|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Hukum dan Antidiskriminasi Keolahragaan |
7410802068 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
3 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Arinto Nugroho
|
.......................................
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Hukum dan Antidiskriminasi Keolahragaan membahas tentang peristilahan dan dasar-dasar terkait Hukum dan Antidiskriminasi Keolahragaan, Fairness, Inclusion and Non-Discrimination principle dalam olimpiade dan keolahragaan, serta peran negara dalam memfasilitasi dan menyukseskan antidiskriminasi dalam keolahragaan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tim Chandler, Wray Vamplew, Tim Chandler, Mike Cronin, Mike Cronin, Sport and Physical Education: The Key Concepts, New York, Taylor & Francis, 2007.
- Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
- Piagam Olimpiade, Olympic Charter,2024, tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/media/Document%20Library/OlympicOrg/General/EN-Olympic-Charter.pdf
- International Olympic Committee, IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination, 2021. Tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/media/Documents/Beyond-the-Games/Human-Rights/IOC-Framework-Fairness-Inclusion-Non-discrimination-2021.pdf
|
Pendukung : |
|
- UU No. 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan
- UU No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia
- John Rawls, A Theory of Justice, Delhi S & R Legal Co, 2005.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar dan peristilahan hukum dan antidiskriminasi keolahragaan |
Dapat memahami dasar-dasar dan peristilahan tentang hukum dan antidiskriminasi keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan memahami dasar-dasar dan peristilahan tentang hukum dan antidiskriminasi keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-1: mendeskripsikan secara sederhana dasar-dasar dan peristilahan tentang hukum dan antidiskriminasi keolahragaan
|
|
Materi: Pengantar Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. Materi: Dasar-dasar dan peristilahan tentang hukum dan antidiskriminasi keolahragaan Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis relevansi aspek hukum dan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
Dapat menganalisis relevansi aspek hukum dan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan menganalisis relevansi aspek hukum dan antidiskriminasi di bidang keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-2:
Melakukan review materi
|
|
Materi: Aspek hukum dan antidiskriminasi di bidang keolahragaan Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan konsep terkait diskriminasi |
Dapat menjelaskan teori dan konsep terkait diskriminasi |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan teori dan konsep terkait diskriminasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-3:
Melakukan review materi
|
|
Materi: Teori dan konsep terkait diskriminasi Pustaka: International Olympic Committee, IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination, 2021. Tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan gagasan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
Dapat menjelaskan perkembangan gagasan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan perkembangan gagasan antidiskriminasi di bidang keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-4: Menjelaskan perkembangan gagasan antidiskriminasi di bidang keolahragaan
|
|
Materi: Perkembangan gagasan antidiskriminasi di bidang keolahragaan Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menguraikan substansi Piagam Olimpiada yang berkaitan dengan gagasan antidiskriminasi keolahragaan |
Dapat menguraikan sejarah pengaturan pemerintahan desa di era penjajahan Jepang, awal kemerdekaan, hingga orde lama |
Kriteria:
Ketepatan menguraikan sejarah pengaturan pemerintahan desa di era penjajahan Jepang, awal kemerdekaan, hingga orde lama Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-5: Menguraikan sejarah pengaturan pemerintahan desa di era penjajahan Jepang, awal kemerdekaan, hingga orde lama
|
|
Materi: Sejarah perkembangan pengaturan pemerintahan desa di era penjajahan Jepang, awal kemerdekaan, hingga orde lama Pustaka: Piagam Olimpiade, Olympic Charter,2024, tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/... |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis substansi IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination |
Dapat menganalisis IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination |
Kriteria:
Ketepatan menganalisis IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination |
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-6: Presentasi secara berkelompok terkait IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination
|
|
Materi: IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination Pustaka: International Olympic Committee, IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination, 2021. Tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/... |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami pengaturan terkait antidiskriminasi di masing-masing cabang olahraga |
Dapat memahami pengaturan terkait antidiskriminasi di masing-masing cabang olahraga |
Kriteria:
Ketepatan memahami pengaturan terkait antidiskriminasi di masing-masing cabang olahraga Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas-7: review materi
|
|
Materi: Pengaturan terkait antidiskriminasi di masing-masing cabang olahraga Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu memahami materi pertemuan 1-7 |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Tes Essay
|
|
Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis kasus terkait dengan diskriminasi di masing-masing cabang olahraga |
Dapat menganalisis kasus terkait dengan diskriminasi di masing-masing cabang olahraga |
Kriteria:
Ketepatan menganalisis kasus terkait dengan diskriminasi di masing-masing cabang olahraga |
*Kuliah & Diskusi
*Tugas 8 : review materi
|
|
Materi: Kasus terkait dengan diskriminasi di masing-masing cabang olahraga Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kebijakan hukum masing-masing cabang olahraga terkait upaya mengimplementasikan prinsip antidiskriminasi |
Dapat menjelaskan kebijakan hukum masing-masing cabang olahraga terkait upaya mengimplementasikan prinsip antidiskriminasi |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan kebijakan hukum masing-masing cabang olahraga terkait upaya mengimplementasikan prinsip antidiskriminasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 9 : Presentasi tentang kebijakan hukum masing-masing cabang olahraga terkait upaya mengimplementasikan prinsip antidiskriminasi
|
|
Materi: Kebijakan hukum masing-masing cabang olahraga terkait upaya mengimplementasikan prinsip antidiskriminasi Pustaka: Piagam Olimpiade, Olympic Charter,2024, tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/... |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis peran negara dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
Dapat menganalisis peran negara dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan menganalisis peran negara dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 10: Menganalisis peran negara dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan
|
|
Materi: Peran negara dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis pengaturan di Indonesia yang berorientasi menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
Dapat menganalisis pengaturan di Indonesia yang berorientasi menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan menganalisis pengaturan di Indonesia yang berorientasi menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 11 : Presentasi tentang desa pengaturan di Indonesia yang berorientasi menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan
|
|
Materi: Pengaturan di Indonesia yang berorientasi menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan Pustaka: UU No. 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis kasus-kasus di Indonesia yang berkaitan dengan diskriminasi di bidang keolahragaan |
Dapat menganalisis kasus-kasus di Indonesia yang berkaitan dengan diskriminasi di bidang keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan menganalisis kasus-kasus di Indonesia yang berkaitan dengan diskriminasi di bidang keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 12 : Presentasi terkait kasus-kasus di Indonesia yang berkaitan dengan diskriminasi di bidang keolahragaan
|
|
Materi: Kasus-kasus di Indonesia yang berkaitan dengan diskriminasi di bidang keolahragaan Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep affirmative action dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
Dapat menjelaskan konsep affirmative action dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan konsep affirmative action dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 13 :
review materi
|
|
Materi: Konsep affirmative action dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis antidiskriminasi di bidang keolahragaan bagi penyandang disabilitas |
Dapat menganalisis antidiskriminasi di bidang keolahragaan bagi penyandang disabilitas |
Kriteria:
Ketepatan menganalisis antidiskriminasi di bidang keolahragaan bagi penyandang disabilitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
|
Materi: *Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil. *Tugas 14 : Menulis artikel tentang antidiskriminasi di bidang keolahragaan bagi penyandang disabilitas Pustaka: UU No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu memahami materi pertemuan 9-15 |
Jawaban Mahasiswa |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami materi pertemuan 9-15 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Soal Essay
|
|
Materi: Ujian Akhir Semester Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017. |
10% |