Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif

8700302012

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

15 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Andre Dwijanto Witjaksono




Dr. Agung Listiadi., M.Pd




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.

PLO-8

Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education

PO - 2

Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh

PO - 3

Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics

PO - 4

Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility

PO - 5

Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs

PO - 6

Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research

PO - 7

Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif

PO - 8

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5    
PO-6    
PO-7    
PO-8   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah yang membahas tentang teknik dan prosedur yang digunakan dalam melakukan penelitian yang mengandalkan pengumpulan dan analisis data numerik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari berbagai konsep dasar dan langkah-langkah dalam merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian kuantitatif, yang berfokus pada pengukuran variabel secara objektif dan statistik. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian kuantitatif yang inovatif serta menyumbangkan pemikiran teoritis baru ke dalam bidang pendidikan ekonomi. Metode pembelajaran yang digunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). "Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches" (5th edition). SAGE Publications.
  2. 2. Mertler, C. A. (2017). "Research Methods in Education: An Introduction" (10th edition). Pearson Education.
  3. 3. Field, A. (2018). "Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics" (5th edition). SAGE Publications.
  4. 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). "Research Methods in Education" (8th edition). Routledge.
  5. 5. Salkind, N. J. (2020). "Statistics for People Who (Think They) Hate Statistics" (8th edition). SAGE Publications.
  6. 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023). "Using Quantitative Research Methods in Educational Contexts: A Systematic Review." Journal of Educational Research and Practice, 13(1), 45-57.
  7. 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022). "Exploring the Use of Statistical Software for Quantitative Research in Education." Educational Research Review, 28, 1-12.
  8. 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021). "A Comparison of Quantitative Research Designs in Educational Settings: A Meta-Analysis." Journal of Research in Education, 32(4), 102-115.
  9. 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021). "Statistical Methods for Quantitative Research in Education: An Overview." International Journal of Educational Research, 45(3), 224-237.
  10. 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). "The Role of Validity and Reliability in Quantitative Educational Research." Educational Measurement: Issues and Practice, 39(1), 48-61.

Pendukung :

  1. 1. Tavakol, M., & Dennick, R. (2017). "Making Sense of Cronbach's Alpha" (International Journal of Medical Education, 2017).
  2. 2. Wiersma, W., & Jurs, S. G. (2020). "Research Methods in Education: An Introduction" (10th edition). Pearson Education
  3. 3. Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. (2019). "Practical Research: Planning and Design" (12th edition). Pearson Education.
  4. 4. Blaikie, N. (2018). "Designing Social Research: A Guide for the Bewildered" (3rd edition). SAGE Publications.
  5. 5. Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2018). "Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences" (2nd edition). SAGE Publications.

Dosen Pengampu

Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.

Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian metode pendekatan kuantitatif, pendekatan kualitatif, pendekatan campuran (mixed methods).
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pendekatan tindakan (action research), dan pendekatan deskriptif.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
80 Menit
Ceramah dan Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
80 Menit
Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa memahami the nature of scientific inquiry and research approaches in education
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan masalah penelitian dalam penelitian kuantitatif.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan literatur, dan hipotesis dalam penelitian kuantitatif.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
80 Menit
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel / buku.
80 Menit
Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa memahami research problem, reviewing the literature, a hypothesis in quantitative reseacrh
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics

  1. Mahasiswa mampu mengorganisasi dan merangkum data serta menyajikan data dalam bentuk yang mudah dipahami.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan sampling probabilitas dan sampling non-probabilitas.
  3. Mahasiswa mampu membuat estimasi, uji hipotesis dan generalize hasil.
Kriteria:

Penguasaan topik dan kesesuaian dengan kajiannya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku
80 Menit
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku
80 Menit
Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa memahami descriptive statistics, sampling and inferential statistics
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility

Mahasiswa mampu menganalisisj enis-jenis alat dalam penelitian kuantitatif, jenis-jenis validitas dalam penelitian kuantitatif, dan jenis-jenis reliabilitas

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku
80 Menit
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku
80 Menit
Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa memahami tools and research, validity and realibility
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs

Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik, tujuan dan contoh penelitian eksperimental, jenis-jenis penelitian eksperimental, langkah-langkah penelitian eksperimental serta keunggulan dan kelemahan penelitian eksperimental

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan review artikel/buku
80 Menit
Diskusi dan review artikel/buku
80 Menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa mampu memahami experimental research and experimental research designs
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research

Mahasiswa mampu menganalisis ciri-ciri dan jenis penelitian ex post facto, ciri-ciri dan contoh jenis penelitian korelasional, ciri-ciri dan jenis-jenis penelitian survei.

Kriteria:

Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan review artikel/buku
80 Menit
Diskusi dan review artikel/buku
80 Menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa mampu memahami ex post facto reseach, correlational research, survey research
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian

  1. Mahasiswa mampu menganalisis Struktur Laporan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu menganalisis Teknik penyajian
Kriteria:

Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, Dan kesesuaiannya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning
80 Menit
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning
80 Menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
80 Menit
UTS
80 Menit
Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif

Mahasiswa mampu menganalisis struktur laporan penelitian dan teknik penyajian.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
review artikel/buku/buku series
80 Menit
review artikel/buku/buku series
80 Menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa mampu memahami penulisan proposal penelitian kuantitatif
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Mahasiswa mampu menganalisis struktur laporan penelitian dan teknik penyajian

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
80 Menit
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
80 Menit
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kuantitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
PjBL Penulisan artikel ilmiah
80 Menit
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
80 Menit
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kuantitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
80 Menit
PjBL Penulisan artikel ilmiah
80 Menit
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kuantitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
80 Menit
PjBL Penulisan artikel ilmiah
80 Menit
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kuantitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Kriteria:

Artikel yang disusun untk publikasi di jurnal internasional


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
PjBL submited pada jurnal internasional
80 Menit
PjBL submited pada jurnal internasional
80 Menit
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kuantitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Kriteria:

Artikel yang disusun untk publikasi di jurnal internasional.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
PjBL submited pada jurnal internasional.
80 Menit
PjBL submited pada jurnal internasional
80 Menit
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 2. Mertler, C. A. (2017).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 3. Field, A. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 4. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 5. Salkind, N. J. (2020).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 6. Deng, Z., & Xu, Z. (2023).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 7. Browne, W. A., & Greer, L. (2022).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 8. Wang, X., & Lin, Y. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 9. Sahu, P. K., & Gupta, R. (2021).

Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun artikel penelitian kuantitatif
Pustaka: 10. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020).
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
80 Menit
UAS
80 Menit
Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 2.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
3. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
4. Tes 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.