|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Tenis Meja |
8520203698 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
5 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
.......................................
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis dan mengevaluasi
|
PO - 2 |
Menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif (C3)
|
PO - 3 |
Menganalisis kebutuhan fisik dan teknik atlet tenis meja untuk mengembangkan program latihan yang spesifik dan efektif (C4)
|
PO - 4 |
Mengevaluasi efektivitas program latihan yang telah diterapkan dengan menggunakan berbagai metode penilaian dan feedback dari atlet (C5)
|
PO - 5 |
Menciptakan strategi pelatihan inovatif yang sesuai dengan perkembangan terkini dalam olahraga tenis meja (C6)
|
PO - 6 |
Menerapkan nilai-nilai etika dan integritas dalam proses pelatihan dan kompetisi tenis meja (C3)
|
PO - 7 |
Menganalisis dan mengintegrasikan teknologi terkini dalam pelatihan tenis meja untuk meningkatkan hasil latihan (C4)
|
PO - 8 |
Mengevaluasi dan menyesuaikan program latihan berdasarkan kondisi psikologis dan fisik atlet (C5)
|
PO - 9 |
Menciptakan metode pelatihan yang adaptif dan responsif terhadap perubahan kondisi atlet dan persaingan (C6)
|
PO - 10 |
Menerapkan pendekatan kolaboratif dalam merancang dan melaksanakan program latihan dengan melibatkan pelatih, atlet, dan tenaga ahli lainnya (C3)
|
PO - 11 |
Menganalisis dampak program latihan terhadap perkembangan jangka panjang atlet dan melakukan penyesuaian strategis (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | ✔ | | PO-6 | ✔ | | | | PO-7 | | ✔ | ✔ | | PO-8 | | | ✔ | | PO-9 | | ✔ | | ✔ | PO-10 | | ✔ | | ✔ | PO-11 | | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Tenis Meja bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang perencanaan program latihan yang efektif dan efisien bagi atlet tenis meja tingkat elit. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang analisis kebutuhan latihan atlet, perancangan program latihan yang sesuai dengan karakteristik olahraga tenis meja, pengelolaan dan evaluasi program latihan, serta faktor-faktor pendukung keberhasilan atlet dalam mencapai performa terbaik. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dan praktik perencanaan program latihan, strategi pengembangan kebugaran fisik dan mental atlet, serta penerapan teknologi dalam mendukung program latihan atlet tenis meja. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hodges, Larry. Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics, 2015. Decoursey, Mike. Table Tennis: The Skills of the Game. A&C Black, 2012. Pearce, J. Richard P. Table Tennis: A Guide for Beginners. Piatkus, 2004. Yaping, Deng. The Art of Table Tennis. China Intercontinental Press, 2008. Wilson, Colin. The Complete Guide to Table Tennis. HarperCollins, 2009. Boggan, Tim. Advanced Table Tennis: Techniques and Tactics. International Table Tennis Federation (ITTF), 2010.
|
Pendukung : |
|
- Hodges, Larry. Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics, 2015. Decoursey, Mike. Table Tennis: The Skills of the Game. A&C Black, 2012. Pearce, J. Richard P. Table Tennis: A Guide for Beginners. Piatkus, 2004. Yaping, Deng. The Art of Table Tennis. China Intercontinental Press, 2008. Wilson, Colin. The Complete Guide to Table Tennis. HarperCollins, 2009. Boggan, Tim. Advanced Table Tennis: Techniques and Tactics. International Table Tennis Federation (ITTF), 2010.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Abdul Hafidz, S.Pd., M.Pd. Dony Andrijanto, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif. |
- Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
- Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
ceramah dan praktek 30 |
|
Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Mahasiswa memahami tujuan Pustaka: |
25% |