Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktek Sastra Drama

8820902546

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

1 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.Syaiful Qadar Basri S.Pd., M.Hum




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar sastra drama, termasuk struktur, tema, tokoh, dialog, dan latar, serta mengaitkannya dengan konteks sosial budaya.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis teks drama dengan menggunakan pendekatan sastra dan performatif untuk mengidentifikasi elemen-elemen naratif dan dramatik.

PO - 3

Mahasiswa mampu mempraktikkan teknik dasar akting, seperti penghayatan karakter, ekspresi vokal, dan gestur tubuh, untuk menghidupkan tokoh dalam sebuah drama.

PO - 4

Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan proses penyutradaraan dan produksi drama sederhana, mencakup pemilihan teks, penataan panggung, dan koordinasi tim produksi.

PO - 5

Mahasiswa mampu bekerja sama secara efektif dalam tim produksi drama, termasuk pembagian peran, penyelesaian konflik, dan pemecahan masalah selama proses kreatif.

PO - 6

Mahasiswa mampu menyelenggarakan pementasan drama dengan mengintegrasikan elemen-elemen sastra, seni panggung, dan komunikasi kepada audiens dengan baik.

PO - 7

Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merefleksikan proses serta hasil pementasan drama, baik dari segi artistik maupun teknis, untuk pengembangan diri dan peningkatan kualitas karya.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Praktik Sastra Drama dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang holistik melalui pendekatan Pembelajaran Sepanjang Hayat (Lifelong Learning), model Project-Based Learning (PBL), dan integrasi konsep Kewirausahaan. Mahasiswa akan terlibat aktif dalam proses kreatif, mulai dari eksplorasi naskah, penyutradaraan, hingga pelaksanaan pementasan drama yang berbasis proyek. Menekankan pada pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas, komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah, dengan memanfaatkan sastra drama sebagai medium utama. Mahasiswa juga akan dilatih untuk mengidentifikasi peluang kewirausahaan dalam seni pertunjukan, seperti produksi karya, promosi, dan manajemen pertunjukan berbasis komunitas atau komersial.

Pustaka

Utama :

  1. Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

  2. Munandar, Utami. 1995. Dasar - Dasar Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Dep. Pend. dan Kebudayaan DIKTI. Proyek Pendidikan Tenaga Guru.
  3. Loweenveld, V. Dan Brittain, Wl\.L. 1982 Creative And Mental Groowt. New York: Macmillan Publishing Co
  4. Supriyadi, Dedy. 1994. Kreatifitas, Kebudayaan, Dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta
  5. Treffingger, DJ. 1990. Incouraging Creative Learning For The Givied and Talentet. California,Ventura Country Suoerintendent of shools office ">

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si.

Dr. Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd.

Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kontrak perkuliahanMahasiswa mampu mendeskripsikan kemampuan kreatifitas

Mampu membuat peta kreatifitas dan bakat

Kriteria:

Jika hasil diskusi menemukan perbedaan antara teknik dan kreatifitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Langsung
2 X 50

Materi: kreativitas drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi tentang pemahaman teater, elemen teater, bentuk dan peralatan teater yang melingkupi

Mahasiswa mampu menganalisa teater, elemen, dan pendukung bentuk teater

Kriteria:

Kemampuan merumuskan elemen pembentuk dasar teater


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Langsung
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi tentang pemahaman teater, elemen teater, bentuk dan peralatan teater yang melingkupi

Mahasiswa mampu menganalisa teater, elemen, dan pendukung bentuk teater

Kriteria:

Kemampuan merumuskan elemen pembentuk dasar teater


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Langsung
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

4%

4

Minggu ke 4

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

4%

5

Minggu ke 5

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

5%

6

Minggu ke 6

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

5%

7

Minggu ke 7

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

Materi: KREATIFTAS TEATER
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

4%

8

Minggu ke 8

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

20%

9

Minggu ke 9

Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya

Kriteria:

Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi , tanya jawabPraktek
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

5%

10

Minggu ke 10

Ujian Tengah Semester

mahasiswa mampu mengaplikasikan kosep gagasan ke dalam bentuk sebuah pertunjuakn

Kriteria:
  1. Struktur konsep
  2. Keruntutan aplikasi konsep ke dalam bentuk proses sederhana

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Langsung
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

2%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya

Kriteria:

Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Langsung
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

2%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya

Kriteria:

Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Langsung
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

2%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya

Kriteria:

Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Langsung
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

2%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya

Kriteria:

Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Langsung
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

2%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menampilkan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu menyajikan bentuk baru dalam mengolah kreatifitasnya ke dalam sebuah pertunjukan

Kriteria:

Mendapat nilai sempurna bila memenuhi kreteria diatas


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, dan proses bimbingan
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

2%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menampilkan materi kreatifitas dasar teater

Mahasiswa mampu menyajikan bentuk baru dalam mengolah kreatifitasnya ke dalam sebuah pertunjukan

Kriteria:

Mendapat nilai sempurna bila memenuhi kreteria diatas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, dan proses bimbingan
2 X 50

Materi: praktek sastra drama
Pustaka:

Hadi, Y. Sumandiyo T. Th.

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 48.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 13%
3. Penilaian Portofolio 3%
4. Penilaian Praktikum 0.67%
5. Praktik / Unjuk Kerja 34.17%
99.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.