Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sanggar Sastra

7920102203

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

6 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.; M. Erwan Saing, M.A.; Drs. Jack Parmin, M.Hum.




Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menghasilkan (menulis) naskah karya kreatif berupa penggalan novel, cerpen, puisi, esai, kolom, dan lainnya secara bertanggung jawab

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-9
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Menguasai hakikat penulisan kreatif, jenis-jenis menulis kreatif, teknik menulis kreatif, etika menulis kreatif, melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan kritik mengenai tulisan kreatif atau menghasilkan tulisan kreatif untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan.

Pustaka

Utama :

  1. Ahmadi, Anas. & Hariyati, N.R. 2018. Plagiasi dalam Menulis . Gresik: Graniti.
  2. Ariadinata, Joni.2016. Aku bisa Nulis Fiksi . Yogyakarta: Diva Press.
  3. Bird, Carmel. 1996. Menulis dengan Emosi. Terjemahan Eva Y. Nukman. Bandung: Kaifa.
  4. Djaelani, M.A. 2012. Warnai Dunia dengan Menulis . Surabaya: Inpas.
  5. Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif : Jilid I -IV. Jakarta: KPG.
  6. King, Sophie. 2010. How to Write Short Stories for Magazines. Oxford: Howtobooks.
  7. Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta: Gagas Media.
  8. Miller, Robert K. 2006. Motives for Writing . Fifth Edition. Mc-Grill: New York.
  9. Mirriam-Goldberg,C. 2011. Daripada Bete, Nulis aja!. Yogyakarta: Kaifa.
  10. Munsyi, Alif D. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kaifa.
  11. Sasongko, S. 2012. Trik Jitu Menulis Cerita Remaja. Klaten: Pustaka Wasilah.
  12. Sartre, J.P. 2002. Les Mots. Terjemahan. Jakarta: Gramedia.
  13. Stovall, James G. 2006. Writing for the Mass Media. Longmann: Boston.
  14. Swander, A., Leahly, M. & Cantrell, M. 2007. Theories of Creativity and Creative Writing Pedagogy . Edinburgh: Edinburgh University Press
  15. Sutejo & Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadiputra.
  16. Trim, Bambang. 2016. Menulispedia: Panduan Menulis untuk Mereka yang Insaf Menulis. Bandung: Nuansa.

Pendukung :

  1. Beberapa novel Indonesia
  2. Beberapa buku kumpulan cerpen Indonesia
  3. Beberapa buku kumpulan puisi Indonesia
  4. Beberapa buku kumpulan artikel atau esai atau kolom

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman hakikat penulisan kreatif

  1. Menjelaskan hakikat penulisan kreatif
  2. Mengidentifikasi tulisan kreatif
  3. Mendiskusikan tulisan kreatif
Kriteria:
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik penulisan kreatif
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat penulisan kreatif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Tanya jawab
4 X 50

Materi: Hakikat penulisan kreatif
Pustaka: Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta: Gagas Media.
5%

2

Minggu ke 2

Pemahaman jenis kreatif

  1. Menjelaskan jenis penulisan kreatif
  2. Mengidentifikasi tulisan kreatif
  3. Mendiskusikan tulisan kreatif
Kriteria:
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat jenis penulisan kreatif
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan jenis penulisan kreatif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi Tanya Jawab
4 X 50

Materi: Jenis menulis kreatif
Pustaka: Trim, Bambang. 2016. Menulispedia: Panduan Menulis untuk Mereka yang Insaf Menulis. Bandung: Nuansa.
5%

3

Minggu ke 3

Penulisan kreatif puisi

  1. Menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre puisi
  2. Mengidentifikasi tulisan kreatif genre puisi
  3. Mendiskusikan tulisan kreatif genre puisi
Kriteria:
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik penulisan kreatif genre puisi
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre puisi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50
PjBL
Materi: Menulis puisi
Pustaka: Sutejo & Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadiputra.
10%

4

Minggu ke 4

Penulisan kreatif puisi

  1. Menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre puisi
  2. Mengidentifikasi tulisan kreatif genre puisi
  3. Mendiskusikan tulisan kreatif genre puisi
Kriteria:
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik penulisan kreatif genre puisi
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre puisi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50
PjBL
Materi: Menulis puisi
Pustaka: Sutejo & Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadiputra.
10%

5

Minggu ke 5

Menulis kreatif drama

  1. Menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre drama
  2. Mengidentifikasi tulisan kreatif genre drama
  3. Mendiskusikan tulisan kreatif genre drama
Kriteria:
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik penulisan kreatif genre drama
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre drama

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
4 X 50
PjBL
Materi: Menulis drama
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif : Jilid I -IV. Jakarta: KPG.
10%

6

Minggu ke 6

Menulis kreatif drama

  1. Menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre drama
  2. Mengidentifikasi tulisan kreatif genre drama
  3. Mendiskusikan tulisan kreatif genre drama
Kriteria:
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik penulisan kreatif genre drama
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre drama

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
4 X 50
PjBL
Materi: Menulis drama
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif : Jilid I -IV. Jakarta: KPG.

Materi: Menulis kreatif drama
Pustaka: Munsyi, Alif D. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kaifa.
5%

7

Minggu ke 7

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
4 X 50
UTS
Materi: UTS
Pustaka: Munsyi, Alif D. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kaifa.
5%

8

Minggu ke 8

Praktik menulis kreatif

Mampu menulis kreatif sesuai dengan kriteria penulisan yang baik

Kriteria:

Menulis sesuai dengan kriteria penulisan kreatif yang baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50
PjBL
Materi: Praktik menulis kreatif
Pustaka: Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta: Gagas Media.
5%

9

Minggu ke 9

Praktik menulis kreatif

Mampu menulis kreatif sesuai dengan kriteria penulisan yang baik

Kriteria:

Menulis sesuai dengan kriteria penulisan kreatif yang baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50
PjBL
Materi: Praktik menulis kreatif
Pustaka: Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta: Gagas Media.
5%

10

Minggu ke 10

Praktik menulis kreatif

Mampu menulis kreatif sesuai dengan kriteria penulisan yang baik

Kriteria:

Menulis sesuai dengan kriteria penulisan kreatif yang baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PjBL
4 X 50
PjBL
Materi: Menulis kreatif
Pustaka: Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta: Gagas Media.
5%

11

Minggu ke 11

Presentasi dan evaluasi karya kreatif

Mempresentasikan/mengomunikasikan karya kreatifMengkritisi karya kreatif

Kriteria:

Teknik menulis kreatif: isi dan bentuk sesuai


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
4 X 50

Materi: Presentasi dan evaluasi
Pustaka: Djaelani, M.A. 2012. Warnai Dunia dengan Menulis . Surabaya: Inpas.
5%

12

Minggu ke 12

Presentasi dan evaluasi karya kreatif

Mempresentasikan/mengomunikasikan karya kreatifMengkritisi karya kreatif

Kriteria:

Teknik menulis kreatif: isi dan bentuk sesuai


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
4 X 50

Materi: Presentasi dan evaluasi
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif : Jilid I -IV. Jakarta: KPG.
5%

13

Minggu ke 13

Presentasi dan evaluasi karya kreatif

Mempresentasikan/mengomunikasikan karya kreatifMengkritisi karya kreatif

Kriteria:

Teknik menulis kreatif: isi dan bentuk sesuai


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
4 X 50

Materi: Presentasi dan evaluasi
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif : Jilid I -IV. Jakarta: KPG.
5%

14

Minggu ke 14

Menulis artikel, esai, dan kolom

menulis artikel, esai, dan kolom

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50
PjBL
Materi: Menulis artikel, esai, dn kolom
Pustaka: Munsyi, Alif D. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kaifa.
5%

15

Minggu ke 15

Menulis artikel, esai, dan kolom

menulis artikel, esai, dan kolom

Kriteria:

tentang artikel, esai, dan kolom


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50
PjBL
Materi: Menulis artikel, esai, dn kolom
Pustaka: Munsyi, Alif D. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kaifa.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
UAS
Materi: UAS
Pustaka: Ahmadi, Anas. & Hariyati, N.R. 2018. Plagiasi dalam Menulis . Gresik: Graniti.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.