|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Praktek Sastra Drama |
8820902546 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
1 Desember 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.Syaiful Qadar Basri S.Pd., M.Hum
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar sastra drama, termasuk struktur, tema, tokoh, dialog, dan latar, serta mengaitkannya dengan konteks sosial budaya.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis teks drama dengan menggunakan pendekatan sastra dan performatif untuk mengidentifikasi elemen-elemen naratif dan dramatik.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan teknik dasar akting, seperti penghayatan karakter, ekspresi vokal, dan gestur tubuh, untuk menghidupkan tokoh dalam sebuah drama.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan proses penyutradaraan dan produksi drama sederhana, mencakup pemilihan teks, penataan panggung, dan koordinasi tim produksi.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu bekerja sama secara efektif dalam tim produksi drama, termasuk pembagian peran, penyelesaian konflik, dan pemecahan masalah selama proses kreatif.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu menyelenggarakan pementasan drama dengan mengintegrasikan elemen-elemen sastra, seni panggung, dan komunikasi kepada audiens dengan baik.
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merefleksikan proses serta hasil pementasan drama, baik dari segi artistik maupun teknis, untuk pengembangan diri dan peningkatan kualitas karya.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-6 | | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-7 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Praktik Sastra Drama dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang holistik melalui pendekatan Pembelajaran Sepanjang Hayat (Lifelong Learning), model Project-Based Learning (PBL), dan integrasi konsep Kewirausahaan. Mahasiswa akan terlibat aktif dalam proses kreatif, mulai dari eksplorasi naskah, penyutradaraan, hingga pelaksanaan pementasan drama yang berbasis proyek. Menekankan pada pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas, komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah, dengan memanfaatkan sastra drama sebagai medium utama. Mahasiswa juga akan dilatih untuk mengidentifikasi peluang kewirausahaan dalam seni pertunjukan, seperti produksi karya, promosi, dan manajemen pertunjukan berbasis komunitas atau komersial. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. - Munandar, Utami. 1995. Dasar - Dasar Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Dep. Pend. dan Kebudayaan DIKTI. Proyek Pendidikan Tenaga Guru.
- Loweenveld, V. Dan Brittain, Wl\.L. 1982 Creative And Mental Groowt. New York: Macmillan Publishing Co
- Supriyadi, Dedy. 1994. Kreatifitas, Kebudayaan, Dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta
- Treffingger, DJ. 1990. Incouraging Creative Learning For The Givied and Talentet. California,Ventura Country Suoerintendent of shools office ">
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si. Dr. Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd. Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Kontrak perkuliahanMahasiswa mampu mendeskripsikan kemampuan kreatifitas |
Mampu membuat peta kreatifitas dan bakat |
Kriteria:
Jika hasil diskusi menemukan perbedaan antara teknik dan kreatifitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Langsung 2 X 50 |
|
Materi: kreativitas drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tentang pemahaman teater, elemen teater, bentuk dan peralatan teater yang melingkupi |
Mahasiswa mampu menganalisa teater, elemen, dan pendukung bentuk teater |
Kriteria:
Kemampuan merumuskan elemen pembentuk dasar teater Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Langsung 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tentang pemahaman teater, elemen teater, bentuk dan peralatan teater yang melingkupi |
Mahasiswa mampu menganalisa teater, elemen, dan pendukung bentuk teater |
Kriteria:
Kemampuan merumuskan elemen pembentuk dasar teater Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Langsung 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
Materi: KREATIFTAS TEATER Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menguasai elemen materi dasar kreatifitas teater Mampu mempraktekan kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu memahamai kreatifitas dasar untuk membentuk sebuah pertunjukan secara konseptual,Mahasiswa menguasai pembentukan elemen teater yang terbangun dari kreatifitasnya |
Kriteria:
Kelengkapan dan detailnya sebuah laporan dari hasil diskusi menjadi sebuah konsep Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi , tanya jawabPraktek 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Ujian Tengah Semester |
mahasiswa mampu mengaplikasikan kosep gagasan ke dalam bentuk sebuah pertunjuakn |
Kriteria:
- Struktur konsep
- Keruntutan aplikasi konsep ke dalam bentuk proses sederhana
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Langsung 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya |
Kriteria:
Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Langsung 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya |
Kriteria:
Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Langsung 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya |
Kriteria:
Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Langsung 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempraktekan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu membuat target pelaksanaan proses dari konsep ke scedhule dan membuat target mengolah dan mengembangkan bentuk melalui kreatifitasnya |
Kriteria:
Struktur konsep dan penjelajahan konsep dalam gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Langsung 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menampilkan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu menyajikan bentuk baru dalam mengolah kreatifitasnya ke dalam sebuah pertunjukan |
Kriteria:
Mendapat nilai sempurna bila memenuhi kreteria diatas Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, dan proses bimbingan 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menampilkan materi kreatifitas dasar teater |
Mahasiswa mampu menyajikan bentuk baru dalam mengolah kreatifitasnya ke dalam sebuah pertunjukan |
Kriteria:
Mendapat nilai sempurna bila memenuhi kreteria diatas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, dan proses bimbingan 2 X 50 |
|
Materi: praktek sastra drama Pustaka: Hadi, Y. Sumandiyo T. Th. |
30% |