|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sanggar Sastra |
7920102203 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
6 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.; M. Erwan Saing, M.A.; Drs. Jack Parmin, M.Hum.
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menghasilkan (menulis) naskah karya kreatif berupa penggalan novel, cerpen, puisi, esai, kolom, dan lainnya secara bertanggung jawab
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Menguasai hakikat penulisan kreatif, jenis-jenis menulis kreatif, teknik menulis kreatif, etika menulis kreatif, melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan kritik mengenai tulisan kreatif atau menghasilkan tulisan kreatif untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ahmadi, Anas. & Hariyati, N.R. 2018. Plagiasi dalam Menulis . Gresik: Graniti.
- Ariadinata, Joni.2016. Aku bisa Nulis Fiksi . Yogyakarta: Diva Press.
- Bird, Carmel. 1996. Menulis dengan Emosi. Terjemahan Eva Y. Nukman. Bandung: Kaifa.
- Djaelani, M.A. 2012. Warnai Dunia dengan Menulis . Surabaya: Inpas.
- Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif : Jilid I -IV. Jakarta: KPG.
- King, Sophie. 2010. How to Write Short Stories for Magazines. Oxford: Howtobooks.
- Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta: Gagas Media.
- Miller, Robert K. 2006. Motives for Writing . Fifth Edition. Mc-Grill: New York.
- Mirriam-Goldberg,C. 2011. Daripada Bete, Nulis aja!. Yogyakarta: Kaifa.
- Munsyi, Alif D. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kaifa.
- Sasongko, S. 2012. Trik Jitu Menulis Cerita Remaja. Klaten: Pustaka Wasilah.
- Sartre, J.P. 2002. Les Mots. Terjemahan. Jakarta: Gramedia.
- Stovall, James G. 2006. Writing for the Mass Media. Longmann: Boston.
- Swander, A., Leahly, M. & Cantrell, M. 2007. Theories of Creativity and Creative Writing Pedagogy . Edinburgh: Edinburgh University Press
- Sutejo & Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadiputra.
- Trim, Bambang. 2016. Menulispedia: Panduan Menulis untuk Mereka yang Insaf Menulis. Bandung: Nuansa.
|
Pendukung : |
|
- Beberapa novel Indonesia
- Beberapa buku kumpulan cerpen Indonesia
- Beberapa buku kumpulan puisi Indonesia
- Beberapa buku kumpulan artikel atau esai atau kolom
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman hakikat penulisan kreatif |
- Menjelaskan hakikat penulisan kreatif
- Mengidentifikasi tulisan kreatif
- Mendiskusikan tulisan kreatif
|
Kriteria:
- Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik penulisan kreatif
- Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat penulisan kreatif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Tanya jawab 4 X 50 |
|
Materi: Hakikat penulisan kreatif Pustaka: Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta: Gagas Media. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman jenis kreatif |
- Menjelaskan jenis penulisan kreatif
- Mengidentifikasi tulisan kreatif
- Mendiskusikan tulisan kreatif
|
Kriteria:
- Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat jenis penulisan kreatif
- Mahasiswa dapat menjelaskan jenis penulisan kreatif
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Jenis menulis kreatif Pustaka: Trim, Bambang. 2016. Menulispedia: Panduan Menulis untuk Mereka yang Insaf Menulis. Bandung: Nuansa. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Penulisan kreatif puisi |
- Menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre puisi
- Mengidentifikasi tulisan kreatif genre puisi
- Mendiskusikan tulisan kreatif genre puisi
|
Kriteria:
- Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik penulisan kreatif genre puisi
- Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre puisi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis puisi Pustaka: Sutejo & Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadiputra. |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Penulisan kreatif puisi |
- Menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre puisi
- Mengidentifikasi tulisan kreatif genre puisi
- Mendiskusikan tulisan kreatif genre puisi
|
Kriteria:
- Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik penulisan kreatif genre puisi
- Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre puisi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis puisi Pustaka: Sutejo & Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadiputra. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Menulis kreatif drama |
- Menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre drama
- Mengidentifikasi tulisan kreatif genre drama
- Mendiskusikan tulisan kreatif genre drama
|
Kriteria:
- Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik penulisan kreatif genre drama
- Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre drama
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 4 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis drama Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif : Jilid I -IV. Jakarta: KPG. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Menulis kreatif drama |
- Menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre drama
- Mengidentifikasi tulisan kreatif genre drama
- Mendiskusikan tulisan kreatif genre drama
|
Kriteria:
- Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik penulisan kreatif genre drama
- Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat penulisan kreatif genre drama
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 4 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis drama Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif : Jilid I -IV. Jakarta: KPG. Materi: Menulis kreatif drama Pustaka: Munsyi, Alif D. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kaifa. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 4 X 50 |
UTS
|
Materi: UTS Pustaka: Munsyi, Alif D. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kaifa. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Praktik menulis kreatif |
Mampu menulis kreatif sesuai dengan kriteria penulisan yang baik |
Kriteria:
Menulis sesuai dengan kriteria penulisan kreatif yang baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
PjBL
|
Materi: Praktik menulis kreatif Pustaka: Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta: Gagas Media. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Praktik menulis kreatif |
Mampu menulis kreatif sesuai dengan kriteria penulisan yang baik |
Kriteria:
Menulis sesuai dengan kriteria penulisan kreatif yang baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
PjBL
|
Materi: Praktik menulis kreatif Pustaka: Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta: Gagas Media. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Praktik menulis kreatif |
Mampu menulis kreatif sesuai dengan kriteria penulisan yang baik |
Kriteria:
Menulis sesuai dengan kriteria penulisan kreatif yang baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PjBL 4 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis kreatif Pustaka: Laksana, A.S. 2013. Creative Writing. Jakarta: Gagas Media. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Presentasi dan evaluasi karya kreatif |
Mempresentasikan/mengomunikasikan karya kreatifMengkritisi karya kreatif |
Kriteria:
Teknik menulis kreatif: isi dan bentuk sesuai Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan evaluasi Pustaka: Djaelani, M.A. 2012. Warnai Dunia dengan Menulis . Surabaya: Inpas. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Presentasi dan evaluasi karya kreatif |
Mempresentasikan/mengomunikasikan karya kreatifMengkritisi karya kreatif |
Kriteria:
Teknik menulis kreatif: isi dan bentuk sesuai Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan evaluasi Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif : Jilid I -IV. Jakarta: KPG. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Presentasi dan evaluasi karya kreatif |
Mempresentasikan/mengomunikasikan karya kreatifMengkritisi karya kreatif |
Kriteria:
Teknik menulis kreatif: isi dan bentuk sesuai Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan evaluasi Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif : Jilid I -IV. Jakarta: KPG. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menulis artikel, esai, dan kolom |
menulis artikel, esai, dan kolom |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis artikel, esai, dn kolom Pustaka: Munsyi, Alif D. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kaifa. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menulis artikel, esai, dan kolom |
menulis artikel, esai, dan kolom |
Kriteria:
tentang artikel, esai, dan kolom Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis artikel, esai, dn kolom Pustaka: Munsyi, Alif D. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kaifa. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: Ahmadi, Anas. & Hariyati, N.R. 2018. Plagiasi dalam Menulis . Gresik: Graniti. |
10% |