|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Mekanika dan Termodinamika Dasar |
4520104268 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=1 |
ECTS=6.36 |
1 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Lydia Rohmawati, M.Si.
|
Lydia Rohmawati, M.Si.
|
Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip dan teori Fisika Klasik dan Modern |
PLO-8 |
Mengkomunikasikan gagasan dan / atau hasil penelitian mereka dalam bentuk penulisan akademis dan berbicara secara efektif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan sikap ilmiah dan berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang dihadapi baik akademik maupun sosial
|
PO - 2 |
Mampu menerapkan konsep mekanika dan termodinamika dasar yang tepat untuk mendapatkan solusi masalah kuantitatif dalam fisika
|
PO - 3 |
Menganalisis permasalahan kuantitatif fisika berkaitan dengan konsep mekanika dan termodinamika dasar yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari
|
PO - 4 |
Mampu melakukan kegiatan praktikum dengan menerapkan metode ilmiah
|
PO - 5 |
Mampu bekerja mandiri secara efektif maupun bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
|
PO - 6 |
Mampu mengomunikasikan secara efektif konsep mekanika dan termodinamika dasar
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | ✔ | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | ✔ | | ✔ | PO-6 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengkaji besaran, satuan, angka penting dan vektor, kinematika partikel: Gerak 1D dan Gerak 2D; dinamika partikel; usaha dan energi: konservasi usaha dan energi serta penerapannya; gaya konservatif; impuls dan momentum; kesetimbangan benda tegar; fluida statis dan dinamis; getaran dan gelombang; termometri; suhu dan kalor; teori kinetik gas ideal; dan hukum termodinamika melalui pengamatan fenomena fisis dengan analisis matematis sederhana dengan menerapkan case study dan pengalaman pembelajaran dalam kegiatan laboratorium |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.
- 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.
- 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058.
- 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
|
Pendukung : |
|
- Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: ITB Press, pp. 1-1063.
- Buku panduan Praktikum Fisika Dasar 1.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Dr. Diah Hari Kusumawati, S.Si., M.Si. Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si. Lydia Rohmawati, S.Si., M.Si. Arie Realita, M.Si. Muhammad Nurul Fahmi, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep besaran, satuan dan vektor
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
- 2) Menganalisis menggunakan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
|
Kriteria:
Menyelesaikan tugas dengan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: Besaran, Satuan, Angka Penting dan Vektor Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: Besaran, Satuan, Angka Penting dan Vektor Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: Besaran, Satuan, Angka Penting dan Vektor Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: Besaran, Satuan, Angka Penting dan Vektor Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep kinematika partikel
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kinematika partikel
- 2) Menganalisis menggunakan konsep kinematika partikel
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep kinematika partikel
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kinematika partikel
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- Melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study dan kegiatan laboratorium yang relevan
Penugasan mahasiswa:
1) Menentukan kecepatan dan kelajuan pada masing-masing kendaraan (jalan kaki, sepeda motor, mobil, bus) dari Google map
2) Mencari data pendukung terkait gerak GMB dengan contoh atas
3) Mengidentifikasi tendangan pisang
Penugasan tersebut dengan studi kasus: (1) koordinat terbang pesawat, (2) lokasi/daerah asal ke kampus melalui google map, sehingga didapatkan data panjang lintasan, kecepatan, waktu, dimana dari data tersebut dapat dibandingkan antara gerak translasi dan rotasi 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: kinematika partikel Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: kinematika partikel Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: kinematika partikel Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: kinematika partikel Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep kinematika partikel
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kinematika partikel
- 2) Menganalisis menggunakan konsep kinematika partikel
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep dinamika partikel
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kinematika partikel
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- Melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa:
1) Identifikasi gaya-gaya yang bekerja pada kasus yang berhubungan dengan pesawat sederhana,
2) Melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan topik
Penugasan tersebut dengan studi kasus: memindahkan barang dengan konsep pesawat 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: dinamika partikel Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: dinamika partikel Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: dinamika partikel Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: dinamika partikel Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep kinematika partikel
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kinematika partikel
- 2) Menganalisis menggunakan konsep kinematika partikel
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep dinamika partikel
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kinematika partikel
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- Melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa:
1) Identifikasi gaya-gaya yang bekerja pada kasus yang berhubungan dengan pesawat sederhana,
2) Melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan topik
Penugasan tersebut dengan studi kasus: memindahkan barang dengan konsep pesawat 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: dinamika partikel Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: dinamika partikel Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: dinamika partikel Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: dinamika partikel Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep usaha, energi dan gaya konservatif
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep usaha, energi dan gaya konservatif
- 2) Menganalisis menggunakan konsep usaha, energi dan gaya konservatif
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep usaha, energi dan gaya konservatif
- 4) Mempresentasikan hasil laporan diskusi yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
Menyelesaikan tugas dengan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study
Penugasan mahasiswa: menyelesaikan masalah tumbukan lato-lato melalui tugas mandiri
Penugasan tersebut dengan studi kasus: fenomena lato-lato dilihat dari Ep dan Ek 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: usaha, energi dan gaya konservatif Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: usaha, energi dan gaya konservatif Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: usaha, energi dan gaya konservatif Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep impuls dan momentum
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep impuls dan momentum
- 2) Menganalisis menggunakan konsep impuls dan momentum
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep impuls dan momentum
- 4) Mempresentasikan hasil laporan diskusi yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
Menyelesaikan tugas dengan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study
Penugasan mahasiswa: menyelesaikan masalah tumbukan lato-lato melalui tugas mandiri
Penugasan mahasiswa: menyelesaikan masalah tumbukan lato-lato melalui tugas mandiri
Penugasan tersebut dengan studi kasus: fenomena ato-lato dilihat dari tumbukan 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: impuls dan momentum Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: impuls dan momentum Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: impuls dan momentum Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: impuls dan momentum Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep kesetimbangan benda tegar
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kesetimbangan benda tegar
- 2) Menganalisis menggunakan konsep kesetimbangan benda tegar
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep kesetimbangan benda tegar
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kesetimbangan benda tegar
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
Menyelesaikan tugas dengan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa:
1) Memindahkan ‘bom’ agar tidak meledak
2) Melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan topik
Penugasan tersebut dengan studi kasus: permainan penjinak bom (ilustrasi bola di atas sebilah bambu yang harus dipindahkan ke sebuah wadah, dengan bantuan beberapa potong tali yang direkatkan pada bambu tersebut, dipindahkan 6 orang) 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: Kesetimbangan benda tegar Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: Kesetimbangan benda tegar Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: Kesetimbangan benda tegar Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: Kesetimbangan benda tegar Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
menyelesaikan soal UTS secara tertulis |
Kriteria:
menyelesaikan soal UTS secara lengkap, terperinci, sistematis dan benar sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
case study 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: Kinematika partikel, dinamika partikel, usaha dan energi Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep fluida statis dan dinamis
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep fluida statis dan dinamis
- 2) Menganalisis menggunakan konsep fluida statis dan dinamis
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep fluida statis dan dinamis
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep fluida statis dan dinamis
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa:
1) Mengerjakan soal-soal yang ada di buku
2) Melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan topik 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: fluida statis dan dinamis Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: fluida statis dan dinamis Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: fluida statis dan dinamis Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: fluida statis dan dinamis Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep getaran dan gelombang
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep getaran dan gelombang
- 2) Menganalisis menggunakan konsep getaran dan gelombang
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep getaran dan gelombang
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep getaran dan gelombang
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa:
1) Menghitung frekuensi jantung
2) Memvisualisasi bentuk gelombang tali secara riil dan mengaitkan besaran-besaran fisika yang terkait 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: fluida statis dan dinamis Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: fluida statis dan dinamis Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: fluida statis dan dinamis Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: fluida statis dan dinamis Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep termometri
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep termometri
- 2) Menganalisis menggunakan konsep termometri
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep termometri
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep termometri
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa:
1) Mengerjakan soal-soal yang ada di buku
2) Melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan topik 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: konsep termometri Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: konsep termometri Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: konsep termometri Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: konsep termometri Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep suhu dan kalor
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep suhu dan kalor
- 2) Menganalisis menggunakan konsep suhu dan kalor
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep suhu dan kalor
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep suhu dan kalor
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa:
Menganalisis konsep fisika dengan studi kasus Fisika rumah tangga (memasak) 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: suhu dan kalor Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: suhu dan kalor Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: suhu dan kalor Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: suhu dan kalor Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep teori kinetik gas
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep teori kinetik gas
- 2) Menganalisis menggunakan konsep teori kinetik gas
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep teori kinetik gas
- 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
Dapat menghubungkan konsep-konsep dalam bentuk mind mapping dengan rinci Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Diskusi dan presentasi
Penugasan mahasiswa:
1) membuat mind mapping dari sumber referensi yang relevan,
2) mengerjakan soal-soal yang ada di buku panduan 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: teori kinetik gas Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: teori kinetik gas Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: teori kinetik gas Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: teori kinetik gas Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep hukum termodinamika
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep hukum termodinamika
- 2) Menganalisis menggunakan konsep hukum termodinamika
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep hukum termodinamika
- 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
Menyelesaikan tugas dengan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Diskusi dan presentasi
Penugasan mahasiswa:
menjelaskan prinsip kerja dari penerapan termodinamika, menghitung efisiensi kerja dan mengaitkan kerja, kalor dan energi dalam system. Dengan studi kasus penerapan termodinamika dalam alat rumah tangga (AC, kulkas, radiator mobil, mesin sepeda motor (2 tak, 4 tak), dll) 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: Hukum termodinamika Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: Hukum termodinamika Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: Hukum termodinamika Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: Hukum termodinamika Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
3% |
15
Minggu ke 15 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep hukum termodinamika
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep hukum termodinamika
- 2) Menganalisis menggunakan konsep hukum termodinamika
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep hukum termodinamika
- 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
Menyelesaikan tugas dengan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk: Classical classroom
Metode: Diskusi dan presentasi
Penugasan mahasiswa:
menjelaskan prinsip kerja dari penerapan termodinamika, menghitung efisiensi kerja dan mengaitkan kerja, kalor dan energi dalam system. Dengan studi kasus penerapan termodinamika dalam alat rumah tangga (AC, kulkas, radiator mobil, mesin sepeda motor (2 tak, 4 tak), dll) 3 x 50 |
Kuliah tatap muka maya (Zoom) 3 x 50 |
Materi: Hukum termodinamika Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. Materi: Hukum termodinamika Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. Materi: Hukum termodinamika Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. Materi: Hukum termodinamika Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menyelesaikan soal UAS dengan cermat, sistematis dan terperinci |
Menyelesaikan soal dengan lengkap sesuai dengan rubrik penilaian |
Kriteria:
disesuaikan dengan rubrik penilaian UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
tes 3 x 50 |
3 x 50 |
Materi: Termodinamika Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. |
30% |