Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Mekanika dan Termodinamika Dasar

4520104268

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=1

ECTS=6.36

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Lydia Rohmawati, M.Si.




Lydia Rohmawati, M.Si.




Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip dan teori Fisika Klasik dan Modern

PLO-8

Mengkomunikasikan gagasan dan / atau hasil penelitian mereka dalam bentuk penulisan akademis dan berbicara secara efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan sikap ilmiah dan berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang dihadapi baik akademik maupun sosial

PO - 2

Mampu menerapkan konsep mekanika dan termodinamika dasar yang tepat untuk mendapatkan solusi masalah kuantitatif dalam fisika

PO - 3

Menganalisis permasalahan kuantitatif fisika berkaitan dengan konsep mekanika dan termodinamika dasar yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari

PO - 4

Mampu melakukan kegiatan praktikum dengan menerapkan metode ilmiah

PO - 5

Mampu bekerja mandiri secara efektif maupun bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya

PO - 6

Mampu mengomunikasikan secara efektif konsep mekanika dan termodinamika dasar

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3 
PO-4  
PO-5 
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji besaran, satuan, angka penting dan vektor, kinematika partikel: Gerak 1D dan Gerak 2D; dinamika partikel; usaha dan energi: konservasi usaha dan energi serta penerapannya; gaya konservatif; impuls dan momentum; kesetimbangan benda tegar; fluida statis dan dinamis; getaran dan gelombang; termometri; suhu dan kalor; teori kinetik gas ideal; dan hukum termodinamika melalui pengamatan fenomena fisis dengan analisis matematis sederhana dengan menerapkan case study dan pengalaman pembelajaran dalam kegiatan laboratorium

Pustaka

Utama :

  1. 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.
  2. 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.
  3. 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
  4. 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.

Pendukung :

  1. Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: ITB Press, pp. 1-1063.
  2. Buku panduan Praktikum Fisika Dasar 1.

Dosen Pengampu

Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si.

Dr. Diah Hari Kusumawati, S.Si., M.Si.

Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si.

Lydia Rohmawati, S.Si., M.Si.

Arie Realita, M.Si.

Muhammad Nurul Fahmi, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep besaran, satuan dan vektor
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
Kriteria:

Menyelesaikan tugas dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Bentuk: Classical classroom

Metode: Case study
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: Besaran, Satuan, Angka Penting dan Vektor
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Besaran, Satuan, Angka Penting dan Vektor
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Besaran, Satuan, Angka Penting dan Vektor
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Besaran, Satuan, Angka Penting dan Vektor
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
2%

2

Minggu ke 2

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep kinematika partikel
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kinematika partikel
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep kinematika partikel
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep kinematika partikel
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kinematika partikel
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. Melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk: Classical classroom

Metode: Case study dan kegiatan laboratorium yang relevan

Penugasan mahasiswa:
1) Menentukan kecepatan dan kelajuan pada masing-masing kendaraan (jalan kaki, sepeda motor, mobil, bus) dari Google map
2) Mencari data pendukung terkait gerak GMB dengan contoh atas
3) Mengidentifikasi tendangan pisang

Penugasan tersebut dengan studi kasus: (1) koordinat terbang pesawat, (2) lokasi/daerah asal ke kampus melalui google map, sehingga didapatkan data panjang lintasan, kecepatan, waktu, dimana dari data tersebut dapat dibandingkan antara gerak translasi dan rotasi
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: kinematika partikel
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: kinematika partikel
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: kinematika partikel
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: kinematika partikel
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
3%

3

Minggu ke 3

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep kinematika partikel
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kinematika partikel
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep kinematika partikel
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep dinamika partikel
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kinematika partikel
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. Melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa:
1) Identifikasi gaya-gaya yang bekerja pada kasus yang berhubungan dengan pesawat sederhana,
2) Melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan topik

Penugasan tersebut dengan studi kasus: memindahkan barang dengan konsep pesawat
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: dinamika partikel
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: dinamika partikel
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: dinamika partikel
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: dinamika partikel
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
3%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep kinematika partikel
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kinematika partikel
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep kinematika partikel
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep dinamika partikel
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kinematika partikel
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. Melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa:
1) Identifikasi gaya-gaya yang bekerja pada kasus yang berhubungan dengan pesawat sederhana,
2) Melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan topik

Penugasan tersebut dengan studi kasus: memindahkan barang dengan konsep pesawat
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: dinamika partikel
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: dinamika partikel
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: dinamika partikel
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: dinamika partikel
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
3%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep usaha, energi dan gaya konservatif
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep usaha, energi dan gaya konservatif
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep usaha, energi dan gaya konservatif
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep usaha, energi dan gaya konservatif
  4. 4) Mempresentasikan hasil laporan diskusi yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

Menyelesaikan tugas dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk: Classical classroom

Metode: Case study

Penugasan mahasiswa: menyelesaikan masalah tumbukan lato-lato melalui tugas mandiri

Penugasan tersebut dengan studi kasus: fenomena lato-lato dilihat dari Ep dan Ek
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: usaha, energi dan gaya konservatif
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: usaha, energi dan gaya konservatif
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: usaha, energi dan gaya konservatif
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
3%

6

Minggu ke 6

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep impuls dan momentum
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep impuls dan momentum
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep impuls dan momentum
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep impuls dan momentum
  4. 4) Mempresentasikan hasil laporan diskusi yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

Menyelesaikan tugas dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Bentuk: Classical classroom

Metode: Case study

Penugasan mahasiswa: menyelesaikan masalah tumbukan lato-lato melalui tugas mandiri

Penugasan mahasiswa: menyelesaikan masalah tumbukan lato-lato melalui tugas mandiri

Penugasan tersebut dengan studi kasus: fenomena ato-lato dilihat dari tumbukan
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: impuls dan momentum
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: impuls dan momentum
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: impuls dan momentum
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: impuls dan momentum
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
2%

7

Minggu ke 7

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep kesetimbangan benda tegar
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kesetimbangan benda tegar
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep kesetimbangan benda tegar
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep kesetimbangan benda tegar
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kesetimbangan benda tegar
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

Menyelesaikan tugas dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk: Classical classroom

Metode: Case study dan praktikum

Penugasan mahasiswa:
1) Memindahkan ‘bom’ agar tidak meledak
2) Melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan topik

Penugasan tersebut dengan studi kasus: permainan penjinak bom (ilustrasi bola di atas sebilah bambu yang harus dipindahkan ke sebuah wadah, dengan bantuan beberapa potong tali yang direkatkan pada bambu tersebut, dipindahkan 6 orang)
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: Kesetimbangan benda tegar
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Kesetimbangan benda tegar
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Kesetimbangan benda tegar
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Kesetimbangan benda tegar
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
4%

8

Minggu ke 8

UTS

menyelesaikan soal UTS secara tertulis

Kriteria:

menyelesaikan soal UTS secara lengkap, terperinci, sistematis dan benar sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
case study
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: Kinematika partikel, dinamika partikel, usaha dan energi
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
20%

9

Minggu ke 9

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep fluida statis dan dinamis
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep fluida statis dan dinamis
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep fluida statis dan dinamis
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep fluida statis dan dinamis
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep fluida statis dan dinamis
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Bentuk: Classical classroom

Metode: Case study dan praktikum

Penugasan mahasiswa:
1) Mengerjakan soal-soal yang ada di buku
2) Melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan topik
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: fluida statis dan dinamis
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: fluida statis dan dinamis
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: fluida statis dan dinamis
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: fluida statis dan dinamis
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
4%

10

Minggu ke 10

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep getaran dan gelombang
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep getaran dan gelombang
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep getaran dan gelombang
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep getaran dan gelombang
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep getaran dan gelombang
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Bentuk: Classical classroom

Metode: Case study dan praktikum

Penugasan mahasiswa:
1) Menghitung frekuensi jantung
2) Memvisualisasi bentuk gelombang tali secara riil dan mengaitkan besaran-besaran fisika yang terkait
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: fluida statis dan dinamis
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: fluida statis dan dinamis
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: fluida statis dan dinamis
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: fluida statis dan dinamis
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep termometri
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep termometri
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep termometri
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep termometri
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep termometri
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Bentuk: Classical classroom

Metode: Case study dan praktikum

Penugasan mahasiswa:
1) Mengerjakan soal-soal yang ada di buku
2) Melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan topik
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: konsep termometri
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: konsep termometri
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: konsep termometri
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: konsep termometri
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep suhu dan kalor
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep suhu dan kalor
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep suhu dan kalor
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep suhu dan kalor
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep suhu dan kalor
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk: Classical classroom

Metode: Case study dan praktikum

Penugasan mahasiswa:
Menganalisis konsep fisika dengan studi kasus Fisika rumah tangga (memasak)
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: suhu dan kalor
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: suhu dan kalor
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: suhu dan kalor
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: suhu dan kalor
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep teori kinetik gas
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep teori kinetik gas
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep teori kinetik gas
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep teori kinetik gas
  4. 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

Dapat menghubungkan konsep-konsep dalam bentuk mind mapping dengan rinci


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk: Classical classroom

Metode: Diskusi dan presentasi

Penugasan mahasiswa:
1) membuat mind mapping dari sumber referensi yang relevan,
2) mengerjakan soal-soal yang ada di buku panduan
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: teori kinetik gas
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: teori kinetik gas
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: teori kinetik gas
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: teori kinetik gas
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep hukum termodinamika
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep hukum termodinamika
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep hukum termodinamika
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep hukum termodinamika
  4. 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

Menyelesaikan tugas dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk: Classical classroom

Metode: Diskusi dan presentasi

Penugasan mahasiswa:
menjelaskan prinsip kerja dari penerapan termodinamika, menghitung efisiensi kerja dan mengaitkan kerja, kalor dan energi dalam system. Dengan studi kasus penerapan termodinamika dalam alat rumah tangga (AC, kulkas, radiator mobil, mesin sepeda motor (2 tak, 4 tak), dll)
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: Hukum termodinamika
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Hukum termodinamika
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Hukum termodinamika
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Hukum termodinamika
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
3%

15

Minggu ke 15

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep hukum termodinamika
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep hukum termodinamika
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep hukum termodinamika
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep hukum termodinamika
  4. 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

Menyelesaikan tugas dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk: Classical classroom

Metode: Diskusi dan presentasi

Penugasan mahasiswa:
menjelaskan prinsip kerja dari penerapan termodinamika, menghitung efisiensi kerja dan mengaitkan kerja, kalor dan energi dalam system. Dengan studi kasus penerapan termodinamika dalam alat rumah tangga (AC, kulkas, radiator mobil, mesin sepeda motor (2 tak, 4 tak), dll)
3 x 50
Kuliah tatap muka maya (Zoom)
3 x 50
Materi: Hukum termodinamika
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Hukum termodinamika
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Hukum termodinamika
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Hukum termodinamika
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
3%

16

Minggu ke 16

Mampu menyelesaikan soal UAS dengan cermat, sistematis dan terperinci

Menyelesaikan soal dengan lengkap sesuai dengan rubrik penilaian

Kriteria:

disesuaikan dengan rubrik penilaian UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
tes
3 x 50

3 x 50
Materi: Termodinamika
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Penilaian Portofolio 25.17%
4. Penilaian Praktikum 7.5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 4.33%
6. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.