Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Hukum dan Antidiskriminasi Keolahragaan

7410802068

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

3 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Arinto Nugroho




.......................................




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Hukum dan Antidiskriminasi Keolahragaan membahas tentang peristilahan dan dasar-dasar terkait Hukum dan Antidiskriminasi Keolahragaan, Fairness, Inclusion and Non-Discrimination principle dalam olimpiade dan keolahragaan, serta peran negara dalam memfasilitasi dan menyukseskan antidiskriminasi dalam keolahragaan.

Pustaka

Utama :

  1. Tim Chandler, Wray Vamplew, Tim Chandler, Mike Cronin, Mike Cronin, Sport and Physical Education: The Key Concepts, New York, Taylor & Francis, 2007.
  2. Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
  3. Piagam Olimpiade, Olympic Charter,2024, tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/media/Document%20Library/OlympicOrg/General/EN-Olympic-Charter.pdf
  4. International Olympic Committee, IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination, 2021. Tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/media/Documents/Beyond-the-Games/Human-Rights/IOC-Framework-Fairness-Inclusion-Non-discrimination-2021.pdf

Pendukung :

  1. UU No. 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan
  2. UU No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia
  3. John Rawls, A Theory of Justice, Delhi S & R Legal Co, 2005.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar dan peristilahan hukum dan antidiskriminasi keolahragaan

Dapat memahami dasar-dasar dan peristilahan tentang hukum dan antidiskriminasi keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan memahami dasar-dasar dan peristilahan tentang hukum dan antidiskriminasi keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-1: mendeskripsikan secara sederhana dasar-dasar dan peristilahan tentang hukum dan antidiskriminasi keolahragaan

Materi: Pengantar
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.

Materi: Dasar-dasar dan peristilahan tentang hukum dan antidiskriminasi keolahragaan
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis relevansi aspek hukum dan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Dapat menganalisis relevansi aspek hukum dan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan menganalisis relevansi aspek hukum dan antidiskriminasi di bidang keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-2:
Melakukan review materi

Materi: Aspek hukum dan antidiskriminasi di bidang keolahragaan
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan konsep terkait diskriminasi

Dapat menjelaskan teori dan konsep terkait diskriminasi

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan teori dan konsep terkait diskriminasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-3:
Melakukan review materi

Materi: Teori dan konsep terkait diskriminasi
Pustaka: International Olympic Committee, IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination, 2021. Tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/...
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan gagasan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Dapat menjelaskan perkembangan gagasan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan perkembangan gagasan antidiskriminasi di bidang keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-4: Menjelaskan perkembangan gagasan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Materi: Perkembangan gagasan antidiskriminasi di bidang keolahragaan
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menguraikan substansi Piagam Olimpiada yang berkaitan dengan gagasan antidiskriminasi keolahragaan

Dapat menguraikan sejarah pengaturan pemerintahan desa di era penjajahan Jepang, awal kemerdekaan, hingga orde lama

Kriteria:

Ketepatan menguraikan sejarah pengaturan pemerintahan desa di era penjajahan Jepang, awal kemerdekaan, hingga orde lama


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-5: Menguraikan sejarah pengaturan pemerintahan desa di era penjajahan Jepang, awal kemerdekaan, hingga orde lama

Materi: Sejarah perkembangan pengaturan pemerintahan desa di era penjajahan Jepang, awal kemerdekaan, hingga orde lama
Pustaka: Piagam Olimpiade, Olympic Charter,2024, tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/...
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis substansi IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination

Dapat menganalisis IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination

Kriteria:

Ketepatan menganalisis IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination

*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-6: Presentasi secara berkelompok terkait IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination

Materi: IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination
Pustaka: International Olympic Committee, IOC Framework on Fairness Inclusion Non discrimination, 2021. Tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/...
10%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami pengaturan terkait antidiskriminasi di masing-masing cabang olahraga

Dapat memahami pengaturan terkait antidiskriminasi di masing-masing cabang olahraga

Kriteria:

Ketepatan memahami pengaturan terkait antidiskriminasi di masing-masing cabang olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas-7: review materi

Materi: Pengaturan terkait antidiskriminasi di masing-masing cabang olahraga
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu memahami materi pertemuan 1-7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Tes Essay

Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis kasus terkait dengan diskriminasi di masing-masing cabang olahraga

Dapat menganalisis kasus terkait dengan diskriminasi di masing-masing cabang olahraga

Kriteria:

Ketepatan menganalisis kasus terkait dengan diskriminasi di masing-masing cabang olahraga

*Kuliah & Diskusi
*Tugas 8 : review materi

Materi: Kasus terkait dengan diskriminasi di masing-masing cabang olahraga
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan kebijakan hukum masing-masing cabang olahraga terkait upaya mengimplementasikan prinsip antidiskriminasi

Dapat menjelaskan kebijakan hukum masing-masing cabang olahraga terkait upaya mengimplementasikan prinsip antidiskriminasi

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan kebijakan hukum masing-masing cabang olahraga terkait upaya mengimplementasikan prinsip antidiskriminasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 9 : Presentasi tentang kebijakan hukum masing-masing cabang olahraga terkait upaya mengimplementasikan prinsip antidiskriminasi

Materi: Kebijakan hukum masing-masing cabang olahraga terkait upaya mengimplementasikan prinsip antidiskriminasi
Pustaka: Piagam Olimpiade, Olympic Charter,2024, tersedia dalam https://stillmed.olympics.com/...
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis peran negara dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Dapat menganalisis peran negara dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan menganalisis peran negara dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 10: Menganalisis peran negara dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Materi: Peran negara dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis pengaturan di Indonesia yang berorientasi menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Dapat menganalisis pengaturan di Indonesia yang berorientasi menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan menganalisis pengaturan di Indonesia yang berorientasi menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 11 : Presentasi tentang desa pengaturan di Indonesia yang berorientasi menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Materi: Pengaturan di Indonesia yang berorientasi menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan
Pustaka: UU No. 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis kasus-kasus di Indonesia yang berkaitan dengan diskriminasi di bidang keolahragaan

Dapat menganalisis kasus-kasus di Indonesia yang berkaitan dengan diskriminasi di bidang keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan menganalisis kasus-kasus di Indonesia yang berkaitan dengan diskriminasi di bidang keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 12 : Presentasi terkait kasus-kasus di Indonesia yang berkaitan dengan diskriminasi di bidang keolahragaan

Materi: Kasus-kasus di Indonesia yang berkaitan dengan diskriminasi di bidang keolahragaan
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep affirmative action dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Dapat menjelaskan konsep affirmative action dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan konsep affirmative action dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 13 :
review materi

Materi: Konsep affirmative action dalam menyukseskan antidiskriminasi di bidang keolahragaan
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis antidiskriminasi di bidang keolahragaan bagi penyandang disabilitas

Dapat menganalisis antidiskriminasi di bidang keolahragaan bagi penyandang disabilitas

Kriteria:

Ketepatan menganalisis antidiskriminasi di bidang keolahragaan bagi penyandang disabilitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio


Materi: *Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil. *Tugas 14 : Menulis artikel tentang antidiskriminasi di bidang keolahragaan bagi penyandang disabilitas
Pustaka: UU No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu memahami materi pertemuan 9-15

Jawaban Mahasiswa

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami materi pertemuan 9-15


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Soal Essay

Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka: Daniel Kilvington, John Price (Ed.), Sport and Discrimination, Routledge, 2017.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Portofolio 20%
80%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.