Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktek Sastra Drama

8820902546

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji konsep tentang kreatifitas khususnya dalam teater, dan praktek mengembangkan ketrampilan kreatifitas hingga menghasilkan temuan temuan dasar teater baru. Dilaksanakan dengan diskusi dan praktek

Pustaka

Utama :

  1. Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. " Pengantar Kreatifitas Tari " Yogyakarta : ASTI

    Munandar, Utami. 1995. Dasar - Dasar Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Dep. Pend. dan Kebudayaan DIKTI. Proyek Pendidikan Tenaga Guru.

    Loweenveld, V. Dan Brittain, Wl\.L. 1982 Creative And Mental Groowt. New York: Macmillan Publishing Co

    Supriyadi, Dedy. 1994. Kreatifitas, Kebudayaan, Dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta

    Treffingger, DJ. 1990. Incouraging Creative Learning For The Givied and Talentet. California,Ventura Country Suoerintendent of shools office

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si.

Dr. Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd.

Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kontrak perkuliahanMahasiswa mampu mendeskripsikan kemampuan kreatifitas

Mampu membuat peta kreatifitas dan bakat

Kriteria:

Jika hasil diskusi menemukan perbedaan antara teknik dan kreatifitas

Langsung
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi tentang pemahaman teater, elemen teater, bentuk dan peralatan teater yang melingkupi

Mahasiswa mampu menganalisa teater, elemen, dan pendukung bentuk teater

Kriteria:

Kemampuan merumuskan elemen pembentuk dasar teater

Langsung
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi tentang pemahaman teater, elemen teater, bentuk dan peralatan teater yang melingkupi

Mahasiswa mampu menganalisa teater, elemen, dan pendukung bentuk teater

Kriteria:

Kemampuan merumuskan elemen pembentuk dasar teater

Langsung
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep

Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep

Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep

Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep

Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep

Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep

Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Ujian Tengah Semester

mahasiswa mampu mengaplikasikan kosep gagasan ke dalam bentuk sebuah pertunjuakn

Kriteria:
  1. Struktur konsep
  2. Keruntutan aplikasi konsep ke dalam bentuk proses sederhana
Langsung
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya

Kriteria:

Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan

Langsung
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya

Kriteria:

Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan

Langsung
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya

Kriteria:

Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan

Langsung
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya

Kriteria:

Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan

Langsung
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menampilkan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu menyajikan bentuk baru dalam mengolah kreatifitasnya ke dalam sebuah pertunjukan

Kriteria:

Mendapat nilai sempurna bila memenuhi kreteria diatas

Diskusi, dan proses bimbingan
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menampilkan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu menyajikan bentuk baru dalam mengolah kreatifitasnya ke dalam sebuah pertunjukan

Kriteria:

Mendapat nilai sempurna bila memenuhi kreteria diatas

Diskusi, dan proses bimbingan
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.