|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Praktek Sastra Drama |
8820902546 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji konsep tentang kreatifitas khususnya dalam teater, dan praktek mengembangkan ketrampilan kreatifitas hingga menghasilkan temuan temuan dasar teater baru. Dilaksanakan dengan diskusi dan praktek |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. " Pengantar Kreatifitas Tari " Yogyakarta : ASTI Munandar, Utami. 1995. Dasar - Dasar Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Dep. Pend. dan Kebudayaan DIKTI. Proyek Pendidikan Tenaga Guru. Loweenveld, V. Dan Brittain, Wl\.L. 1982 Creative And Mental Groowt. New York: Macmillan Publishing Co Supriyadi, Dedy. 1994. Kreatifitas, Kebudayaan, Dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta Treffingger, DJ. 1990. Incouraging Creative Learning For The Givied and Talentet. California,Ventura Country Suoerintendent of shools office
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si. Dr. Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd. Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Kontrak perkuliahanMahasiswa mampu mendeskripsikan kemampuan kreatifitas |
Mampu membuat peta kreatifitas dan bakat |
Kriteria:
Jika hasil diskusi menemukan perbedaan antara teknik dan kreatifitas |
Langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tentang pemahaman teater, elemen teater, bentuk dan peralatan teater yang melingkupi |
Mahasiswa mampu menganalisa teater, elemen, dan pendukung bentuk teater |
Kriteria:
Kemampuan merumuskan elemen pembentuk dasar teater |
Langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tentang pemahaman teater, elemen teater, bentuk dan peralatan teater yang melingkupi |
Mahasiswa mampu menganalisa teater, elemen, dan pendukung bentuk teater |
Kriteria:
Kemampuan merumuskan elemen pembentuk dasar teater |
Langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Ujian Tengah Semester |
mahasiswa mampu mengaplikasikan kosep gagasan ke dalam bentuk sebuah pertunjuakn |
Kriteria:
- Struktur konsep
- Keruntutan aplikasi konsep ke dalam bentuk proses sederhana
|
Langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya |
Kriteria:
Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan |
Langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya |
Kriteria:
Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan |
Langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya |
Kriteria:
Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan |
Langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya |
Kriteria:
Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan |
Langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menampilkan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu menyajikan bentuk baru dalam mengolah kreatifitasnya ke dalam sebuah pertunjukan |
Kriteria:
Mendapat nilai sempurna bila memenuhi kreteria diatas |
Diskusi, dan proses bimbingan 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menampilkan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu menyajikan bentuk baru dalam mengolah kreatifitasnya ke dalam sebuah pertunjukan |
Kriteria:
Mendapat nilai sempurna bila memenuhi kreteria diatas |
Diskusi, dan proses bimbingan 2 X 50 |
|
|
0% |