Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Material Maju

4710202014

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

2 Januari 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




1. Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si 2. Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si




Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si




Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai teori struktur dan sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro dan makromolekul dan terapannya

PLO-6

Menguasai konsep teoretis tentang fungsi instrumen kimia mutakhir dan cara pengoperasiannya, serta menguasai penerapan teknologi kimia yang relevan

PLO-8

Mampu mengedukasi masyarakat tentang manfaat kimia dalam kesehatan dan kelestarian lingkungan berbasis hasil penelitian

PLO-9

Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-8PLO-9

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mempelajari sifat dan karakteristik Material maju mengenai kekuatan mekanik ,densitas , kekerasan, termal, sifat elektrikal, optikal dan ciri-ciri kimiawi serta fisika. aplikasi sebagai material adaptif yaitu material yang berinteraksi dan menerima stimulus dari lingkungan untuk kemudian merespon secara khas untuk kemudian difungsikan untuk berbagai keperluan antara lain: sensor, pemanen energi seperti sel surya , katalis maju dll

Pustaka

Utama :

  1. Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986. .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler, 2004, Fundamental of Analytical Chemistry,8th Edition, 2004. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986.

Pendukung :

  1. Nita Kusumawati, Pirim Setiarso, Agus Budi Santoso, Supari Muslim, Qurrota A’yun, and Marinda Mayliansarisyah Putri , 2023, Characterization of Poly(vinylidene Fluoride) Nanofiber-Based Electrolyte and Its Application to Dye-Sensitized Solar Cell with Natural Dyes , Indones. J. Chem., 23 (1), 113 - 126
  2. Nur Anisa Rosyiidah , Pirim Setiarso , I Gusti Made Sanjaya , 2024, Potential Analysis of Quercetin and Its Derivatives as Inhibitors of Hendra Virus (HeV) , Indonesian Journal of Chemical Science and Technology (IJCST-UNIMED) , Volume 07, No 1, pp 21-26
  3. Cahyaningrum, S. E., Amaria, & Sholikhah, A. M, 2020,Kinetic Release Study Of Diabetes Mellitus Drug Encapsulated On Chitosan Alginate Matrix,Rasayan Journal of Chemistry, 14(02), 1273– 1280,2021 http://dx.doi.org/10.31788/RJC.2021.1426218
  4. Sari Edi C, Amaria, Fitriari I,The Kinetic Release And In-Vivo Study Of Alginate-Chitosan Encapsulated Metformin Against Type Ii Diabetes Mellitus,2022, 15(2), pp. 1040–104
  5. jurnal internasional terkini berkaitan dengan material maju

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si.

Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Orientasi matakuliah Material maju

Memahami secara umum material maju

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50
Daring
2x50
Materi: Orientasi Matakuliah material maju
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986. .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler, 2004, Fundamental of Analytical Chemistry,8th Edition, 2004. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986.
5%

2

Minggu ke 2

Material Sensor

memahami material sensor

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
2x50
Daring
2x50
Materi: material sensor
Pustaka: Nita Kusumawati, Pirim Setiarso, Agus Budi Santoso, Supari Muslim, Qurrota A’yun, and Marinda Mayliansarisyah Putri , 2023, Characterization of Poly(vinylidene Fluoride) Nanofiber-Based Electrolyte and Its Application to Dye-Sensitized Solar Cell with Natural Dyes , Indones. J. Chem., 23 (1), 113 - 126
5%

3

Minggu ke 3

Material Sensor

memahami material sensor

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Luring
2x50
Daring
2x50
Materi: material sensor
Pustaka: Nita Kusumawati, Pirim Setiarso, Agus Budi Santoso, Supari Muslim, Qurrota A’yun, and Marinda Mayliansarisyah Putri , 2023, Characterization of Poly(vinylidene Fluoride) Nanofiber-Based Electrolyte and Its Application to Dye-Sensitized Solar Cell with Natural Dyes , Indones. J. Chem., 23 (1), 113 - 126

Materi: Sensor
Pustaka: Nur Anisa Rosyiidah , Pirim Setiarso , I Gusti Made Sanjaya , 2024, Potential Analysis of Quercetin and Its Derivatives as Inhibitors of Hendra Virus (HeV) , Indonesian Journal of Chemical Science and Technology (IJCST-UNIMED) , Volume 07, No 1, pp 21-26
5%

4

Minggu ke 4

Material Sensor

memahami material sensor

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Luring
2x50
Daring
2x50
Materi: Sensor
Pustaka: Nur Anisa Rosyiidah , Pirim Setiarso , I Gusti Made Sanjaya , 2024, Potential Analysis of Quercetin and Its Derivatives as Inhibitors of Hendra Virus (HeV) , Indonesian Journal of Chemical Science and Technology (IJCST-UNIMED) , Volume 07, No 1, pp 21-26

Materi: Sensor Elektrokimia
Pustaka: Nita Kusumawati, Pirim Setiarso, Agus Budi Santoso, Supari Muslim, Qurrota A’yun, and Marinda Mayliansarisyah Putri , 2023, Characterization of Poly(vinylidene Fluoride) Nanofiber-Based Electrolyte and Its Application to Dye-Sensitized Solar Cell with Natural Dyes , Indones. J. Chem., 23 (1), 113 - 126
5%

5

Minggu ke 5

Material Sensor

memahami material sensor

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
Luring
2x50
Daring
2x50
Materi: Sensor
Pustaka: Nur Anisa Rosyiidah , Pirim Setiarso , I Gusti Made Sanjaya , 2024, Potential Analysis of Quercetin and Its Derivatives as Inhibitors of Hendra Virus (HeV) , Indonesian Journal of Chemical Science and Technology (IJCST-UNIMED) , Volume 07, No 1, pp 21-26

Materi: Sensor Elektrokimia
Pustaka: Nita Kusumawati, Pirim Setiarso, Agus Budi Santoso, Supari Muslim, Qurrota A’yun, and Marinda Mayliansarisyah Putri , 2023, Characterization of Poly(vinylidene Fluoride) Nanofiber-Based Electrolyte and Its Application to Dye-Sensitized Solar Cell with Natural Dyes , Indones. J. Chem., 23 (1), 113 - 126
5%

6

Minggu ke 6

Sensor Elektrokimia (Elektroda)

Material sensor elektrokimia (elektroda)

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Luring
2x50
Daring
2x50
Materi: Sensor Elektrokimia
Pustaka: Nita Kusumawati, Pirim Setiarso, Agus Budi Santoso, Supari Muslim, Qurrota A’yun, and Marinda Mayliansarisyah Putri , 2023, Characterization of Poly(vinylidene Fluoride) Nanofiber-Based Electrolyte and Its Application to Dye-Sensitized Solar Cell with Natural Dyes , Indones. J. Chem., 23 (1), 113 - 126
5%

7

Minggu ke 7

Membuat sensor Elektrokimia (elektroda pastakarbon)

Material sensor elektrokimia (elektroda)

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Luring
2x50
Daring
2x50
Materi: Sensor Elektrokimia
Pustaka: Nita Kusumawati, Pirim Setiarso, Agus Budi Santoso, Supari Muslim, Qurrota A’yun, and Marinda Mayliansarisyah Putri , 2023, Characterization of Poly(vinylidene Fluoride) Nanofiber-Based Electrolyte and Its Application to Dye-Sensitized Solar Cell with Natural Dyes , Indones. J. Chem., 23 (1), 113 - 126
10%

8

Minggu ke 8

Material Sensor (elektroda pastakarbon)

Material sensor elektrokimia (elektroda)

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50
Daring
2x50
Materi: Sensor Elektrokimia
Pustaka: Nita Kusumawati, Pirim Setiarso, Agus Budi Santoso, Supari Muslim, Qurrota A’yun, and Marinda Mayliansarisyah Putri , 2023, Characterization of Poly(vinylidene Fluoride) Nanofiber-Based Electrolyte and Its Application to Dye-Sensitized Solar Cell with Natural Dyes , Indones. J. Chem., 23 (1), 113 - 126
10%

9

Minggu ke 9

Kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan soal Dan mendeskripsikan mekanisme dengan tepat

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca materi yang tersedia di
MMP (PPT, e-Book
daring
Materi: Solid state Tipe material padatan Factor yang memepengaruhi sintesisnya
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986. .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler, 2004, Fundamental of Analytical Chemistry,8th Edition, 2004. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep prinsip dan metode solid state, factor yang mempengaruhi metode solid state dan kelemahannya

mahasiswa dalam mengerjakan soal Dan mendeskripsikan mekanisme dengan tepat

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kuliah lisan, tanya jawab, presentasi

Materi: Solid state Tipe material padatan Factor yang memepengaruhi sintesisnya
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986. .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler, 2004, Fundamental of Analytical Chemistry,8th Edition, 2004. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep prinsip dasar milling dalam sintesis material. Mahasiswa mampu mendekripsikan Peripheral Milling, Face Milling, dan End Milling

Kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan soal dan mendeskripsikan mekanisme reaksi dengan tepat

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan materi Metode: Non Tes (Dokumen)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
RTM :
Membuat PPT dan Slide presentasi, PBL

Materi: 1. Milling 2. Peripheral Milling 3. Face Milling 4. End Milling
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986. .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler, 2004, Fundamental of Analytical Chemistry,8th Edition, 2004. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep prinsip dasar milling dalam sintesis material. Mahasiswa mampu mendekripsikan Peripheral Milling, Face Milling, dan End Milling

Kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan soal dan mendeskripsikan mekanisme reaksi dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
RTM :
Membuat PPT dan Slide presentasi, PBL

Materi: 1. Milling 2. Peripheral Milling 3. Face Milling 4. End Milling
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986. .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler, 2004, Fundamental of Analytical Chemistry,8th Edition, 2004. (3)-“An Introduction to Analytical Chemistry” by Doglas A. Skooge & Donald M.West, 4th Edition, 1986.
5%

13

Minggu ke 13

1. Kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan soal dan mendeskripsik an mekanisme proses aplikasi material maju

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan materi Metode: Non Tes (Dokumen)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas:
Membaca materi yang tersedia di MMP (PPT, e-Book), PBL

Materi: Aplikasi material maju dalam kehidupan sehari-hari dan mekanisme aplikasinya
Pustaka: Cahyaningrum, S. E., Amaria, & Sholikhah, A. M, 2020,Kinetic Release Study Of Diabetes Mellitus Drug Encapsulated On Chitosan Alginate Matrix,Rasayan Journal of Chemistry, 14(02), 1273– 1280,2021 http://dx.doi.org/...
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi material maju dalam dunia industry, farmasi, kedokteran dan mekanismenya

1. Kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan soal dan mendeskripsik an mekanisme proses aplikasi material maju

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan materi Metode: Non Tes (Dokumen)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Tugas:
Membaca materi yang tersedia di MMP (PPT, e-Book), PBL

Materi: Aplikasi material maju dalam kehidupan sehari-hari dan mekanisme aplikasinya
Pustaka: Cahyaningrum, S. E., Amaria, & Sholikhah, A. M, 2020,Kinetic Release Study Of Diabetes Mellitus Drug Encapsulated On Chitosan Alginate Matrix,Rasayan Journal of Chemistry, 14(02), 1273– 1280,2021 http://dx.doi.org/...
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi material maju dalam dunia industry, farmasi, kedokteran dan mekanismenya

1. Kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan soal dan mendeskripsik an mekanisme proses aplikasi material maju

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan materi Metode: Non Tes (Dokumen)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas:
Membaca materi yang tersedia di MMP (PPT, e-Book), PBL

Materi: Aplikasi material maju dalam kehidupan sehari-hari dan mekanisme aplikasinya
Pustaka: Sari Edi C, Amaria, Fitriari I,The Kinetic Release And In-Vivo Study Of Alginate-Chitosan Encapsulated Metformin Against Type Ii Diabetes Mellitus,2022, 15(2), pp. 1040–104
10%

16

Minggu ke 16

Kriteria:

1. Kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan projek, presentasi mekanisme proses pembuatan dan aplikasi material maju


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

daring 100 menit
Materi: presentasi hasil projek material maju
Pustaka: jurnal internasional terkini berkaitan dengan material maju
11%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 52.33%
3. Penilaian Portofolio 11.67%
4. Penilaian Praktikum 3.83%
5. Tes 11.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.