Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Mekanika dan Termodinamika Dasar

4520104268

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=1

ECTS=6.36

1

7 Maret 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Lydia Rohmawati, M.Si.




Lydia Rohmawati, M.Si.




Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip dan teori Fisika Klasik dan Modern

PLO-6

Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familier maupun baru

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mendemonstrasikan pemahaman konsep kinematika melalui penyelesaian tugas dengan baik

PO - 2

Mendemonstrasikan pemahaman konsep dinamika melalui penyelesaian tugas dengan baik

PO - 3

Mendemonstrasikan pemahaman konsep kinematika dan dinamika melalui evaluasi ujian tengah semester dengan baik

PO - 4

Mendemonstrasikan pemahaman konsep fluida melalui penyelesaian tugas dengan baik

PO - 5

Mendemonstrasikan pemahaman konsep gelombang melalui penyelesaian tugas dengan baik

PO - 6

Mendemonstrasikan pemahaman konsep termodinamika melalui penyelesaian tugas dengan baik

PO - 7

Mendemonstrasikan pemahaman konsep fluida, gelombang, dan termodinamika melalui evaluasi akhir semester dengan baik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji besaran, satuan dan vektor, kinematika partikel: Gerak 1D dan Gerak 2D; dinamika partikel; usaha dan energi: konservasi usaha dan energi serta penerapannya; gaya konservatif; impuls dan momentum; kesetimbangan benda tegar; fluida statis dan dinamis; getaran dan gelombang; termometri; suhu dan kalor; teori kinetik gas; dan hukum termodinamika melalui pengamatan fenomena fisis dengan analisis matematis sederhana dengan menerapkan case study dan experiential learning dalam kegiatan laboratorium dengan topik Hukum 2 Newton, Gerak Jatuh Bebas, Sistem katrol, kesetimbangan pusat massa, bandul matematis, tetapan pegas, tabung resonansi, viskositas, peneraan termometer, kalor jenis kalorimeter, panas jenis zat padat, kalor lebur es.

Pustaka

Utama :

  1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.
  2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.
  3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
  4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Pendukung :

  1. Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1 . Bandung: ITB Press.
  2. Tim Fisika Dasar. 2014. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar. Lab Fisika Dasar, Jurusan Fisika, FMIPA Unesa. Surabaya: Unesa Press.

Dosen Pengampu

Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si.

Dr. Diah Hari Kusumawati, S.Si., M.Si.

Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si.

Lydia Rohmawati, S.Si., M.Si.

Arie Realita, M.Si.

Muhammad Nurul Fahmi, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan konsep besaran, satuan dan vektor

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep besaran, satuan, serta perbedaan antara besaran skalar dan vektor dengan benar
  2. Mahasiswa mampu melakukan operasi vektor (penjumlahan, pengurangan, dan perkalian) serta konversi satuan dengan metode yang tepat dan hasil yang benar
Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Besaran, satuan dan vektor
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Besaran, satuan dan vektor
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Besaran, satuan dan vektor
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Besaran, satuan dan vektor
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.
2%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik gerak jatuh bebas dan menyelesaikan permasalahan fisika
  2. Mampu melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar gerak jatuh bebas, termasuk hubungan antara percepatan gravitasi, kecepatan, dan waktu.
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan kasus gerak jatuh bebas dengan menerapkan persamaan kinematika yang sesuai.
  3. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum sesuai prosedur secara sistematis serta melakukan pengamatan dan pengukuran dengan cermat untuk memperoleh data yang akurat
Kriteria:
  1. Pedoman Penskoran
  2. Rubrik Penilaian Praktikum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Kinematika partikel
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Kinematika partikel
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Kinematika partikel
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Kinematika partikel
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Materi Praktikum Fisdas 1
Pustaka: Tim Fisika Dasar. 2014. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar. Lab Fisika Dasar, Jurusan Fisika, FMIPA Unesa. Surabaya: Unesa Press.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mampu menguasai konsep dinamika partikel
  2. Mampu melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara gaya, massa, dan percepatan berdasarkan Hukum Newton
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan dinamika partikel dengan menerapkan persamaan Hukum Newton secara tepat
  3. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum sesuai prosedur secara sistematis serta melakukan pengamatan dan pengukuran dengan cermat untuk memperoleh data yang akurat
Kriteria:
  1. Pedoman Penskoran
  2. Rubrik Penilaian Praktikum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Dinamika Partikel
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Dinamika Partikel
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Dinamika Partikel
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Dinamika Partikel
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Materi Praktikum Fisdas 1
Pustaka: Tim Fisika Dasar. 2014. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar. Lab Fisika Dasar, Jurusan Fisika, FMIPA Unesa. Surabaya: Unesa Press.
3%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu menguasai konsep dinamika partikel
  2. Mampu melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara gaya, massa, dan percepatan berdasarkan Hukum Newton
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan dinamika partikel dengan menerapkan persamaan Hukum Newton secara tepat
  3. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum sesuai prosedur secara sistematis serta melakukan pengamatan dan pengukuran dengan cermat untuk memperoleh data yang akurat
Kriteria:
  1. Pedoman Penskoran
  2. Rubrik Penilaian Praktikum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Dinamika Partikel
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Dinamika Partikel
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Dinamika Partikel
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Dinamika Partikel
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Materi Praktikum Fisdas 1
Pustaka: Tim Fisika Dasar. 2014. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar. Lab Fisika Dasar, Jurusan Fisika, FMIPA Unesa. Surabaya: Unesa Press.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu menguasai konsep usaha dan energi serta gaya konservatif

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan antara usaha, energi kinetik, energi potensial, dan hukum kekekalan energi mekanik
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal yang melibatkan gaya konservatif dan perubahan energi dalam sistem mekanik
Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Usaha, Energi dan Gaya Konservatif
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Usaha, Energi dan Gaya Konservatif
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Usaha, Energi dan Gaya Konservatif
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Usaha, Energi dan Gaya Konservatif
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
3%

6

Minggu ke 6

Mampu menguasai konsep impuls dan momentum

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan antara impuls, momentum, dan hukum kekekalan momentum
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika yang melibatkan impuls dan momentum, termasuk tumbukan elastis dan tidak elastis
Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Impuls dan momentum
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Impuls dan momentum
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Impuls dan momentum
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Impuls dan momentum
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Materi Praktikum Fisdas 1
Pustaka: Tim Fisika Dasar. 2014. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar. Lab Fisika Dasar, Jurusan Fisika, FMIPA Unesa. Surabaya: Unesa Press.
2%

7

Minggu ke 7

  1. Mampu menguasai konsep kesetimbangan benda tegar
  2. Mampu melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan syarat-syarat kesetimbangan benda tegar berdasarkan hukum pertama dan kedua Newton
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan kesetimbangan benda tegar dengan menerapkan konsep momen gaya dan gaya resultan secara tepat
Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Kesetimbangan benda tegar
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Kesetimbangan benda tegar
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Kesetimbangan benda tegar
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Kesetimbangan benda tegar
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Materi Praktikum Fisdas 1
Pustaka: Tim Fisika Dasar. 2014. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar. Lab Fisika Dasar, Jurusan Fisika, FMIPA Unesa. Surabaya: Unesa Press.
5%

8

Minggu ke 8

  1. Mampu menguasai konsep besaran, satuan dan vektor; kinematika partikel: Gerak 1D (GLB, GLBB) dan Gerak 2D (Gerak parabolik, Gerak melingkar beraturan; dinamika partikel (Hukum 1,2 dan 3 Newton serta penerapannya); usaha dan energi: konservasi usaha dan energi serta penerapannya; gaya konservatif; impuls dan momentum; kesetimbangan benda tegar
  2. Mampu memahami soal UTS dengan baik
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep onsep besaran, satuan dan vektor; kinematika partikel: Gerak 1D (GLB, GLBB) dan Gerak 2D (Gerak parabolik, Gerak melingkar beraturan; dinamika partikel (Hukum 1,2 dan 3 Newton serta penerapannya); usaha dan energi: konservasi usaha dan energi serta penerapannya; gaya konservatif; impuls dan momentum; kesetimbangan benda tegar dengan soal UTS dan memahami makna dari setiap pertanyaan
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal UTS dengan pendekatan yang sistematis, logis, dan menggunakan metode perhitungan yang benar
Kriteria:

Rubrik Penilaian UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tes
4 X 50
Tes
Materi: Materi UTS Fisdas 1
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Materi UTS Fisdas 1
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Materi UTS Fisdas 1
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Materi UTS Fisdas 1
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley
15%

9

Minggu ke 9

  1. Mampu menguasai konsep Fluida Statis dan Dinamis
  2. Mampu melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar fluida statis dan dinamis, termasuk hukum Pascal, hukum Archimedes, dan persamaan Bernoulli
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan tekanan hidrostatis, gaya apung, dan aliran fluida menggunakan prinsip fisika yang tepat
  3. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum sesuai prosedur secara sistematis serta melakukan pengamatan dan pengukuran dengan cermat untuk memperoleh data yang akurat
Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Fluida statis dan dinamis
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Fluida statis dan dinamis
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Fluida statis dan dinamis
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Fluida statis dan dinamis
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Materi Praktikum Fisdas 1
Pustaka: Tim Fisika Dasar. 2014. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar. Lab Fisika Dasar, Jurusan Fisika, FMIPA Unesa. Surabaya: Unesa Press.
6%

10

Minggu ke 10

  1. Mampu menguasai konsep Getaran dan Gelombang
  2. Mampu melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar getaran dan gelombang, termasuk parameter seperti amplitudo, frekuensi, periode, dan panjang gelombang
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika yang berkaitan dengan getaran harmonik sederhana dan propagasi gelombang mekanik
  3. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum sesuai prosedur secara sistematis serta melakukan pengamatan dan pengukuran dengan cermat untuk memperoleh data yang akurat
Kriteria:
  1. Pedoman Penskoran
  2. Rubrik Penilaian Praktikum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Getaran dan gelombang
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Getaran dan gelombang
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Getaran dan gelombang
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Getaran dan gelombang
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Materi Praktikum Fisdas 1
Pustaka: Tim Fisika Dasar. 2014. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar. Lab Fisika Dasar, Jurusan Fisika, FMIPA Unesa. Surabaya: Unesa Press.
6%

11

Minggu ke 11

  1. Mampu menguasai konsep Termometri
  2. Mampu melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  3. Mampu menganalisis data dengan penjelasan tepat, dan kesimpulan yang didasarkan pada data dan analisis terbimbing/mandiri untuk pembelajaran dan atau penelitian
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip pengukuran suhu, skala termometer, dan hubungan antara berbagai skala suhu (Celsius, Kelvin, Fahrenheit, dan Reaumur)
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan konversi suhu dan pemuaian termal berdasarkan konsep termometri
  3. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum sesuai prosedur secara sistematis serta melakukan pengamatan dan pengukuran dengan cermat untuk memperoleh data yang akurat
Kriteria:
  1. Pedoman Penskoran
  2. Rubrik Penilaian Praktikum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Termometri
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Termometri
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Termometri
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Termometri
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Materi Praktikum Fisdas 1
Pustaka: Tim Fisika Dasar. 2014. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar. Lab Fisika Dasar, Jurusan Fisika, FMIPA Unesa. Surabaya: Unesa Press.
6%

12

Minggu ke 12

  1. Mampu menguasai konsep Suhu dan Kalor
  2. Mampu melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep suhu, kalor, kapasitas kalor, kalor jenis, dan asas Black
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan perpindahan kalor, perubahan wujud zat, dan kesetimbangan termal menggunakan prinsip fisika yang tepat
  3. Mahasiswa mampu melaksanakan praktikum sesuai prosedur secara sistematis serta melakukan pengamatan dan pengukuran dengan cermat untuk memperoleh data yang akurat
Kriteria:
  1. Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Suhu dan Kalor
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Suhu dan Kalor
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Suhu dan Kalor
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Suhu dan Kalor
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley

Materi: Materi Praktikum Fisdas 1
Pustaka: Tim Fisika Dasar. 2014. Petunjuk Praktikum Fisika Dasar. Lab Fisika Dasar, Jurusan Fisika, FMIPA Unesa. Surabaya: Unesa Press.
6%

13

Minggu ke 13

Mampu menguasai konsep Teori Kinetik Gas

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar teori kinetik gas, termasuk hubungan antara tekanan, volume, suhu, dan energi kinetik molekul gas.
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan persamaan keadaan gas ideal dan distribusi kecepatan molekul berdasarkan teori kinetik gas
Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Teori Kinetik Gas
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Teori Kinetik Gas
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Teori Kinetik Gas
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Teori Kinetik Gas
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley
3%

14

Minggu ke 14

  1. Mampu menguasai konsep Hukum Termodinamika
  2. Mampu menganalisis data dengan penjelasan tepat, dan kesimpulan yang didasarkan pada data dan analisis terbimbing/mandiri untuk pembelajaran dan atau penelitian
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep hukum-hukum termodinamika (hukum pertama, kedua, dan ketiga) serta penerapannya dalam sistem fisis
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perubahan energi dalam sistem termodinamika, efisiensi mesin kalor, dan entropi
Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Hukum Termodinamika
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Hukum Termodinamika
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Hukum Termodinamika
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Hukum Termodinamika
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley
4%

15

Minggu ke 15

  1. Mampu menguasai konsep Hukum Termodinamika
  2. Mampu menganalisis data dengan penjelasan tepat, dan kesimpulan yang didasarkan pada data dan analisis terbimbing/mandiri untuk pembelajaran dan atau penelitian
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep hukum-hukum termodinamika (hukum pertama, kedua, dan ketiga) serta penerapannya dalam sistem fisis
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perubahan energi dalam sistem termodinamika, efisiensi mesin kalor, dan entropi
Kriteria:

Pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
4 X 50
Metode Kontekstual: Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Hukum Termodinamika
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Hukum Termodinamika
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Hukum Termodinamika
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Hukum Termodinamika
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley
6%

16

Minggu ke 16

  1. Mampu memahami soal UAS dengan baik
  2. Mampu menguasai konsep fluida statis dan dinamis; getaran dan gelombang; termometri; suhu dan kalor; teori kinetik gas; dan hukum termodinamika
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep fluida statis dan dinamis; getaran dan gelombang; termometri; suhu dan kalor; teori kinetik gas; dan hukum termodinamika dengan soal UTS dan memahami makna dari setiap pertanyaan
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal UAS dengan pendekatan yang sistematis, logis, dan menggunakan metode perhitungan yang benar
Kriteria:

Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep fluida statis dan dinamis; getaran dan gelombang; termometri; suhu dan kalor; teori kinetik gas; dan hukum termodinamika dengan soal UTS dan memahami makna dari setiap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tes
4 X 50
Tes
Materi: Mater UAS Fisdas 1
Pustaka: Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.

Materi: Mater UAS Fisdas 1
Pustaka: Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.

Materi: Mater UAS Fisdas 1
Pustaka: Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.

Materi: Mater UAS Fisdas 1
Pustaka: Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2014. Fundamental of Physics, 10th Edition. Wiley
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 62.5%
2. Penilaian Praktikum 17.5%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.