|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bahasa Bantu(Bahasa Sansekerta) |
7920103030 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
0 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi Matakuliah : Mampu mengembangkan penguasaan dasar-dasar tata fonem bahasa Sansekerta, tata bentuk bahasa Sansekerta, dan tata kalimat bahasa Sansekertamelalui kegiatan pertemuan kelas dan presentasi guna membaca dan menulis bahasa Sansekerta untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
Referensi : Harijati, S. 1993. Tata Bahasaa Sansekerta Ringkas. Jakarta: Djambatan. Kamidjan. 1996. Bahasa Sansekerta. Surabaya: FBS Unesa Perry, Edward Deleva. 1959. A Sankrit Primair. New York: Cambridge Havard University. Zutmulder, P. J. 1973. Tata Bahasa Sansekerta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
KAMIDJAN Dr. Diding Wahyudin Rohaedi, M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami aksara devanagari Menerapkan akasara devanagari dalam kata sansekerta |
Menjelaska aksara devanagari dlm bahasa Sansekerta |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Mejelaskan dan praktik 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu aksara devanagari Menerapkan penulisan aksara devanagari Mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi dan memberikan ide untuk memilih berbagai alternatif solusi dalam menulis dan membaca teks aksara devanagari |
· Memahami teknik menulis dan membaca aksara devanagari · Memanfaatkan internet untuk mencari kosa kata Sansekerta · Menganalisiis makna kata sansekerta |
Kriteria:
- :4. uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penugasan Kinerja (produk) 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu aksara devanagari Menerapkan penulisan aksara devanagari Mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi dan memberikan ide untuk memilih berbagai alternatif solusi dalam menulis dan membaca teks aksara devanagari |
· Memahami teknik menulis dan membaca aksara devanagari · Memanfaatkan internet untuk mencari kosa kata Sansekerta · Menganalisiis makna kata sansekerta |
Kriteria:
- :4. uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penugasan Kinerja (produk) 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami konjugasi bahasa Sansekerta Menguasai konsep dasar perubahan kata kerja bhs Sansekerta Mampu menulis perubahan kata kerja dengan dengan betul dlm bhs bahasa Sansekerta |
Menentukan konjugasi bahasa Sansekerta |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian Kinerja dan ProdukSansekerta 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami konjugasi bahasa Sansekerta Menguasai konsep dasar perubahan kata kerja bhs Sansekerta Mampu menulis perubahan kata kerja dengan dengan betul dlm bhs bahasa Sansekerta |
Menentukan konjugasi bahasa Sansekerta |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian Kinerja dan ProdukSansekerta 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami karya tulis ilmiah Menguasai konsep teknik menulis kalimat dg deklinasi kata pokok a |
Menjelaskan deklinasi kata pokok a dlm bhs Sanekerta |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian produk 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami karya tulis ilmiah Menguasai konsep teknik menulis kalimat dg deklinasi kata pokok a |
Menjelaskan deklinasi kata pokok a dlm bhs Sanekerta |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian produk 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS |
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Ujian Tulis 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami konsep perubahan kata kelas empat Menguasai konsep teknik menulis kalimat dg perubahan kata kelas empat Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok |
Menjelaskan kata kerja kelas empat |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian produk 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami konsep perubahan kata kelas empat Menguasai konsep teknik menulis kalimat dg perubahan kata kelas empat Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok |
Menjelaskan kata kerja kelas empat |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian produk 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami deklinasi kata pokok I Menguasai konsep teknik membaca tabel perubahan kata Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok |
Menjelaskan deklinasi kata pokok I, maskulin, feminism, dan netrum |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian kinerja 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami deklinasi kata pokok I Menguasai konsep teknik membaca tabel perubahan kata Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok |
Menjelaskan deklinasi kata pokok I, maskulin, feminism, dan netrum |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian kinerja 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami teknik deklinasi kata pokok u Menguasai konsep teknik deklinasi kata pokok u Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok |
Menjelaskan deklinasi kata pokok u maskulin, feminim, dan netrum |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian kinerja 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami teknik deklinasi kata pokok u Menguasai konsep teknik deklinasi kata pokok u Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok |
Menjelaskan deklinasi kata pokok u maskulin, feminim, dan netrum |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian kinerja 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami teknik deklinasi kata pokok u Menguasai konsep teknik deklinasi kata pokok u Mampu bertanggung jawab dengan tugas kelompok |
Menjelaskan deklinasi kata pokok u maskulin, feminim, dan netrum |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
|
Penilaian kinerja 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |