Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif

8700302012

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

23 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education

PO - 2

Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh

PO - 3

Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics

PO - 4

Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility

PO - 5

Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs

PO - 6

Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research

PO - 7

Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian

PO - 8

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah yang membahas tentang teknik dan prosedur yang digunakan dalam melakukan penelitian yang mengandalkan pengumpulan dan analisis data numerik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari berbagai konsep dasar dan langkah-langkah dalam merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian kuantitatif, yang berfokus pada pengukuran variabel secara objektif dan statistik. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian kuantitatif yang inovatif serta menyumbangkan pemikiran teoritis baru ke dalam bidang pendidikan ekonomi. Metode pembelajaran yang digunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).
  2. Mertler, C. A. (2017).
  3. Field, A. (2018).
  4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).
  5. Salkind, N. J. (2020).
  6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).
  7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).
  8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).
  9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).
  10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).

Pendukung :

  1. 1. Tavakol, M., & Dennick, R. (2017).
  2. 2. Wiersma, W., & Jurs, S. G. (2020).
  3. 3. Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. (2019).
  4. 4. Blaikie, N. (2018).
  5. 5. Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2018). "Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences" (2nd edition). SAGE Publications.

Dosen Pengampu

Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.

Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
Ceramah dan Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif dan Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel / buku/
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics

Kriteria:

Presentasi dan Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif dan Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif dan Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan review artikel/buku
Diskusi dan review artikel/buku
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research

Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif dan Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi dan review artikel/buku
Diskusi dan review artikel/buku
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian

Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, Dan kesesuaiannya

Kriteria:

Presentasi Aktifitas Partisipa dan Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning
0%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
UTS
0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project yaitu Ide dan proposal yang akan di publikasikan pada jurnal internasional


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
review artikel/buku/
buku series
review artikel/buku/
buku series
0%

10

Minggu ke 10

Kriteria:

Presentasi dan Partisipasif dalam Presentasi, Penilaian Hasil Project yaitu Ide dan proposal yang akan di publikasikan pada jurnal internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan review artikel/buku
Ceramah dan review artikel/buku
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif dan Presentasi, Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PjBL Penulisan artikel ilmiah
PjBL Penulisan artikel ilmiah
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif dan Presentasi, dan penilaian hasil project


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PjBL Penulisan artikel ilmiah
PjBL Penulisan artikel ilmiah
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

  1. Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan
  2. Aktifitas Partisipasif dan Presentasi, Penilaian hasil Project

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PjBL Penulisan artikel ilmiah
PjBL Penulisan artikel ilmiah
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PjBL Penulisan artikel ilmiah
PjBL Penulisan artikel ilmiah
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Kriteria:

Artikel Hasil publikasi di jurnal internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PjBL submited pada jurnal internasional.
PjBL submited pada jurnal internasional
0%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
UAS
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
5%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.