|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif |
8700302012 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
15 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Andre Dwijanto Witjaksono
|
Dr. Agung Listiadi., M.Pd
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
PLO-6 |
Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS. |
PLO-7 |
Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah. |
PLO-8 |
Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
|
PO - 2 |
Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
|
PO - 3 |
Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
|
PO - 4 |
Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
|
PO - 8 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | PO-5 | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | PO-6 | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | PO-7 | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-8 | | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah yang membahas tentang teknik dan prosedur yang digunakan dalam melakukan penelitian yang mengandalkan pengumpulan dan analisis data numerik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari berbagai konsep dasar dan langkah-langkah dalam merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian kuantitatif, yang berfokus pada pengukuran variabel secara objektif dan statistik. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian kuantitatif yang inovatif serta menyumbangkan pemikiran teoritis baru ke dalam bidang pendidikan ekonomi. Metode pembelajaran yang digunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). "Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches" (5th edition). SAGE Publications.
- 2. Mertler, C. A. (2017). "Research Methods in Education: An Introduction" (10th edition). Pearson Education.
- 3. Field, A. (2018). "Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics" (5th edition). SAGE Publications.
- 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). "Research Methods in Education" (8th edition). Routledge.
- 5. Salkind, N. J. (2020). "Statistics for People Who (Think They) Hate Statistics" (8th edition). SAGE Publications.
- 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). "Using Quantitative Research Methods in Educational Contexts: A Systematic Review." Journal of Educational Research and Practice, 13(1), 45-57.
- 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). "Exploring the Use of Statistical Software for Quantitative Research in Education." Educational Research Review, 28, 1-12.
- 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). "A Comparison of Quantitative Research Designs in Educational Settings: A Meta-Analysis." Journal of Research in Education, 32(4), 102-115.
- 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). "Statistical Methods for Quantitative Research in Education: An Overview." International Journal of Educational Research, 45(3), 224-237.
- 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). "The Role of Validity and Reliability in Quantitative Educational Research." Educational Measurement: Issues and Practice, 39(1), 48-61.
|
Pendukung : |
|
- 1. Tavakol, M., & Dennick, R. (2017). "Making Sense of Cronbach's Alpha" (International Journal of Medical Education, 2017).
- 2. Wiersma, W., & Jurs, S. G. (2020). "Research Methods in Education: An Introduction" (10th edition). Pearson Education
- 3. Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. (2019). "Practical Research: Planning and Design" (12th edition). Pearson Education.
- 4. Blaikie, N. (2018). "Designing Social Research: A Guide for the Bewildered" (3rd edition). SAGE Publications.
- 5. Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2018). "Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences" (2nd edition). SAGE Publications.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si. Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education |
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian metode pendekatan kuantitatif, pendekatan kualitatif, pendekatan campuran (mixed methods).
- Mahasiswa mampu menjelaskan pendekatan tindakan (action research), dan pendekatan deskriptif.
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional 80 Menit |
Ceramah dan Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional. 80 Menit |
Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh |
- Mahasiswa mampu menjelaskan masalah penelitian dalam penelitian kuantitatif.
- Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan literatur, dan hipotesis dalam penelitian kuantitatif.
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku. 80 Menit |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel / buku. 80 Menit |
Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics |
- Mahasiswa mampu mengorganisasi dan merangkum data serta menyajikan data dalam bentuk yang mudah dipahami.
- Mahasiswa mampu menjelaskan sampling probabilitas dan sampling non-probabilitas.
- Mahasiswa mampu membuat estimasi, uji hipotesis dan generalize hasil.
|
Kriteria:
Penguasaan topik dan kesesuaian dengan kajiannya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku 80 Menit |
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku 80 Menit |
Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility |
Mahasiswa mampu menganalisisj enis-jenis alat dalam penelitian kuantitatif, jenis-jenis validitas dalam penelitian kuantitatif, dan jenis-jenis reliabilitas |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku 80 Menit |
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku 80 Menit |
Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs |
Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik, tujuan dan contoh penelitian eksperimental, jenis-jenis penelitian eksperimental, langkah-langkah penelitian eksperimental serta keunggulan dan kelemahan penelitian eksperimental |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan review artikel/buku 80 Menit |
Diskusi dan review artikel/buku 80 Menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research |
Mahasiswa mampu menganalisis ciri-ciri dan jenis penelitian ex post facto, ciri-ciri dan contoh jenis penelitian korelasional, ciri-ciri dan jenis-jenis penelitian survei. |
Kriteria:
Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan review artikel/buku 80 Menit |
Diskusi dan review artikel/buku 80 Menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian |
- Mahasiswa mampu menganalisis Struktur Laporan Penelitian
- Mahasiswa mampu menganalisis Teknik penyajian
|
Kriteria:
Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, Dan kesesuaiannya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning 80 Menit |
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning 80 Menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 80 Menit |
UTS 80 Menit |
Materi: UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif |
Mahasiswa mampu menganalisis struktur laporan penelitian dan teknik penyajian. |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
review artikel/buku/buku series 80 Menit |
review artikel/buku/buku series 80 Menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
Mahasiswa mampu menganalisis struktur laporan penelitian dan teknik penyajian |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan review artikel/buku/buku series 80 Menit |
Ceramah dan review artikel/buku/buku series 80 Menit |
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kuantitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 80 Menit |
Ceramah dan review artikel/buku/buku series 80 Menit |
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kuantitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 80 Menit |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 80 Menit |
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kuantitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 80 Menit |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 80 Menit |
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kuantitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan |
Kriteria:
Artikel yang disusun untk publikasi di jurnal internasional Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
PjBL submited pada jurnal internasional 80 Menit |
PjBL submited pada jurnal internasional 80 Menit |
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kuantitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan |
Kriteria:
Artikel yang disusun untk publikasi di jurnal internasional. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
PjBL submited pada jurnal internasional. 80 Menit |
PjBL submited pada jurnal internasional 80 Menit |
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 3. Field, A. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 80 Menit |
UAS 80 Menit |
Materi: UAS Pustaka: |
20% |