Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Geografi Indonesia

8420703103

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

22 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Ilyas Marzuqi, M.Pd.




Dr. Hendri Prastiyono.M.Pd.




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.

PLO-8

Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek fisik dan sosial serta menginterpretasi potensi geografis untuk pembangunan berkelanjutan

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, bencana, dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5PLO-8
PO-1  
PO-2  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah dasar bagi mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) agar mampu mengidentifikasi Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan kondisi geografi baik dari aspek fisik maupun aspek sosial serta menganalisis potensi kondisi fisik dan kondisi sosial Indonesia sebagai potensi pembangunan nasional yang berkelanjutan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Pustaka

Utama :

  1. Paul A. Tucci and Matthew T. Rosenberg. 2009. The handy geography answer book. Visible Ink Press: Detroit USA
  2. Van Bemmelen,R.W.,1949.The Geology of Indonesia, vol.1A, TheHague, Martinus Nijhoff, 732hal.
  3. Verstappen (Pengarang) ; Sutikno (Penyunting). 2014. Geomorfologi Terapan. Yogyakarta : Ombak, 2014
  4. Daniels et al. 2008. An introduction to human geography : issues for the 21st century. Pearson Education Limited: England

Pendukung :

  1. Robert E. Gabler, et al. 2007. Essentials of Physical Geography, Eighth Edition. Thomson Higher Education: USA

Dosen Pengampu

Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd.

Muhammad Ilyas Marzuqi, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek geologis dan geomorfologis untuk pembangunan berkelanjutan

mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari pengantar ilmu geografi dalam IPS

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, tanya jawab, ceramah
2 x 50
penugasan
2 X 50
Materi: Pengantar geografi dalam IPS
Pustaka: Paul A. Tucci and Matthew T. Rosenberg. 2009. The handy geography answer book. Visible Ink Press: Detroit USA
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek geologis dan geomorfologis untuk pembangunan berkelanjutan

mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek geologis

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, presentasi
2 x 50
penugasan
2 x 50
Materi: Geo Fisik: Geologi Indonesia
Pustaka: Van Bemmelen,R.W.,1949.The Geology of Indonesia, vol.1A, TheHague, Martinus Nijhoff, 732hal.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek geologis dan geomorfologis untuk pembangunan berkelanjutan

mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek geomorfologis

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, presentasi
2 x 50
penugasan
2 x 50
Materi: Geo Fisik: Geomorfologi Indonesia
Pustaka: Verstappen (Pengarang) ; Sutikno (Penyunting). 2014. Geomorfologi Terapan. Yogyakarta : Ombak, 2014
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek hidroseanografi dan meteorologi untuk pembangunan berkelanjutan

mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek hidroseanografi dan meteorologi

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi
2 x 50
penugasan
2 x 50
Materi: Geo Fisik: Hidroseanografi dan Meteorologi Indonesia
Pustaka: Robert E. Gabler, et al. 2007. Essentials of Physical Geography, Eighth Edition. Thomson Higher Education: USA
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam pada kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Mampu menganalisis konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, presentasi
2 x 50
penugasan
2 x 50
Materi: Geo Fisik: Sumber Daya Alam Indonesia
Pustaka: Robert E. Gabler, et al. 2007. Essentials of Physical Geography, Eighth Edition. Thomson Higher Education: USA
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam pada kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Mampu menganalisis konektivitas antarruang melalui aspek pemetaan

Kriteria:

rubrik

diskusi, presentasi
2 x 50
penugasan
2 x 50
Materi: Geo Fisik: Sumber Daya Alam Indonesia
Pustaka: Robert E. Gabler, et al. 2007. Essentials of Physical Geography, Eighth Edition. Thomson Higher Education: USA

Materi: Geo Teknik: Atlas dan Peta Indonesia
Pustaka: Paul A. Tucci and Matthew T. Rosenberg. 2009. The handy geography answer book. Visible Ink Press: Detroit USA
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam pada kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

mampu menganalisis konektivitas antarruang melalui praktik membuat peta

Kriteria:

rubrik

diskusi, praktik
2 x 50
penugasan
2 x 50
Materi: Geo Teknik: Praktik Pemetaan Indonesia
Pustaka: Paul A. Tucci and Matthew T. Rosenberg. 2009. The handy geography answer book. Visible Ink Press: Detroit USA
5%

8

Minggu ke 8

UTS

Tes

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Tes
tes
2 x 50
tes
2 x 50
Materi: UTS
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.5%
3. Tes 15%
40%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.