|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif |
8700302012 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
23 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
|
PO - 2 |
Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
|
PO - 3 |
Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
|
PO - 4 |
Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
|
PO - 8 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PO-1 | | | PO-2 | | | PO-3 | | | PO-4 | | | PO-5 | | | PO-6 | | | PO-7 | | | PO-8 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah yang membahas tentang teknik dan prosedur yang digunakan dalam melakukan penelitian yang mengandalkan pengumpulan dan analisis data numerik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari berbagai konsep dasar dan langkah-langkah dalam merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian kuantitatif, yang berfokus pada pengukuran variabel secara objektif dan statistik. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian kuantitatif yang inovatif serta menyumbangkan pemikiran teoritis baru ke dalam bidang pendidikan ekonomi. Metode pembelajaran yang digunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).
- Mertler, C. A. (2017).
- Field, A. (2018).
- Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).
- Salkind, N. J. (2020).
- Deng, Z., & Xu, Z. (2023).
- Browne, W. A., & Greer, L. (2022).
- Wang, X., & Lin, Y. (2021).
- Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).
- Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
|
Pendukung : |
|
- 1. Tavakol, M., & Dennick, R. (2017).
- 2. Wiersma, W., & Jurs, S. G. (2020).
- 3. Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. (2019).
- 4. Blaikie, N. (2018).
- 5. Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2018). "Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences" (2nd edition). SAGE Publications.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
|
Ceramah dan Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif dan Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
|
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel / buku/
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics |
|
Kriteria:
Presentasi dan Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku
|
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif dan Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku
|
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif dan Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan review artikel/buku
|
Diskusi dan review artikel/buku
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research |
Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif dan Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi dan review artikel/buku
|
Diskusi dan review artikel/buku
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian |
Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, Dan kesesuaiannya |
Kriteria:
Presentasi Aktifitas Partisipa dan Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning
|
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
UTS
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif |
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project yaitu Ide dan proposal yang akan di publikasikan pada jurnal internasional Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
review artikel/buku/
buku series
|
review artikel/buku/
buku series
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
Kriteria:
Presentasi dan Partisipasif dalam Presentasi, Penilaian Hasil Project yaitu Ide dan proposal yang akan di publikasikan pada jurnal internasional Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan review artikel/buku
|
Ceramah dan review artikel/buku
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif dan Presentasi, Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif dan Presentasi, dan penilaian hasil project Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
- Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan
- Aktifitas Partisipasif dan Presentasi, Penilaian hasil Project
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
|
Kriteria:
Artikel Hasil publikasi di jurnal internasional Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PjBL submited pada jurnal internasional.
|
PjBL submited pada jurnal internasional
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
UAS
|
|
0% |