Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tesis

8610106021

T=6

P=0

ECTS=13.44

5

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penelitian, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa di bidang Pendidikan Luar Biasa;

PLO-7

Mampu memformulasikan ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik di bidang pendidikan luar biasa;

PLO-9

Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan luar biasa secara kontekstual;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu merumuskan permasalahan penelitian secara tepat dan jelas.

PO - 2

Mampu melakukan kajian pustaka yang relevan dan mendalam

PO - 3

Mampu mendesain penelitian dengan metodologi yang sesuai

PO - 4

Mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data penelitian secara sistematis

PO - 5

Mampu menyusun tugas akhir yang memenuhi standar akademik dalam hal format, bahasa, dan substansi

PO - 6

Mampu mempertahankan hasil penelitian di hadapan penguji dengan argumen yang logis dan berdasar

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Tesis merupakan mata kuliah wajib yang diambil oleh mahasiswa pada tahap akhir studi. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan penelitian ilmiah dengan tujuan untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, berdasarkan topik yang relevan dengan bidang studi yang diambil. Tesis ini harus memenuhi standar akademik yang ditetapkan oleh program studi dan dapat berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan.

Pustaka

Utama :

  1. Pedoman Penulisan Tesis & Disertasi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.2019

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd.

Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kriteria:
  1. Topik dan rumusan masalah disetujui pembimbing : 4
  2. Topik dan rumusan masalah direvisi: 3

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
konsultasi luring pada pembimbing tugas akhir

0%

2

Minggu ke 2

Kriteria:
  1. Rumusan tujuan dan ruang lingkup penelitian tepat dan sesuai rumusan masalah : 4
  2. Rumusan tujuan dan ruang lingkup penelitian kurang tepat dengan rumusan masalah : 3

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bimbingan individu

4%

3

Minggu ke 3

Kriteria:
  1. sintesis kajian pustaka dan teori tepat dan sesuai dengan topik : 4
  2. sintesis kajian pustaka dan teori kurang sesuai dengan topik: 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bimbingan individu

5%

4

Minggu ke 4

Kriteria:
  1. proposal sesuai dengan topik dan panduan selingkung UNESA: 4
  2. proposal kurang sesuai dengan topik dan panduan selingkung UNESA: 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bimbingan individu

10%

5

Minggu ke 5

Kriteria:
  1. desain dan metode sesuai dengan rumusan masalah: 4
  2. desain dan metode kurang sesuai dengan rumusan masalah: 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
bimbingan individu

5%

6

Minggu ke 6

Kriteria:
  1. teknik pengumpulan dan analisis data sesuai dengan desain penelitian: 4
  2. teknik pengumpulan dan analisis data kurang sesuai dengan desain penelitian: 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
bimbingan individu

5%

7

Minggu ke 7

hasil pengumpulan data sesuai dengan jenis dan desain penelitian

Kriteria:
  1. pengumpulan data sesuai jenis dan desain penelitian: 4
  2. pengumpulan data kurang sesuai jenis dan desain penelitian: 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
bimbingan individu

5%

8

Minggu ke 8

presentasi sesuai dengan interpertasi hasil penelitian

Kriteria:
  1. presentasi tepat dan sesuai dengan interpertasi hasil penelitian: 4
  2. presentasi kurang tepat dengan interpertasi hasil penelitian: 3
  3. presentasi tidak sesuai dengan interpertasi hasil penelitian: 2

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
presentasi hasil penelitian

15%

9

Minggu ke 9

mampu melakukan analisis data sesuai dengan jenis dan desain penelitian

analisis data sesuai dengan jenis dan desain penelitian

Kriteria:
  1. analisis data sesuai dengan jenis dan desain penelitian: 4
  2. analisis data kurang sesuai dengan jenis dan desain penelitian: 3
  3. analisis data tidak sesuai dengan jenis dan desain penelitian: 2

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
bimbingan individu

5%

10

Minggu ke 10

hasil dan pembahasan tepat dan komprehensif sesuai dengan data yang diperoleh

Kriteria:
  1. hasil dan pembahasan tepat dan komprehensif sesuai dengan data yang diperoleh: 4
  2. hasil dan pembahasan tepat dan kurang komprehensif sesuai dengan data yang diperoleh: 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
bimbingan individu

5%

11

Minggu ke 11

simpulan dan rekomendasi sesuai dengan hasil pengumpulan data dan analisis data penelitian

Kriteria:
  1. simpulan dan rekomendasi sesuai dengan hasil pengumpulan data dan analisis data penelitian: 4
  2. simpulan dan rekomendasi kurang sesuai dengan hasil pengumpulan data dan analisis data penelitian: 3
  3. simpulan dan rekomendasi tidak sesuai dengan hasil pengumpulan data dan analisis data penelitian: 2

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
bimbingan individu

5%

12

Minggu ke 12

Kriteria:
  1. tugas akhir sesuai dengan kaidah penyusunan tesis: 4
  2. tugas akhir kurang sesuai dengan kaidah penyusunan tesis: 3
  3. tugas akhir tidak sesuai dengan kaidah penyusunan tesis: 2

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
bimbingan individu

10%

13

Minggu ke 13

mampu melakukan presentasi dan seminar hasil penelitian

Kriteria:
  1. presentasi dan seminar sesuai dengan hasil dan analisis data penelitian: 4
  2. presentasi dan seminar kurang sesuai dengan hasil dan analisis data penelitian: 3
  3. presentasi dan seminar tidak sesuai dengan hasil dan analisis data penelitian: 2

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi hasil penelitian

10%

14

Minggu ke 14

Kriteria:
  1. revisi sesuai dengan masukan penguji memenuhi standar akademik dalam hal format, bahasa, dan substansi: 4
  2. revisi kurang sesuai dengan masukan penguji memenuhi standar akademik dalam hal format, bahasa, dan substansi: 3
  3. revisi tidak sesuai dengan masukan penguji memenuhi standar akademik dalam hal format, bahasa, dan substansi: 2

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
bimbingan individu

6%

15

Minggu ke 15

Kriteria:
  1. tesis lengkap sesuai kaidah penulisan tugas akhir dalam hal format, bahasa,d an substansi: 4
  2. tesis lengkap kurang sesuai kaidah penulisan tugas akhir dalam hal format, bahasa,d an substansi: 3
  3. tesis lengkap tidak sesuai kaidah penulisan tugas akhir dalam hal format, bahasa,d an substansi: 2

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
bimbingan individu

7%

16

Minggu ke 16

presentasi

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 57%
2. Penilaian Portofolio 21%
3. Praktik / Unjuk Kerja 19%
97%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.