Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Tenis Meja

8520203698

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

5

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis dan mengevaluasi

PO - 2

Menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif (C3)

PO - 3

Menganalisis kebutuhan fisik dan teknik atlet tenis meja untuk mengembangkan program latihan yang spesifik dan efektif (C4)

PO - 4

Mengevaluasi efektivitas program latihan yang telah diterapkan dengan menggunakan berbagai metode penilaian dan feedback dari atlet (C5)

PO - 5

Menciptakan strategi pelatihan inovatif yang sesuai dengan perkembangan terkini dalam olahraga tenis meja (C6)

PO - 6

Menerapkan nilai-nilai etika dan integritas dalam proses pelatihan dan kompetisi tenis meja (C3)

PO - 7

Menganalisis dan mengintegrasikan teknologi terkini dalam pelatihan tenis meja untuk meningkatkan hasil latihan (C4)

PO - 8

Mengevaluasi dan menyesuaikan program latihan berdasarkan kondisi psikologis dan fisik atlet (C5)

PO - 9

Menciptakan metode pelatihan yang adaptif dan responsif terhadap perubahan kondisi atlet dan persaingan (C6)

PO - 10

Menerapkan pendekatan kolaboratif dalam merancang dan melaksanakan program latihan dengan melibatkan pelatih, atlet, dan tenaga ahli lainnya (C3)

PO - 11

Menganalisis dampak program latihan terhadap perkembangan jangka panjang atlet dan melakukan penyesuaian strategis (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1    
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5  
PO-6   
PO-7  
PO-8   
PO-9  
PO-10  
PO-11   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Tenis Meja bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang perencanaan program latihan yang efektif dan efisien bagi atlet tenis meja tingkat elit. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang analisis kebutuhan latihan atlet, perancangan program latihan yang sesuai dengan karakteristik olahraga tenis meja, pengelolaan dan evaluasi program latihan, serta faktor-faktor pendukung keberhasilan atlet dalam mencapai performa terbaik. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dan praktik perencanaan program latihan, strategi pengembangan kebugaran fisik dan mental atlet, serta penerapan teknologi dalam mendukung program latihan atlet tenis meja.

Pustaka

Utama :

  1. Hodges, Larry. Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics, 2015. Decoursey, Mike. Table Tennis: The Skills of the Game. A&C Black, 2012. Pearce, J. Richard P. Table Tennis: A Guide for Beginners. Piatkus, 2004. Yaping, Deng. The Art of Table Tennis. China Intercontinental Press, 2008. Wilson, Colin. The Complete Guide to Table Tennis. HarperCollins, 2009. Boggan, Tim. Advanced Table Tennis: Techniques and Tactics. International Table Tennis Federation (ITTF), 2010.

Pendukung :

  1. Hodges, Larry. Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics, 2015. Decoursey, Mike. Table Tennis: The Skills of the Game. A&C Black, 2012. Pearce, J. Richard P. Table Tennis: A Guide for Beginners. Piatkus, 2004. Yaping, Deng. The Art of Table Tennis. China Intercontinental Press, 2008. Wilson, Colin. The Complete Guide to Table Tennis. HarperCollins, 2009. Boggan, Tim. Advanced Table Tennis: Techniques and Tactics. International Table Tennis Federation (ITTF), 2010.

Dosen Pengampu

Dr. Abdul Hafidz, S.Pd., M.Pd.

Dony Andrijanto, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja untuk meningkatkan kinerja atlet dalam situasi kompetitif.

  1. Penerapan prinsip-prinsip dasar pelatihan tenis meja
  2. Analisis kinerja atlet dalam situasi kompetitif
Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
ceramah dan praktek
30

Materi: Teknik dasar bermain tenis meja, Strategi permainan tenis meja, Penerapan taktik dalam situasi kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka:
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 20%
3. Penilaian Portofolio 20%
4. Penilaian Praktikum 20%
5. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.