinasi kata pokok u Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok

Menjelaskan deklinasi kata pokok u maskulin, feminim, dan netrum

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah
Penilaian kinerja
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.